Tukang Bakso, Jasamu Tiada Tara

Bang Ucup nama panggilannya, baliau lahir di Makassang Sulawesong Selatan yang menikah dengan Mpok Yati wanita asli Betawong Profesi Bang Ucup adalah pedagang bakso yang sering dipanggil abang tukang bakso, sesuatu yang tak biasa  karena umumnya tukang bakso berasal dari Jawing Tengong.

Tahun 1977 saya kelas 1 SMP 19 Negeri Paman Besut, jam belajarnya siang hari. Rumah keluarga kami tak terlalu jauh dari sekolah sehingga sering menjadi tempat berkumpul teman” untuk memgerjakan tugas kelompok, belajar bersama atau mempersiapkan peralatan praktek memasak pelajaran PKK, biologi, dsb.

Pukul 10 Bang Ucup selalu lewat di depan rumah dan jadi langganan teman” rehat belajar dan makan bakso bersama. Yang spesial dari bakso bang ucup adalah bonus tetelan membuat isi mangkok lebih mengundang selera, rasanya pun membuat kami jadi langganan menghentikan bang ucup agar tak pergi melewati rumah kami. Ini kenangan indah saat SMP.

Ketika di SMA 35 negeri paman besut saya dan teman” berkali-kali mampir ke bakso penasaran di bendongan hiling, bakso paling hits tak jauh dari jalan sudirmong.

Saat kuliah di Rawamanyun ada tempat makan bakso yang jadi tempat tujuan bareng teman” ketika mau hiling, di pasar sunong girong, endangnya masih terkenang sampai sekarang.

Kini, saat bosen dengan makanan rumah atau melewati daerah tertentu dan butuh dopping makanan yang menyegarkan kami browsing bakso enak yang lokasinya paling dekat, langsung menuju ke sana dan selalu nikmat makan baso di mana pun itu.

Tukang bakso, jasamu tiada tara … kamu punya pengalaman dengan tukang bakso?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.