Blog Pendidik

Pilihan hidup untuk mati

Leave a comment

mati

Seorang wanita penduduk negeri paman besut merantau ke ibu kota mencari pekerjaan, kemudian menikah dengan anak majikannya, beberapa tahun kemudian, setelah memiliki anak, diajak merantau ke negeri tetangga dan entah karena apa wanita itu bercerai dengan suaminya dan tetap mencari untung di negeri tetangga.

Kepada orang tuanya wanita itu mengabarkan bekerja sebagai pelakon sebuah acara reality show atau lucu-lucuan di televisi, yang kemudian membuatnya benar-benar terkenal seperti artis hingga ke seluruh dunia, tetapi dengan tambahan tuduhan membunuh orang.

Apakah wanita itu terlalu bodoh menerima bayaran sekitar Rp. 1.200.000,- untuk menghilangkan nyawa orang lain? Jika kemudian wanita itu dinyatakan bersalah oleh hakim dan dihukum penjara. Bagaimana dengan orang-orang di sekitar kita yang dengan senang hati mengeluarkan uang untuk membeli dan menghisap benda yang membunuh dirinya?

prokok

Apakah orang yang mengeluarkan uang untuk membunuh dirinya sendiri tidak lebih bodoh dari wanita di atas? apakah kelakuannya bisa membuat dirinya ditangkap, diadili dan dinyatakan bersalah telah melakukan perbuatan yang dapat menimbuklan kematian buat diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya? apakah di bisa dihukum? bisa dipenjara? atau karena perbuatannya sendiri mengakibatkan kematian dirinya sendiri (bukan orang lain yang mati) seseorang tak bisa didakwa melakukan pembunuhan?.

Perusahan yang memproduksi dan memasarkan rokok yang bisa membunuh, menyebabkan kematian, apakah mereka bisa dinyatakan bersalah? kemudian diadili dan dihukum?

Kalo kamu memutuskan untuk segera meninggalkan kehidupan? siapa yang bisa larang? soal pilihan cara kamu mati? siapa yang bisa melarang? Lalu, apa artinya pendidikan di sekolah? Menurut kamu?

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s