Blog Pendidik


Leave a comment

Soal Ujian Matematika SMK

Ujian-Nasional
Buat kamu yang sedang mempersiapkan ujian sekolah SMK, di bawah ini ada 2 type soal yang bisa kamu kerjakan supaya kamu lebih siap ikut ujian nasional dan dapat nilai terbaik, silahkan klik link di bawah ini untuk mendownload soal-soalnya di bawah ini, selamat mencoba.

SOAL MTK AKUNTANSI Paket A

SOAL US MATEMATIKA TEKNIK PAKET A

Advertisements


4 Comments

Bahagia Perlu Biaya: Mudik pake Sepeda Motor tak Baik

“Mudik lebaran menggunakan sepeda motor itu sensasinya banyak, bisa beristirahat dimanapun kita mau, ekonomis sekali karena biaya bensin irit, dan saat dikampung halaman bisa pergi kemana saja mengunjungi keluarga dan rekreasi tidak tergantung angkutan umum, yang semakin jarang di kampung.”

Mungkin karena berbagai sensasi di atas, lebih dari enam juta sepeda motor berseliweran jarak jauh saat mudik lebaran. Data mudik tahun lalu ada 3.168 kecelakaan yang melibatkan 5.860 kendaraan pada pelaksanaan mudik 2017. Dari total kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut, 4.346 di antaranya adalah sepeda motor.

Data Kementerian Perhubungan, jumlah sepeda motor pada arus mudik 2017 ini mencapai 6.391.784 unit. Angka itu tumbuh 33,5 persen dibandingkan tahun lalu. Jadi 74 persen dari total kecelakaan itu dialami oleh pengendara sepeda motor, kecelakaan tersebut tercatat menewaskan 742 orang.

Usaha pemerintah menyediakan layanan transportasi umum yang layak untuk semua rakyatnya amat sangat tertinggal, sementara strategi bisnis produsen kendaraan bermotor sangat progresif merespon ketiadaan angkutan umum penduduk negeri dengan memberi fasilitas kredit yang ringan dan membuat banyak rakyat tergiur memanfaat fasilitas kredit kendaraan bermotor walau jumlah akumulasi biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki kendaraan bermotor sangat besar selisihnya jika diberi secara tunai. Kemacetan lalulintas membuat sepeda motor jadi pilihan utama untuk berkendara karena bisa menyelinap di rimba kendaraan yang menumpuk di jalan.

Setelah bertahun-tahun berkendara, seseorang merasa telah mengusasai sepeda motornya dengan baik dan menggunakannya untuk perjalanan jauh mudik lebaran dengan membawa serta istri, anak dan barang yang tak sedikit, hal itu akan sangat membahayakan bagi pengendara motor, terutama untuk penumpak yang duduk paling belakang. Kondisi panas matahari saat siang atau dinginnya udara malam, jarak pandang yang terbatas dalam gelap dan terpaan angin membuat semua pengendara motor cepat lelah, serta kondisi jalan yang tak selalu baik yang beresiko terhadap keselamatan pengendara sepeda motor dan pengguna jalan lainnya. Tidak hanya kerugian materi, nyawa juga bisa melayang, maksud hati menghemat waktu dan biaya tak bisa diraih, kehilangan orang yang dicintai pada hari yang direncanakan untuk berbahagia. Sangat tidak aman.

Pada Undang-undang Lalulintas sudah diatur, bahwa pengendara motor yang membawa penumpang lebih dari satu orang dikenakan denda maksimal Rp. 250.000. Hal ini bisa dijadikan acuan bagi Kepolisian untuk melakukan tindakan tegas sejak awal arus mudik mulai mengalir ke daerah, di setiap wilayah Polres yang dilalui arus mudik harus dilakukan razia dan  dipersiapkan tim khusus tilang di tempat agar setiap pengendara motor yang melanggar langsung ditilang denda maksimal, dan di wilayah Polres yang dilalui berikutnya harus dilakukan razia dan  dipersiapkan tim khusus tilang di tempat agar setiap pengendara motor yang melanggar langsung ditilang denda maksimal,begitu selanjutnya agar pengendara sepeda motor jera atau kapok karena untuk perjalanan ke jawa Tengah hingga Jawa Timur dia akan terkena sekian kali razia dan mengeluarkan uang yang tidak sedikit dan rencana berhemat berkendara motor malah jadi boros.

Pemerintah harus mengabarkan sejak jauh-jauh hari tentang kebijakan melindungi keselamatan penduduk negerinya agar bisa lebaran dengan bahagia di kampung halaman dengan tak sekedar menghimbau rakyat agar tak menggunakan sepeda motor, tetapi mempersiapkan tindakan sangsi yang tegas jika kedapatan pengendara motor yang membawa penumpang lebih dari satu orang, apalagi membawa bayi atau balita berkendara dengan sepeda motor. Karena denda maksimal yang berkali-kali pasti jumlahnya lebih banyak dibanding anak dan istrinya melakukan perjalanan dengan bis atau kereta api beberapa hari lebih cepat dari suaminya yang mungkin mendapatkan jatah waktu libur yang terbatas, sehingga dia melakukan perjalanan mudik dengan motor seorang diri.

Usaha pencegahan agar tidak terjadi ribuan korban akibat kelelahan dan faktor jalan raya serta karakteristik sepeda motor yang diciptakan untuk perjalanan jarak dekat dengan menegakkan aturan lalu lintas yang sudah berlaku sejak dahulu. Sayangnya pemerintah selama ini seperti abai atau memberi pengampunan bagi rakyat negeri untuk melanggar aturan hukum yang berlaku, barangkali hal ini dilakukan sebagai  bentuk permintaan maaf karena hingga saat ini pemrintah belum mampu menyelenggarakan sistem angkutan umum yang baik untuk seluruh daerah.

Ada banyak penduduk negeri yang realistis karena keterbatasan waktu dan kondisi ekonomi, mereka tidak pulang kampung saat lebaran karena biaya transportasi menjadi lebih mahal dan biaya kebutuhan lain juga selalu meningkat, mereka pulang kampung untuk bersilaturahmi pada saat-saat bukan libur lebaran, ada yang sebelum puasa, ada pula yang setelah lebaran, ada yang berbarengan dengan waktu penyelenggaraan hajatan keluarga. MEreka memberikan pengertian kepada keluarga di kampung bahwa saat lebaran nanti mereka tak pulang kampung karena berbagai hal, dan biasanya keluarga di kampung mengerti.

Tak sedikit perantau di ibukota yang pulang memanfaatkan fasilitas mudik bersama dari berbagai instansi atau perusahaan, ada pula yang mencarter travel milik tetangganya di kampung sejak jauh-jauh hari, ada yang menanggung biaya mencarter mobil yang diisi beberapa keluarga untuk pergi dan pulang ke kampung halaman, bahkan ada yang menggunakan mobil bak yang diberi tutup terpal dan penumpangnya duduk lesehan hingga ke kampung halaman.

Mudik lebaran yang bahagia harus direncanakan dengan baik dan pasti memerlukan biaya yang banyak, rencana bahagia bersama keluarga di kampung halaman bisa dirasakan lewat perjuangan yang panjang dan kemauan menggunakan moda transportasi yang aman. Jika belum mampu, pulang kampung bisa diganti dengan video call untuk bermaaf-maafan. Mudik dengan sepeda motor sangat rentan terhadap kecelakaan yang bisa berujung kematian. Bahagia tak dapat diraih, hemat tak bisa didapat, nyawa melayang, biaya pun tekor karena harus membayar biaya rumah sakit, ambulan dan pemakaman, belum lagi untuk kendurian atau selamatan setelah pemakaman.

Selamat pulang kampung dengan selamat dan raih bahagia dan jangan sampai tekor.


2 Comments

Tips Memilih Sekolah buat Si Buah Hati

schools

Foto: Igor. O (http://unsflash.com)

Anak anda mau masuk sekolah; SD, SMP, SMA atau SMK. Bingung pilih sekolah buat dia … ada keterbatasan dana, kemampuan jarak atau lainnya. Tips berikut ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda dalam memilih sekolah buat buah hati.

1. Luangkan waktu Anda. Jika ingin anak Anda lebih baik di masa depan, jangan wakilkan urusan ini pada fihak lain … luangkan waktu Anda, betapapun sibuknya Anda, ambil cuti … ini bukan kerjaan rutin, hanya tiga atau enam tahun sekali.

2. Temui Guru atau Wali Kelas Anak Anda. Mereka mengetahui kondisi anak kita dan kondisi Sekolah di sekitar Sekolah anak kita saat ini … bertanyalah berbagai hal yang ingin Anda ketahui dan khawatirkan … mintalah waktu lebih untuk komunikasi lebih banyak tentang pemilihan sekolah anak kita.

3. Temui Guru di Sekolah Terdekat dengan Rumah Anda. Bicaralah kepada humas atau wakil kepala sekolah di SD, SLTP atau SLTA yang akan anda pilih, mereka mengetahui kondisi rangking Sekolah di sekitar rumah anda … bertanyalah berbagai hal yang ingin Anda ketahui dan khawatirkan … mintalah waktu lebih untuk komunikasi lebih banyak tentang pemilihan sekolah anak kita.

4. Browsing di internet. Biasanya sekolah-sekolah yang baik memiliki banyak informasi di dunia maya … jangan terlalu percaya dulu pada yang anda dapat di Website, jadikan itu sebagai pertimbangan untuk melihat langsung sekolah yang dituju. Perhatikan Posting-posting tentang sekolah yang akan anda pilih untuk anak anda di google, foto-foto sekolah, instagram dan youtube sekolah yang akan anda pilih.

5. Kunjungi Sekolah yang dituju bersama anak Anda. Dari hasil bincang dengan guru atau wali kelas dan browsing di internet anda akan memperoleh beberapa alternatif, kunjungi sekolah yang dituju … sebaiknya tak hanya sekali dan jangan pada hari libur. Suasana sekolah biasanya akan tertangkap roh kegembiraan atau roh yang tak menyenangkan saat melihat aktifitas sekolah yang sesungguhnya. Jika Anda bekerja, mungkin bisa luangkan waktu istirahat makan siang Anda atau ambil cuti untuk visit sekolah untuk buah hati … labih baik jika anak Anda di ajak berkunjung … karena dia akan jalani masa bertahun-tahun di tempat yang dipilihnya.

Saat berkunjung, bicaralah dengan guru-guru di dekolah itu, murid-murid disana, satpam, pedagang di kantin, warung terdekat dengan sekolah, dll. Anda akan mendapat gambaran lebih komprehensif tentang kondisi calon sekolah anak Anda.

6. Putuskan bersama anak Anda. Saat memutuskan beberapa sekolah mana yang dipilih sesuai dengan skala prioritas dari yang paling bagus, menurun hingga sekolah yang lebih rendah kualitasnya, Anda harus libatkan anak Anda.

7. Siapkan pilihan alternatif. Jika pilihan pada langkah 5 tidak bisa dipenuhi atau gagal, siapkan sejak awal alternatif sekolah pilihan yang masih bisa dicapai. Daftar di sekolah itu sebagai cadangan … karena biasanya sekolah yang baik menerima pendaftaran lebih awal, memang ada konsekwensi hilangnya sejumlah biaya yang Anda keluarkan … tapi tak apalah, demi buah hati tercinta.

8. Jaga kesehatan dan berdoa. Urusan di atas memakan waktu dan energi yang tak sedikit, oleh sebab itu jaga kesehatan dan berdoalah, kerjasama yang baik antar suami, istri dan anggota keluarga lainnya akan hasilkan yang terbaik … selamat berjuang raih masa depan lebih baik.


Leave a comment

DKI Jakarta Juara Umum LKS SMK tingkat Nasional 2018

32332574_2048344601873641_3841582297602064384_n

Robi, SMKN 61 Jakarta Juara 1 Fishery LKS SMK tingkat Nasional di Lombok 2018

Provinsi Jawa Tengah yang menjadi juara umum tahun lalu pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2018 harus rela menyerahkan piala bergilir dan bergengsi di dunia pendidikan kejuruan itu kepada Provinsi DKI Jakarta.

“Selamat kepada para pemenang dan juara umum LKS 2018. Para juara terbaik tahun ini akan dipersiapkan untuk mengikuti World Skill Competition tahun depan di Rusia,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad saat memberikan sambutan pada acara Penutupan LKS 2018 di Lombok City Center, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (11/5).

Berdasarkan siaran pers, Sabtu(12/5), Hamid mengatakan, kegiatan LKS ini merupakan pencapaian tertinggi tingkat nasional bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di masing-masing bidang keahliannya.

Ia menyebutkan, dalam LKS tahun ini terdapat 56 bidang keahlian yang dilombakan. Ajang bergengsi tahunan ini diikuti oleh 1.077 peserta lomba yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. Lomba ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian besar dari pemerintah terhadap pendidikan kejuruan atau vokasi di Indonesia.

Selanjutnya, khusus untuk para juara yang akan mewakili Indonesia pada WSC nanti, Hamid mengimbau untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan kompetensinya mulai sekarang. Pasalnya, Indonesia berada pada peringkat 12 dari 88 negara peserta WSC pada 2017 lalu.

“Target tahun depan pada WSC adalah mendapatkan medali sebanyak-banyaknya dan meningkatkan peringkat Indonesia di ajang itu,” tutur Hamid.

Sementara itu, Direktur Pembinaan SMK Kemdikbud, M. Bakrun menambahkan, secara umum para juri LKS 2018 menilai bahwa ada peningkatan kompetensi peserta yang signifikan pada LKS tahun ini. Tak hanya itu, berbagai dunia usaha dan dunia industri pun turut memberikan hadiah tambahan serta beasiswa bagi para juara dalam lomba itu.

Sumber: http://www.beritasatu.com/satu/492036-dki-jakarta-juara-umum-lomba-kompetensi-siswa-2018.html

Rincian Perolehan Medali Kontingen LKS SMK Provinsi DKI Jakarta :

Perolehan Medali Emas sebanyak 17 medali terdiri dari :
1. Autobody Repair(SMK N 26)
2. Automobile Technology(SMK N 4)
3. Industrial Control(SMK N 26)
4. Plumbing and Heating(SMK N 1)
5. CADD Building (SMKN 26)
6. Mechatronics( SMKN 56)
7.Electronic Application( SMKN 26)
8. Pastry Cook (SMKN 32)
9. Cooking (SMKN 30)
10.Beauty Therapy (SMKN 27)
11.Hotel Accomodation(SMK N 24)
12.Health and Social Care(SMK N 28)
13.Bilingual Secretary(SMKN 15)
14.Nautica Crulse Ship(SMK N 36)
15.Fishery (SMKN 61)
16.Agronomy(SMKN 63)
17.Painting & Decoration(SMK N 58)

Perolehan Medali Perak sebanyak 5 medali terdiri dari:
1.Prototype Modeling
2.CNC Milling (SMKN 5)
3.Wall and Floor Tiling (SMKN 4)
4.Nautica
5.Wood Craft

Perolehan Medali Perunggu sebanyak 3 medali, terdiri dari :
1.Electrical Instalation
2.Graphic Design Technology (SMKN 6)
3.CADD Building (SMKN 52)

Untuk South East Asian Creative Camp (SEA Camp)
Medali Emas : Educational Game Development(SMKN 7)
Medali Perak : Multimedia Augmented Reality (SMKN 6)
Medali Perunggu : Online Tourism Promotion Model (SMKN 27).

Siapa yang punya nama-nama anak hebat yang juara? 


Leave a comment

Merokoklah


Merokoklah terus Nak, jika cuma itu kenikmatan yg kau punya. Karena ternyata orang tua hingga presiden kamu belum mampu memberi kenikmatan hidup yg semestinya.

#Repost @aliansikorbanrokok
・・・
Industri rokok targetkan anak sebagai konsumen utama. Semakin muda mulai merokok, semakin lama kecanduan menjerat, semakin banyak keuntungan yang diraup, namun rakyat semakin menderita kecanduan dan kesakitan. #rokokharusmahal #TheyLieWeDie #APACT12th #TobaccoOrHealth


Leave a comment

Keuntungan Pabrik Rokok

Gils bet guys, pabrik rokok dapet untung 12 trilyun lebih srahun, artinya stiap bulan untung satu trilyun lebih, berapa yg kamu sumbang jadi keutungan pabrik rokok? Sementara anak”mu, tetanggamu & sodara”mu kekurangan gizi?

Jaga nama baik sekolah? Udah jadul guys … sekolah terlalu luas, banyak bet muridnya … kamu ga bakal kuat, jaga nama baik dirimu sensiri aja guys, maka keluargamu jadi baik, sekolahmu baik dan negaramu juga jadi baik … kalo jaga kesehatan diri sendiri aja ga bisa gimana mo jagain negara guys, asep ko diisep, pakw duit lagi belinya, mending nabung buat beli mobil jalan” ampe bali, happy deh.


Leave a comment

Berfikir Positif itu Menyenangkan, Happy deh

“Masih suka sirik liat orang senang?
Masih suka panas liat orang hebat?
Terus elo nyinyir, ngomongin kejelekan orang itu kesana-kemari?
Cape booo …
dia happy-happy … elo cepet mati”

Kalo anak sekarang mah bilangnya gini, ga usah netting deh guys, lebih baik elo cari kesibukan yang bikin diri elo seneng daripada sirik ngeliat orangasik, terus ngegibah sana-sini yang bikin elo sakit hati sendiri dan mati berdiri.

Lagu HATERS dari Tantri KOTAK kena banget buat pelaku, yang ngakunya bahagia melebihi dari orang yang digibahin padahal sesungguhnya dia lagi menderita liat kehebatan orang, selalu mencari celah untuk mencela dan mengkritik orang lain.

Kalo elo bahagia, gau sah ngaku-ngaku deh bahagianya elo, nikmati aja sendiri, ajak deh keluarga elo, orang lain mah pasti kebawa bahagia liat elo bahagia, tapi kalo elo keseringan netting maka penderitaan eli bakal panjang.

Begini lyriknya:

hei pembenciku, jangan benci aku
nanti kamu tersiksa
hei pembenciku, jangan mengintaiku
nanti kamu kecewa

aku senang-senang menikmati hidupku
kenapa kamu yang jadinya tersiksa
terganggu karena aku

ngaku-ngakunya bahagia tapi kenyataannya
kamu susah
susah melihat melihat kalau aku bahagia
itu derita lo

hei pembenciku, jangan benci aku
buang energi saja
hei pembenciku, semakin kau benci aku
semakin susah hidupmu

aku senang-senang menikmati hidupku
kenapa kamu yang jadinya tersiksa
terganggu karena aku

ngaku-ngakunya bahagia tapi kenyataannya
kamu susah
susah melihat melihat kalau aku bahagia
itu derita lo

kenapa sih lo mau hidup lo jadi susah
selalu jalin celah untuk bisa mencela
sudahlah aduh kawan ya lagi buat apa
yang ada lo kecewa kalo gue sih having fun

kritik sini kritik sana semua lo gak suka
kasih makan juga nggak tapi lo yang marah-marah
gue sih gak masalah, tapi lo naik darah
selalu aja salah mending kita party aja

kau benci tapi ku jadi termotivasi
buat ku lebih baik, kau malah makin keki
sudah berhenti kawan, kita kan bukan lawan
bangkitkanlah hidupmu, jangan kau sia-siakan

ngaku-ngakunya bahagia tapi kenyataannya kamu susah
susah melihat melihat kalau aku bahagia ooo
ngaku-ngakunya bahagia tapi kenyataannya kamu susah
susah melihat melihat kalau aku bahagia, itu derita lo