Tips Konsisten Menulis Blog

Kemarin (05/07) Saya menerima notifikasi dari wordpress bahwa saya telah posting 100 artikel secara berturut-turut.

Ada teman yang bilang, sebuah pencapaian yang luar biasa. Mungkin ada faktor pagebluk yang membuat ini bisa terjadi. Tapi ini pun terjadi setelah hampir dua tahun pagebluk meluluhlantahkan negeri ini.

Bagaimana tips nya agar bisa konsisten menulis di blog?

  1. Segera —– Tuliskan segera ketika ada ide yang muncul, walau cuma satu ide yang terasa kecil. Ide bisa muncul dari hasil membaca buku, membaca berita, membaca tulisan blogger lain, foto anda atau foto orang lain, video anda atau video lain. Sekarang ada aplikasi wordpress yang membuat anda bisa menulis dimana saja menggunakan gawai.
  2. Ringkas —– Tuliskan secara ringkas, lugas paling banyak tiga alinea, tetapi andai jika hanya bisa menulis satu alinea, lengkapi tulisan satu alinea anda dengan foto atau video yang membuat posting anda lebih menarik. Seperti pada posting ini saya melengkapi dengan foto screenshoot notifikasi wordpress kepada saya.
  3. Jadwal kan —– Ketika muncul ide tulisan lain hari itu, segera tuliskan tetapi anda tak perlu tayangkan postingan anda hari ini, karena hari ini blog anda sudah menayangkan tulisan. WordPress sudah menyediakan fasilitas menjadwalkan tulisan anda untuk besok atau kapanpun anda ingin menayangkan tulisan anda.
  4. Interaktif —– Ketika blog anda difollow orang lain, segeralah follow balik blog orang itu, jika ada orang memberi komentar di posting anda, segera balas komentarnya. Kunjungi balik blog orang yang ngelike, follow dan komentar di blog anda, hal itu akan meningkatkan kunjungan pembaca di masa depan.
  5. Menabung —– Saat anda punya waktu dan banyak ide, tuliskan sebanyak mungkin posting dan jadwalkan kapan anda ingin menayangkan posting anda. Penjadwalan bisa setiap hari (seperti yang saya lakukan saat ini). Bisa setiap minggu, setiap bulan atau setahun sekali. Seperti menabung apa saja, tabungan posting juga bisa bikin anda happy … seperti tabungan uang, anda bisa jadi orang kaya … tabungan posting blog membuat anda jadi orang kreatif, happy deh.
  6. Blogwalking —– Akan membuat anda mendapat ide baru saat kering tak punya ide untuk ditulis.
  7. Tetap sehat —– Kalo anda tak sehat gimana mau menulis?
  8. Posting woooi —— Jangan cuma baca postingan ini, ayo nulis di blog anda, lakukan aja terus, maka nama anda bakal terlacak oleh mesin pencari, buktikan deh.

5 thoughts on “Tips Konsisten Menulis Blog

  1. omjaylabs

    Carica papaya
    Reiza

    Sesaat menjelang menutup laptop malam ini, kok malah lihat WAG BELAJAR MENULIS GEL 20 dan ternyata om Jay sedang berikan tantangan untuk menulis tentang buah pepaya. Mhmmmm … enaknya nulis apa tidur yaa?

    Jujur saja, pepaya bukanlah buah yang akan aku pilih pertama kali untuk aku santap.
    Ketika kecil, aku paling tidak suka si Carica papaya. Baunya yang aduhai dan bijinya yang hitam kecil keriput selalu membawaku teringat pada hasil pembuangan si embek … upzz

    Aku hanya akan makan pepaya kalau pepaya itu dipotong kecil-kecil, diberi tambahan jeruk nipis dan gula serta disantap dingin di siang yang terik… mhmmm baru nikmat. Tapiiii… tetap saja, buatku pepaya adalah pilihan terakhir untuk disantap.

    Namun, kondisi berubah ketika lambungku bermasalah dan ternyata, si pepaya yang justru menjadi buah andalah ketika aku kesulitan untuk BAB. Sejak saat itu, aku bisa makan pepaya tanpa perlu ditambah jeruk nipis apalagi gula. Ternyata, menyantap pepaya tanpa tambahan apapun lebih praktis dan menyehatkan.

    Dan sekarang ini, pepaya termasuk buah yang pertama kali akan aku beli saat belanja buah.
    Entah mengapa, membeli pepaya yang besar bukanlah pilihanku. Aku lebih suka membeli pepaya yang kecil yang bisa habis dalam sekali potong. Padahal lebih murah membeli satu pepaya yang besar dari pada membeli 2 pepaya kecil. Tapi, teteupppp aku pilih yg kecil hehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.