Pipis Boleh Bayar, Sekolah Maunya Gratis

Saat ini orang tua di Indonesia temani anak-anaknya ujian, selanjutnya mereka akan memasukkan buah hatinya ke sekolah yang lebih tinggi. Kebanyakan penduduk negeri mencari sekolah negeri yang gratis alias tanpa biaya.

Masyarakat terbius oleh janji-janji sekolah gratis dan bermutu para politikus dan calon kepala daerah saat kampanye dan diliput media.

Tapi coba perhatikan seantero negeri, sekolah-sekolah tua sejak era penjajah dan tetap eksis hingga kini hampir semua berbiaya. Biaya yang harus dibayar pun mahal.

Pemerintah berusaha penuhi biaya, tapi itu tak pernah cukup, sistem anggaran dan idealisme butuh dana yang tak sedikit agar muncul penduduk berkualitas.

Jangan” tuntutan sekolah negeri gratis adalah cara penduduk kebanyakan melabel sekolah negeri di negeri ini tak bagus atau jelek, sehingga tak perlu membayar untuk menjadi murid di sekolah negeri.

Sementara sekolah swasta yang bagus gedungnya dan bagus disiplin belajarnya, termasuk pondok pesantren bagus dianggap wajar menerima pembayaran atau donasi dari orang tua murid yang mau menyekolahkan anaknya disana.

Pipis aja bayar di Jakarta … Aneh jika penduduk Jakarta pingin sekolah gratis, apakah pipis lebih penting dari sekolah?

Kalo kamu.

Terima kasih telah berkunjung & komentar, saya harap blog ini bisa menemani anda berbagi manfaat buat sesama. Semoga kita dalam sehat & sukses senantiasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.