Blog Pendidik

@dwitagama: karakter tumbuh dari pembiasaan

Belajar pada Tukang Jamu Gendong

Leave a comment

tukang-jamu

Sumber Foto:

http://s1133.photobucket.com/user/imamdwi/media/jamucopy.jpg.html

Kami kenal dengan seorang ibu penjual jamu yang sering lewat rumah kami sejak anak kami baru lahir menawarkan dagangannya; yang utamanya berupa jamu yang ditempatkan pada botol dan disusun melingkar pada wadah seperti bakul yang di gendong di punggungnya dengan diikat kain batik khas daerahnya. Selain jamu, ibu itu juga menjual peyek, kacang kulit rebus atau makanan kecil lainnya hingga batik.

Mungkin sudah lebih dua puluh tahun beliau menjual jamu gendong, berkeliling pemukiman warga pagi dan petang, menjual jamu beraneka rasa dan khasiat, ada yang dijualnya seharga seribu rupiah, anak-anak kecil pun sering mendekat dan membeli jamu dari ibu itu sambil bermain dengan teman sebaya.

Dengan keuntungan seratus dua ratus rupiah, ibu itu dan banyak penjual jamu ainnya di Jakarta pergi jauh merantau ratusan kilometer dari kampung halamannya di Solo Jawa Tengah, mengontrak rumah (mungkin lebih tepat disebut kamar) meninggalkan suami, dan anak-anaknya untuk mencari nafkah.

Kesempatan kumpul dengan suami, anak-anak dan keluarga besar terjadi saat ada hajatan pernikahan, khitanan, kematian atau perayaan  lainnya, termasuk hari raya atau lebaran, biasanya penjual jamu tak terlihat menjajakan jamu di sekitar rumah saya.

Tukang jamu bekerja sambil menikmati suasana Ibukota Negeri, berinteraksi dengan warga Jakarta dan merasakan dinamika kehidupan Jakarta. Sementara anak-anak muda Jakarta terlena, bekerja serabutan dengan upah pas-pasan, penghasilannya habis hanya untuk membayar angsuran sepeda motor, membeli rokok memuaskan kecanduannya, dan tak sempat berfikir untuk bepergian mengeksplorasi keindahan negerinya yang sangat luar biasa, kalau kamu sudah jalan-jalan kemana aja di negeri ini?

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s