Kupi Pahit & Kue Manis

Saat ke Aceh, saya selalu berusaha menyempatkan mampir ke warung kopi di pemukiman penduduk, apalagi yang terlihat ramai. Saya sangat menyukai vibes di warung kupi Aceh, rasa kupi dan makanan kecil atau makanan apa saja yang ada disana. Saya mencoba semua menu yang ada di warung kupi disesuaikan waktu kunjungan … semua endingnya ngupi, kalo kamu?

Bayangan Siang Malam

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Desembet 2021.

Pantai Pulau Weh

Desember 2021

Interior Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Desember 2021

Naik Becak di Aceh

Becak, becak coba bawa saya …

Sunset Lhoknga Aceh

Hidup itu adalah perjalanan yang meninggalkan jejak, ada yang mengelola jejak secara baik sehingga bisa dinikmati oleh anak, cucu dan orang sedunia, ada yang membiarkan jejaknya berserakan entah dimana, saya mendokumentasikannya di beberapa blog, kalo kamu?

Memotret Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Mengunjungi Aceh pertama kali 2011 saya sampai mempersiapkan dua kamera slr dengan lensa standar, wide & tele yang dikemas dalam satu tas, jadi berat gitu bawanya … tapi kemarin 2021 ga lagi, cuma pake hape saya kembali mengcapture lokasi favorit di Aceh, kalo kamu?

Snorkling Pulau Weh Aceh

Berbekal mie instant mentah tanpa bumbu akan mengundang ratusan ikan hias mendekat ke kamu di laut lepas, posisi di Pantai Rubiah Sabang pertengahan Desember 2021

Jejak Pak Dedi

Hidup itu adalah perjalanan yang meninggalkan jejak, ada yang mengelola jejak secara baik sehingga bisa dinikmati oleh anak, cucu dan orang sedunia, ada yang membiarkan jejaknya berserakan entah dimana, saya mendokumentasikannya di blog ini dan http://trainerkita.wordpress.com, kalo kamu?

Pelabuhan Ule Lheu Banda Aceh

On the way menuju pulau weh … Desember 2021

Kerupuk

Indonesia tuh sorga buat penikmat kerupuk, ada ratusan jenis bisa kita nikmati, warnanya merah, kuning, hijau, dilangit yang biru, tinggal pilih aja mau yang mana, siapkan minyak goreng … sreng, sreng, sreng deh, kalo kamu suka yang mana?

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Saya selalu ingin kesini jika berkunjung ke Aceh, kalo kamu?

Pantai Indonesia itu

Pulau Weh 191221

Luar biasa sekali, nikmati laut yang terdekat dari rumahmu lalu berenang atau naik perahu menjauh dari pantai agar kita tahu betapa hebatnya pencipta alam ini mengendalikan air dan membiarkan air memberi manfaat buat penduduk bumi, kalo kamu?

Kopi Aceh

Kopi itu disuka kerana pahitnya hasil proses menanam, mengolah dan menyaringnya, seperti roda kehidupan yang manisnya terasa setelah duka mendera …. kebiasaan minum manis bakal dijemput kepahitan efek diabet, kalo kamu?

Kopi

Kopi itu disuka kerana pahitnya hasil proses menanam, mengolah dan menyaringnya, seperti roda kehidupan yang manisnya terasa setelah duka mendera …. kebiasaan minum manis bakal dijemput kepahitan efek diabet, kalo kamu?

Becak Aceh

Sepeda motor yang diberi tambahan ruang untuk mengangkut penumpang atau barang.

Aceh 181221.

Instagram itu

Persis kaya tipi, koran, majalah, isinya aneka rupa: ada promo, berita, lagu, film, curcol … mengekspresikan ide, bahagia, sedih, gembira, kezel, cuwek, peduli, heran, masa bodo, atau ssuatu yang ga jelas.

Saya mendokumentasika apa aja disekitar saya untuk dikenang bahwa saya pernah ini itu di instagram @dwitagama, kalo kamu?

Peci, Kopiah atau Songkok?

Peci, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki pengertian sebagai penutup kepala untuk pria.

Terbuat dari kain atau bahan lain dibentuk meruncing kedua ujungnya. Sebutan lainnya, yakni kopiah atau songkok. Sedangkan, di belahan dunia lain seperi Eropa dan Amerika masyarakatnya menyebut kopiah atau peci itu dengan nama Kufi. taqiyat, topi fez, songkok, dan lainnya.

Meski ketiganya berfungsi sama sebagai penutup kepala, sejarahnya berbeda-beda. Peci misalnya,  dalam sejarah pada masa penjajahan Belanda disebut Petje. Yaitu, dari kata Pet yang diberi imbuhan je.

Sedangkan kopiah diadopsi dari bahasa Arab, kaffiyeh atau kufiya. Namun, wujud asli kaffiyeh berbeda dengan kopiah. Sementara, songkok dalam bahasa Inggis dikenal istilah skull cap atau batok kepala topi, sebutan oleh Inggris bagi penggunanya di Timur Tengah.

Di wilayah Indonesia atau Melayu yang pernah dijajah Inggris, kata tersebut mengalami metamorfosa pelafalan menjadi skol kep menjadi song kep dan sampai menjadi song kok. Kata songkok pernah populer di era kebangkitan nasional.

Wilayah Melayu yang dahulu dijajah oleh Inggris, istilah ‘skull cap’ mengalami perubahan pelafalan. Dari yang semula bunyi ‘skol-kep’ menjadi ‘song-kep’. Dan akhirnya menjadi ‘song-kok’. Istilah songkok di nusantara cukup populer pada zaman Presiden Soekarno. Namun kini, nama songkok sudah langka digunakan, orang lebih sering menyebut peci.

Kopiah atau peci tidak melulu berwarna putih atau hitam polos melainkan memiliki berbagai macam warna motif. Beberapa muslim di antarannya ada yang menutupi kopiah dengan menggunakan sorban. Dalam bahasa Arab disebut imamah.

Kamu suka yang mana?

Terbang

Naik pesawat, mungkin yang terbayang adalah kesenangan melintas cepat ratusan kilometer per jam, jauh di atas tanah yang biasa dipijak.

Apakah orang” tahu bagaimana  susahnya bekerja mengumpulkan biaya buat menikmati bumi, manjumpai yang disayang, nikmati kuliner?.

Pernah merasakan takutnya berada diudara mempercayakan hidup bersama lebih seratus orang di burung besi yang kadang enggan terbang terus?.

Meninggalkan kenangan manis untuk memulai sesuatu yang belum tahu, atau pergi dari fakta pahit buat memulai bahagia yang baru adalah banyak drama yang ada bareng burung besi, kalo kamu?

Tas Bercerita

Dia dipilih saat pemiliknya berkali-kali bekerja di Batam tahun 2010 -2011, karena ramai kabar bahwa di Batam kita bisa membeli barang-barang branded dengan harga miring. Rupanya sang pemilik selalu bawa barang bawaan dalam jumlah yang tak sedikit sehingga tak muat ditampung dalam tas bagus itu, maka jadilah tas itu menghuni lemari bertahun-tahun.

Sejatinya pemilik tas sering merindukan tas itu tetapi enggan membongkar gudang, menelisik isi lemari hingga tiba waktu mencari barang yang disimpan dan berjumpa kembali pemilik dengan tas kesayangan setelah sepuluh tahun berlalu.

ALhamdulillah tas masih sangat bagus dan nyaman dipakai walau memang tak banyak barang yang bisa dibawa, tapi tak apa … dengan tambahan satu tas punggung bisa membawa semua yang dibutuhkan untuk memberi warna hidup, kalo kamu?

Kopi atau Kupi

Hitam, tak selalu kelam … ada nikmat yang tenggelam di dalamnya dan sulit digenggam sehingga orang” terus mencari dan mengulang mengecap, mereguk pahitnya kopi … jika pahitnya kupi sudah ditaklukkan maka pahitnya dunia tak akan terasa, kalo kamu?

Jambu Jamaika

Ada yang menyebutnya Jambu Bol, rasanya sepet, manis, banyak kandungan airnya, berbuah tak kenal waktu sepanjang tahun, kamu suka?

Fokus Kamu

Melihat foto di atas, apakah yang paling pertama menarik perhatian kamu?

Nikmatnya pagebluk itu bisa tampil bercelana pendek karena yang terlihat cuma mukanya aja, bakal ada video baru di channel youtube saya … kalo kamu?

Siapa Ghosting Jakarta?

Jakarta … dirimu tak perlu sedih, juga tak perlu marah walau kamu bakal ditinggalkan dia yang pernah mereguk manisnya kamu, dirinya nembak kamu, dia bilang suka kamu & mau bikin kamu bahagia, tp kmudian dia menghilang, dia memang suka ngeghosting, mungkin dia bakal hilang entah kemana dilupakan orang, tapi Jakarta tetap dekat di mata … kalo kamu?

251121

Kang Kopiah

Saya tuh suka ngobrol sama kang peci
…. endingnya saya dapet hadiah peci, kalo kamu?

Bajaj Biru

Bunyinya lembut tak seribut seniornya yang orange bunyinya turung tung tung turung tung tung memekakakkan telinga.

Foto diambil di depan pasar cipinang elok jakarta timur 12 September 2021.

Bajaj senior warna orange kini sudah jarang berkeliaran, yang biru pun kini tinggal sedikit lagi karena terdesak ojek pangkalan dan ojek online, kamu masih suka naek bajaj ini?

Kang Foto Tak Laku Lagi

Zaman dulu kalo ada kegiatan ada orang yang khusus bertugas mendokumentasikan, dia menggunakan kamera untuk memotret atau merekam video, agar semua orang yang terlibat bisa mengenang kegiatan yang sudah berlangsung atau mengabarkan kepada orang lain tentang pelaksanaan suatu kegiatan.

Sekarang tak lagi, semua orang bisa memotret dan merekam video, bahkan langsung mengabarkan kepada orang sedunia sebelum kegiatan berlangsung. Foto di atas adalah dokumentasi kegiatan saya di SMKN 2 Jakarta, yang anda bisa lihat info lengkapnya di http://trainerkita.wordpress.com.

Menggunakan handphone semua orang bisa mendokumantasikan dan mengabarkan kepada dunia, kang foto ga laku lagi dah, kalo kamu?

Masjid Almarjuqiah Cipinang Muara

Saya jumatan dimari 051121, kalo kamu?

Kerupuk Nasi = Rengginang

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari, lalu digoreng panas dalam minyak goreng. Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran ketannya masih tampak.

Kue Rangi

Berbahan sagu, kelapa muda, gula merah, dsb. Enak buat menemani minum teh atau kopi di pagi dan sore hari, kamu suka?

Menu Sarapan

Labu siam, bihun goreng, semur tahu, tempe orek dan jengkol serta rajah ketimun menemani nasi putih, jadi menu sarapan saya pagi ini 081121.

Ada pilihan nasi putih, nasi uduk, nasi kuning … saya memilih nasi outih biasa, kalo kamu?

Karikatur atau Kartun

Saya tuh suka gambar kartun, gambar karikatur jugaaaa … apakah beda kartun dan karikatur? Kalo menurut kamu?

Hujan lagi di Indonesia

Bintaro Jaya 071121

Beberpa hari terakhir hujan banyak turun di negeri ini, banyak tempat kelebihan air alias banjir. Jakarta banjir itu biasa karena memang Jakarta ada di tempat rendah diujung aliran air dari Bogor yang tinggi menuju ke laut di pantai utara Jakarta. Bahkan daerah-daerah langganan banjir itu sudah sangat siap menyambut tamu rutin, mereka tak ribut, bahkan seolah senang karena bakal banyak liputan mass media, bisa maauk televisi hingga banyak bantuan datang tak diundang, makanan matang, mentahan, pakaian hingga perlengkapan bayi dan ibu-ibu.

Yang luar biasa tahun ini adalah banjir besar di Kalimantan Selatan yang punya beberapa aliran sungai, ribuan penduduk jadi korban banjir, sebuah peristiwa yang jarang terjadi di daerahnya, kalo daerah kamu?

Foto Langganan Pemirsa

Saya sering diminta foto oleh panitia kegiatan seminar atau training, saya selalu bilang silahkan cari dan pilih aja di google.

Ternyata foto saya di atas sering dipilih pemirsa untuk kegiatan mereka, kalo kamu?

Pahlawan Hari ini

Pahlawan itu adalah orang yang dengan ikhlas menyiapkan sesuatu yang orang lain butuhkan walau tak diperintah dan tak diberi SK, juga tak ada upacaranya, meminta imbalan dengan tak memaksa, bahkan ada yang tak memiliki uang pun diberi gratis, … banyak orang dibahagiakannya saat membutuhkan sarapan, dia tak minta komisi apalagi korupsi … pahlawanku hari ini tukang  @buburayam_palaparaya, terima kasih utk smua anggota tim nya yang memberi pelayanan dengan baik, tp maaf teh nya kurang panas hehehe, saya anggota geng diaduk …. kalo kamu?

Bambang manaaaa?

Posting ini tentang Bambang … kamu kenal?

Kangen Kapal, Saya pake Kaosnya aja

Mo naek kapal urusannya ribed banged harus tes ini itu yang biaya tesnya bisa lebih mahal dari harga tiket kapalnya.

Yawdah … mending saya pake kaos kapal aja, kalo kamu?

Humor Anak IT

Saya alumni Matematika IKIP Jakarta, bukan anak IT, katanya foto diatas adalah gaya humor anak IT, kamu tahu maksudnya apa? Kepo nih.

MEMOTRET SENAM PAGI DI SMKN 50 JAKARTA

Sebelum pagebluk menghajar dunia, hari Jumat nerupakan hari yang saya tunggu karena kami rutin melakukan senam pagi di lapangan yang cukup luas dengan murid ratusan, suasana gembira ditemani musik yang sering memndorong kami ikut bernyanyi.

Setelah senam, anak-anak duduk lesehan mendengar info dari guru-guru sambil mendinginkan suhu tubuh setelah berolah raga … akankah hal ini bakal terulang lagi, kamu suka?.

Tua

Tua itu pasti,
kalo waktu muda kerja keras
maka tua bakal senang-senang

karena siang dan malam itu pasti
Jika saat muda senang-senang
nongki aja seharian
sambil ngerokok & narkoba
maka tua nanti
Engkau masih harus kerja keras

Karena bokap nyokap udah ga ada
Maka kamu harus hidupi diri sendiri

Kalo udah kerja
Pikniiik woooi
Supaya ngga gelo,
Kalo kamu?