Contoh & Soal” Anuitas

Asslamualaikum, alooow guys … gimana puasa kalian yang muslim? smg aman dalam sehat selalu, sudah siap lebarannya? atau kamu sudah di kampung halaman saat ini? stay safe ya guys.

Topik belajar kita kali ini adalah tentang soal-soal anuitas, perhatikan vido di atas, ulangi sampa ngerti, setelah faham silahkan kerjakan soal-soal latihan di bawah ini:

  1. Dito mempunyai utang sebesar Rp 5.000.000,00. Utang tersebut akan dilunasi secara anuitas sebesar Rp 1.060.792,00 dengan suku bunga 2% per bulan. Buatlah: a. Perhitungan angsuran
    b. Tabel rencana angsuran

2. Hasan mempunyai utang sebesar Rp 5.000.000,00. Utang tersebut akan dilunasi secara anuitas sebesar Rp 1.060.792,00 dengan suku bunga 2% per bulan. Hitunglah besar angsuran pada:a. Bulan ke-3
b. Bulan ke-4

3. Sebuah pinjaman dilunasi dengan 8 anuitas masing-masing sebesar Rp 22.741.448,00 yang dibayar setiap akhir bulan. Tentukan besar pinjaman jika dasar bunga yang disepakati yaitu  bunga majemuk sebesar 4% per bulan.

4. Ali meminjam uang sebesar Rp 25.000.000,00. Pinjaman tersebut harus segera dilunaskan dengan 5 anuitas (5 anuitas = di bayarkan sebanyak 5 kali angsuran) akhir tahunan. Jika dasar Bunga majemuk ditetapkan 4% per tahun. Tentukanlah besar anuitasnya!

Kalo bisa ngerjain sendiri bagus, kalo ga bisa chit-chat sama teman, sodara, tetangga, kakak, atau sapa aja deh …

Setelah selesai ngerjain soal-soal di atas, bikin foto senyum terbaik kamu saat menggunakan masker dengan ballpoint favorit kamu yang sering kamu saat belajar dan upload di form absen atau daftar hadir yang link absennya bisa dibuka disini, token untuk post test dan absen saya berikan lewat group WA kelas kamu.

Kalo nilai post test yang terakhir kamu belum memuaskan, setelah selesai semua jadwal pelajaran hari ini, kamu boleh ngerjain lagi soal post test Mtk sambil ngabuburit, ulangi lagi terus sampai bagus nilaimu, link soalnya ada disini.

Jika ada yang kurang jelas, atau ada sesuatu yang perlu dikomunikasikan silahkan PC saya di WA, atau deem di instagram …. mangaaat ya guys, makasiiih.

Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.