Category Archives: Info

Nasi Jamblang Bu Nur

Nama sega jamblang konon berasal dari sebuah nama desa di sebelah barat Kabupaten Cirebon, yakni desa Jamblang, Jamblang, Cirebon. Walaupun bernama sega jamblang, nasi jamblang makanan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan pohon jamblang.

Menu yang tersedia biasanya antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe. Namun salah satu menu yang menjadi ikon dari sega jamblang adalah balakutak hideung, yaitu cumi-cumi atau sotong berkuah kental yang dimasak bersama dengan tintanya sehingga berwarna hitam seperti rawon.

Sega Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang menurut sejarah, pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon.

Sega Jamblang saat itu dibungkus dengan daun jati, mengingat bila dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Walaupun menunya sangat beraneka ragam, tetapi harga makanan ini relatif sangat murah. Karena pada awalnya makanan tersebut diperuntukan bagi untuk para pekerja buruh kasar di Pelabuhan dan kuli angkut di jalan Pekalipan.

Sop Sapi Pak Oos Kemayoran

Saya sering mampir di sana sejak 2004, dan selalu ingin kembali makan sop daging Pak Oos karena kuahnya segar, dagingnya enak.

Biasanya saya makan sop ditemani telor asin, pergedel dan tempe diberi tepung digoreng tipis dan garing, anda mau coba? Silahkan meluncur ke lokasi di Jalan Garuda 50 Jakarta Pusat.

Penggunaan HandPhone (HP) di Sekolah

Era kokopitan baru aja lewat, HP Sekolah jadi barang penting buat anak sekolah karena transaksi belajar saat kokopitan berlangsung lewat HP.

Bagaimanakah sistem belajar di Sekolah menyikapi penggunaan HP?

Murid dilarang membawa HP ke Sekolah, biarkan murid Dan orang tuanya mencari cara untuk janjian penjemputan, memesan ojek online, dsb.

Kumpulkan di ruang khusus, tempatnya bisa di laci, box, tas, dan. Jadi selama belajar anak take boleh menggunakan HP & baru diambil saat jam pelajaran selesai, anak mau pulang. Ini dilakukan dengan asumsi kebanyakan murid menggunakan HP untuk main game atau melakukan hal” yang mengganggu proses belajar di kelas.

Ketika ada pelajaran yang menggunakan akses internet melalui HP, atau proses belajar menggunakan aplikasi tertentu murid bisa memgambil dan menggunakan HP sepanjang jam pelajaran tertentu.

Murid dibebaskan membawa HP ke kelas dengan perjanjian dilarang menggunakan saat pelajaran berlangsung.

Jika didapati murid yang menyalahgunakan HP untuk keperluan yang take baik seperti main game, nonton yutub saat pelajaran berlangsung Maka guru bisa menyita HP murid, menahannya beberapa hari dan harus diambil oleh orang tua dengan menandatangani surat perjanjian untuk tak menyalahgunakan HP di Sekolah lagi.

Jika murid mengulangi pelanggaran lagi maka penyitaan berlangsung lebih lama; seminggu, dua minggu, dsb.

Kalo di Sekolah kamu gimana?

Orang” Jaktim Tajir?

Badan Pusat Statistik mengeluarkan data resmi bahwa warga Jaktim sebagai kota atau kabupaten yang paling banyak pengeluaran konsumsi rumah tangga, apakah ini artinya orang jaktim lebih tajir dibanding kota” dan kabupaten” lain di Indo?

Berita lengkapnya ada disini.

Apa kabar orang Jaksel?

Menitipkan Jejak Trainer Kita bareng BNN Kota Jakarta Utara

Ini jejak saya yang ke 1.175 sejak tahun 1990, jika ingin tahu jejak-jejak yang lain silahkan lihat  di sini . Dokumentasi kegiatan training-training dan seminar-seminar saya bisa dinikmati  di instagram , ratusan foto-foto ada di  fanpage facebook  dan dari video ada di  channel youtube saya , adakah wajah yang anda kenal atau ada wajah anda sendiri disana?

Terima kasih kepada Bapak Bambang Yudistira, Kepala BNN Kota Jakarta Utara yang kembali berkenan bersinergi dan seluruh staf BNN Kota Jakarta Utara yang support sessi Saya.

Mo Halan”? Di Indonesaia ajaaa

Menyimak posting Pak Menteri Sandiaga Uno di atas, saya makin bangga sama negeri ini dan makin pengen halan” keliling Indonesia.

Tapi sayangnya bensin mo naek, harga tiket pesawat mahal beeet, kereta juga mahal … saya mo jadwalkan traveling jalan darat aja Desember nanti, ujungnya di Bali or Bromo ygy, kalo kamu?

Hai Penggemar Starbuck, Kopi yang Kau Minum itu Ditanam di Aceh

Saya jadi faham kenapa harga kopi di gerai berlogo hijau itu sangat mahal, karena ternyata kita membiayai biji kopinya jalan-jalan muterin dunia, dari Aceh ke Amrik terus ke gelas kamu di Indo, perhatikan video di atas pada menit ke-15.45.

Andai setiap kamu ngopi dananya kamu safe hingga cukup untuk terbang ka Aceh, pasti lebih enak ngopi langsung dekat kebun kopi di Gayo Luwes, plus camilan khas Aceh, dan kamu pasti tau laaah … ada bumbu yang tak ada duanya di dunia bisa menambah lezat racikan kopi kamu, sudah pernah coba?.

10 Alasan untuk Mengunjungi Bali sebelum Kamu Meninggal

Sudah pernah ke Bali? Apa yang membuat anda ingin ke Bali lagi?

Ada tayangan video di Youtube dari turis bule asal Afrika Selatan yang membuat 10 alasan kenapa kamu harus berkunjung ke Bali sebelum meninggal, simak videonya disini.

Sopir Pick Up Berorganisasi, Kalo Kamu?

Saat berkendara saya sering menjumpai truk atau pick up yang pada bak belakangnya ditempel puluhan hingga ratusan stiker organisasi mobil atau organisasu pengemudi.

Pada suatu ketika di jalan tol arah BSD saya sempat berbincang dengan anak muda yang mengemudikan mobilnya sendiri penuh dengan puluham stiker di depan dan belakang mobilnya.

Rupanya dia menjadi anggota salah satu organisasi pengemudi dan stiker” lain yang tertempel di mobilnya adalah organisasi sejenis yang ada di lokasi” yang pernah jadi tujuan atau persinggahan. Mereka saling bertukar stiker untuk ditempel di mobilnya.

Menurut anak muda itu, dia pernah mengalami ban kempes di perjalanan dan tak lama ada kendaraan sejenis berhenti memberikan pertolongan, mereka sama” anggota organisasi. Apakah organisasinya sama atau berbeda dia tak menjelaskan.

Di akhir bincang”, dia menunjukkan ketua organisasi pick up dimana dia menjadi anggota sedang berfoto bareng orang nomor satu negeri ini.

Apakah foto itu sudah dia manfaatkan untuk membebaskannya dari tilang di jalan raya? Saya tak sempat bertanya, karena harus segera berangkat ke tempat tujuan, kalo menurut kamu?

Pemain Bulutangkis itu Merokok sebelum Berolahraga, kalo kamu?

Foto: pixabay.com

Suatu sore, saya berkunjung ke toko olahraga di tepi suatu jalan besar di depan hall yang menyewakan lapangan bulu tangkis, futsal, dsb, untuk mengganti lapisan kain pegangan raket putra saya yang akan mengikuti kegiatan ekskul bulu tangkis.

Di samping toko perlengkapan olahraga datang seorang bapak muda yang mengenakan kaos olah raga, celana pendek dan membawa raket memarkirkan sepeda motor dengan rokok menyala di selipan antara dua jari tangannya.

Sesaat turun dari motor di menghisap rokok dan menghembuskan asapnya lalu bertukar sapa dan bersalaman dengan seorang bapak yang sedang mengganti senar raket pelaggannya. Setelah bersalaman dia berjalan santai menuju hall bulu tangkis sambil terus menghisap rokok dan menghembuskan asapnya.

Saya tertegun, heran … bahwa dia berkunjung ke hall bulutangkis untuk berolahraga mengeluarkan biaya untuk menyewa lapangan, membeli raket, membeli kok, membeli bensin, dsb bertujuan menjaga kesehatan agar stamina selalu bugar.

Di waktu yang sama dia merokok, yang bisa diartikan dia merusak kesehatan, bahaya merokok ditimbulkan dari berbagai kandungan yang terdapat di dalam sebatang rokok. Diperkirakan ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang terdapat di dalamnya dan sekitar 70 di antaranya bisa menyebabkan kanker.

Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Kandungan zat kimia yang terdapat dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Ada beberapa bahaya merokok bagi kesehatan, di antaranya:

1. Gangguan kardiovaskular

Orang yang sering merokok, baik merokok secara aktif atau hanya menghirup asap rokok dari orang sekitarnya, berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Risiko ini bisa semakin meningkat pada perokok yang jarang berolahraga, kurang menjaga pola makan, dan sering stres.

2. Kerusakan otak

Merokok dapat mengganggu perkembangan dan fungsi otak, baik pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit pada otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan pikun atau demensia.

3. Penyakit mulut dan tenggorokan

Bau mulut, gigi bernoda, dan penyakit gusi merupakan efek yang kerap timbul akibat merokok. Tak hanya itu, merokok juga bisa menimbulkan masalah serius lain, seperti kanker pada mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan, termasuk kanker laring dan kanker nasofaring.

4. Penyakit paru-paru

Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel paru-paru yang kemudian bisa berubah menjadi sel kanker.

Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit pada paru-paru, seperti bronkitispenyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan emfisema.

5. Penyakit lambung

Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan, sehingga memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dikenal dengan penyakit asam lambung atau GERD.

Beberapa risiko penyakit lambung lainnya yang dapat terjadi pada seorang perokok adalah ulkus atau tukak lambung dan kanker lambung.

6. Tulang keropos atau rapuh

Racun pada rokok bisa menimbulkan kerapuhan pada tulang. Oleh karena itu, perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Riset pun menyebutkan bahwa wanita yang merokok lebih rentan mengalami osteoporosis daripada wanita yang tidak merokok.

7. Penuaan dini

Merokok dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan di sekitar mata dan mulut, berisiko muncul lebih awal pada perokok aktif. Hal ini karena kurangnya asupan oksigen ke kulit, sehingga orang yang merokok akan terlihat lebih tua daripada orang yang tidak merokok.

8. Masalah pada organ reproduksi

Merokok bisa mengganggu sistem reproduksi dan kesuburan. Pada pria, merokok bisa menyebabkan gangguan ereksi dan mengurangi produksi sperma.

Sementara pada wanita, merokok dapat mengurangi tingkat kesuburan. Selain itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi karena rokok mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi HPV.

9. Gangguan psikologis

Selain penyakit fisik, merokok juga dapat menimbulkan gangguan psikologis, seperti gangguan cemas, susah tidur, dan depresi. Efek ini bisa terjadi karena otak sudah mengalami kerusakan karena sering terpapar zat beracun dari rokok atau karena berhenti merokok secara tiba-tiba.

Kebiasaan merokok bisa mengganggu kesehatan dan mengurangi kualitas hidup Anda dan orang di sekitar. Agar bahaya merokok tidak menghampiri, Anda sebaiknya tidak merokok atau mulai mencoba untuk berhenti merokok.

Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok atau sudah mengalami gangguan kesehatan akibat bahaya merokok, misalnya sering sesak napas, batuk tak kunjung sembuh, batuk berdarah, atau gangguan psikologis, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Sumber: https://www.alodokter.com/segudang-bahaya-merokok-terhadap-tubuh

Olah raga itu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, beberapa manfaat yang kita dapatkan bila rutin berolahraga, diantaranya:

  1. Memperkuat otot dan sendi
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Mengurangi risiko penyakit tertentu seperti jantung, stroke dan diabetes type 2
  4. Menjaga kesehatan dan fungsi otak sekaligus mengurangi risiko gangguan pada otak seperti demensia.

Olahraga bisa bikin kita bahagia??

Sudah bisa dipastikan, bila kita rutin berolahraga akan bahagia. Karena tubuh kita akan mengeluarkan hormon endorfin, yaitu hormon bahagia. Hormon Endorfin ini sangat baik untuk menghilangkan stress dan membuat seseorang merasa lebih bahagia. Selain itu dengan kita rutin berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Hebat sekali orang itu, dalam waktu yang bersamaan dia melakukan dua hal sekaligus, yaitu menjaga kesehatan dan merusak kesehatan, kalo kamu?

Miras Oplosan bikin Mati Maning

Berita kematian akibat minuman keras (miras) oplosan muncul lagi, empat orang meregang nyawa karena minum air yang isinya bukan untuk diminum.

Kalo mau minum banyak pilihan; air putih, air teh, kopi, susu sapi, susu kaleng, atau susu apa aja deh … silahkan minum sampe puas, sampe perutmu penuh, sampe ga bisa nelen lagi … ga bikin kamu mati, paling pipis terus.

Mengapa miras oplosan berbahaya buat manusia?

“Mencampur berbagai macam zat kimiawi itu sangat berbahaya, karena ada yang disebut sebagai interaksi antar zat, di mana zat yang dicampur-campur bisa memiliki reaksi yang mematikan,” ungkap dr Andri kepada detikHealth.

Hal ini terjadi karena miras oplosan rata-rata dijual dengan mencampurkan berbagai macam bahan, mulai dari spiritus hingga obat nyamuk. Kandungan alkoholnya pun lebih tinggi daripada minuman-minuman keras lainnya yang dijual secara legal.

Baca artikel detikHealth, “Ini Alasannya Miras Oplosan Berbahaya Hingga Bisa Sebabkan Kematian” selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3961456/ini-alasannya-miras-oplosan-berbahaya-hingga-bisa-sebabkan-kematian.

Yel-yel Sekolah

Sekolah yang punya yel-yel itu hebat, sekolah yang punya mars itu keren, sekolah yang punya yel-yel dan mars itu hebat dan keren, kalo sekolah kamu?

Seminar Luring Mulai Lagi

Alhamdulillah, kesempatan berjumpa dengan audience secara langsung pada acara seminar luring atau tatap muka mulai diadakan lagi.

Slide di atas adalah materi paparan saya di kegiatan BNN DKI Jakarta yang diadakan pada bulan Mei 2022. Dokumemtasi sessi” saya lainnya bisa anda nikmati disini.

Rindu Susi Pudjiastuti & Rindu Prie GS

Saat mencari jejak-jejak Prie GS, seorang budayawan dari Semarang, tetiba saya menemukan refleksi tentang Bu Susi dari seoran budayawan yang kini sudah berpulang.

Menurut Prie, Bu Susi adalah seorang pahlawan yang muncul seperti meteor, melesat cepat dan menghilang dengan cepat karena bliau sangat dirindukan rayat yang lama tak punya sosok pahlawan di dunia nyata, maka jadilah Bu Susi seorang pahlawan yang masih hidup dan sangat dipuja-puja.

Terangnya sinar bintang Bu Susi membuatnya harus diselesaikan, karena menteri tak boleh terlalu benderang, tak boleh terlalu besar karena bisa menenggelamkan banyak hal.

Dan terbukti bahwa pengganti Bu Susi ditangkap KPK dan divonis bersalah terbukti melakukan korupsi di Kementrian yang sebelumnya dipimpin oleh Bu Susi.

“Menghukum terdakwa untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp 9.687.447.219 dan uang sejumlah US$ 77 ribu dengan memperhitungkan uang yang telah dikembalikan oleh terdakwa, apabila terdakwa tidak membayar uang pengganti dalam waktu 1 bulan setelah putusan memperoleh hukum tetap maka harta benda disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti, dalam hal terdakwa tidak mempunyai harta benda untuk mencukupi uang pengganti maka dipidana penjara selama 2 tahun,” ujar hakim ketua Albertus Usada.

Jika ditotal dari uang pengganti yang disebut jaksa, nilai keseluruhannya adalah Rp 10.804.486.219.

Apa kabar Bu Susi?, teruslah berbuat baik buat negeri, semoga Ibu dalam sehat selalu, jika ada waktu bolehlah tampil di channel youtube saya bicarakan tentang pendidikan anak negeri.

Memori di Wisma UNJ

Kejadian sebelum negara api menyerang bumi, saya menemani komunitas sejuta guru ngeblog bincang” bareng guru” hebat yang mengisi hari liburnya dengan kegiatan yang bermanfaat, bahkan beberapa ada yang datang dari luar kota.

Semoga negara api segera hengkang agar kami bisa seseruan lagi, bersama kamu …. iya sama kamu.

Masih Maen Twitter

Anak’ sekarang, yang skolah di SMA, SMK ketika ditanya punya twitter apa ngga, kebanyakan bilang mereka ga maen twitter.

Anehnya, hari” ini masih rame dibincangkan Om Elon Musk beli twitter harganya mahal banget, apa sih hebatnya twitter koq berharga mahal gitu kah?

Ada yang bilang kalo twitter itu memceeminkan arus perbincangan orang se dunia.

Ada yang bilang juga twitter itu jadi bahan acuan mass media se dunia.

Tapi ada yang bilang juga bahwa di twitter itu banyak akun ‘fake’ atau palsu, kerana setiap orang bisa bikin banyak akun di twitter.

Saya menikmati twitter untuk mempromosikan kontent” saya di instagram, blog, facebook, podcast …. kalo kamu?

Negara Api masihkah Menyerang Bumi?

Tetiba saya menemukan foto” saat beraksi offline keliling negeri yang indahnya tiada tara.

Waktu itu negara api belum menyerang bumi hingga kita bisa terbang kesana kemari menjumpai banyak teman dan saudara.

Ini memori di Katingan, sebuah kota atau kabupaten di Kalimantan Barat, saat itu saya menemani Kementrian Pendidikan RI berbagi semangat kepada guru” disana sambil nonton film karya seniman besar Dedi Mizwar.

Ini foto dialog dengan anak” hebat sebuah SMP Negeri di dekat Kompleks DPR Kalibata Jaksel.

Apakah kamu hadir di kegiatan itu?.

Kalo mau lihat” jejak berbagi saya lainnya sulahkan klik disini.

Tips Merawat Sepatu Kulit

  1. Bersihkan setelah dipakai, tak perlu dicuci dengan banyak air, cukup dengan lap basah atau kanebo.
  2. Semir, seminggu sekali cukup, atau setelah lama tak dipakai.
  3. Istirahatkan, sepatu kulit sebaiknya tak dipakai setiap ari karena akan cepat haus atau retak kulitnya.
  4. Sebelum disimpan, bersihkan dulu dengan lap basah dan lap kering.
  5. Rutin disemir akan melapisi kulit sepatu sehingga kilapnya bertahan lama.
  6. Isi sepatu dengan kayu sepatu, yang ada per besinya atau yang kayu saja, jika tak ada bisa diisi koran bekas untuk mempertahankan bentuk dan hindari kelembaban.
  7. Simpan sepatu dalam tas kain agar warnanya tak pudar.
  8. Simpan sepatu di kotak aslinya agar mudah dicari dan tak berubah bentuk.
  9. Simpan sepatu bot kulit usahakan disimpan dalam posisi tegak menggunakan dudukan bot atau isi dengan kran bekas untuk mempertahankan bentuknya.
  10. Hindari sinar matahari secara langsung.

Foto diatas adalah sepatu saya ketika mengalami perawatan, kalo kamu?

Tulisan ini sudah tayang di Retizen.republika.co.id

Sessi Tanya Jawab itu Mendebarkan buat Pembicara

Sebagai public speaker saya sedih jika saat jadi pembicara atau setelah menyajikan materi tak ada peserta yang bertanya. Saya merasa peserta kurang berkenan dengan kehadiran saya dan ingin segera pulang.

Saya juga merasa paparan saya kurang menarik sehingga peserta merasa tak memerlukan info lainnya dari materi saya.

Kadang saya merasa senang bahwa artinya materi saya sudah sangat dimengerti sehingga tak perlu ada yang ditanyakan lagi.

Apakah saya salah, jika menduga peserta tak mengerti semua materi saya sehingga tak harus menanyakan apa?

Ketika saya hadir di suatu forum sebagai audience atau peserta, di akhir sessi seorang pembicara jika tak ada bertanya saya selalu angkat tangan meminta kesempatan bicara untuk bertanya atau menyampaikan sesuatu.

Pertama-tama saya bilang terima kasih atas presentasi yang bagus, walau slidenya copy paste, atau humornya kebanyakan sehingga materinya sedikit.

Setelah itu saya mengomentari materi beliau atau bertanya apa saja yang saya rasa perlu.

Soalnya kasihan dia dicuwekin kalo ga ada yang bertanya di sessi tanya jawab, kalo kamu?

Nasabah BRI, Hati” & Waspada Penipuan via WhatsApp & SMS

Allooow pengunjung setia blog saya, semoga saat ini anda dalam keadaan sehat dan sejahtera senantiasa.

Jika anda menerima chat di WHATSAPP yang penampakkannya seperti di atas waspadalah.

Jangan dibalas, direspon dengan cara apapun, blok saja dan laporkan atau report dengan cara klik titik tiga pojok kanan atas, pilih block lalu report. Hingga penampakan WhatsApp anda seperti di bawah ini.

Kalau anda membalas chat itu, akan ada orang yang menelpon anda dan memberikan link lewat SMS atau WA yang mengaku dari BRI dan mengarahkan anda untuk melakukan log in memasukkan password di akun mobile banking anda.

Jangan membuka link yang dikirim, karena itu artinya anda memberikan otoritas kepada dia untuk mengendalikan rekening anda, si pelaku selanjutnya akan memguras rekening anda dalam hitungan detik dengan mentransfer ke berbagai no rekening. Selanjutnya anda akan menerima pemberitahuan dari BRI bahwa anda baru saja melakukan transfer sejumlah uang.

Maka uang anda raib sudah, oleh sebab itu waspadalah.

Jika aparat hukum mampir ke blog ini dan mau membantu rakyatnya, mungkin nomor telepon yang mengirim WA yang diduga sebagai pelaku penipuan bisa ditelusuri dan ditangkap.

Saya yakin, aparat hukum negeri ini mampu menemukan pelaku … karena teroris yang ngumpet di hutan belantara dan pengedar narkoba yang sembunyi hingga Nazarudin sang koruptor yang sembunyi di nageri antah berantah bisa ditemukan.

Semoga tak ada nasabah yang tertipu oleh kelakuan penjahat dengan modus macam ini, kalo kamu?.

Bercerai Dua Kali

Seorang teman perempuan bercerita tentang rumah tangganya yang pernah menikah dua kali dan dua kali bercerai.

Awalnya saya kasihan sama ibu itu, tetapi dengan rasa waspada yang tinggi, kerana saya ga mau baper atau saya juga tak berharap dia baper. Ga mau lah saya ketularan rumah tangga bubar gegara wanita lain.

Ilustrasi: Republika

Fakta Tiga Menit

Pagi ini saya baru tahu kenapa dia dua kali bercerai. Bersama dia tak sampai tiga menit saya merasa sangat tak nyaman. Kami memasuki gerbang hampir bersamaan, dia tak menyapa, senyumpun tak … dia menyalib saya dan masuk ke toilet padahal saya juga berjalan mengarah ke toilet.

Saya tak jadi masuk ke toilet yang bersebelahan, ga enak rasanya … risih gìtu, masuk toilet bersebelahan pada waktu yang persis sama, ga lucu aja rasanya.

Bersama dia tak sampai tiga menit saja rasanya tak nyaman, mungkin ketaknyamanan itu dirasakan oleh dua suaminya … 24 jam bareng, barangkali sering disalib ke kamar mandi, ambil piring, menyendok nasi … apalagi tak diambilkan piring, tak diambilkan nasi … kerana sang istri sibuk makan sendiri, kalo kamu?

Seseruan bareng Nak Anak Hebat SMKN 9 Jakarta

Cocopitan sudah mulai mereda, saya kembali menikmati kemewahan berjumpa dengan anak” hebat SMK 9 Jakarta meningkatkan soft skill pencegahan penyalahgunaan narkoba, berita lengkapnya ada disini.

Silaturahim Era Digital

Zaman dulu, kalo mau silaturahim kita harus pergi menjumpai orang yang akan kita temui ke rumahnya atau janjian di suatu tempat.

Pada era digital silaturahmi dilakukan lewat kunjungan ke blog teman or sahabat dan memberi komentar seperti pada foto di atas.

Pada foto di bawah, silaturahmi dilakukan lewat pesan langsung atau Direct Messages (DM) di instagram, kalo kamu?

Cara Mencuci Tangan yang Baik

Poting blog saya kemarin tentang penyakit Hepatitis akut yang salah satu pencegahannya bisa dilakukan dengan mencuci tangan, bagaimana cara mencuci tangan yang baik, silahkan simak dan ikuti cara-cara pada video di atas. Semoga bermanfaat.

Setelah Covid, Datang Hepatitis Akut yang Bikin Takut

Trauma penduduk bumi akibat keganasan virus Covid 19 belum habis, kini datang ke dunia wabah baru penyakit Hepatitis akut yang juga disebabkan oleh virus.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kejadian luar biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia, serta belum diketahui penyebabnya sejak 15 April 2022 lalu.

Baca selengkapnya di artikel “Respons Kemenkes soal WHO Nyatakan KLB Hepatitis Akut pada Anak”, https://tirto.id/grKy

Hepatitis adalah kondisi peradangan pada hati atau liver. Salah satu jenis hepatitis yang marak ditemukan beberapa pekan ini adalah hepatitis akut.

Apa itu hepatitis akut?

Sama seperti hepatitis pada umumnya, hepatitis akut adalah liver yang mengalami radang atau inflamasi.

Hanya saja, penyakit ini terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu yang singkat.

Hepatitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Meski demikian, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan peradangan pada hati, seperti:

  • infeksi bakteri,
  • kerusakan liver, dan
  • cedera pada bagian liver.

Seberapa umumkah hepatitis akut?

Hepatitis akut cukup umum ditemui dan menyerang lebih banyak pria dibanding dengan wanita. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapa pun.

Penyakit ini ditemukan pada bayi usia 1 bulan hingga anak 16 tahun. Hingga saat ini, penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Oleh karena itu, WHO menyebut penyakit ini sebagai hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya.

Waspada Hepatitis Akut

  • Sejak 15 April 2022 lalu, WHO menetapkan kasus hepatitis misterius di Eropa, Amerika, dan Asia sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).
  • Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, ada 170 kasus hepatitis akut yang sudah tercatat di lebih dari 12 negara.
  • Per tanggal 5 Mei 2022, Kemenkes RI melaporkan tiga anak di Indonesia diduga meninggal dunia akibat hepatitis misterius ini.

Gejala hepatitis akut

Gejala hepatitis akut yang bisa muncul adalah sebagai berikut.

  • Kelelahan.
  • Mual.
  • Nafsu makan menurun.
  • Rasa tidak nyaman pada perut (nyeri pada hati).
  • Urine yang keruh dan penyakit kuning.
  • Gejala yang menyerupai flu.
  • Feses yang berwarna pucat.
  • Demam.
  • Nyeri otot dan sendi.
  • Penurunan berat badan yang tanpa sebab.

Mungkin terdapat demam rendah dan ruam yang tidak menetap selama inkubasi, yakni periode sebelum virus aktif menginfeksi tubuh.

Gatal-gatal biasanya tidak ditemukan pada awal kondisi, tapi dapat muncul bila penyakit kuning berlanjut.

Sementara itu, gejala hepatitis akut yang terjadi pada anak-anak belakangan ini adalah sebagai berikut.

  • Sakit perut.
  • Diare.
  • Muntah.
  • Tubuh menguning.
  • Gangguan pernapasan.

Penyebab dan faktor risiko hepatitis akut

Terdapat dua penyebab hepatitis akut yang utama, yakni virus dan nonvirus.

1. Hepatitis akibat virus

Jenis virus akan mempengaruhi keparahan dan lamanya penyakit. Ada 5 jenis dari hepatitis akibat virus.

Hepatitis A

Virus ini biasanya menyebar melalui makanan, minuman, atau benda-benda yang terkontaminasi feses dengan virus hepatitis A.

Hepatitis A adalah jenis yang paling tidak berisiko karena hampir selalu membaik dengan sendirinya. Kondisi ini tidak menyebabkan peradangan jangka panjang pada hati.

Hepatitis B

Hepatitis akut akibat virus hepatitis B lebih berbahaya. Pasalnya, virus ini menyebabkan:

Kondisi ini bahkan bisa menyebabkan kematian. Virus hepatitis akut ini menyebar melalui darah atau cairan tubuh, seperti seks tidak aman dan berbagi jarum suntik.

Virus juga dapat berpindah dari ibu ke bayi saat persalinan atau setelahnya.

Hepatitis C

Ada beberapa penularan virus hepatitis C yang sama seperti hepatitis B. Virus ini menyebar melalui beberapa hal berikut.

  • Kontak dengan jarum yang terkontaminasi.
  • Seks tidak aman.
  • Bayi yang dilahirkan melalui ibu dengan hepatitis C.
  • Sedotan.

Ini merupakan virus hepatitis yang paling berbahaya. Pasalnya, infeksi virus ini bisa membuat Anda membutuhkan transplantasi hati.

Hepatitis D

Hepatitis D hanya terjadi jika Anda telah terinfeksi dengan Hepatitis B. Kondisi ini cenderung membuat penyakit semakin parah.

Hepatitis E

Umumnya, hepatitis E menyebar di Asia, Meksiko, India, dan Afrika.

Beberapa kasus di Amerika biasanya terjadi pada orang yang baru bepergian ke negara dengan penyakit hepatitis.

Penyebaran virus hepatitis ini biasanya terjadi di daerah yang kekurangan air bersih, sanitasi, dan layanan kesehatan.

2. Hepatitis nonvirus

Hepatitis akut tidak hanya disebabkan oleh infeksi virus. Umumnya, ada dua hal lain yang bisa menyebabkan peradangan akut pada hati.

  • Racun: zat tertentu membuat hati membengkak dan meradang, seperti alkohol dan obat berlebih serta senyawa berbahaya.
  • Penyakit autoimun: sistem imun menganggap hati sebagai objek berbahaya dan menyerang sel-sel sehat pada hati, sehingga menghambat fungsi organ ini.

Pencegahan Penyakit Hepatitis Akut

1. Vaksin hepatitis

Salah satu cara mencegah penularan hepatitis adalah mendapatkan vaksin hepatitis. Meski begitu, sejauh ini baru tersedia vaksin untuk dua jenis virus hepatitis, yaitu hepatitis A dan hepatitis B.

Vaksin adalah cara pencegahan yang paling efektif untuk menekan jumlah kasus hepatitis. Pasalnya, ketika vaksin hepatitis diberikan pada orang yang berisiko terinfeksi, tubuh akan dirangsang untuk membuat antibodi.

Antibodi ini nantinya berperan dalam melawan virus hepatitis bila sewaktu-waktu masuk ke dalam tubuh.

Normalnya, baik vaksin hepatitis A maupun vaksin hepatitis B didapatkan ketika Anda masih bayi. Namun, orang dewasa atau remaja juga bisa melakukan vaksinasi dengan dosis yang disesuaikan.

Bila Anda sedang hamil, diskusikan dahulu dengan dokter. Pasalnya, vaksinasi dikhawatirkan dapat berdampak terhadap kesehatan janin yang dikandung. Hal ini juga berlaku ketika Anda memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

2. Rutin mencuci tangan

Home

Kesehatan Pencernaan

Penyakit Hati (Liver)

10 Pencegahan Hepatitis yang Perlu Dimulai dari Sekarang

10 Pencegahan Hepatitis yang Perlu Dimulai dari Sekarang

Hepatitis adalah penyakit dengan jumlah kasus yang cukup tinggi di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Penyakit peradangan hati ini umumnya disebabkan oleh virus sehingga bisa menular kepada orang lain. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara tepat untuk mencegah hepatitis.

Cara mencegah penularan hepatitis

Terdapat lima jenis penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Selain itu, ada hepatitis nonvirus yang berkaitan dengan efek obat-obatan, alkohol, atau penyakit autoimun.

Sama seperti penyakit menular lainnya, hepatitis bisa berkembang menjadi wabah di beberapa tempat. Sekitar akhir April 2022, WHO melaporkan kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya terjadi di 20 negara.

Pada 9 Mei 2022, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, menyebutkan sudah ada 15 kasus hepatitis misterius pada anak yang ditemukan di Indonesia.

Kabar baiknya, Anda bisa melakukan berbagai cara sebagai antisipasi terhadap penularan penyakit hepatitis, begitu pun hepatitis akut misterius.

Upaya pencegahan sekecil apa pun tentunya dapat memutus penyebaran hepatitis dan menghindari wabah penyakit baru.

Pencernaanmu bermasalah?

Daftar dan pelajari soal sakit perut di sini!

Saya Menerima Kebijakan Privasi dan DataDaftar

1. Vaksin hepatitis

Salah satu cara mencegah penularan hepatitis adalah mendapatkan vaksin hepatitis. Meski begitu, sejauh ini baru tersedia vaksin untuk dua jenis virus hepatitis, yaitu hepatitis A dan hepatitis B.

Vaksin adalah cara pencegahan yang paling efektif untuk menekan jumlah kasus hepatitis. Pasalnya, ketika vaksin hepatitis diberikan pada orang yang berisiko terinfeksi, tubuh akan dirangsang untuk membuat antibodi.

Antibodi ini nantinya berperan dalam melawan virus hepatitis bila sewaktu-waktu masuk ke dalam tubuh.

Normalnya, baik vaksin hepatitis A maupun vaksin hepatitis B didapatkan ketika Anda masih bayi. Namun, orang dewasa atau remaja juga bisa melakukan vaksinasi dengan dosis yang disesuaikan.

Bila Anda sedang hamil, diskusikan dahulu dengan dokter. Pasalnya, vaksinasi dikhawatirkan dapat berdampak terhadap kesehatan janin yang dikandung. Hal ini juga berlaku ketika Anda memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

2. Rutin mencuci tangan

Selain vaksin, Anda juga bisa menerapkan pola hidup bersih sehat. Menjaga kebersihan adalah kunci utama dari cara mencegah hepatitis, terutama jenis hepatitis yang belum memiliki vaksin, seperti hepatitis C, D, E, dan hepatitis misterius .

Salah satu pencegahan hepatitis yang perlu diterapkan adalah mencuci tangan. Cobalah untuk membiasakan diri mencuci tangan saat:

  • sebelum dan sesudah makan,
  • setelah dari kamar mandi, dan
  • sebelum dan setelah mengolah bahan makanan.

Rutin mencuci tangan dapat menjadi cara pencegahan hepatitis, terutama hepatitis A dan hepatitis E. Pasalnya, kedua jenis virus ini dapat menular dari feses ke makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Itu sebabnya, mencuci tangan dengan sabun setidaknya dapat mengurangi hingga menghilangkan virus yang menempel di tangan.

3. Pakai kondom saat berhubungan seks

Tahukah Anda bahwa berhubungan seks dengan penderita hepatitis, terutama hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis D, berisiko terkena penyakit yang sama?

Hepatitis B, misalnya, dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti air mani dan cairan vagina.

Bila Anda berhubungan seks dengan pasangan yang terpapar hepatitis, risiko terkena hepatitis pun semakin besar, terutama saat tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Itu sebabnya, penting untuk mengetahui riwayat penyakit pasangan sebagai cara mencegah hepatitis.

Bila pasangan atau keluarga dari pasangan memiliki riwayat hepatitis, sebaiknya lakukan hubungan seksual, baik anal maupun oral, dengan kondom.

4. Hindari berbagi jarum suntik

Jarum atau alat kesehatan lain yang tidak steril bisa menjadi sarana penyebaran virus hepatitis.

Anda perlu waspada, terutama ketika bekerja sebagai petugas kesehatan yang berkontak langsung dengan penderita hepatitis.

Selain itu, pemakaian jarum sembarangan, seperti jarum pada pembuatan tato atau penggunaan obat terlarang, juga bisa menjadi media penularan virus.

Oleh sebab itu, upaya atau cara mencegah hepatitis akut selanjutnya adalah menghindari penggunaan jarum suntik.

Anda tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi kesehatan orang yang menggunakan jarum sebelum Anda, apakah terpapar penyakit menular atau tidak.

5. Tidak menggunakan alat kebersihan diri bersama orang lain

Berbagi dengan orang lain memang bukan hal yang buruk. Namun, Anda tetap harus tahu kapan untuk berbagi suatu barang dengan orang lain.

Sebagai contoh, berbagi sikat gigi, alat cukur, gunting kuku, dan alat pribadi lainnya dapat meningkatkan risiko hepatitis, terutama hepatitis C. Terkadang pasien hepatitis tidak menunjukkan gejala hepatitis.

Bila darah orang tersebut menempel di salah satu alat kebersihan Anda, kemungkinan virus dapat masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, Anda berisiko terjangkit hepatitis.

Itu sebabnya, usahakan untuk memilih barang mana yang bisa dipakai bersama dan mana yang memang harus digunakan sendirian sebagai cara pencegahan hepatitis.

6. Perhatikan kebersihan makanan dan minuman

Makanan dan minuman yang terkontaminasi virus dapat menjadi rute penularan hepatitis. Salah satu jenis virus hepatitis yang sering ditularkan lewat makanan dan minuman adalah hepatitis A dan hepatitis E.

Kementerian Kesehatan juga menduga bahwa hepatitis akut misterius yang terjadi pada anak-anak disebabkan oleh virus yang menyerang saluran cerna. Artinya, penularan bisa berasal dari makanan yang terkontaminasi.

Beberapa makanan mentah, seperti kerang, cenderung berisiko menjadi medium berkembangnya virus penyebab hepatitis.

Maka dari itu, usahakan untuk konsumsi makanan dan minuman yang matang, bersih, dan diolah dengan higienis.

Bila Anda makan di luar, pilihlah makanan yang dijamin matang. Sementara itu, ketika sedang melakukan perjalanan ke luar kota dan sanitasi di lingkungan sekitar tidak bersih, sebaiknya minum air mineral kemasan.

Cara lain mencegah hepatitis yang menular melalui makanan adalah memastikan Anda tidak berbagi alat makan dengan orang lain. Pastikan juga menjaga kebersihan alat makan yang Anda gunakan.

7. Menjaga kesehatan liver

Cara mencegah penularan hepatitis juga harus dibarengi dengan menjaga kesehatan hati.

Pasalnya, hepatitis nonvirus, seperti hepatitis alkoholik, dapat terjadi akibat konsumsi alkohol yang berlebihan, sehingga merusak hati dan memicu hepatitis.

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan liver sebagai upaya pencegahan hepatitis, antara lain:

  • berhenti minum minuman beralkohol,
  • berhenti merokok untuk mengurangi risiko hepatitis C,
  • hindari konsumsi suplemen zat besi dan vitamin A berlebihan,
  • berhati-hati saat menggunakan suplemen herbal, seperti kava kava, dan
  • menjaga berat badan ideal.

Cara pencegahan hepatitis tersebut juga dapat membantu kesehatan tubuh secara umum untuk melawan infeksi virus hepatitis.

8. Mencegah penularan hepatitis lewat transfusi darah

Penerima donor darah atau transplantasi organ juga berisiko mengalami hepatitis, terutama hepatitis B dan hepatitis C.

Cara penularan ini sudah cukup jarang terjadi karena sebelum seseorang mendonorkan darah, mereka harus menjalani pemeriksaan dahulu.

Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk melihat apakah pendonor memiliki penyakit yang bisa menular lewat darah, seperti hepatitis dan HIV.

Prosedur tersebut di bawah pengawasan PMI yang dijamin UU No. 36/2009 tentang Kesehatan.

Pemerintah bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pelayanan donor darah yang aman, mudah diakses, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

9. Kenali riwayat kesehatan keluarga sendiri

Dengan mencari tahu riwayat kesehatan keluarga sendiri terkait hepatitis, Anda bisa lebih waspada dan menerapkan cara mencegah hepatitis lebih efektif.

Hal ini juga bertujuan untuk lebih berhati-hati terhadap penularan hepatitis yang mungkin terjadi.

Bila salah satu anggota keluarga pernah atau sedang terinfeksi hepatitis, sebaiknya lakukan pemeriksaan berkala agar mendapatkan jawaban yang pasti.

Jika Anda ingin mengetahui apa saja tes yang dilakukan untuk mendiagnosis hepatitis terutama hepatitis misterius, silakan hubungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

10. Hindari berenang sebagai pencegahan hepatitis misterius

Hingga saat ini, WHO dan Kemenkes masih menjalankan investigasi mengenai penyebab hepatitis aku yang dialami oleh anak-anak.

Membatasi mobilitas dapat menjadi langkah tepat menghindari penularan penyakit yang belum diketahui secara pasti penyebabnya,

Anda dan keluarga sebaiknya membatasi aktivitas di tempat-tempat umum dan tempat rekreasi, seperti pusat perbelanjaan, taman bermain, dan kolam renang.

Jika Anda ingin menekan risiko penularan infeksi, pilih waktu yang tepat untuk berkunjung, misalnya berenang saat tidak banyak pengunjung atau berenang di area kolam yang sepi.

Selama di tempat umum, pastikan menjaga jarak dan menggunakan masker saat berinteraksi dengan orang lain. Bersihkan tubuh setelah berenang memakai alat mandi sendiri.

Untuk pencegahan hepatitis yang lebih efektif, tunda dulu rencana liburan dengan si kecil di kolam renang atau tempat wisata lainnya.

Sumber: hellosehat.com

400 Hari Posting Blog Tanpa Henti

Beberapa hari lalu saya dapat notif dari wordpress seperti screenshoot di atas, 400 hari posting tanpa henti, koq bisa?

Ya bisa ….. itu faktanya, bagaimana caranya?

Saya menulis apa saja yang ingin saya tulis dengan bahasa yang saya suka, tak perlu gunakan ejaan sempurna, karena saya sedang tak menulis karya ilmiah.

Jika idenya berawal dari fikiran hasil mengamati situasi atau efek bacaan di mass media dan blogwalking … saya tuliskan aja dan melengkapi dengan foto or video yang sesuai dengan posting.

Jika saya memiliki foto atau gambar, saya membuat tulisan menceritakan foto atau gambar itu. Seperti tulisan ini, berawal dari screenshoot notifikasi dari wordpress di atas menjadi satu posting yang sedang anda nikmati ini.

Saat ada waktu, misalnya ketika saya menunggu istri belanja atau saat menjemput anak di sekolahnya saya menulis beberapa artikel yang dipublish dalam beberapa hari ke depan, setiap hari saya menerbitkan satu artikel.

Tulisan yang anda baca ini sudah saya tulis beberapa hari yang lalu tetapi saya publish untuk tanggal 7 Mei 2022. WordPress menyediakan fasilitas penjadwalan posting anda akan diterbitkan kapan saja.

Terima kasih anda telah berkunjung memberi tanda bintang atau menyukai posting saya dan berkomentar, saya akan berkunjung ke blog anda dan melakukan hal yang sama.

Stay safe.

Ngeblog di Retizen Republika

Saya punya mainan baru, ngeblog di Retizen Republika, sebuah platform blog jamaah yang dikelola oleh republika, penerbit koran muslim langganan saya.

Saya sangat terkejut plus bahagia, kalo kata anak zaman now SUKAAAAA BED ketika tulisan saya tentang DEMO BEM SI, ADE ARMANDO & HATTRICK JOKOWI dibabaca lebih dari seribu kali dalam waktu kurang dari tiga hari posting tentang buka puasa sudah dibaca lebih dari 500 kali.

Ngeblog di Retizan Repubika sukaaaaa bed, kalo kamu?

Batu Akik

Dokpri

Sejak 2005 saya suka main ke pasar batu akik di rawa bunga depan stasiun kereta jatinegara jakarta timur. Saya senang dengan suasana pasar yang tenang, nyaman, aman dan bersih.

Pasar batu akik itu tenang mungkin karena para pedagang dan pembeli batu akik sama-sama sedang menikmati kilau dan warna-warni batu akik.

Pedagang menikmati sambil merapikan display dagangannya dan menyapa pengunjung yang datang. Pengunjung melihat-lihat, memilih yang sesuai selera, menentukan logam pengikat dan ukurannya, lalu tawar menawar … jika harga disepakati maka berpindah tanganlah batu akik itu.

Saya punya tiga set penyimpanan batu akik, foto di atas salah satunya. Saya tak hafal semua nama batu akik koleksi saya.

Batu-batu itu saya pinang saat saya singgah di Ternate, Ambon, Martapura, Aceh, atau hasil mampir ke pasar batu akik rawa bunga, serta dimana saja saat ada job dan kulineran ketika berjumpa dengan pedagang batu akik saya suka singgah, ada juga peninggalan almarhum ayah saya, kalo kamu?.

Mudik Asyik ala Guru Matematik

Foto: Republika Online

Mudik, mungkin sudah jadi kebiasaan tahunan kita, berbagai pengalaman sudah dirasakan dari yang menyakitkan hingga menyenangkan, bagaimanakah mudik yang asyik ala guru matematik?

A. Persiapan Umum.

Apapun kendaraan yang akan dipilih untuk mudik, ada beberapa hal umum yang harus dilakukan oleh pemudik, yaitu:

1. Hitung waktu yang anda miliki untuk perjalanan mudik hingga kembali ke rumah disesuaikan dengan ketersediaan waktu berdasarkan jadwal cuti bersama atau jadwal kerja di perusahaan anda.

2. Tentukan tanggal keberangkatan ke kampung halaman dan tanggal anda harus kembali berada di rumah untuk kembali beraktifitas. Usahakan tanggal tersebut sudah disepakati dengan semua anggota keluarga atau rombongan.

3. Hitung jarak dari rumah anda ke kampung halaman, pergunakan google map atau aplikasi lainnya untuk mengetahui jarak rumah anda ke kampung halaman. Tujuan menghitung ini adalah agar bisa diperkirakan waktu tempuh, jumlah bahan bakar yang harus dibeli, atau biaya yang harus dipersiapkan jika anda memilih moda angkutan umum.

Berapa harga tiket moda angkutan yang anda gunakan bisa di cek malalui berbagai aplikasi atau menghubungi agen perjalanan dan perusahaan angkutan.

4. Hitung berapa dana yang tersedia untuk mudik hingga balik. Sebaiknya tak memaksakan jika anda tak memiliki dana yang cukup, karena seharusnya anda memberikan oleh-oleh atau uang kepada keluarga di kampung halaman, bukannya malah meminta uang untuk anda kembali balik ke rumah anda.

Pasti, keluarga di kampung halaman tak keberatan untuk memberikan ongkos kepada anda jika anda sudah tak punya uang, tetapi itu tak seharusnya anda lakukan, kesannya jadi kaya “kurang ajar” gitu. Oleh sebab itu jauh-jauh hari sebelum Lebaran usahakan menabung dan tak hidup boros agar saat mudik anda punya banyak bekal untuk membahagiakan keluarga di kampung halaman.

4. Tentukan pilihan moda transportasi yang disetujui oleh semua anggota keluarga atau rombongan, karena kalau ada anggota rombongan yang tak berkenan maka suasana sepanjang perjalanan akan menjadi tak nyaman hingga melelahkan.

5. Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan mudik dan balik. Apapun moda angkutan yang anda pilih, istirahatlah yang cukup paling tidak dua hari sebelum melakukan perjalanan agar kondisi tubuh anda bugar di perjalanan.

6. Bawa barang secukupnya, agar perjalanan anda tak terbebani dengan barang bawaan, ruang duduk di kendaraan menjadi luas dan membuat anda nyaman sepanjang perjalanan. Segera persiapkan barang yang akan dibawa, lakukan pengepakkan secepat mungkin agar tak ada barang tertinggal, atau anda bisa menyeleksi barang yang urgen dibawa atau tak perlu dibawa.

Apalagi jika anda menggunkan moda kapal laut atau pesawat udara, ada batas jumlah atau berat bagasi yang bisa dibawa agar anda tak dikenakan biaya dengan ukuran per kilo gram, biasanya cukup mahal.

7. Bawa obat-obatan rutin, power bank, ear phone, kamera, air minum, makanan ringan agar perjalanan mudik anda menjadi asyik dan bisa dinikmati. Apalagi jika ada anak kecil dalam rombongan anda, makanan ringan dan minum bisa membuat mereka tenang sepanjang perjalanan.

8. Prediksi bahaya, apapun pilihan moda transportasi anda, fahami jalur-jalur atau lokasi berbahaya termasuk jenis bahaya yang mungkin terjadi untuk mempersiapkan berbagai hal mengantisipasi bahaya agar bisa menghindar atau meminimalisir resiko bahaya.

9. Kulineran dan unggah konten di instagram, tiktok, fesbuk, dsb. Nikmati makanan khas daerah yang anda lewati, Berfotolah dan abadaikan panorama dan suasana perjalan anda lalu unggah di sosial media anda termasuk di group whatsapp keluarga anda agar keluarga bisa mamntau perjalanan anda sudah sampai mana serta bagaimana kondisi anda di perjalanan

10. Berdoa sebelum berangkat dan setiap akan mulai berangkat setelah beristirahat.

Setelah tips umum mudik, apa saja tips mudik asyik dari guru matematik disesuaikan dengan pilihan moda transportasi.

B. Jalan kaki

Jika anda memutuskan untuk mudik berjalan kaki, ini tips mudik asyik dari guru matematik:

1. Persiapkan peta atau route yang akan anda tempuh menggunakan berbagai aplikasi di gawai anda dengan mempertimbangkan jarak terpendek, kondisi jalan, keamanan, dsb. Hitung jarak yang akan anda jalani dan fikirkan alternatif-alternatif route untuk menghemat waktu dan tenaga.

2. Persiapkan sepatu, sendal yang nyaman untuk berjalan, jaket, jas hujan, payung, hujan untuk menghadapi aspal, jalan berbatu, hujan dan panas. Ukuran sepatu atau sendal tidak boleh terlalu sempit atau longgar dan gunakan kaos kaki gar terhindar dari lecet. Jika terjadi lecet segera obati dan dibalut atau temui tenaga kesehatan terdekat.

3. Pilih waktu yang tepat. Pagi hari saat matahari belum terik bersinar adalah pilihan yang tepat untuk berjalan setelah anda beristirahat cukup di malam hari. Siang hari saat matahari bersinar terik sebaiknya beristirahat kecuali jika route perjalanan melalui daerah yang rindang banyak pohon-pohon besar.

Saat jalan raya penuh dengan truk-truk dan bis-bis besar pun sebaiknya tak memaksakan berjalan kecuali ada cukup ruang di tepi jalan agar terhindar dari tersenggol kendaraan besar.

4. Pilih tempat istirahat yang tepat. Ketika bulan puasa, masjid dan mushola bisa menjadi pilihan tempat yang tepat untuk beristirahat karena umumnya kedua tempat itu menyediakan takjil atau makanan untuk orang yang mampir disana. Hal ini bisa membuat anda beristirahat dan memulihkan tenaga serta menjaga kebugaran untuk berjalan lagi.

Kantor polisi atau balai desa juga bisa jadi pilihan lokasi beristirahat, dan umumnya polisi dan aparat desa bisa menilai apakah anda perlu mendapat bantuan atau tidak, sebaiknya tak meminta apapun dari mereka tetapi diterima kalu mereka memberikan sesuatu.

Berjalan malam di jalur hutan atau perkebunan sebaiknya dihindari karena rawan begal, hewan liar, dsb. Beristirahatlah di tempat yang aman sebelum memasuki areal hutan atau kebun.

5. Banyak bertanya. Saat akan mulai melanjutkan perjalanan sebaiknya banyak menggali informasi tentang route yang akan dilalui, jalur yang sebaiknya dilewati, potensi bahaya, lokasi rawan begal, dsb.

C. Sepeda motor

Jika anda memutuskan untuk mudik mengendarai sepeda motor, ini tips mudik asyik dari guru matematik:

1. Service kendaraan anda, periksa oli, sistem pengereman, sistem elektronik, batere, ban. dsb agar kendaraan anda aman dikendarai.

2. Pemanasan. Pemanasan menjadi jauh lebih penting dilakukan saat berpuasa. Dengan pemanasan, akan meningkatkan respons tubuh sekaligus mengetahui apakah siap diajak berkendara.

3. Fokus berkendara. Energi pada saat puasa terbatas. Diharapkan energi yang ada dialokasikan dan difokuskan untuk berkendara. Jangan terganggu hal-hal yang membuat energi terkuras.

4. Kendalikan emosi. Selain kondisi fisik yang harus dijaga, emosi juga perlu diperhatikan. Berpikir positif terhadap pengendara lain perlu untuk menjaga kondisi nonfisik terkait dengan emosi.

Bila kondisi lelah dan emosi tidak stabil dikhawatirkan bertindak negatif di jalan. Untuk itu perlu kesabaran dan toleransi agar tidak terpancing emosi.

5. Gantian mengemudi. Setiap tiga jam atau sekitar 100 km, sebaiknya pengendara motor beristirahat dan digantikan oleh orang lain agar tetap bugar dan fokus berkendara.

6. Jangan menahan pipis atau Buang Air Besar (BAB), segara cari toilet umum di manapun saat anda merasa ining pipis atau BAB karena bisa mengalihkan konsentrasi mengemudi dan sangat berbahaya.

D. Mobil

Jika anda memutuskan untuk mudik mengendari kendaraan beroda empat, ini tips mudik asyik dari guru matematik:

1. Service kendaraan anda, periksa oli, sistem pengereman, sistem elektronik, batere, ban. dsb agar kendaraan anda aman dikendarai.

2. Pemanasan. Pemanasan menjadi jauh lebih penting dilakukan saat berpuasa. Dengan pemanasan, akan meningkatkan respons tubuh sekaligus mengetahui apakah siap diajak berkendara.

3. Fokus berkendara. Energi pada saat puasa terbatas. Diharapkan energi yang ada dialokasikan dan difokuskan untuk berkendara. Jangan terganggu hal-hal yang membuat energi terkuras.

4. Kendalikan emosi. Selain kondisi fisik yang harus dijaga, emosi juga perlu diperhatikan. Berpikir positif terhadap pengendara lain perlu untuk menjaga kondisi nonfisik terkait dengan emosi.

Bila kondisi lelah dan emosi tidak stabil dikhawatirkan bertindak negatif di jalan. Untuk itu perlu kesabaran dan toleransi agar tidak terpancing emosi.

5. Gantian mengemudi. Setiap empat jam atau sekitar 300 km, sebaiknya pengendara mobil beristirahat dan digantikan oleh orang lain agar tetap bugar dan fokus berkendara.

6. Jangan menahan pipis atau Buang Air Besar (BAB), segara cari toilet umum di manapun saat anda merasa ining pipis atau BAB karena bisa mengalihkan konsentrasi mengemudi dan sangat berbahaya.

7. Cek saldo uang elektronik, batas kecepatan di tol, ketersedian BBM serta uang tunai yang tersedia. Pemudik disarankan tidak hanya mengandalkan jalan tol saat mudik dan persiapkan jalur alternatif jika terjadi kemacetan.

E. Kapal laut atau pesawat udara

Jika anda memutuskan untuk mudik menggunakan kapal laut, ini tips mudik asyik dari guru matematik:

1. Periksa jadwal keberangkatan kapal laut dan pesawat, segera booking tiket bisa menggunakan aplikasi atau langsung ke agen perjalanan agar kapal laut dan pesawat masih bisa menampung anda karena tingginya permintaan saat mudik.

2. Kenakan pakaian yang nyaman, terutama untuk penumpang kapal laut agar anda bisa beristirahat di kapal dan tetap bugar sepanjang perjalanan. Untuk penumpang pesawat udara pun sebaiknya demikian agar anda nyaman selama proses check inn, menunggu pesawat dan selama di pesawat dalam perjalanan. Mendengarkan musik atau main game bisa mebat anda lebih tenang dan nyaman di perjalanan.

3. Menyiapkan penjemputan di pelabuhan atau bandara. Sangat menyenangkan jika anda menghubungi keluarga untuk bisa menjemput atau pesan taksi online agar terhindar dari pemerasan dari orang-orang yang tak bertanggung jawab. Tanyakan pada pengemudi taksi online yang anda pesan tempat menunggu yang tepat buat anda dan strategi penjemputan agar aman dari hal-hal yang tak diinginkan.

Kadang ada pelabuhan atau bandara yang tidak memperbolehkan angkutan taksi umum atau online masuk ke areal pelabuhan atau bandara karena pengelola kedua tempat itu menyediakan kendaraan khusus. Kalo yang seperti ini biasanya kendaraannya bagus dan aman, tentang harga bisa sama atau sedikit lebih mahal, tetapi anda tak akan diperas, tarifnya sudah ada standarnya.

Demikian tips mudik asyik ala guru matematik, jika ada yang belum saya tuliskan silahkan tambah di kolom komentar. Saya dan keluarga akan mudik, kalo kamu?

Tulisan ini telah dimuat di Retizen Republika.

Penetapan Tanggal Cuti Bersama malah Bikin Makin Macet

Foto: republika.co.id

Kebijakan Pemerintah menetapkan batas waktu cuti bersama pada situasi pandemi yang masih mengancam terasa kurang tepat karena justru menimbulkan penumpukan orang pada waktu yang sama dan meningkatkan potensi penyebaran virus covid-19.

Kebijakan cuti bersama adalah cuti khusus yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), dan tidak mengurangi jatah cuti tahunan ASN. Umumnya cuti bersama diberikan bersamaan dengan hari libur nasional tahunan mereka seperti Idul Fitri dan Natal, namun bagi pegawai atau pekerja di perusahaan swasta cuti bersama bersifat pilihan.

Pemberitaan yang masif tentang cuti bersama dilengkapi dengan pernyataan Kepala Negara di media cetak dan televisi tentang penetapan tanggal cuti bersama seolah mendorong penduduk negeri ini yang tak hanya ASN, tetapi termasuk karyawan swasta dan wira usahawan untuk bersama-sama melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tanggal yang ditetapkan seolah waktu untuk mudik, traveling dan berwisata dan menikmati kuliner yang tak biasa.

Jumlah penduduk pulau jawa lebih dari setengah jumlah penduduk Indonesia, banyak penduduk Pulau Jawa yang bekerja merantau di Jakarta dan pulau-pulau lain di Indonesia memiliki kebiasaan  pulang kampung atau mudik untuk bersilaturahmi atau lebaran dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Menjadi rutinitas setiap menjelang dan sesudah lebaran terjadi kemacetan yang luar biasa perjalanan darat dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur serta sebaliknya, bahkan saat pendemi berlangsung pun kemacetan tetap terjadi.

Dengan penetapan batas tanggal cuti bersama cuti bersama Idul Fitri tahun 2022 pada 29 April serta 4, 5, dan 6 Mei 2022 masyarakat secara bersamaan akan melakukan perjalanan darat dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai tanggal 28 April 2022 sore hari akan terjadi lonjakan kendaraan mobil di Jalur Tol Trans Jawa dan penyeberangan Merak – Bakauheni dan lonjakan pengendara sepeda motor di jalur pantura

Waktu keberangkatan yang bersamaan mulai 28 April 2022 sore hari akan menimbulkan penumpukkan kendaraan dan manusia di rest area, restoran dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SBPU) di jalur tol maupun non tol, hal ini menimbulkan potensi penyebaran virus covid-19.

Sebaiknya pemerintah cukup hanya menentukan jumlah hari cuti bersama lebaran dengan tidak menentukan tanggal, biarkan masing-masing institusi mengatur aparatnya dengan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadwalkan cuti secara bergantian kepada ASN.

Silaturahmi dalam rangka Idul Fitri atau saling bermaafan bisa dilakukan sebelum puasa, sepanjang bulan puasa, saat Idul Fitri atau setelah Idul Fitri. Di zaman sekarang ini ribuan kurir kerkelebat hingga ke desa-desa untuk mengantarkan paket Idul Fitri ke desa dari keluarga di kota atau negara lain.

Dengan cara di atas diperkirakan rakyat lebih leluasa mengatur waktu perjalanan berlebaran atau mudik sehingga jalan raya tak menanggung beban terlalu besar, peluang terjadi kecelakaan bisa dikurangi, pemborosan bahan bakar akibat macet diperjalanan bisa di minimalisir, penumpukan kendaraan dan orang di rest area, restoran, SBPU bisa dihindari dan petugas kepolisian serta aparat lainnya tak perlu turun dengan kekuatan penuh mengamankan jalur mudik dan jalur balik, karena mereka juga punya keluarga yang harus dikunjungi.

Saya berencana mudik setelah kepadatan kendaraan di jalur tol lintas jawa melandai, agar lebih bisa menikmati perjalanan dan tak terjebak di kemacetan panjang, kalo kamu?.

Tulisan ini saya tayangkan di http://retizen.republika.co.id/dwitagama

Masih Scan Peduli Lindungi di Sekolah?

Foto: Dokpri

Kapan terakhir kamu Scan Peduli Lindungi di Sekolah?

Saat Pertemuan Tatap Muka (PTM) terbatas di sekolah-sekolah di DKI Jakarta Januari 2022, semua warga sekolah harus Scan Peduli Lindungi, sehingga terjadi antrian panjang menunggu proses scan. Sekolah menyiasati dengan cara menempel barcode di beberapa tempat di sekolah, itu pun tetap menimbulkan antrian.

Saat ini ditulis, Scan Peduli Lindungi di Sekolah sudah tak digunakan walau masih terpasang di tempatnya seperti, puntu masuk lobby, pintu masuk ruang tata usaha, dan dinding kaca di jalan masuk lingkungan sekolah kami, Kasih deh, dilirik pun sekarang tak lagi … merana dia, pada foto di atas tampak warnanya sudah mulai pudar, layaknya orang tua yang sebentar lagi berpulang.

Di pusat-pusat perbelanjaan dan bandara saya Scan Peduli Lindungi di Sekolah menggunakan gawai saya karena dijagain sama petugas atau satpam, tapi ketika tak ada petugasnya saya langsung masuk, kalo kamu?

BEM SI Demo, Ade Armando Bonyo, Joko Widodo Hattrick Gol?

Foto: Dokpri

Gonjang ganjing perpanjangan masa jabatan Presiden dan amandemen UUD pada bagian Presiden bisa menjabat selama tiga periode membuat mahasiswa Indonesia turun ke jalan.

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mengkoordinasi BEM perguruan tinggsi se Indonesia melakukan demonstrasi secara serempak 11 April 2022. Pelaksanaan demo terlihat sukses dan direspon oleh Kepolisian dengan mengerahkan ribuan aparat polisi mengamankan jalannya demo.

Pada sore hari 10 April 2022 Presiden Jokowi mengumpulkan menterinya dan memberikan pernyataan yang disiarkan mass media. “KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 akan dilantik dan harus segera mempersiapkan Pemilu dan Pilkada serentak 2024,” ujar Jokowi di rapat terbatas yang disiarkan virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Pernyataan Presiden tak menyurutkan niat BEM SI untuk berdemo, mereka memindahkan lokasi titik kumpul di patung kuda dekat Monas ke depan gedung DPR, mungkin dirasa bola panas kini sudah tak berada di istana negara tetapi berpindah ke gedung DPR. Karena walau Presiden menyatakan tak berminat memperpanjang masa jabatan, bliau menyatakan akan taat hukum. Andai MPR melakukan amandeman UUD tentang masa jabatan presiden artinya Presiden tak bisa menolak.

Pintu masuk perbatasan Jakarta diawasi oleh polisi, mereka yang bermaksud ikut serta demo diperiksa identitasnya, anak sekolah yang diduga hendak bergabung ke lokasi demo dihentikan dan diminta untuk kembali ke rumah. Kementerian Pendidikan menghimbau anak sekolah untuk tak ikut serta demo, para kepala dinas pendidikan di daerah mengeluarkan surat edaran kepada kepala sekolah untuk melakukan antisipasi mencegah murid-muridnya ikut serta berdemo.

Peserta demo di depan gedung DPR diterima oleh perwakilan anggota DPR, mereka menyatakan menerima aspirasi dan menyatakan tidak akan menunda pelaksanaan pemilihan umum.

Berita mass media pada hari Senin 11 April 2022 terkesan biasa-biasa saja, tetapi yang menarik berita secara luar biasa viral ada warga negara yang dikeroyok oleh pendemo hingga babak belur, terlihat sebagian pakaiannya dilucuti. Warga negara yang dikeroyok pendemo hingga wajahnya lebam itu bernama Ade Armando.

Kapolda Metro menyatakan selain Ade Armando ada 6 anggota Polri yang terluka saat melerai pengeroyokan Ade Armando, dan berusaha akan menangkap para pelaku pengeroyokan.

Dikabarkan Ade Armando ke lokasi demo untuk membuat konten youtube, tetapi tragisnya malah menjadi konten youtube fihak-fihak lain bahkan jadi trending di jagat twitter, sementara demonstrasi diberitakan biasa-biasa saja. Berita pengeroyokan Ade Armando menjadi viral dan makin melambungkan nama Ade Armando.

Keberhasilan Jokowi meloloskan Undang-undang KPK menjadi kemenangan Jokowi terhadap mahasiswa dan Undang-undang Cipta Kerja menjadi kemenangan yang kedua Jokowi walau kedua undang-undang itu mendapat penolakan dari mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan kerana mayoritas partai di DPR sudah “digenggam” oleh Jokowi. Apakah amandemen UUD kembali berhasil digolkan menjadi Hattrick Jokowi?. Kalo menurut kamu?

Tulisan ini sudah tayang di http://retizen.republika.co.id, Saya mengarsipkannya disini setelah proses editing pada beberapa bagian.

Bukber Boleh, tapi Ga Pake Ngobrol, Ga Mungkin kaleee

foto: kaskus.com

Anda pernah buka puasa bersama (bukber)? Apakah bisa tidak ngobrol? Hampir tak mungkin. 

Sejatinya, bukber dilakukan untuk silaturahim, mempererat hubungan antara keluarga besar, teman kerja, teman sekolah, dsb. Biasanya ada serangkaian susunan acara yang  diawali dengan pembukaan, pembacaan alquran, sari tilawah, berlanjut dengan beberapa sambutan, bahkan dengan selingan hiburan.

Tak ngobrol sepanjang bukber hampir tak mungkin, tak membuka masker selama bukber juga tak mungkin, karena saat menyantap hidangan pasti membuka masker. Saat membuka masker membuat potensi peredaran vidus melalu droplet.

Droplet tidak hanya keluar ketika kita membuka mulut seperti bicara, bersin, batuk atau bernyanyi. Droplet juga bisa keluar dari mulut dan hidung ketika kita bernapas sehingga tetap bisa menyebar saat makan meskipun tidak sambil ngobrol. Jadi buka bersama itu tetap berisiko karena saat makan pasti buka masker.

Tampaknya pemerintah lebih condong untuk mendorong pelaku usaha kuliner mendapatkan keuntungan dari budaya bukber di negeri ini yang sudah berakar sejak lama tetapi menyadari potensi penyebaran virus corona belum tuntas hingga kini.

Ada perbedaan kegiatan bukber yang dilakukan oleh komunitas, keluarga, organisasi yang mempersiapkan sejumlah porsi makanan secara terencana dengan jumlah peserta yang sudah direncanakan dan lokasi yang ditentukan, misalnya rumah, restoran, kantor, mall, dsb. Pelaksanaan protokol di lokasi kegiatan ini sangat sulit diterapkan, karena selalu ada ramah tamah yang membuat orang saling bicara saat makan ataupun tak makan.

Ada kegiatan bukber yang dilakukan di masjid, ruang publik atau taman-taman, dimana ada orang atau organisasi yang menyediakan takjil atau menu berbuka puasa untuk orang melewati tempat suatu tempat. Makanan dibagikan kepada orang yang hendak berbuka, selanjutnya mereka memilih tempat sendiri-sendiri untuk menikmatinya tanpa berbicara atau ngobrol dengan siapapun.

Bukber sangat beresiko menyebarkan covid-19 karena saat makan pasti buka masker, andai masih ingin bukber sebaiknya meminimalkan resiko penyebaran covid-19 dengan cara memilih tempat bukber yang memiliki ventilasi baik atau outdoor. Jangan membuka masker kecuali sedang makan.

Sebaiknya tak perlu menghadiri bukber, apalagi ketika sedang tak enak badan. Lebih baik bukber dengan keluarga di rumah yang bisa meningkatkan rasa kebersamaan dilanjutkan dengan sholat magrib, isya dan taraweh berjamaah.

Ada hal yang lebih penting yaitu tes antigen mandiri sebelum bukber dan memantau gejala covid-19 selama 14 hari setelah bukber atau melakukan tes antigen mandiri lagi untuk memastikan kondisi kesehatan pribadi.

Saya ga mau menghadiri bukber, lebih baik bukber dengan anak dan istri di rumah saja, kalo kamu?

Kacang Lupa Kulitnya, #2024Gantian woooi

Jan kek kacang lupa ma kulitnya dah … dulu kan waktu mau dipilih bilangnya mo ngurusin kota dulu, eh nyalon … dari awal kan udah tau kalo masa jabatan paling lama dua periode, eh mo coba” tiga periode or diperpanjang.

Janji ga mau ngutang? Tapi siapa juga yang bikin utang ampe lebih 7.000 trilyun?

Janji ga mau impor beras? Tapi siapa juga yang masukin beras ratusan ton ke negeri ini?

Janji penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya? Tapi siapa yang ngurangin hukuman para koruptor?

Janji perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga? Kalo Tentara dan keluarganya dibunuh, gimana rakyat mo aman?

Kamu pernah dijanjiin apa? silahkan tulis di kolom komentar.

Kacang Tanah itu Hebat, Ada di Banyak Makanan Kita

Makanan kecil camilan, kue Lebaran, permen, coklat, … silahkan kamu sebut kue kesukaan kamu, pasti banyak yang pake kacang tanah.

Sayur asem, sambel lado teri, silahkan sebut sayur-sayur masakan favorit kamu yang pake kacang tanah … banyaaak.

Siomay, Gado-gado, batagor, bakso enak dinikamti bareng kacang tanah.

Kacang kulit, kacang tanah digoreng, kacang tanah direbus, kacang tanah mentah … semua enak dimakan. Ada juga makanan ringan yang isinya campuran aneka kacang yang menyertakan kacang tanah, enak banget ituuu … Hebat banget kacang tanah itu, hampir setiap hari dia menemani kita.

Tidak hanya digoreng dan direbus, kacang tanah juga bisa diolah menjadi selai, minyak masak, bumbu kacang untuk beragam masakan, dan masih banyak lagi. Meski sering mengonsumsinya, tahukah Anda kandungan dan manfaat dari kacang tanah?

Kandungan gizi kacang tanah

Kacang tanah adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari dataran Amerika Selatan. Sebutannya beragam, dari peanuts, groundnuts, hingga goobers. Uniknya, kacang tanah bukanlah ‘kacang sesungguhnya’ seperti kacang mete dan almon.

Jenis kacang yang satu ini tumbuh di dalam tanah dan termasuk dalam kelompok leguminosa. Ini berarti kacang tanah lebih mirip dengan kacang lentil, kacang polong, serta kacang kedelai.

Leguminosa seperti kacang tanah terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Bahan pangan ini juga padat kalori karena mengandung lemak nabati yang bermanfaat bagi kesehatan.

Mau Makan Enak tapi Sehat?

  • Energi: 525 kkal
  • Protein: 27,9 gram
  • Lemak: 42,7 gram
  • Karbohidrat: 17,4 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Karoten total (vitamin A): 30 mikrogram
  • Thiamin (vitamin B1): 0,44 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,27 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 1,4 miligram
  • Kalsium: 316 miligram
  • Fosfor: 456 miligram
  • Besi: 5,7 miligram
  • Natrium: 31 miligram
  • Kalium: 466,5 miligram
  • Tembaga: 1,55 miligram
  • Zinc: 1,9 miligram

Selain zat gizi, kacang tanah juga kaya akan zat fitokimia dan antioksidan. Zat fitokimia yaitu zat-zat kimia yang secara alamiah terkandung di dalam tumbuhan. Fitokimia pada makanan ini di antaranya isoflavon, asam fitat, fitosterol, dan p-Coumaric acid.

Manfaat kacang tanah bagi kesehatan

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa zat gizi dan senyawa fitokimia dalam kacang tanah dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mengendalikan gula darah dan berat badan.

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai temuan para ahli seputar khasiat kacang tanah.

1. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun padat akan kalori dan lemak, kacang tanah ternyata tidak menambah berat badan. Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research justru menyebutkan konsumsi kacang tanah dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Makanan ini kemungkinan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. Selain itu, protein dan lemak menyehatkan pada kacang juga meningkatkan laju pembakaran energi di dalam tubuh Anda.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kacang tanah memberikan manfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan lemak tak jenuhnya lebih tinggi dibandingkan lemak jenuh. Lemak tak jenuh adalah lemak menyehatkan yang dapat menurunkan kolesterol serta mencegah penyakit jantung.

Kacang bernama ilmiah Arachis hypogaea ini juga kaya vitamin B3, magnesium, dan tembaga yang diperlukan untuk memelihara kesehatan jantung. Kombinasi vitamin, mineral, dan lemak menyehatkan akan membuat jantung Anda lebih kuat dan sehat.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Menurut American College of Cardiology, orang yang makan kacang tanah setidaknya 2 kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebesar 13 persen. Selain itu, risiko penyakit jantung koroner pun menurun hingga sebesar 15 persen.

Ini mungkin berkaitan dengan khasiat resveratrol serta asam oleat pada kacang tanah. Keduanya membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan radikal bebas. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat menurun.

4. Mencegah penyakit batu empedu

Batu empedu terbentuk dari sisa empedu dan kolesterol yang mengendap sehingga membentuk kristal empedu. Lama-kelamaan, batu empedu dapat menyumbat saluran empedu sehingga menyebabkan nyeri dan peradangan.

Konsumsi kacang tanah mungkin bisa mencegah penyakit batu empedu dengan cara menurunkan kolesterol darah. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, kombinasikan dengan pola makan kaya serat dan batasi asupan makanan tinggi lemak jahat.

5. Membantu mengontrol gula darah

Kacang tanah dan kacang-kacangan sejenisnya dapat menjadi pilihan camilan untuk penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah. Artinya, makanan ini tidak menyebabkan kenaikan gula darah dengan cepat.

Serat pada kacang tanah juga memperlambat pergerakan makanan di dalam saluran pencernaan, sedangkan protein mengambil lebih banyak energi supaya dapat terurai. Kedua hal ini membuat tubuh Anda melepaskan energi dan glukosa dengan stabil.

6. Menurunkan kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang tanah berpotensi menurunkan jumlah low-density lipoprotein (LDL), yakni kolesterol ‘jahat’ yang dapat membentuk plak pada pembuluh darah. Ini merupakan penyebab utama dari penyakit jantung koroner.

Lemak menyehatkan ini juga memelihara sel-sel tubuh dan memberikan tubuh Anda asupan vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang melindungi jaringan tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jangan berlebihan mengonsumsi kacang tanah

Kacang tanah memang kaya manfaat dan kandungan gizi, tapi Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, beberapa zat dalam kacang tanah dapat menimbulkan dampak negatif berikut bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Reaksi alergi, baik akibat konsumsi kacang tanah mentah atau olahan. Pada beberapa kasus, alergi kacang yang parah bisa menyebabkan kematian.
  • Terhambatnya penyerapan zat besi dan zinc akibat pengaruh asam fitat pada kacang tanah.
  • Keracunan aflatoksin dari jamur Aspergillus flavus yang tumbuh pada kacang tanah. Keracunan parah dapat menyebabkan gagal hati dan bahkan kanker.

Kacang tanah merupakan bahan makanan yang padat energi, zat gizi, dan senyawa fitokimia. Manfaat mengonsumsi kacang tanah pun beragam, dari menurunkan berat badan hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda bisa mendapatkan khasiat kacang tanah dengan menambahkannya ke dalam menu makanan mingguan, baik dalam bentuk segar ataupun olahan. Namun, konsumsilah dalam jumlah yang wajar untuk mencegah alergi dan dampak lainnya.

Rasanya Memang Lezat, Tapi Apakah Selai Cokelat Kacang Sehat

Makan roti saat sarapan tentu akan terasa semakin nikmat dengan tambahan olesan selai di atasnya. Entah itu selai cokelat, selai stroberi, selai kacang, hingga selai kacang cokelat.

Nyatanya, selai tersebut disukai sebagai pelengkap sarapan maupun topping berbagai makanan. Pasalnya, perpaduan gurihnya kacang dan cokelat yang manis bisa menambah nafsu makan. Namun, bagaimana nutrisinya? Apakah sehat untuk dikonsumsi?

Kenali dulu kandungan gizi pada selai kacang cokelat

Tidak hanya sebagai olesan roti saja, selai kacang cokelat banyak digunakan sebagai topping berbagai makanan favorit, mulai dari pancake, waffle, dan makanan lainnya.

Karena terbuat dari kacang, banyak orang menganggap bahwa selai ini relatif rendah kalori, gula, dan lemak sehingga sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, apa benar demikian?

Untuk mengetahui sehat atau tidaknya suatu makanan, Anda perlu melihat dari kandungan nutrisinya. Sebelumnya, simak dulu komposisi selai ini berikut.

  • Gula: Bahan utama selai kacang cokelat terdiri dari gula. Bahkan, setiap satu toples selai kacang cokelat mengandung 57 persen gula.
  • Minyak kelapa sawit: Sejenis minyak nabati yang digunakan untuk memberikan tekstur pada selai.
  • Hazelnut: Salah satu jenis kacang dengan rasa manis dan gurih yang diolah menjadi bentuk pasta. Dilansir dari Healthline, setiap toples mengandung sekitar 50 butir kacang hazelnut.
  • Kakao: Biji cokelat yang diproses menjadi bentuk bubuk dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya guna memperkaya rasa cokelat dalam selai.
  • Susu skim bubuk: Susu tanpa lemak yang diproses menjadi bentuk bubuk agar daya simpannya lebih lama.
  • Lesitin kedelai (soy lecithin): Zat berlemak dari kacang kedelai yang berfungsi sebagai pengemulsi, berperan untuk menjaga teksktur halus pada selai.
  • Vanilli: Penguat rasa dan aroma vanili pada selai.

Setiap dua sendok makan (37 gram) selai mengandung 200 kalori, 12 gram lemak, 21 gram gula, 2 gram protein, 4 persen kalsium, dan 4% zat besi. Inilah yang bisa menjadi acuan untuk menentukan apakah selai ini baik atau tidak untuk dikonsumsi.

Jadi, apakah selai kacang cokelat baik untuk kesehatan?

Jika dilihat sekilas, selai kacang cokelat mengandung kacang hazelnut dan susu skim yang cenderung baik untuk kesehatan. Ya, ini betul. Sayangnya, kebanyakan orang mengabaikan kandungan lainnya yang ternyata bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Dari kandungan nutrisinya terlihat jelas bahwa selai kacang cokelat tinggi gula, kalori, dan lemak. Pasalnya, setiap dua sendok makan (37 gram) selai mengandung 21 gram gula yang setara dengan 5 sendok teh.

Bila dibandingkan dengan batas konsumsi gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Anda dianjurkan untuk membatasi asupan gula sekitar 50 gram per hari untuk orang dewasa.

Itu artinya, hanya dengan makan dua sendok selai kacang cokelat saja Anda sudah memenuhi nyaris setengah dari batas asupan gula harian Anda.

Hati-hati, terlalu banyak makan gula dapat memicu berbagai penyakit kronis. Misalnya obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan fungsi otak, hingga beberapa jenis kanker seperti kanker esofagus.

Selain tinggi gula, selai kacang cokelat juga tinggi kalori. Kalori ini dihasilkan dari komposisi minyak kelapa sawit yang nyatanya mengandung lemak tinggi.

Walaupun lemak memang bermanfaat untuk kesehatan, terlalu banyak lemak justru dapat menyebabkan berat badan naik lebih cepat. Akibatnya, Anda berisiko terkena obesitas dan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Terkadang, tekstur selai yang cenderung lembut dan manis membuat orang tak bisa berhenti makan selai jenis ini. Itulah sebabnya, mudah bagi Anda untuk mendapatkan kalori secara berlebihan dari makan selai.

Maka dari itu, berhati-hatilah dengan banyaknya porsi selai yang Anda makan agar tidak malah membahayakan kesehatan.

Meskipun kini Anda tahu bahwa terlalu banyak makan selai kacang cokelat tidak baik untuk kesehatan, bukan berarti Anda lantas tidak bisa mengonsumsinya sama sekali.

Anda boleh-boleh saja makan selai jenis ini, hanya saja batasi jumlahnya agar tidak menambahkan terlalu banyak gula, kalori, dan lemak ke dalam tubuh.

Agar menu makanan Anda menjadi lebih sehat, oleskan selai pada sepotong roti dari gandum utuh untuk menambahkan asupan serat.

Lengkapi juga menu makanan Anda dengan tambahan biji-bijian, buah-buahan, atau sayuran untuk menambah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Dengan demikian, Anda bisa tetap makan selai kacang cokelat dengan sehat sekaligus mengurangi risiko penyakit kronis.


Cokelat Seperti Apa yang Paling Sehat untuk Tubuh Kita?


Foto Penulis

Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 17/02/2021Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus

ARTIKEL SELANJUTNYA

Apakah Cokelat Termasuk Makanan Sehat? Simak Faktanya!

Apakah Cokelat Termasuk Makanan Sehat? Simak Faktanya!

Jika ditambahkan cokelat, berbagai macam makanan dan minuman akan berasa lebih lezat. Cokelat yang dimakan begitu saja pun cukup menggugah selera. Tapi, bukankah makan cokelat bisa bikin gemuk? Simak fakta cokelat berikut ini!

Segala hal yang perlu Anda tahu tentang cokelat

makan cokelat baik untuk penderita jantung

Fakta 1: Asal muasal cokelat

Cokelat berasal dari buah pohon kakao. Buahnya memiliki bentuk yang unik seperti bola. Di dalamnya terdapat biji cokelat. Nah, biji cokelat inilah yang nantinya akan dikeringkan, difermentasi, dibersihkan, dan diolah hingga menjadi cokelat yang Anda makan.

Fakta 2: Cokelat dapat menangkal radikal bebas

Cokelat hitam ternyata mengandung banyak sekali flavonoid. Kandungan flavonoid pada cokelat ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Dengan ditangkalnya radikal bebas tersebut, daya tahan tubuh dapat meningkat dan tubuh dapat terlindungi dari penyakit, terutama penyakit kanker. Antioksidan pada cokelat juga dapat membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.

Fakta 3: Cokelat baik untuk kesehatan

Selain berfungsi sebagai antioksidan alami, ternyata fakta bahwa cokelat memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh pun benar adanya. Inilah yang membuat para ahli menganggap cokelat sehat dan baik untuk dikonsumsi.

  • Cokelat mengandung beragam jenis mineral yaitu magnesium, tembaga, kalium, dan kalsium. Zat gizi tersebut memiliki peran yang sangat baik bagi pembuluh darah. Cokelat hitam (dark chocolate) ternyata mengandung 36 mg magnesium per 100 kalori penyajian. Magnesium merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk sintesis protein, relaksasi otot, dan untuk menghasilkan energi. Magnesium juga memiliki kemampuan untuk melindungi jantung dari denyut jantung yang tidak beraturan.
  • Kandungan mineral tembaga pada cokelat juga sangat berguna untuk pemindahan zat besi pada tubuh, metabolisme glukosa, pertumbuhan anak-anak, dan perkembangan otak. Bila dibandingkan dengan susu cokelat, kandungan zat tembaga pada cokelat hitam ternyata lebih tinggi. Susu cokelat hanya mengandung zat tembaga sebesar 10 persen, sedangkan cokelat hitam mengandung sebanyak 31 persen.
  • Kalium pada cokelat ternyata juga dapat mengurangi risiko hipertensi (tekanan darah tinggi). Cokelat hitam mengandung sebanyak 114 mg kalium (atau sebanyak 2 persen dari Angka Kecukupan Gizi harian).
  • Cokelat hitam memiliki kandungan polifenol yang mampu menurunkan kadar tekanan darah. Kandungan antioksidan pada cokelat juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.
  • Flavonoid pada cokelat hitam ternyata juga mampu mengatur penyerapan karbohidrat pada saluran pencernaan, melindungi dan menjaga fungsi sel beta pankreas (yang sering kali terganggu pada mereka yang mengalami diatebes melitus tipe 2) dan meningkatkan kemampuan sensitivitas insulin. Adanya kadar insulin yang stabil, akan membuat kada glukosa dalam tubuh Anda stabil.

Selain manfaat-manfaat tersebut, ternyata cokelat hitam juga memiliki beberapa kemampuan unik lain di bawah ini.

  • Meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Hal ini akan meningkatkan kemampuan berpikir Anda.
  • Ternyata, konsumsi cokelat dapat menimbulkan perasaan bahagia.
  • Cokelat juga dapat membuat kita menjadi lebih segar dan terjaga, karena cokelat juga memiliki kandungan kafein (walaupun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kopi).

Fakta 4: Tidak semua jenis cokelat sehat dan bernutrisi

Di pasaran, cokelat dibedakan menjadi tiga golongan. Cokelat hitam, cokelat putih, dan cokelat susu. Dari ketiga golongan tersebut, cokelat hitam mengandung lemak dalam jumlah yang paling sedikit (28%).

Sementara itu, kandungan lemak pada cokelat putih ternyata paling tinggi, yaitu sebesar 30,9%. Untuk protein, cokelat putih memiliki kandungan protein yang paling tinggi, yaitu sebesar 8%.

Berdasarkan komposisinya, cokelat hitam juga tidak mengandung susu, atau hanya dalam jumlah yang sangat sedikit, berbeda dengan cokelat jenis lain yang umumnya sudah dicampurkan susu atau pemanis.

Jadi, cokelat itu sehat atau tidak?

Sebenarnya, cokelat memang memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, Anda juga perlu mencermati komposisinya, terutama bila Anda malah mengonsumsi permen cokelat yang sudah dicampurkan berbagai bahan ke dalamnya.

Anda harus memerhatikan kandungan gula dan kalori pada cokelat tersebut. Adanya kandungan seperti ini malah akan berdampak buruk pada kadar gula darah Anda, khususnya bagi mereka yang mengalami penyakit diabetes.

Sebagai fakta, cokelat itu sehat bila Anda memilih jenis yang tepat, misalnya cokelat hitam rendah lemak.

Jangan lupa juga porsinya. Tidak perlu makan cokelat hingga berlebihan guna mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Makan secukupnya saja, tetapi secara rutin.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.Apa jenis kelamin Anda?

Laki-laki

WanitaBerapa usia Anda? (tahun)Berapa tinggi Anda? (cm)Berapa berat badan Anda? (kg)Hitung

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber


Sumber: https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kacang-tanah-kesehatan/

Bersiap Hidup di Zaman Metaverse

pixabay.com

Istilah Metaverse ditulis oleh Neal Stephenson di novel Snow Crash pada 1992. Secara Etimologi, metaverse berasal dari kata “meta” yang artinya melampaui dan “verse” berarti alam semesta. Sehingga jika disatukan metaverse memiliki arti melampaui alam semesta. CEO Meta Mark Zuckerberg juga menerangkan bahwa metaverse adalah perbatasan berikutnya.

Metaverse digambarkan sebagai teknologi yang memungkin orang berkumpul dan berkomunikasi dengan masuk ke dunia virtual. Di metaverse atau dunia virtual, setiap orang tidak akan berkialasan secara individu. Mereka akan memiliki koneksi dengan orang lain, bahkan NPC otonom dan hologram. Dunia maya tersebut membuat setiap orang bisa mencoba dan membeli barang secara virtual. Artinya, produsen sebuah produk juga perlu merancang brand untuk konsumen yang ingin memiliki produk secara virtual.

Seperti apa Metaverse? 

Berikut adalah cara kerja atau sejumlah kegiatan atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh penggunanya di Metaverse, antara lain:

Horizon: Horizon adalah dunia virtual yang dapat memilih atau membuat tanah sendiri seperti taman, kantor, tempat bermain, pantai, pegunungan, luar angkasa atau tempat manapun yang ingin dituju. 

Avatar: Avatar adalah pengguna dapat menciptakan avatarnya sendiri sesuai keinginan seperti avatar manusia dengan gender laki-laki atau perempuan lengkap dengan pakaian ataupun wujud lain misalkan robot, karakter, dinosaurus, dan lain-lain. 

Kegiatan virtual: Kegiatan virtual adalah pengguna dapat melakukan aktivitas yang sama di dunia asli seperti berolahraga, menonton film, menonton konser, kuliah, bekerja, dan lain-lain. 

Kumpul bersama: Kumpul bersama adalah pengguna dapat bertemu dengan pengguna lain untuk meeting, berpesta ataupun sekedar nongkrong bersama. 

Belanja: Belanja adalah pengguna dapat berbelanja dan bertransaksi layaknya berbelanja langsung ke toko atau mal. 

Masuk ke dalam game: Masuk ke dalam game adalah pengguna dapat masuk ke dalam game layaknya seperti film Ready Player One atau Film Free Guy. 

Alat hardware: Alat hardware adalah pengguna memakai headset Virtual.

Supaya lebih jelas apa itu metaverse, kita simak video di bawah ini.

Nemu File Poster KEMINFO RI

Saat bersih-bersih file di handphone, saya menemukan poster kegiatan yang diselenggarakan oleh KEMINFO RI dan PB PGRI, Oktober 2021.

Ada Apa dengan Ibu Kota Baru?

Puluhan penduduk negeri menggugat undang-undang pemindahan ibukota negara, kebanyakan mereka dalah orang-orang berpendidikan, ada Jenderal hingga Profesor. Mengapa mereka kompak ramai-ramai menggugat? Ada apa dengan UU IKN?

Menggugat suatu undang-uandang pasti butuh amunisi, berupa ilmu pengetahuan, biaya, waktu, dsb, dan tentu ini tak mudah, kamu mau ikutan menggugat?

Achievement, 15 tahun Ngeblog di WordPress

Rabu 18/1 saya mendapat notif dari wordpress.com bahwa saya sudah 15 tahun ngeblog di wordpress, alhamdulillah.

Sebuah pencapaian yang jadi terasa ringan karena selalu banyak pengunjung yang singgah di blog ini, yang sekarang mencapai lebih dari dua juta kunjungan.

Terima kasih kepada wordpress.com yang telah memberi pelayanan dengan baik, terima kasih juga kepada anda, pengunjung blog saya, semoga bermanfaat.

Mendokumentasikan Kebersamaan dengan PB PGRI

Ada nama yang kamu kenal?