Keterampilan Bertanya

Saat selesai menerangkan di kelas atau setelah menyelesaikan pemberian materi pada banyak sekali seminar” di berbagai tempat selama belasan tahun saya melihat rakyat negeri ini minim sekali dalam keterampilan bertanya. Foto diatas, anak” yang mengangkat tangan untuk bertanya adalah suatu keadaan yang luar biasa, cukup banyak yang ingin bertanya.

Saya sering iseng dengan memberikan apresiasi hadiah untuk pertanyaan terbaik berupa, pulsa, paket data atau souvenir, biasanya sangat manjur jadi banyak yang mau bertanya.

Saat pagebluk, saya melakukan strategi dengan mempersilahkan mereka mengajukan pertanyaan saat saya menyajikan materi melalui pesan atau chating, kemudian saya menyapa nama mereka dan asal dari mana mereka berada sebelum menjawab pertanyaan, jadi materi saya mengalir berdasarkan pertanyaan. Suasananya jadi seru.

Rupanya saat nama peserta seminar daring disebut, saya ringkas inti pertanyaannya, peserta seminar daring itu sangat senang terlihat dari ekspresi wajah dan matanya yang berbinar.

Tampaknya kita harus banyak melatih anak-anak kita bertanya, karena malu bertanya sesat di jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.