Blog Pendidik

Melejitkan Prestasi Murid di Sekolah

Leave a comment

Prestasi murid di sekolah bisa dikelompokkan jadi dua kelompok yaitu PRESTASI ORGANIK dan PRESTASI IMITASI.

Prestasi organik murid adalah prestasi yang diperoleh melalui proses pembinaan di sekolah. Misalnya murid di sekolah kamu sering juara basket melalui latihan yang rutin ekskul basket kamu, murid dilatih secara khusus bahkan porsinya ditambah ketika akan mengikuti kompetisi yang hasilnya tim basket kamu sering juara pada berbagai kompetisi dan hasilkan banyak piala dipajang berjejer di beranda sekolah.

Prestasi imitasi itu diraih oleh murid di sekolah kamu yang sudah aktif di bidang yang ditekuni dan sudah sering menjadi juara semenjak belum menjadi murid di sekolahmu, andai dia jadi juara membawa nama sekolah mu itu tetap prestasi imitasi karena dia dilatih di luar sekolahmu.

Prestasi imitasi juga bisa diperoleh pada saat sekolah kamu ditunjuk mewakili wilayah kamu untuk ikut kompetisi di jenjang yang lebih tinggi pada kegiatan-kegiatan yang diadakan mendadak.

Untuk bisa memperoleh prestasi yang manapun perlu kerjasama dari berbagai fihak di sekolah, yaitu;

Kepala Sekolah harus punya semangat mendorong muridnya berprestasi pada berbagai bidang kehidupan, bidang akademik dan non akademik harus mendapat perlakuan dan dukungan yang sama.

Guru-guru yang mengajar di sekolah harus mendukung murid berlatih dan ikut kompetisi dengan memberi izin meninggalkan jam pelajaran di kelas untuk berlatih dan ikut kompetisi.

Karyawan dan Satpam sekolah harus ikut serta mendukung murid berprestasi dengan mengijinkan murid berlatih di luar jam sekolah dan pada hari libur sekolah.

Orang tua murid biasanya sangat mendukung anaknya yang ingin berprestasi, sekolah harus mengkomunikasikan kegiatan kompetisi kepada orang tua, sesekali mereka bisa diundang untuk membicarakan keikutsertaan di kompetisi, dsb.

Pemilihan cabang olah raga, kesenian atau bidang yang ingin dimasuki untuk berprestasi perlu pertimbangan, misalnya untuk cabang olah raga renang peluang merebut prestasi perlu sarana yang mahal dan latihan rutin yang keras lebih dari lima tahun, sementara berapa tahun kah murid anda bersekolah di sekolah anda?

Cabang pencak silat adalah salah satu yang bisa diraih prestasi lewat latihan rutin selama setahun dan jumlah kompetisi yang cukup banyak di negeri ini memungkinkan murid jadi juara tak lama.

Musik atau band adalah salah satu bidang seni yang butuh waktu lama untuk bisa berprestasi, butuh waktu belasan tahun hingga puluhan tahun hingga sebuah grup band bisa sukses berprestasi.

Lakukan riset tentang cabang oleh raga atau bidang seni apa yang jarang sekali ditekuni murid-murid sekolah di daerah atau di negeri anda. Indonesia punya segudang kegiatan olah raga dan seni yang bisa dipilih untuk jadi media pendidikan karakter, tekuni secara serius, buat dokumentasinya dan diunggah ke youtube, maka jangan terkejut kalau sekolah anda dihubungi event organizer hingga prestasi jadi biasa.

Selamat berprestasi.

Advertisements

Author: Dedi Dwitagama

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan https://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s