Guru, Doktor dan Grup Musik Senyawa

Siang ini saya menemukan banyak berita dan video grup musik SENYAWA yang berdomisili di Jogjakarta audah sering pentas di mancanegara seperti Australia, Asia, Eropa hingga Amerika Serikat tapi tak terkenal di Indonesia.

Saya teringat beberapa tahun lalu, pada suatu seminar, seorang rekan guru bertanya bagaimana cara untuk bisa eksis, bisa berkiprah lebih banyak memberi manfaat buat kehidupan, beliau menyatakan sebagai guru Sekolah Dasar yang bergelar Doktor, niat untuk memberi warna kehidupan sekitarnya belum juga terwujud.

Waktu itu saya bilang pada beliau agar bekerjalah dengan serius, lakukan kebaikan-kebaikan, inovasi, kerjasama dengan banyak fihak dan mempublikasikan karya, ide atau kegiatan di media sosial, nikmati semua proses yang dijalani dengan ikhlas, maka akan terwujud apa yang beliau inginkan.

Seperti grup SENYAWA itu, mereka membuat alat musik dari bambu, mengeksplorasi bunyi, berlatih terus dan berkolaborasi dengan banyak fihak hingga mendapat undangan tampil di benua lain. Bagaimana dengan kamu?

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.