Dipisahin oleh Zoom: Pelepasan Tamatan SMKN 50 Jakarta

Alooow Guys.

Saat baca ini semoga kamu dalam sehat lahir bathin, yang sudah kerja, tetap bisa kerja dan bisa sisihkan uang buat nabung agar hidupmu sejahtera berkecukupan, kalo kamu kuliah, belajar yang srius guys supaya cepat wisuda dan segera berkontribusi pada kehidupan, kalo kamu masih belom kerja … terus berusaha yaaa …. jangan pilih”, ada kerjaan apa aja sikaaat … karena itu bisa anterin kamu ke kerjaan.

Tangkapan layar zoom meet pelepasan alumni SMKN 50 Jakarta

Sebelum pandemi, saya suka menghadiri acara pelepasan atau wisuda, melihat anak” pake jas, pake kebaya tampak kamu sangat dewasa dan siap mengarungi hidup … tahun ini saya cuma bisa lihat kamu di layar lewat zoom, sedih bet dah.

Kamu tetap tampil keren pake jas dan kebaya, wajah” mu serius, mungkin itu kebersamaan terakhir kita yang cuma bisa dikemas lewat layar laptop.

Saya terkenang suasana belajar di kelas, kamu serius, kadang santai, sering kita lucu”an ngetawain banyak hal agar selalu gembira di kelas … beberapa dari kamu sudah keluar sekolah karena berbagai alasan.

Saya juga senang sekali melihat ekspresi kamu ketika mendapat konsumsi snack dadakan sebelum belajar Mtk, ada yang selalu dapat snack, padahal saya menyebut nomor absen secara acak, ada yang ga pernah dapat dan merengek minta saya menyebut nomor absennya.

Saya suka melihat kamu yang ke sekolah membawa dagangan apaaa aja, itu mental pengusaha yang luar biasa … kamu bakal jadi orang tajir deh.

Buat para aktifis ekskul yang sering bikin rame sekolah sampe malam … keren banget guys … karingat kamu, energi dan semua usaha yang sudah kamu lakukan akan sangat bermanfaat buat kehidupan kamu di masyarakat di tempat kerja dan dimanapun berada.

Selamat jalan guys, cinta kami terus menyertai kemanapun kalian pergi, semoga kamu dalam sehat selalu dan hidup sejahtera.

Saya iringi pergi kamu dengan lagu Alika, Aku Pergi ..

Aku pergi
Bukan berarti tak setia
Aku pergi
Demi untuk cita-cita

Maaf bila
Mungkin kita harus terpisah
Relakanlah
Mungkin ini sudah takdirnya’

Ku tak ingin ada benci
‘Ku tak ingin ada caci
Yang aku ingin kita selalu
Baik-baik saja

Kenangan kita takkan kulupa
Ketika kita masih bersama
Kita pernah menangis
Kita pernah tertawa
Pernah bahagia bersama

Semua akan selalu kuingat
Semua akan selalu membekas
Kita pernah bersatu dalam satu cinta
Dan kini kita harus terpisah

Aku pergi
Ho-oo-ooo

Aku pergi
Aku pergi
Ho-oo-ooo


Aku pergi
Ho-oo-ooo’

Ku tak ingin ada benci
‘Ku tak ingin ada caci


Yang aku ingin kita selalu
Baik-baik saja

Kenangan kita takkan kulupa
Ketika kita masih bersama
Kita pernah menangis
Kita pernah tertawa
Pernah bahagia bersama

Semua akan selalu kuingat
Semua akan selalu membekas
Kita pernah bersatu dalam satu cinta
Dan kini kita harus terpisah

Aku pergi

PPDB DKI Jakarta 2021: Sudah Bisa Mengajukan Akun

Setelah dilakukan perbaikan pada pk 16.00 – 18.00 saat saya posting ini, website PPDB DKI Jakarta sudah bisa diakses, sudah bisa mengajukan akun dan sudah bisa memilih sekolah.

Buat Bapak, Ibu dan kamu yang mau mendaftarkan diri, silahkan, semoga mendapat hasil yang diinginkan.

Bravo buat panitia PPDB Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang berhasil mengatasi masalah dan bisa memberi pelayanan yang lebih baik buat penduduk Jakarta, kamu milih sekolah mana?

PPDB DKI Jakarta 2021: Sedang Optimalisasi, Istirahat dulu

Mungkin makin banyak yang mengabarkan ke Dinas Pendidikan bahwa proses pengajuan akun tak kunjung bisa hingga lewat pk 15.30.

Ada info seperti foto di atas di website PPDB DKI JAKARTA, bahwa pengajuan akun dihentikan dulu sampai pk 18.00 WIB dan masa pendaftaran jalur prestasi akan diperpanjang sampai dengan 10 Juni 2021.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya? Ok deh … saya maapin, kalo kamu?

PPDB DKI Jakarta 2021: Terjadi Gangguan Interkoneksi SIDANIRA

Aloooow para orang tua murid yang akan mendaftarkan putra-putrinya ke sekolah di Jakarta, hingga saat posting ini di tulis pk 12.42 sistem PPDB Online DKI Jakartamasih bermasalah, saat mengajukan akun PPDB masih eror dengan pesan macam ini:

Saya yakin teman-teman panitia PPDB di Dinas Pendidikan DKI Jakarta sedang berusaha mengatasi masalah ini, karena masyarakat tak bisa mendapatkan akun yang berakibat tak bisa melakukan pendaftaran ke sekolah negeri yang dituju.

Semoga masalah yang terjadi bisa segera diatasi dan bapak, ibu bisa segera dapat akun PPDB dilanjutkan mendaftar ke sekolah yang dituju, doa saya semoga putra, putri anda mendapat sekolah yang diinginkan, kalo kamu?

Agan di Kapal @smkn29jkt


Di Kapal @smkn29jkt pada tahun 2011 saya berjumpa dengan banyak agan (anak ganteng), kami beberapa kali melakukan sessi foto buat ngebom sosmed kala itu, skarang sy msh kontak dg mereka yg sibuk kerja, banyak yg sudah jd sarjana, stay safe guys, kalo kamu?

Calon Presiden PDIP

PDIP mengadakan kegiatan di Jawa Tengah mengundang kader PDIP dan kepala daerah di Jawa Tengah tetapi tak mengundang Ganjar Pranowo (GP) sebagai Gubernur Jawa Tengah atau pun GP sebagai kader PDIP.

Alasannya beragam, utamanya diungkap seolah GP serlalu berambisi menjadi calon presiden 2024, atau seolah merasa lebih tinggi kedudukannya dari pengurus PDIP.

Mungkin kita tak perlu serius menanggapi polemik di PDIP, karena sampai saat ini GP masih tetap kader dan anggota PDIP, belum terdengar ada kabar bahwa PDIP telah mengeluarkan surat keputusan memecat GP dari PDIP, jadi bisa saja GP tetap dicalonkan PDIP sebagai presiden aau wakil presiden ketika Lembaga Survey atau konsultan yang diminta PDIP untuk menelisik elektabilitas calon presiden dan wakil presidan yang berpotensi dipilih rakyat. Karena buat politikus, tak ada yang abadi kecuali kepentingan memenangkan kontestasi, soal kawan jadi lawan atau lawan jadi kawan itu seolah tak dipersoalkan.

“Menyentil” GP tampaknya PDIP sedang melakukan tes pasar, andai GP tak diusung PDIP sebagai capres atau cawapres, siapakah kader PDIP yang masih layak bertarung untuk memenangkan kontestasi, beberapa hari ke depan akan berkelebat wacana bahwa PDIP masih memiliki banyak calon yang layak, hingga menyebut nama-nama potensial.

Sayangnya, salah satu kader potensial Tri Rismaharini (TR) sudah menyatakan tak mau maju sebagai capres karena tak punya uang. Ucapan klise dari politikus, karena jika biaya pecalonan akan ditanggung oleh partai atau pendukung, TR tak perlu mengeluarkan biaya ada kemungkinan beliau mau nyalon, apalagi elektabilitasnya lumayan bagus.

Jangan-jangan isu GP diviralkan bareng dengan ucapan bahwa PDIP tak bisa lagi mencalonkan Jokowi  untuk maju sebagai capres untuk menghempas isu adanya fihak-fihak yang sedang menggodok sistem baru presiden tiga periode. Karena sudah seringkali ungkapan Jokowi berbeda dengan kenyataannya.

Menurut Anda?

Perawatan Mobil

Kamu termasuk yang senang merawat mobil dengan sering berkunjung ke tenaga spesialis, seperti bengkel body, bengkel variasi, bengkel mesin, bengkel ac dan senang berlama-lama di bengkel menikmati tunggangan kamu dirawat?

Atau kamu senang memanggil teknisi atau montir ke rumah dan melihat mereka merawat mobilmu sambil kamu mengerjakan pekerjaan lain?

Apakah kamu senang menggunakan bengkel khusus ssuai merek mobil kamu dan menyerahkan sepenuhnya mobil kamu dirawat mekanik bengkel itu tanpa kamu lihat prosesnya.

Kamu suka lihat tutorial di youtube dan merawat mobilmu sendiri di rumah?

Selera boleh beda, tetapi endingnya yang paling penting, yaitu tunggangan kamu selalu siap mengantar kamu kemanapun dan kapanpun kamu pergi.

Tunggangan yang dirawat bikin nyaman dikendarai dan melindungi pemiliknya dari kecelakaan, kerana mobil juga punya jiwa, kalo kamu?

Nemu

Ketika mencari sesuatu, dan kita tak menemukan apa yang kita cari itu nyeseknya luar biasa.

Ketika menemukan sesuatu, saat kita tak mencarinya itu bahagianya luar biasa, seperti ketika saya menemukan foto kenangan di atas, diwawancara oleh dr. Lula Kamal untuk siaran di TVRI tahun 2008, untuk acara BNN RI.

Topik wawancara kali itu adalah tentang partisipasi saya pada kegiatan pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan pendidikan, kamu lihat?

Youtube Pak Dedi

Alooow netizen, makasih kamu kembali simak blog saya, kali ini saya posting tentang channel youtube saya, gegara ada teman yang minta saya subscribe channel beliau dan beliau kirim screen shoot channel saya.

Ga nyadar saya, ternyata subscriber channel youtube saya hingga hari ini telah mencapai 2.436 subscriber, alhamdulillah beeet.

Makasih buat kamu yang udah subscribe bhannel youtube saya, biasanya saya langsung subscribe balik kalo ada notif netizen yang subscribe saya, sering juga ada teman yang minta dukungan lika dan subscribe ketika ada anggota keluarga atau muridnya ikut kompetisi lewat youtube, saya langsung subscribe aja.

Ternyata subscribe channel orang gampang aja dan bikin bahagia orang itu kan bagus … kamu udah subscribe youtube saya blom? kuuuy lah …

atau kalo kamu punya channel youtube mo saya susbscribe silahkan deem saya di instagram.

Dari statistik channel youtube saya, ternyata video yang paling banyak dilihat adalah dokumentasi pesawat Jabiru 430 karya anak kapal SMKN 29 or STM Penerbangan Jakarta.

Ada yang tanya ke saya, apakah saya sudah monetize channel youtube saya?

Sampai saat ini saya belum memonetize channel youtube saya karena saya membuat channel fungsinya bukan membuat kontent untuk menarik penonton, bagi saya youtube fungsinya untuk mendokumentasikan kegiatan saya dan apa saja di sekitar saya, lebih sebagai tempat menyimpan file video agar tak memenuhi handphone atau laptop saya, kalo kamu?

Jadwal PPDB 2021: SD, SMP, SMA, SMK di DKI Jakarta

Adapun jadwal pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 sebagai berikut:

1. PAUD
• Pendaftaran dan Verifikasi Berkas (21 Juni-7 Juli 2021)
• Proses Seleksi (21 Juni-7 Juli 2021)
• Pengumuman (7 Juli 2021)
• Lapor Diri (8-9 Juli 2021)

2. SLB
• Pendaftaran dan Verifikasi Berkas (21 Juni-7 Juli 2021)
• Proses Seleksi (21 Juni-7 Juli 2021)
• Pengumuman (7 Juli 2021)
• Lapor Diri (8-9 Juli 2021)

3. PKBM
• Pendaftaran dan Verifikasi Berkas (26 Juli-2 Agustus 2021)
• Proses Seleksi (26 Juli-2 Agustus 2021)
• Pengumuman (2 Agustus 2021)
• Lapor Diri (3-4 Agustus 2021)

4. SD
a. Jalur Afirmasi:
• Anak Asuh Panti dan Penyandang Disabilitas, dan Anak Tenaga Kesehatan yang Meninggal karena COVID-19:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (7-9 Juni 2021)
2). Lapor Diri (10-11 Juni 2021)

• Anak yang Terdaftar dalam DTKS, Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, dan Anak dari Pengemudi Mitra Trans Jakarta:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (14-16 Juni 2021)
2). Lapor Diri (17-18 Juni 2021)

b. Jalur Zonasi:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (21-23 Juni 2021)
2). Lapor Diri (24-25 Juni 2021)

c. Jalur Pindah Tugas Orang Tua dan Anak Guru :
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (7-23 Juni 2021)
2). Lapor Diri (24-25 Juni 2021)

5. SMP-SMA
a. Jalur Prestasi:
• Akademik dan Non-akademik :
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (7-9 Juni 2021)
2). Lapor Diri (10-11 Juni 2021)

b. Jalur Afirmasi:
• Anak Asuh Panti dan Penyandang Disabilitas, dan Anak Tenaga Kesehatan yang Meninggal karena COVID-19:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (14-16 Juni 2021)
2). Lapor Diri (17-18 Juni 2021)

• Anak yang Terdaftar dalam DTKS, Anak Penerima KJP Plus, Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, dan Anak dari Pengemudi Mitra Trans Jakarta, anak penerima KJP Plus sekaligus PIP:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (21-23 Juni 2021)
2). Lapor Diri (24-25 Juni 2021)

c. Jalur Zonasi:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (28-30 Juni 2021)
2). Lapor Diri (1-2 Juli 2021)

d. Jalur Pindah Tugas Orang Tua dan Anak Guru:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (7-30 Juni 2021)
2). Lapor Diri (1-2 Juli 2021)

6. SMK
a. Jalur Prestasi:
• Akademik dan Non-akademik:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (7-9 Juni 2021)
2). Lapor Diri (10-11 Juni 2021)

b. Jalur Afirmasi:
• Anak Asuh Panti dan Penyandang Disabilitas, dan Anak Tenaga Kesehatan yang Meninggal karena COVID-19:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (14-16 Juni 2021)
2). Lapor Diri (17-18 Juni 2021)

• Anak yang Terdaftar dalam DTKS, Anak Penerima KJP Plus, Anak dari Pemegang Kartu Pekerja Jakarta, dan Anak dari Pengemudi Mitra Trans Jakarta, anak penerima KJP Plus sekaligus PIP :
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (21-23 Juni 2021)
2). Lapor Diri (24-25 Juni 2021)

c. Jalur Pindah Tugas Orang Tua dan Anak Guru:
1). Pendaftaran-Seleksi-Pengumuman (7-30 Juni 2021)
2). Lapor Diri (1-2 Juli 2021)

JALUR SELEKSI

Jalur seleksi yang dibuka pada PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 untuk Jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK):

1. Jalur Prestasi: Memberikan apresiasi terhadap anak-anak yang telah menunjukkan prestasi akademik maupun prestasi non-akademik;

2. Jalur Afirmasi: Memberikan kesempatan yang lebih besar bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk mengakses pendidikan bermutu dan disubsidi oleh Pemerintah;

3. Jalur Zonasi: Memberikan kesempatan anak-anak yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik, dan kapasitas daya tampung sekolah yang disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak usia sekolah pada setiap jenjang di daerah tersebut;

4. Jalur Pindah Tugas Orang Tua dan Anak Guru: Memberikan kesempatan untuk anak-anak dari keluarga yang orangtuanya pindah tugas dan bagi anak guru yang ingin bersekolah di tempat orangtuanya bertugas.

PPDB DKI Jakarta 2021 akan dilakukan secara daring mulai dari pengajuan akun, pendaftaran/pemilihan sekolah, hingga proses lapor diri untuk calon peserta didik baru yang lolos seleksi.

Aturan terkait PPDB ini sesuai dengan yang tercantum dalam Pergub Nomor 32 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021-2022.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana berharap kebijakan ini dapat mewujudkan kesetaraan kesempatan bagi seluruh warga DKI Jakarta untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas.

“Sehingga diharapkan PPDB ini dapat membentuk sekolah-sekolah negeri dengan variasi peserta didik yang tinggi dan rasa gotong royong untuk maju bersama,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Untuk informasi lengkapnya, detikers dapat mengakses laman resmi informasi PPDB DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022 di disdik.jakarta.go.id dan ppdb.jakarta go.id.

Pendaftaran Peserta Didik Baru: PPDB 2021 SD, SMP, SMA, SMK DKI Jakarta

“Malu bertanya ga diterima di sekolah bagus.”

Alooow netizen, kamu anak sekolah yang mau daftar sekolah jenjang lebih tinggi atau orang tua yang anaknya mau daftar ke sekolah jenjang yang lebih tinggi pasti lagi deg-degan mempertanyakan bagaimana sistem atau tata cara PPDB tahun ajaran 2021.

Catatan PPDB tahun lalu yang mengandalkan patokan umur pendaftar membuat kegaduhan, kesedihan orang tua yang anak-anaknya masih muda dan harus kalah bersaing dengan anak-anak yang lebih tua, sistem masa lalu yang menggunakan acuan nilai ujian di sekolah sebelumnya tak lagi digunakan, nilai prestasi anak di sekolah seolah tak berarti.

Bagaimana mekanisme PPDB tahun ini, silahkan simak slide di bawah ini:

Sumber: Disdik DKI Jakarta

Sebagai bagian upaya menekan pandemi, proses PPDB dilangsungkan secara daring, anda bisa akses laman ppdb disini, jika akses internet anda bagus di rumah maka anda bisa melakukannya sendiri, jika akses internet anda kurang bagus banyak warnet atau toko foto kopi yang dilengkapi komputer dengan akses internet bisa membantu anda.

Informasi lebih lengkap tentang PPDB 2021 SD, SMP, SMA, SMK DKI Jakarta bisa anda unduh di bawah ini, klik aja.

Jika anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubung nomor-nomor telepon di bawah ini:

Saya doakan anda memperoleh hasil yang terbaik, bertanyalah pada orang yang tepat, dan jangan malu bertanya.

Instagram @dwitagama

Aloow netizen, saya mo ucapin makasih banget buat kamu yang sudah follow saya di instagram yang hampir mencapai 10.600, (cuma kurang 20 lagiiiii).

Kalo kamu blom follow saya, silahkan difollow, kalo mau di follback silahkan deem, stay safe guys.

WA diretas?

“Assalamualaikum, lagi dimana?”

Kalimat di atas adalah percakapan pembuka yang umumnya digunakan peretas untuk memulai menggarap korban jenis kedua, yaitu relasi dari pemilik no whatsapp yag diretas

Kejadian peretasan nomor whatsapp makin sering terjadi, bahkan ada korban seorang profesor yang cukup terkenal di negeri ini, yang ahli dibidang teknologi, menyelesaikan S3 di negeri paman sam dan Inggris, punya website yang menceritakan banyak aktifitas sebagai ahli pengamanan jaringan dan teknologi digital. Jika orang sehebat beliau bisa tertipu oleh peretas whatsapp, bagaimana dengan kita? 

Korban peretasan whatsapp saya kategorikan menjadi dua kelompok, yaitu: kelompok pertama, adalah korban yang nomor whatsapp nya dibajak, dan kelompok kedua adalah korban yang tertipu akibat percakapan palsu antara pelaku peretas dengan relasi pemilik nomor whatsapp yang dibajak.

Kelompok pertama, orang yang dibajak nomor whatsapp biasanya tidak dalam keadaan waspada merespon pesan yang masuk. Salah satu cara yang umum dilakukan oleh peretas adalah meminta kiriman balik nomor otorisasi berupa rangkaian angka atau huruf sebagai sandi mengambil alih nomor whatsapp saat mulai diretas. 

Ketika seseorang mengirimkan kode otorisasi kepada orang lain maka orang yang menerima kode otorisasi akan bisa menggunakan nomor whatsapp korban untuk berkomunikasi dengan semua daftar kontak pada nomor whatsapp korban.

Korban kelompok ini tak mengalami kerugian materi secara langsung, tetapi harus menanggung perasaan bersalah kepada orang-orang yang menjadi korban kelompok kedua, bahkan ada yang kemudian mengganti sejumlah uang sesuai dengan kerugian yang diderita.

Saya beberapa kali menerima pesan berupa permintaan untuk mengirimkan kembali kode yang dia kirim, jika saya sedang sibuk saya tak merespon pesan pelaku dan langsung memblok nomor pelaku agar tak bisa menghubungi saya lagi. Ketika saya tak sibuk beberapa kali saya menghubungi nomor pelaku. Umumnya mereka tak mau menjawab panggilan telepon dari saya. Tetapi pernah beberapa kali ada yang menjawab panggilan telepon saya.

Saya bertanya, kenapa anda meminta kembali nomor kode yang sudah anda kirim sendiri? Saya katakan jika dia mengirim kode itu kepada saya, artinya dia mengetahui apa yang dia kirim. Pelaku menjawab macam-macam, bahkan ada yang langsung menutup telepon. 

Ada pelaku yang pandai bersilat lidah atau tak sadar bahwa saya sudah menyadari rencana jahat yang bersangkutan, dia masih saja meminta kode otorisasi yang akan dia kirim. Biasanya saya bilang, sudah lah tak usah melanjutkan niat jahat anda menipu saya atau relasi saya, silahkan cari pekerjaan yang halal dan lebih baik daripada menipu.

Saya selalu berpikir positif sambil tetap waspada, umumnya saya menjawab: biasa … dan jika nomor whatsapp tak diretas, pemilik nomor akan melanjutkan percakapan dengan gaya yang biasa dia lakukan hingga saya berkesimpulan bahwa situasi aman-aman saja. Pelaku peretasan biasanya  langsung masuk ke fokus penipuan dengan berbagai cara yang ujungnya meminta saya menstransfer sejumlah uang ke nomor rekeningnya.

Saat saya sedang sibuk, apalagi saya merasa jarang berkomunikasi dengan nomor itu, tetapi tiba-tiba pelaku meminta stransfer sejumlah uang, hal yang tak biasa buat orang Indonesia, saya tak merespon permintaannya.

Ketika ada waktu luang, saya ladeni percakapan dengan pelaku, seolah berempati dan ingin membantu mengatasi kesulitan pelaku dan akan menstransfer uang yang dia minta. Biasanya setelah berkali-kali saling balas pesan, saya bilang akan menelponnya.

Pernah, suatu ketika meminta saya menstransfer uang satu juta rupiah, saya berpura-pura akan menstransfer dan menelpon pelaku, saya bilang kalau biasanya transaksi kami minimal sepuluh juta rupiah, kenapa kali ini sangat sedikit?.  Saya cuma ingin memberi kesan bahwa saya tak sadar akan ditipu, tapi umumnya mereka memberi kesan memang sedang butuh dana sedikit dan tak merubah nominal angka yang ditransfer, saya tak bertanya tentangf alamat rekening yang berbeda dengan nama relasi saya, tetapi saya bertanya alamat kantor cabang bank dimana dia membuka rekening yang diberikan kepada saya. Umumnya pelaku tak mau memberikan.

Akhirnya saya sering bilang pada pelaku bahwa saya akan membantu kesulitan dia jika sedang memerlukan uang dengan menstransfer jumlah yang lebih banyak dari yang dia minta, dengan syarat berikan foto KTP yang sesuai dengan nama dan alamat rekening serta melakukan video call dengan saya. Biasanya mereka menolak dan tak melanjutkan komunikasi dengan saya.

Tulisan ini terinspirasi dari kabar ada teman yang tertipu telah mentransfer 80 persen dari saldo di rekeningnya kepada pelaku peretas nomor whatsapp, jumlah yang tak sedikit di saat pagebluk ini, semoga kejadian macam ini tak menimpa diri kita. Anda punya cerita?

Merayakan Hari Kartini

Saya menulis tentang bagaimana sebaiknya merayakan Hari Kartinipada 2017, karena saya merasa Kartini seolah identik dengan pakaian adat, setiap perayaan Hari Kartini para wanita dan anak-anak memakai kebaya, padahal Kartini itu jadi terkenal karena kegemarannya menulis surat berisi pemikiran beliau tentang wanita dsb, yang dikemas dalam bentuk surat dikirim untuk sahabatnya di Belanda.

Kartini berfikir maju pada zamannya dan menuliskan pemikirannya, bukam mendisain kebaya, atau pakaian tradisional bukan juga memasak.

Tulisan itu saya tulis 2017 dan diakses 18.000 kali pada 2018 dan 2019, mungkin banyak netizen yang sedang mencari ide merayakan peringatan Hari Kartini.

Mau lihat artikel lengkapnya? Silahkan googling CARA KREATIF MERAYAKAN HARI KARTINI DI SEKOLAH atau klik disini.

Pencitraan Negatif Sekolah

Siapa yang bertugas mengabarkan kabar-kabar baik di sekolah Anda kepada orang tua, Dinas Pendidikan, Pemda, mitra atau masyarakat luas. Medianya bisa leaflet, brosur, poster, koran, majalah, … itu semua jaduuul.

Era digital sekarang mah kabar-kabar baik sekolah harus tiap hari di upload melalui website sekolah, blog, facebook, twitter, instagram, LinkedIn, path, pinteres, steller, youtube, podcast, dsb.

Susaaah? Kalo anak Sekolah Dasar bisa mengoperasikan semuanya hanya dengan menggunakan Hand Phone, maka orang-orang dewasa di sekolah harusnya bisa melakukan itu semua.

Jika pencitraan tak dikelola dengan baik, tinggal tunggu saatnya tiba sekolah anda viral dikabarkan buruk oleh fihak luar, atau akibat unggahan murid, guru dan karyawan yang tak pantas karena tak faham teknik mengelola informasi memanfaatkan media digital. Jika setiap hari selalu mengabarkan kebaikan sekolah dan saat tertentu murid bisa ditugaskan mengunggah tugas pembelajaran di internet menggunakan judul mengandung nama sekolah, maka selamat menikmati jutaaan info kebaikan sekolah anda seperti laut samudra.

Andai ada pemberitaan buruk, itu akan tenggelam diantara jutaan berita postif yang diunggah sebelumnya, seperti jarum satu yang tenggelam di samudra, bagaimana cara mengelola pencitraan sekolah? Ini perlu pelatihan, praktek dan pembiasaan … nanti deh jika pageblak covid ini berlalu saya akan datang ke sekolah anda.

Sekarang nikmati dulu salah satu podcast saya, disini.

Guru Youtuber

 

Sejak 2011 saya menikmati kecanggihan teknologi, memanfaatkan gadget untuk mendokumentasikan apa saja yang ada di sekitar saya dalam bentuk video yang sebagian besar tanpa proses editing (karena saya tak bisa) saya unggah di channel youtube saya yang hingga pagi ini berjumlah 1.669 video dengan lebih dari 1.410 pelanggan atau suscribers, kalo kamu? 


Ini video yang paling populer di channel saya, sudah dilihat lebih dari 170.000 kali, silahkan search DWITAGAMA di youtube atau google, subscribe dan komentar juga boleh, kuuuy.

Pertimbangan Membeli Tiket Pesawat

 

airplane-wing-and-bright-sky-through-an-airplane-window_free_stock_photos_picjumbo_HNCK2580-2210x1474

“Apa yang menjadi pertimbangan utama saat membeli tiket pesawat?”

Pertama, Saya sangat berduka atas peristiwa kecelakaan pesawat di awal minggu ini, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan pengelola transportasi serta pemerintah bisa mengambil pelajaran untuk mencegah peristiwa ini tak terulang lagi.

Saat hendak bepergian menggunakan transportasi udara dan membeli tiket pesawat, apa yang menjadi pertimbangan anda memutuskan tiket atau maskapai apa yang anda gunakan untuk bepergian. Jika perjalanannya mendapat dukungan atau sponsor dari fihak tertentu, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, yaitu:

Waktu.

Jadwal keberangkatan dan pulang disesuaikan dengan jadwal kegiatan di lokasi keberangkatan dan lokasi di tujuan, jika pekerjaan di lokasi dilangsungkan pagi hari maka lebih nyaman berangkat dengan penerbangan pada siang atau sore sehari sebelumnya disesuaikan dengan jarak dan waktu perjalanan dari bandara ke hotel atau lokasi kegiatan.

Maskapai Penerbangan.

Dipilih yang kualitas terbaik, untuk penerbangan dalam negeri biasanya dipililih maskapai dengan logo burung berwarna biru, yang biasanya harganya selalu lebih mahal dari maskapai lain, tetapi sudah dikenal bagus dalam hal pelayanan dan ketepatan waktu. Untuk penerbangan luar negeri biasanya dipilih yang berlogo sama atau maskapai negara yang menjadi tujuan keberangkatan, dengan penerbangan langsung tanpa transit.

Transit.

Jika tidak ada penerbangan langsung, dipilih maskapai penerbangan yang sama sejak keberangkatan hingga di lokasi untuk menghindari terjadinya masalah barang bawaan atau bagasi yang tercecer dan menghambat kerja di lokasi tujuan.

Jika kepergian untuk keperluan sendiri atau bersama keluarga yang biaya perjalanan ditanggung sendiri, hal-hal yang menjadi pertimbangan adalah:

Waktu.

Jadwal keberangkatan dan pulang disesuaikan dengan jadwal kegiatan di lokasi keberangkatan dan lokasi di tujuan, diusahakan berangkat pagi hari dengan harapan memiliki waktu lebih di lokasi tujuan disesuaikan dengan jarak dan waktu perjalanan dari bandara ke hotel atau lokasi kegiatan.

Maskapai Penerbangan.

Dipilih yang harga tiketnya termurah, apapun nama maskapainya dan bagaimanapun rekam jejak atau citra maskapai penerbangan itu, yang paling diutamakan adalah penghematan pengeluaran untuk membeli tiket penerbangan.

Transit.

Jika tidak ada penerbangan langsung, dipilih maskapai penerbangan apa saja yang waktu transitnya tak terlalu lama, yang penting cepat sampai dan murah tiketnya.

Tampaknya sering dilupakan pertimbangan faktor keamanan ketika akan melakukan perjalanan, masalah waktu dan penghematan biaya perjalanan membuat kita memutuskan memilih maskapai penerbangan yang sebenarnya sudah diketahui berkinerja tak baik, berdasarkan fakta-fakta yang ada. Seharusnya faktor keamanan, keselamatan dan kenyamanan perjalanan harus menjadi prioritas utama dalam melakukan perjalanan.

Kapan terakhir anda memesan tiket penerbangan?

 

Waspadalah, Rokok bukan cuma bikin impotent, tapi bikin rumah kebakaran

Screen Shot 2018-06-09 at 2.43.40 PM.png

Seharusnya peringatan di bungkus rokok ditambah, bukan cuma bisa bikin penyakitan dan impotent, tapi juga bikin miskin kerana rumah kebakaran, selengkapnya bisa dibaca disini.

Balada Pensiunan Guru

A: “Jadi Polisi itu harus bayar?”
B: “Di poster itu katanya gratis!”

Pak Joko, menjadi pegawai negeri sebagai guru di sebuah sekolah pemerintah di ibukota negeri paman besut sejak tahun delapan puluhan, beliau mengajar mata pelajaran olah raga. Latar belakang aktif di resimen mahasiswa saat kuliah membuatnya biasa tampil tegas, bersuara lantang, melengkapi karakter yang riang mewarnai hari-hari bekerja. Jarak yang jauh dari rumah di luar ibukota ditempuhnya dengan gembira, setelah sholat subuh beliau menggelinding dengan roda dua setiap hari ke ibukota negeri.

Saat penghasilan guru masih sangat kecil, beliau mengajar di beberapa sekolah dan tiba di rumah setelah matahari terbenam. Setelah perhatian pemerintah terhadap pendidikan dan profesi guru membaik, Pak Joko hanya mengajar di satu sekolah pemerintah dan menerima penghisal yang sangat layak, di atas sepuluh juta kepeng sebulan. Pak Joka berusaha menyisihkan penghasilannya untuk ditabung, dua tahun sebelum pensiun beliau merasa tenang karena tabungannya melampaui nilai seratus juta kepeng.

Putera-puterinya tiga orang, dua orang yang pertama perempuan telah bekerja setelah disekolahkan sampai batas yang diinginkan oleh kedua anaknya. Anak ketiga Pak Joko seorang lelaki yang punya idealisme dan ingin jadi abdi negara sebagai polisi setelah menamatkan pendidikan sekolah menengah atas.

Dua tahun sebelum Pak Joko pensiun putera terakhirnya lulus SMA dan mendaftar ikut tes menjadi polisi. Saat proses pendaftaran ada seseorang yang tinggal tak jauh dari kediamannya menawarkan bantuan agar putera Pak Joko bisa diterima atau lulus tes calon polisi hingga dilantik menjadi bintara, dengan biaya tujuh puluh lima juta kepeng.

Menurut Pak Joko, itu nilai yang sedikit, karena banyak orang yang dalam situasi yang sama harus membayar biaya hingga ratusan juta rupiah. Dengan senang hati Pak Joko menggunakan sebagian besar tabungan selama menjadi guru untuk memasukkan anaknya menjadi polisi negeri paman besut ditambah berbagai biaya selama proses pendidikan puteranya membuat tabungannya hampir habis hanya sedikit yang tersisa.

Setelah pensiun Pak Joko sangat bangga bercerita pada teman-temannya bahwa anaknya kini sudah menjadi polisi dan bertugas di ibukota negeri paman besut. Beliau sering ke sekolah masa lalunya untuk mampir setelah kegiatan di berbagai tempat dan bercerita tentang bisnis barunya yang dia kerjakan, yaitu menjadi pedagang makanan burung, tempat minum burung dan barang-barang apa saja yag sedang trend dan laris dijajakan, seperti baju koko, sendal, sepatu, dsb. Keuntungan yang dihasilkan seribu atau dua ribu kepeng.

Pak Joko berjualan di lokasi-lokasi tempat masyarakat berkegiatan lari pagi saat hari sabtu dan minggu atau di lokasi-lokasi keramaian yang banyak pedagang kaki lima, dengan menggelar terpal sebagai alas dan mendisplay barang-barang dagangannya di atas terpal dan Pak Joko duduk bersila menunggu pembeli. Suatu kali beliau bercerita betapa sedihnya ketika tiba-tiba ada petugas satpol PP yang melakukan pembersihan dan menyita semua barang dagangan, kemudian barang-barang dagangan itu harus ditebus dengan uang lebih dari seratus ribu kepeng.

Apakah Pak Joko berjualan karena sekedar mengisi waktu luangnya?, atau karena benar-benar membutuhkan penghasilan untuk membiayai hidupnya sehari-hari?. Pada suatu kesempatan Pak Joko mampir lagi ke sekolah, mungkin karena kangen teman-teman masa lalu atau ada keperluan yang melalui route tempat kerjanya dahulu, beberapa temannya bertanya mengapa tak terlihat di resepsi teman guru di sekolah itu beberapa hari sebelumnya.

“Saya sedang tak punya uang.” Jadi tak bisa datang ke resepsi.

Apakah anak Pak Joko yang sudah jadi polisi itu tahu keadaan ayahnya?

Soal Ujian Matematika SMK

Ujian-Nasional
Buat kamu yang sedang mempersiapkan ujian sekolah SMK, di bawah ini ada 2 type soal yang bisa kamu kerjakan supaya kamu lebih siap ikut ujian nasional dan dapat nilai terbaik, silahkan klik link di bawah ini untuk mendownload soal-soalnya di bawah ini, selamat mencoba.

SOAL MTK AKUNTANSI Paket A

SOAL US MATEMATIKA TEKNIK PAKET A

Tips Memilih Sekolah buat Si Buah Hati

schools
Foto: Igor. O (http://unsflash.com)

Anak anda mau masuk sekolah; SD, SMP, SMA atau SMK. Bingung pilih sekolah buat dia … ada keterbatasan dana, kemampuan jarak atau lainnya. Tips berikut ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda dalam memilih sekolah buat buah hati.

1. Luangkan waktu Anda. Jika ingin anak Anda lebih baik di masa depan, jangan wakilkan urusan ini pada fihak lain … luangkan waktu Anda, betapapun sibuknya Anda, ambil cuti … ini bukan kerjaan rutin, hanya tiga atau enam tahun sekali.

2. Temui Guru atau Wali Kelas Anak Anda. Mereka mengetahui kondisi anak kita dan kondisi Sekolah di sekitar Sekolah anak kita saat ini … bertanyalah berbagai hal yang ingin Anda ketahui dan khawatirkan … mintalah waktu lebih untuk komunikasi lebih banyak tentang pemilihan sekolah anak kita.

3. Temui Guru di Sekolah Terdekat dengan Rumah Anda. Bicaralah kepada humas atau wakil kepala sekolah di SD, SLTP atau SLTA yang akan anda pilih, mereka mengetahui kondisi rangking Sekolah di sekitar rumah anda … bertanyalah berbagai hal yang ingin Anda ketahui dan khawatirkan … mintalah waktu lebih untuk komunikasi lebih banyak tentang pemilihan sekolah anak kita.

4. Browsing di internet. Biasanya sekolah-sekolah yang baik memiliki banyak informasi di dunia maya … jangan terlalu percaya dulu pada yang anda dapat di Website, jadikan itu sebagai pertimbangan untuk melihat langsung sekolah yang dituju. Perhatikan Posting-posting tentang sekolah yang akan anda pilih untuk anak anda di google, foto-foto sekolah, instagram dan youtube sekolah yang akan anda pilih.

5. Kunjungi Sekolah yang dituju bersama anak Anda. Dari hasil bincang dengan guru atau wali kelas dan browsing di internet anda akan memperoleh beberapa alternatif, kunjungi sekolah yang dituju … sebaiknya tak hanya sekali dan jangan pada hari libur. Suasana sekolah biasanya akan tertangkap roh kegembiraan atau roh yang tak menyenangkan saat melihat aktifitas sekolah yang sesungguhnya. Jika Anda bekerja, mungkin bisa luangkan waktu istirahat makan siang Anda atau ambil cuti untuk visit sekolah untuk buah hati … labih baik jika anak Anda di ajak berkunjung … karena dia akan jalani masa bertahun-tahun di tempat yang dipilihnya.

Saat berkunjung, bicaralah dengan guru-guru di dekolah itu, murid-murid disana, satpam, pedagang di kantin, warung terdekat dengan sekolah, dll. Anda akan mendapat gambaran lebih komprehensif tentang kondisi calon sekolah anak Anda.

6. Putuskan bersama anak Anda. Saat memutuskan beberapa sekolah mana yang dipilih sesuai dengan skala prioritas dari yang paling bagus, menurun hingga sekolah yang lebih rendah kualitasnya, Anda harus libatkan anak Anda.

7. Siapkan pilihan alternatif. Jika pilihan pada langkah 5 tidak bisa dipenuhi atau gagal, siapkan sejak awal alternatif sekolah pilihan yang masih bisa dicapai. Daftar di sekolah itu sebagai cadangan … karena biasanya sekolah yang baik menerima pendaftaran lebih awal, memang ada konsekwensi hilangnya sejumlah biaya yang Anda keluarkan … tapi tak apalah, demi buah hati tercinta.

8. Jaga kesehatan dan berdoa. Urusan di atas memakan waktu dan energi yang tak sedikit, oleh sebab itu jaga kesehatan dan berdoalah, kerjasama yang baik antar suami, istri dan anggota keluarga lainnya akan hasilkan yang terbaik … selamat berjuang raih masa depan lebih baik.

Melejitkan Prestasi Murid di Sekolah

Prestasi murid di sekolah bisa dikelompokkan jadi dua kelompok yaitu PRESTASI ORGANIK dan PRESTASI IMITASI.

Prestasi organik murid adalah prestasi yang diperoleh melalui proses pembinaan di sekolah. Misalnya murid di sekolah kamu sering juara basket melalui latihan yang rutin ekskul basket kamu, murid dilatih secara khusus bahkan porsinya ditambah ketika akan mengikuti kompetisi yang hasilnya tim basket kamu sering juara pada berbagai kompetisi dan hasilkan banyak piala dipajang berjejer di beranda sekolah.

Prestasi imitasi itu diraih oleh murid di sekolah kamu yang sudah aktif di bidang yang ditekuni dan sudah sering menjadi juara semenjak belum menjadi murid di sekolahmu, andai dia jadi juara membawa nama sekolah mu itu tetap prestasi imitasi karena dia dilatih di luar sekolahmu.

Prestasi imitasi juga bisa diperoleh pada saat sekolah kamu ditunjuk mewakili wilayah kamu untuk ikut kompetisi di jenjang yang lebih tinggi pada kegiatan-kegiatan yang diadakan mendadak.

Untuk bisa memperoleh prestasi yang manapun perlu kerjasama dari berbagai fihak di sekolah, yaitu;

Kepala Sekolah harus punya semangat mendorong muridnya berprestasi pada berbagai bidang kehidupan, bidang akademik dan non akademik harus mendapat perlakuan dan dukungan yang sama.

Guru-guru yang mengajar di sekolah harus mendukung murid berlatih dan ikut kompetisi dengan memberi izin meninggalkan jam pelajaran di kelas untuk berlatih dan ikut kompetisi.

Karyawan dan Satpam sekolah harus ikut serta mendukung murid berprestasi dengan mengijinkan murid berlatih di luar jam sekolah dan pada hari libur sekolah.

Orang tua murid biasanya sangat mendukung anaknya yang ingin berprestasi, sekolah harus mengkomunikasikan kegiatan kompetisi kepada orang tua, sesekali mereka bisa diundang untuk membicarakan keikutsertaan di kompetisi, dsb.

Pemilihan cabang olah raga, kesenian atau bidang yang ingin dimasuki untuk berprestasi perlu pertimbangan, misalnya untuk cabang olah raga renang peluang merebut prestasi perlu sarana yang mahal dan latihan rutin yang keras lebih dari lima tahun, sementara berapa tahun kah murid anda bersekolah di sekolah anda?

Cabang pencak silat adalah salah satu yang bisa diraih prestasi lewat latihan rutin selama setahun dan jumlah kompetisi yang cukup banyak di negeri ini memungkinkan murid jadi juara tak lama.

Musik atau band adalah salah satu bidang seni yang butuh waktu lama untuk bisa berprestasi, butuh waktu belasan tahun hingga puluhan tahun hingga sebuah grup band bisa sukses berprestasi.

Lakukan riset tentang cabang oleh raga atau bidang seni apa yang jarang sekali ditekuni murid-murid sekolah di daerah atau di negeri anda. Indonesia punya segudang kegiatan olah raga dan seni yang bisa dipilih untuk jadi media pendidikan karakter, tekuni secara serius, buat dokumentasinya dan diunggah ke youtube, maka jangan terkejut kalau sekolah anda dihubungi event organizer hingga prestasi jadi biasa.

Selamat berprestasi.

Nangkring di Artikel Utama Kompasiana

Screen Shot 2018-02-12 at 6.28.24 AM
Mampir yuuuuk

Salah satu cara merawat semangat ngeblog adalah dengan mengunjungi blog orang lain (blog walking). Kompasiana memberi tempat kepada banyak sekali penulis bagus di negeri ini untuk mengungkapkan kreatifitasnya, saya banyak belajar membaca plus menulis, disamping menulis di blog yang sedang anda kunjungi ini, sejak tahun 2007, terima kasih telah berkunjung dan berkomentar.

Santai Saja Om, Tersenyumlah


Tiba-tiba saya kepincut group band perempuan NONARIA yang unik musik dan liriknya … ada kejujuran dan kesederhanaan yang melahirkan kenikmatan di telinga, di mata dan di hati, kamu suka?

Beritakan Sekolahmu sebelum Diberitakan Fihak Lain

“Sekolahmu pernah jadi bahan berita yang jejaknya terus terekam hingga kini?”

Sangat menyedihkan jika beritanya agak kurang sedap tetapi blow up nya hingga ke media cetak, televisi dan online. Silahkan cek di google jika anda ingin tahu jejak sekolah anda di masa lalu.

Sekolah zaman dulu yang menyadari pentingnya publikasi membuat berita sekolahnya dalam bentuk leaflet, buletin, majalah, koran mini, dsb. Ada juga yang membayar fihak lain untuk memuat berita sekolahnya di media yang dikelola fihak lain seperti koran mingguan, majalah, buletin, dsb. Anda mungkin tahu ada “wartawan” yang rutin berkunjung ke sekolah anda mencari berita atau minta foto dokumentasi sekolah yang akan mengisi koran atau majalah yang dicetak amat terbatas yang biasanya akan diantar ke sekolah yang dimuat beritanya dan tak bisa dibeli di kios penjual koran dan majalah atau toko buku di wilayah anda. Jika sekolah anda tahun 2018 ini masih melakukan itu artinya ketinggalan gerbong dunia digital.

Di era digital sekarang ada berbagai aplikasi atau software yang bisa membuat media cetak dan online untuk memberitakan berbagai kegiatan sekolah, dan murid-murid SD sudah bisa mengoperasikannya hanya menggunakan telepon genggam.

Jika guru, karyawan dan murid dilibatkan dalam membuat berita maka akan banyak sekali berita sekolah bisa diproduksi dan ditayangkan di internet lewat media semacam website, blog, instagram, youtube, dsb. Biayanya gratiiiiiiis.

Jika sekolah anda sudah terbiasa memberitakan diri sendiri, maka ketika ada suatu peristiwa kurang baik yang diberitakan oleh fihak lain, anda tak terlalu kaget, dan tak jadi menyedihkan karena berita baik yang sekolah anda buat sendiri jauh lebih banyak jumlahnya. Berita kurang baik itu akan terkubur oleh ribuan berita yang sudah ditayangkan hasil karya guru, tata usaha dan murid-murid.

Kids zaman now dilatih sebentar saja akan mampu memproduksi berita sekolah memanfaatkan smartphone milik mereka yang bakal membuat murid senang, orang tua riang, sekolah cemerlang di jagat raya berita. Seperti halnya artikel yang anda baca ini saya produksi dengan smartphone sambil menjemput yunior pulang sekolah, selamat memberitakan.

Ramalan Gubernur Jawa Barat 2018

Hingar bingar calon gubernur jawa barat untuk pilkada 2018 mengerucut hari ini, saya meramalkan Deddy dan Dedi bakal memenangkan pertarungan dan terpilih jadi gubernur dan wagub jabar yang baru, kenapa?

Dedi Mulyadi mengalami “sesuatu” sebelum akhirnya jadi calon wagub, sejarah demokrasi negeri ini membuktikan bahwa kejadian sesuatu itu bisa jadi bahan promosi dahsyat yang melejitkan pamor dan membuahkan derasnya pilihan kepada korbannya.

Ada banyak korban sesuatu yang jadi gubernur hingga presiden, bisa jadi ini strategi partai tua menabung simpati pemilih dengan membuat drama sesuatu.

Bisa jadi ke depannya ada sesuatu lagi yang terjadi pada Dedi sehingga dia terpilih jadi presiden gantikan presiden yang dulu pernah mendapat sesuatu.

Ini ramalan saya, kalo kamu?

Kegiatan Ekskul Sekolah didukung Sponsor

Video di atas merupakan salah satu contoh pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang didukung sponsor, produknya bisa apa saja, perusahaan datang dengan cara diundang atau tiba-tiba datang tanpa undangan, agar bisa sukses dari kedua fihak, sekolah maupun perusahaan itu perlu kreatifitas ide sekolah dan perencanaan yang baik dari kedua belah fihak.

Bagaimana di sekolah kamu?

Ide Posting: Dokumentasikan Kegiatan

DWITAGAMA DINAS P& K BANTEN 1

Sabtu, Minggu bulan lalu saya ketemuan dengan banyak teman baru di beberapa even, foto di atas saya mendokumentasikan perjumpaan dengan guru-guru SMK se Provinsi Banten memotivasi menulis di sebuah hotel di Cipondoh Tangerang, Banten.

wp-image-1367513895

Foto di atas, Minggu 30 April 2017 saya bergembira bareng mahasiswa STEI Indonesia di Rawamangun Jakarta Timur, bicarakan tentang nikmatnya jadi aktifis. Jadilah weekend saya lebih berwarna, berbusana kasual, celana jeans plus kemeja santai saya “manggung” untuk membuat kehidupan lebih baik. Terima kasih buat semua fihak yang sudah berkenan bersinergi dengan saya, berita lengkapnya bisa disimak disini.

Posting ini saya buat ketika kehabisan ide mau nulis apa, liat aja foto di harddisk kemudian diunggah ditambah dengan kalimat tiga alinea, terima kasih telah berkunjung dan komentar, semoga bermanfaat.

 

Tips Mempromosikan Sekolah di Era Digital

Ingin sekolah anda terkenal? Zaman digital sekarang ini, promosi menggunakan brosur atau poster mungkin sudah tak zamannya lagi, bagaimana cara mempromosikan sekolah di era digital?

Media

  • Facebook
  • Twitter
  • Path
  • Instagram
  • Website
  • Blog
  • Youtube
  • LikedIn
  • Google Map
  • Dsb

Ada cara efektif dan efisien, misalnya dengan menggunakan situs https://hootsuite.com atau lainnya, anda bisa memposting satu artikel untuk beberapa platform seperti Facebook, twitter, likedin, dsb. Menggunakan hootsuite anda bisa menjadwalkan kapan posting anda akan ditayangkan, sehingga jika anda punya 30 materi promosi cukup dikerjakan beberapa menit dan akan tayang sepanjang 30 hari ke depan.

Dengan instagram, anda bisa memposting satu foto atau video yang secara otomatia akan muncul di instagram, facebook dan twitter, sekaligus.  Menggunakan Gramblr, anda bisa menjadwalkan puluhan posting foto atau video yang akan terbit sesuai waktu yang anda jadwalkan, bisa dilakukan dengan menggunakan notebook.

Tagar – Hastag (#)

Pilih tagar atau hastag yang kemungkinan banyak dicari pengguna internet yang akan terhubung dengan media promosi sekolah anda, missalnya: #SMKN 50 JAKARTA, #SEKOLAH UNGGULAN, #SEKOLAH RAMAH ANAK, #SEKOLAH BERKARAKTER, dsb.

Keroyokan – Gotong Royong

Siapa yang melakukan tugas promosi sekolah? Kepala Sekolah bisa menugaskan satu orang karyawan atau guru untuk memposting berbagai kegiatan di sekolah di berbagai platform media sosial. Guru memberikan tugas kepada murid dengan berbagai tema atau kompetensi sesuai pelajaran yang diampu dan harus diunggah di blog murid, intsgram, atau youtube masing-masing murid dengan menggunakan tagar atau hastag yang disepakati.

Pada hari-hari tertentu, saat sekolah mengadakan kegiatan tertentu, semua warga bisa didorong untuk memposting artikel, foto dan video lewat berbagai platform media sosial dengan menyertakan tagar atau hastag di judul atau caption postingnya.

Kompetisi

Adakan kompetisi ekskul, misalnya kejuaraan basket yang mengundang sekolah yang jenjangnya setingkat dibawah sekolah anda, misalnya jika anda SMK, adakan kejuaraan basket antar SLTP yang mengundang SMP atau MTS di sekitar sekolah anda, atau se Kabupaten atau Propinsi, perhatikan bahwa sekolah anda akan dikunjungi banyak pelajar SMP yang sebagian dari mereka nanti akan masuk ke sekolah anda.

Google Map

Coba cari sekolah anda di google map, apakah sekolah anda eksis? lokasinya tepat pada posisi yang seharusnya atau tidak ada sama sekali? Jika sudah tepat, anda beruntung tetapi jika tidak tepat, anda bisa mengkomunikasikan kepada google agar merubah ke posisi yang seharusnya, lakukan beberapa kali jika belum direspon, saatnya nanti google akan merubah posisi sekolah anda ke yang seharusnya.

Saat ini masyarakat banyak menggunakan aplikasi peta google map, waze, dsb untuk memesan angkutan online atau saat berkendara mencari sekolah anda.

Materi Promosi Sekolah

Apa saja yang bisa menjadi sumber berita di sekolah? Banyak sekali yang bisa jadi topik kabar yang bisa diketahui oleh masyarakat, termasuk orang tua murid dimana anak-anaknya bersekolah, diantaranya:

  • Upacara di Sekolah
  • Profil Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha hingga murid berprestasi, atau murid yang cantik, unik, ganteng, dsb
  • Taman sekolah
  • Kantin sekolah
  • Toilet sekolah
  • Gerbang sekolah
  • Lobby sekolah
  • Profil alumni
  • Reportase pertandingan
  • Reportase tamu
  • Profil Guru dan Karyawan yang sudah pensiun
  • Profil orang tua murid
  • Profil Guru paling senior, paling muda, paling-paling apa aja deh
  • Dsb

Setiap poin di atas bisa menjadi banyak sekali tulisan atau posting yang membuat 365 hari dalam setahun tak cukup untuk mengabarkan kegiatan di sekolah anda. (Jika sekolah anda mengalami kesulitan dan mau memulai mengabarkan berbagai kegiatan sambil mendokumentasikan kegiatan sekolah, silahkan hubungi Saya di 08128534836).

Di bawah ini salah satu contoh kabar dari sekolah yang diproduksi dan diposting di youtube oleh murid SMKN 50 Jakarta.

Jika ratusan murid di sekolah anda ikut serta mengabarkan sekolahnya, betapa banyak kabar tentang proses pendidikan anak negeri ini bisa dinikmati warga dunia lewat telepon genggam?.

Seberapa banyakkah kabar sekolah anda di Google?

Nikmati ribuan foto-foto training saya disana, ribuan foto saya lainnya di instagram, video saya di Youtube ada lebih dari 1.100 bisa dinikmati disiniperlu download slide-slide Saya silahkan klik disini.

Ibukota Kita pindah ke Meikarta?

rsz_dji_0017

Ribut-ribut memindahkan ibukota negeri ini ke tempat lain kini kembali senyap, mungkin kerana ribut berita travel haji yang gagal berangkatkan ribuan jamaahnya, Operasi Tangkap Tangan (OTT) banyak kepala daerah dalam hitungan hari dan isu PKI, sementara promosi pembangunan kota baru di lokasi yang tak jauh dari ibukota saat ini berlangsung sangat masif, digambarkan bahwa kota baru yang dibangun akan canggih, nyaman dan asri dengan danau serta taman terbuka hijau yang meneduhkan, akses jalannya bersusun banyak dan berbagai kemudahan disiapkan untuk sebuah kota baru.

Apakah ibukota pindah atau bergeser tak terlalu jauh dari Jakarta, tak jadi ke Palangkaraya, ibukota baru negeri ini pindah ke Meikarta? Menurut kamu?

Dokumentasi

Tetiba saya ingat memori jumpa dengan mahasiswa-mahasiswa hebat aktifis STEI INDONESIA beberapa waktu yll, yang sudah saya dokumentasikan disana.

Ada Slide Baru di Slideshare Saya


Dipersiapkan untuk diskusi dengan akrifis STEI INDONESIA di Rawamangun Jakarta 20 Agustus 2017 yang suasana dan reportasenya nanti bakal saya ekspos disini.

Pulkam yang terekam

 

 Siapa yang punya kampung halaman?
Sudah berapa kali pulang kampung (pulkam) lebaran?
Pulkam tahun berapa yang terus terkenang hingga kini?

jika anda masih mengenang pulkam yang paling menderita karena macet yang luar biasa, hingga perjalanan yang biasa ditempuh 10 jam harus anda jalani selama 50 jam dengan berbagai asesoris penderitaan, susah cari tempat makan, antri toilet, macet di terik matahari, hingga macet di tengah malam, dan aneka penderitaan di perjalanan.

ternyata anda seorang kolektor, sayangnya anda lebih suka mengoleksi dan mengenang penderitaan, dan parahnya bisa membuat anda merasa sebagai pribadi yang banyak menderita sepanjang hidup anda.

jika anda bisa melupakan berbagai tragedi pulkam yang paling menyedihkan, atau anda juga tak ingat peristiwa mudik paling menyenangkan sepanjang anda hidup dan melakukan ritual mudik, tapi anda enjoy aja pulkam setiap tahun karena merasa harus pulkam menjumpai keluarga yang anda cintai, itu artinya anda pencinta keluarga sejati dan target oriented, tak peduli apa yang terjadi di jalan, kebahagian berjumpa keluarga di kampung halaman jadi target dan cerita yang buat dikenang sepanjang hayat.

jika anda mengingat perjalanan pulkam yang menyenangkan, suasana kebersamaan di jalan, menemukan restoran dengan menu yang unik dan lezat, bertemu sahabat di perjalanan dan keseruan serta kenikmatan dadakan yang dijumpai secara tak terduga di perjalanan pulkam. Artinya anda adalah tipe seorang kolektor hal-hal yang baik, terbiasa menikmati kebaikan dan selalu bersyukur atas nikat yang anda rasakan, anda tipe manusia yang bahagia, murah senyum dan menyenangkan, selalu happy terlihat oleh orang lain.

Pulkam bisa jadi momentum pembentukan kepribadian seseorang, jika anada jadi orang tua dan membawa anak-anak anda yang masih kecil atau remaja di perjalanan mudik, harus bisa membuat kondisi yang menyenangkan sepanjang perjalanan, lewat perencanaan yang baik; memilih jenis transportasi, memesan tiket, menyiapkan kendaraan, pemilihan waktu berangkat, pemilihan route, persiapan makanan, minuman di perjalanan, booking hotel di lokasi tujuan atau diperjalanan saat harus bermalam, dan berbagai hal lainnya, jangan ada bentakkan atau bicara keras dengan anggota keluarga yang menimbulkan gangguan emosi. Hal ini bisa menimbulkan pengalaman yang terekam sepanjang hayat.

Selamat pulkam, semoga selamat di jalan hingga kembali ke rumah masing-masing.

Menemukan INDONESIA di Film LA LA LAND yang Jawara Oscar 2017, liat deh

 

la-la-land

Saya menikmati suasana puncak pemeberian Piala Oscar 2017 dari USA dimana suasana kontra Donald J Trump sangat terasa, rupanya tak sedikit insan perfilman Amerika yang gerah dengan kebijakan politik negerinya akhir-akhir ini, hingga muncul kalimat:

‘Black people saved NASA and white people saved jazz’: Jimmy Kimmel’s best Oscar jokes

“La La Land” total memboyong enam penghargaan  OSCAR (ACADEMY AWARD 2017), meliputi penghargaan untuk pemeran utama wanita, sutradara terbaik untuk Damien Chazelle, desain produksi terbaik, sinematografi terbaik, musik latar terbaik serta lagu latar terbaik untuk lagu “City Stars”, yang dinyanyikan Ryan Gosling dan Emma Stone.

Saya menemukan percakapan tentang promosi Indonesia sebagai negeri yang pantas dikunjungi oleh warga Amerika, pelayanan hotelnya bagus, alamnya luar biasa, keren deh katanya, kamu udah kemana aja di Indonesia?

MAN 4 Jakarta kembali memanggil

Setelah enam tahun berlalu, 26 Januari 2017 Saya kembali berada di Aula MAN 4 Jakarta Pondok Pinang, kali ini diskusikan tentang Campuss dan Passion dengan murid kelas 12 yang fokus, dan bersemangat siapkan sukses dirinya … Good job guys … Semoga kamu semua sukses nembus PTN dan bermanfaat buat alam semesta beserta isinya, lebih lengkap reportasenya bisa disimak disini.

Mendokumentasikan 62 perjalanan berbagi tahun 2016 di https://trainerkita.wordpress.com/

dwitagama-smkn-56-hdwitagama-smkn-50-jkt
Foto pertama adalah memori bersama aktifis OSIS SMKN 56 Jakarta, 16 Januari 2016 menumbuhkan kemampuan Leadership mereka, foto yang dibawahnya adalah perjalanan yang ke-62 sepanjang tahun 2016 di SMKN 50 Jakarta menumbuhkan semangat belajar bekerja di perusahaan kepada murid SMKN 50 Jakarta yang akan melaksanakan PRAKERIN di dunia kerja atau industri, 19 Desember 2016. Agenda perjalanan Saya yang pertama tahun 2017 insyaallah pada minggu ketiga di MAN 4 Jakarta

Terima kasih kepada semua fihak yang telah bersinergi dengan Saya, semoga kehadiran saya bisa memberi manfaat buat tambahkan kebaikan dalam hidup kita, sekitar seribu perjalanan yang lain saya dokumentasikan disini. Mungkin ada wajah Anda atau orang-orang yang Anda kenal disana, mampir yuuuuuuu.

Agenda Pelatihan Dedi Dwitagama berikutnya

dwitagama-unj

berminat? silahkan kontak CP nya … ketemuan yuuuk.

Jadi tamu di @PoliTwika bicarakan Pendidikan Karakter

Kemarin saya jadi tamu di UIN Jakarta dan UNJ, hari ini saya bertamu ke @PoliTwika, selengkapnya silahkan simak disini.

Manfaat Publikasi Sekolah

20111214172426pamerantopeng

Seorang Guru dengan bangga mengatakan tentang lingkungan sekolahnya yang nyaman, toilet yang bersih dan karya siswa di display di banyak tempat, beliau melanjutkan begini:

“Kami tak memerlukan publikasi, tanpa publikasi siswa banyak sekali yang mendaftar ke sekolah ini.”

Saya merespon seperti ini:

“Beruntung sekali Anda memiliki teman-teman dan Pemimpin yang peduli pada lingkungan sekolah sehingga bisa bekerjasama wujudkan lingkungan yang nyaman, bagaimana jika keadaan berubah, dimana situasi sekolah tidak kondusif lagi, kerjasama sulit dilakukan, pemimpin anda punya leadersip yang kurang baik dan berakibat lingkungan sekolah menjadi tak terurus, toilet kotor dan bau … sementara karya siswa sudah rusak, lapuk termakan usia dan jadi penghuni tempat sampah?”.

Keadaaan bagaimanapun di Sekolah anda saat ini harus dipubikasikan sebagai cara mendokumentasikan dan mensyukuri apapun nikmat yang ada, jika saat ini situasi anda dalam keadaaan yang kurang baik atau sangat buruk, jika ada publikasi masa lalu dimana keadaan sekolah sangat bagus dan menyenangkan (lebih hebat lagi jika ada publikasi video di Youtube) sehingga semua warga sekolah bisa instrospeksi diri untuk melakukan upaya-upaya perbaikan kinerja agar bisa menjadi baik seperti dulu atau lebih baik lagi dari yang sekarang dan masa lalu.

Jika keadaan sekolah anda sekarang dalam keadaan yang sangat bagus, publikasi yang dibuat akan membuat semua warga sekolah senang dan bahagia bahwa situasi buruk masa lalu kini berganti jadi baik sehingga terdorong untuk terus bekerjasama memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Berbagai karya siswa yang di display di lingkungan sekolah akan laput termakan usia dan akan dibuang atau diganti dengan yang lain, jika karya siswa dipublikasikan melalui media online seperti facebook, twitter, path, website, blog, instagram, steller, dsb, sehingga pada suatu saat siswa yang membuat karya itu menemukan foto, video atau cerita di media online akan membuatnya senang dan bahagia luar biasa, bahkan bisa menjadi contoh atau cerita kepada teman, anak, cucu, keluarga dan yang lainnya bahwa dirinya pernah berkarya di sekolah dan didokumentasikan serta dipublish sekolah hingga masih terlacak walau berjarak puluhan tahun yang lalu.

karya-siswa

Bagaimana perasaan anda jika foto anda atau karya anda terlihat pada dua foto dokumentasi di atas atau video di bawah ini yang terlacak melalui google?

Publikasi itu penting untuk dokumentasi dan membuat kualitas hidup umat manusia lebih baik setiap hari, salurannya bisa facebook, twitter, path, website, blog, instagram, steller, dsb, menurut anda?

Membereskan kenangan, memunculkan bahagia dan semangat bersama KAPMI DKI Jakarta, DPF, MOTIVATOR PENDIDIKAN, proud of you guys

Weekend adalah saat yang tepat membereskan banyak hal, termasuk membereskan kenangan, jejak-jejak perjalanan lewat plakat dan sertifikat, kenangan yang melekat semoga tertanam pekat di memori yang jadir pafa sessi.saya, selengkapnya bisa dinikmati disana.