Burung itu Menangis, Bukan Berkicau

foto: tempo.co

Seekor burung tak henti berkicau dengan suara yang nyaring. Dia terus berkicau sejak matahari terbit hingga malam telah larut.

Pemilik burung senang sekali memiliki hewan peliharaan, kandang yang bagus berharga mahal dibeli untuk memelihara burung. Diberinya makanan terbaik menurut penjual makanan burung, ada tambahan vitamin diberi secara periodik. Ketika pemiliknya libur kerja, burung itu dimandikan dengan cara disemprot air, lalu kandang diletakkan di tempat yang panas agar bulu burung cepat kering.

Pemilik burung mungkin tak tahu bahwa burung mirip manusia yang bisa bosen jika selalu mangkonsumsi makanan yang sama, burung bisa bebas memilih makanan di alam bebas. Burung juga tak suka berjemur, karena ketika mereka mandi di sungai atau basah kehujanan, cuma dengan terbang sebentar buku-bulunya bisa langsung kering.

Burung pasti kepanasan saat dijemur setelah dimandikan pemiliknya sementara burung tak bisa berlindung dibalik pohon rindang agar terlindung dari sinar matahari.

Pemilik burung mengikutsertakan buungnya pada kontes atau lomba . Burung yang berkicau keras tak berhenti menjadi juara dan memdapat hadiah jutaan. Pemilik burung sangat swnang  burungnya menjadi juara yang menaikkan harga jual burung itu.

Pemilik burung senang sekali burungnya tak henti berkicau dengan suara yang nyaring. Padahal sesungguhnya burung itu sedang menangis berteriak-teriak berbicara pada beberapa ekor anaknya yang baru menetas. Burung itu meratapi nasibnya tertangkap saat mencari makan untuk menyuapi anak-anaknya yang belum bisa mencari makan sendiri.

Burung itu menangis, meminta maaf pada anak-anaknya tak bisa pulang ke sarangnya untuk menyuapi anaknya, dia terus berteriak berharap anak-anaknya mendengar atau ada burung lain yang berbaik hati memberi makan anaknya.

Kamu suka pelihara burung?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.