Blog Pendidik

Memotret Selera Pembaca Blog Pendidik: Mengelola Kegiatan Ekstra Kurikuler

1 Comment

Sepanjang tahun 2017 jumlah pengunjung blog yang sedang anda baca ini sekitar 77.000, dan tulisan yang paling banyak diminati adalah tentang mengelola kegiatan ekstra kurikuker.

Tulisan itu lahir karena banyak mendapat curhatan aktifis OSIS yang ingin berkegiatan di sekolah disertai pengamatan saya terhadap manajemen kegiatan ekskul OSIS di beberapa sekolah.

Bagaimana mungkin muridnya bisa jadi juara di kompetisi lomba ekstra kurikuler jika pada hari-hari sekolah, murid tak boleh berada di sekolah dengan alasan apapun, harus segera pulang yang kata gurunya untuk keperluan pembersihan sekolah (disapu dan pel), bahkan tak sedikit sekolah yang pada hari sabtu dan minggu murid tak boleh berkegiatan di sekolah alasannya beragam, diantaranya karena tak ada guru yang mengawasi atau satpamnya perlu istirahat setelah seminggu kerja.

Sekarang ada kebijakan baru dinas pendidikan DKI Jakarta didukung Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta, yaitu prestasi murid bisa berdampak pada kenaikan tunjangan kinerja guru, sehingga muncul kesadaran beberapa guru yang mulai mendorong prestasi muridnya, bahkan ada guru yang tahun lalu tak mengijinkan murid untuk latihan atau ikut kompetisi jika dirinya sedang mengajar di kelas, kini mulai mengijinkan muridnya boleh meninggalkan kelas untuk latihan persiapan dan lomba kegiatan ekstra kurikuler.

Kebijakkan sudah diambil, sayang sekali merubah budaya sekolah untuk mendorong murid berprestasi sangat sulit, tampaknya lebih banyak guru yang kurang peduli terhadap prestasi muridnya. Apalagi alokasi anggaran sekolah untuk kegiatan ekatra kurikuler makin sulit didapat, sementara jika murid memaksakan iuran untuk mengumpulkan biaya kegiatan ekskul tak diizinkan sekolah.

Tulisan yang saya buat karena sedang kangen puisi yang sering dibacakan saat saya ikut lomba masa kecil dulu ternyata juga menarik pembaca. 

Dokumentasi tentang kegiatan saya mensosialisasikan Komite Sekolah ternyata banyak digoogling pembaca, kegiatan PIK REMAJA yang sedang saya pelajari dan dokumentasikan juga banyak dibaca orang. 

Ternyata, sebagai blogger tak perlu berfikir apakah tulisan yang kita buat itu bagus atau tidak, bermanfaat atau tidak, dibutuhkan orang atau tidak, pokoknya ketika ada ide yang mau ditulis, tulis aja … Biarkan pembaca yang memutuskan.

Terima kasih kepada anda yang setia berkunjung ke blog saya, silahkan follow dan komentar, maka saya akan follow balik dan komentar di blog anda.

Selamat tahun baru, semoga anda dalam sehat selalu lahir bathin, olah raga yang rutin dan ga pake narkoba … happy deh.

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and https://dedidwitagama.wordpress.com

One thought on “Memotret Selera Pembaca Blog Pendidik: Mengelola Kegiatan Ekstra Kurikuler

  1. Pencapaian yang luar biasa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s