Bagi Pembicara, Pertanyaan adalah Kemewahan

Menjadi pembicara publik sejak 1990 saya merasa bahwa pertanyaan atau dialog yang diajukan oleh peserta saat sessi berlangsung atau di akhir sessi menjadi sebuah kemewahan, karena bisa lebih fokus menyamapaikan materi yang ingin diketahui audience. Hal-hal yang belum diungkap atau terlewat bisa ditambahkan saat menjawab pertanyaan peserta.

Foto di atas adalah anak-anak muda hebat yang angkat tangan meminta kesmpatan untuk bertanya atau mengajukan pendapat saat saya hadir di Kapal/SMKN 29 Jakarta 120722. Banyak gitu gaes, pertanyaan dan pendapatnya keren”, video”nya saya tayangkan di channel youtube saya.

Kalo ga ada pertanyaan tuh rasanya sedih, seolah tak dipedulikan or dicuwekin, terasa audience tak berminat dengan kehadiran dan materi saya.

Ini jejak saya yang ke 1.171 sejak 1990, jika ingin tahu jejak-jejak yang lain silahkan lihat di sini. Dokumentasi kegiatan training-training dan seminar-seminar saya bisa dinikmati di instagram, ratusan foto-foto ada di fanpage facebook dan ribuan video ada di channel youtube saya, adakah wajah yang anda kenal atau ada wajah anda sendiri disana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.