Corona bikin Kreatif

Kreatifitas seseorang bisa muncul kerana banyak faktor, pagebluk mendatangkan ide penggemar grafiti curhat kaya gini.

Saya dapat ide motret dan menayangkan di instagram dan posting di blog ini, kalo kamu?

Masih suka Boti?

foto: kaskus.co.id

Berapa umur kamu? Masih suka bonceng tiga saat mengendari sepeda motor (boti)? Mending ingsap deh, karena sekarang pelaku boti itu anak SD, malu kaleeee udah banyak bulu ketek masih doyan boti. 

Sepeda motor dirancang untuk mengangkut satu pengedara dan satu penumpang, sepeda motor juga dirancang bukan untuk alat angkut barang dan manusia dalam jumlah yang banyak.

Mengendarai sepeda motor bertiga adalah perbuatan melanggar Undang-undang (UU). Hal itu diatur dalam UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pada pasal 106 dinyatakan jelas “sepeda motor dilarang membawa penumpang lebih dari 1 orang”. Sedangkan hukumannya dijabarkan pada pasal 292.

“Mengemudikan sepeda motor tanpa kereta samping yang mengangkut penumpang lebih dari 1 orang dipidana kurungan 1 bulan denda Rp 250.000”.

Berkendara bonceng 3 tentu juga tak nyaman, baik bagi pengendara dan pengemudi. Pasalnya, keseimbangan akan terganggu dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Kamu pernah boti? alasannya bisa beragam, tetapi hal itu sangat berbahaya buat pengedara dan pengguna lalu lintas yang lain, bahkan bisa membuat kerusakan pada sepeda motor.

Lagian kasian ama motornya tauuu, kalo dia bisa njerit mah bakal kenceng njeritnya, jika tiga remaja putri naik motor bertiga, artinya tiga slangkangan blom mandi numpuk di jok aromanya numpuk jadi bapuk. Apalagi kalo smua lagi “dapet”. 

Motor juga mahluk yang punya rasa punya hati, jangan samakan dengan pisau belati ….

Seminar Menyenangkan di SMKN 50 Jakarta

Melihat mereka tersenyum, saya senang bet …. semoga mereka sukses dan hidup sejahtera kelak.

Jejak Pagebluk

Kalo dulu kegiatan seminar macam ini berbonus refreshing nikmati wisata di Puncak, atau terbang naek burung besi plus kuliner menu khas daerah itu, sering juga saya tambah latihan nyanyi diiringi band or organ tunggal.

Saat pagebluk seminarnya online aja, posternya juga online, tak ada spanduk or backdrop di lokasi seminar.

Alhamdulillah, derasnya pertanyaan tak berubah … rame, membuat tenggorokan kering saat menjawabnya … semoga cepat pergi pagebluknya dan kita bisa seseruan lagi, kalo kamu?

Masih Saya Pancasila?

Sekian tahun lalu, saya terkenang media sosial dibanjiri warna merah bertajuk saya pancasila di facebook, instagram, twitter, wa group, dsb.

Kemarin kata pancasila kembali bergema di seantero negeri, saya mencoba mengingat dimanakah kini wajah-wajah yang viral dan jejaknya masih terukir di google.

Mungkin mereka sedang upacara di tempat dimana mereka berada kini, apakah mereka ikut upacara dengan pakaian seragam, kira-kira apa warna seragam mereka?

Apakah mereka sekarang sedang ikut upacara mengenakan pakaian adat, pakaian adat daerah manakah yang mereka kenakan?

Saat upacara, apakah yang ada dalam fikiran mereka? Setelah upacara, mungkin mereka bercengkerama dengan sesama peserta upacara, apakah kira-kira yang dibicarakan oleh mereka?

Diantara mereka ada yang sedang mengalami saktinya kata pancasila, permainan kata pancasila dengan melakukan hal yang bertentangan mebuat mereka terjerembab di balik jeruji besi bertahun-tahun, terisolasi dari kerumunan dan orang-orang yang selalu mengelu-elukan mereka.

Masihkah banyak orang-orang yang memuja-muja orang yang kelakuannya bertentangan dengan ucapannya sehari-hari, tak tahukah mereka akan kebusukan yang dibalut dengan jas, busana mahal, pakaian kebesaran, dsb?

Akankah mereka bisa menjadi duta pancasila setelah mengalami masa karantina di balik jeruji besi, mengkampanyekn pada seluruh warga negeri bagaimana seharusnya melaksanakan pancasila, msih maukan mereka memasang fotonya dengan logo dan kata pancasila di media sosial miliknya?

Kalo menurut kamu? 

Tulisan Pencitraan Sekolah (School Branding) batiba Ngehits

Dear Netizen,

Saya terkejut banget, kemarin Selasa (18/5) tetiba posting saya tentang Pencitraan Sekolah atau School Branding yang saya buat tahun 2016 dibaca oleh 121 netizen, koq sajadi hits gitu, padahal:

  1. Kemarin tuh kan hari libur sekolah di Indo, kenapa pula banyak yang ngebuka posting itu? padahal kan guru” pada libur, kepala sekolah juga banyak yang libur, urusan pagebluk pasti menyita banyak energi mereka kenapa pula batiba tulisan itu banyak yang baca?
  2. Pencitraan sekolah kayanya udah ga jadi menarik lagi kerana guru” dan kepala sekolah udah sibuk dengan tugas-tugas rutin, apalagi buat sekolah negeri, spertinya tak perlu pencitraan lagi karena masih terus menjadi target penduduk negeri untuk bisa masuk di sekolah negeri karena gratis alias tak perlu bayar uang iuran bulanan.
  3. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sebentar lagi berlangsung seolah bakal menghapus citra sekolah atau branding sekolah favorit dengan pola penerimaan zonasi, mengutamakan murid yang tinggalnya paling dekat sekolah untuk diterima tak lagi melihat faktor nilai pada jenjang pendidikan sebelumnya.
  4. Statistik pembaca blog saya pada hari libur, apalagi setelah lebaran itu biasanya sepi sehingga sangat mengejutkan jika kemarin pengunjung blog saya mencapai 204.

Tulisan itu saya posting tahun 2016, kerana keprihatinan akan kurangnya kesadaran pengelola pendidikan terhadap pencitraan sekolah atau school branding, dan masih banyak sekolah yang menjadi target sekelompok orang yang membuat media berbentuk koran, tabloid, majalah, website dengan mencari berita dari sekolah, caranya jika sekolah ingin dimuat berita baik di medianya dikenakan biaya tertentu, andai berita buruk yang diperoleh, orang-orang yang datang ke sekolah memakai kartu pers meminta uang dalam jumlah tertentu agar berita buruk sekolah tidak dimuat di media yang dikelola kelompok mereka.

Kejadian yang viral tahun lalu dimana 64 kepala sekolah kompak mengundurkan diri karena tekanan sekelompok orang yang membuat pencitraan buruk yang belum tentu terjadi di sekolah mereka.

Pencitraan Sekolah atau School Branding sebenarnya tuh ga sulit, begini salah satu contohnya:

Andai anda menjadi guru Sekolah Dasar, anak” kelas 4, 5, 6 sudah bisa memanfaatkan gadget dan menjalankan aplikasi yang diunduh di playstore, jika ada 3 guru yang memberikan tugas satu kali dalam satu semester kepada murid” nya yang harus diunggah di internet memanfaatkan aplikasi seperti: instaram, facebook, twitter, blog, tiktok, youtube, dsb.

Jika total murid 3 kelas itu berjumlah 100 orang, maka selama satu semester ada 300 kabar tentang sekolah dasar itu bertebaran di internet yang terlacak lewat nama sekolah yang ditulis di judul tugas murid” itu. Dalam setahun akan ada 600 kontent.

Untuk anak” SLTP dan SLTA pasti mereka sangat trampil mengerjakan tugas” dengan menggunakan aplikasi. Misalkan di sekolah anda ada 300 murid, ada sepuluh guru yang memberi satu tugas pada satu semester, maka akan ada 3.000 kontent bertebaran di dunia maya, yang dalam setahun menjadi 6.000 kontent menjejali dunia maya lewat nama sekolah yang ditulis murid” pada tugas mereka.

Bayangkan ketika sekolah anda ada 700 murid dan sepuluh guru memberi tugas satu kali selama satu semester, maka akan ada 7.000 kontent di dunia maya yang membuat citra sekolah anda mengindikasikan hal positif, bahwa ada proses belajar yang langsung bisa terlihat oleh semua orang sedunia yang mengakses internet. Setahun kontet sekolah anda jadi 14.000 bahkan bisa jutaan jumlahnya ketika semua guru secara sadar mengemas tugas untuk diunggah ke internet dan berkali-kali sepanjang semester.

Jadi ketika ada sekolmpok orang yang membat berita jelek tentang sekolah anda tak akan terlihat kerana tenggelam oleh jutaan berita atau kontent yang sudah diunggah oleh murid” sekolah anda.

Untuk melihat seberapa sukses pencitraan sekolah anda, coba deh searching nama sekolah anda di google, lihat berapa banyak hasil pencarian yang anda dapat, apakah melebihi 1.540.000 kontent seperti sekolah ini?

Tulisan lengkapnya tentang Pencitraan Sekolah atau School Branding bisa anda nikmati disini.

Pak Dedi Masuk Tipi

Emang muat? tipi itu kan kecil … sementara Pak Dedi gede bet …. disitulah kehebatan teknologi, bahwa orang segeda apapun bisa dikecilin dan masuk tipi, kalo kamu?

Podcast Pak Dedi: Edisi Lebaran 2021

Aloooooe Netizen.

Taqobballahuminna wa minkum, taqobbal ya Kariim. Selamat Hari Raya Idulfitri. Minal Aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir batin.

Terima kasih anda telah berkunjung ke blog saya, Lebaran kali ini saya ingin mengucapkan ungkapan iedul fitri melalui podcast, anda bisa mendengarnya dengan mengklik segi tiga putih di sebelah wajah saya di atas.

Statistik podcast saya mendekati 900, alhamdulillah … ternyata banyak yang menyimak karya saya lewat rekaman suara yang dilakukan hanya menggunakan handphone, terima kasih buat anda yang sudah menyimak podcast saya, kalo anda punya podcast silahkan tulis di kolom komentar, saya akan kunjungi dan menyimaknya, stay safe yaaaaa.

Selamat menikmati podcast saya, disini.

Model Anak Kapal SMKN 29 Jakarta

Outfit anak kapal sehari-hari memunculkan ide kreatif memilih tiga orang agan (anak ganteng) lalu mereka saya minta memilih teman-teman yang bisa jadi model, punya penampilan dan keberanian jadi model.

Dua foto di atas adalah sebagian dari ratusan foto yang dihasilkan dari beberapa kali sessi foto di tahun 2012. Mereka sekarang sudah jadi sarjana dan bekerja, miss u much guys.

Makanan Berbuka Puasa yang Baik

Berburu makanan takjil untuk berbuka puasa sangat menyenangkan sekali, karena ada pilihan puluhan hingga ratusan jenis makanan yang menggoda pandangan mata, kita bisa memilih semua jenis makanan yang kita mau asal kita punya uang untuk membayarnya.

Apakah makanan-makanan itu bagus untuk disantap saat berbuka puasa? Belum tentu …. Para pedagang makanan berbuka puasa menjual produk yang banyak dicari orang, mereka punya pengalaman berjualan bertahun-tahun atau mengamati pasar, makanan apa saja yang banyak dicari masyarakat saat menjelang berbuka puasa, maka mereka menjual makanan itu agar memberi penghasilan dan keuntungan yang diinginkan.

Makanan yang terbaik dikonsumsi saat berbuka puasa ternyata yang berasal dari alam, yaitu buah-buahan karena zat-zat yang dikandung sangat baik untuk mengisi lambung yang sudah lama kosong tak terisi. Salah sau yang sangat dianjurkan adalah korma.

Apa saja makanan yang baik untuk berbuka puasa?

  • Kurma

Makanan yang satu ini cukup khas dan menjadi lebih populer pada bulan puasa. Namun tak hanya itu, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa ternyata sangat dianjurkan dan bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh, lho.

Kurma merupakan sumber gula alami yang bergizi. Bahkan, kandungan di dalam makanan ini bisa memenuhi kebutuhan energi tubuh setelah satu harian berpuasa. Mengonsumsi kurma saat buka puasa pun sangat dianjurkan untuk mencegah sakit kepala yang mungkin terjadi karena gula darah yang rendah.

Buah yang identik dengan rasa manisnya ini kaya akan nutrisi dan banyak digunakan untuk berbuka oleh masyarakat di Arab Saudi. Aprikot dan kismis juga bisa dikonsumsi dan menjanjikan kebaikan yang kurang lebih sama.

  • Buah Segar

Jangan lupa untuk melengkapi hidangan buka puasa dengan potongan-potongan buah segar. Selain kaya akan nutrisi dan vitamin, mengonsumsi buah segar setelah berpuasa bisa membantu mencegah gangguan pencernaan yang mungkin terjadi. Sebab, buah cenderung memiliki tekstur yang lembut, sehingga lebih mudah dicerna oleh usus.

  • Sayuran

Selain potongan buah, kamu juga bisa mengisi menu makanan buka puasa dengan sayur-sayuran. Jenis makanan ini banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat. Tak hanya itu, nyatanya sayuran mengandung lebih sedikit kalori, sehingga tidak memicu terjadinya kenaikan berat badan yang berlebihan.

  • Air Kelapa Murni

Cobalah untuk mengonsumsi air kelapa murni secara rutin sebagai menu berbuka puasa. Air kelapa mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang. Minum air kelapa saat berbuka puasa bisa membantu mencegah tubuh dari dehidrasi alias kekurangan cairan.

Namun perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari air kelapa, usahakan untuk tidak mencampurnya dengan bahan lain. Artinya, jangan mengonsumsi air kelapa yang dicampur dengan es, santan, atau gula secara berlebihan.

  • Yoghurt

Mungkin hal ini akan terdengar aneh, tidak biasa, dan kurang nikmat. Saat berbuka puasa seseorang memang cenderung menginginkan sesuatu yang manis untuk segera disantap. Namun jangan khawatir, membiasakan diri mengonsumsi yoghurt saat berbuka puasa bisa memberi manfaat yang tidak terduga.

Produk susu olahan ini memiliki banyak nutrisi dan dapat membuat tubuh, terutama pencernaan, menjadi “senang”. Yoghurt memiliki banyak energi, protein, mineral, serta vitamin. Makanan ini juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan dan membuat kamu lebih nyaman menjalankan puasa.

Tidak perlu khawatir, meski sedikit asam, pH yang dimilki yogurt tidak akan mengganggu perut. Artinya,  mengonsumsi makanan ini saat berbuka puasa tidak akan menimbulkan mag atau nyeri perut yang berlebihan. Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan yogurt dengan buah-buahan tertentu sebagai menu buka puasa.

Selain makanan sehat saat berbuka puasa, jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Namun, jangan sampai berlebihan. 

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/makanan-sehat-yang-wajib-ada-di-menu-buka-puasa

Kartini Kini

Kalderanews

Kalo kamu?

Kartini Cuci Tangan

Andai Kartini masih ada saat ini, kira-kira apa yang akam Beliau tulis untuk sahabatnya di Belanda.

Mungkin dia akan bercerita tentang tetangga di sekitar rumahnya yang berjuang mudik menembus barikade aparat di perbatasan setiap kota yg dilewati untuk berlebaran di kampung halaman setelah bekerja mengadu nasib di kota besar.

Akankah dia bercerita tentang keramaian di objek wisata tak jauh dari tempat tinggalnya, seperti sudah jadi budaya ketika Lebaran warga negerinya berekreasi bersama keluarga ke objek wisata.

Tentang emak-emak yang masih saja senang berkumpul, berdesak-desakan berebut takjil untuk berbuka mungkin Kartini memotretnya untuk melengkapi cerita pada sahabatnya.

Tentang keluarga berpunya yang menginap di hotel selama asistem rumah tangganya pulang kampung berlebaran akankah jadi isi surat Kartini pada sahabatnya di Belanda, kalo menurut kamu?

Membayangkan Kartini

liputan6.com

Andai Kartini masih ada saat ini, kira-kira apa yang akam Beliau tulis untuk sahabatnya di Belanda.

Mungkin dia akan bercerita tentang tetangga di sekitar rumahnya yang berjuang mudik untuk berlebaran di kampung halaman setelah bekerja mengadu nasib di kota besar.

Akankah dia bercerita tentang keramaian di objek wisata tak jauh dari tempat tinggalnya, seperti sudah jadi budaya ketika Lebaran warga negerinya berekreasi bersama keluarga ke objek wisata.

Tentang keluarga berpunya yang menginap di hotel selama asistem rumah tangganya pulang kampung berlebaran akankah jadi isi surat Kartini pada sahabatnya di Belanda, kalo menurut kamu?

Kaya Pengamen di Luar Negeri

Di negeri saya sering sekai keasyikan menikmati makan di resto terganggu oleh kedatangan pengamen yang menyanyi sebentar langsung menyodorkan wadah atau kantong pelastik penampung uang yang disodor-sodorkan kepada semua orang yang sedang makan, kebayang susahnya ketika kamu sedang makan menggunakan tangan … bagaimana cara mengambil uang dari kantong atau dompet?

Di Resto @nasijamblang pelabuhan Cirebon saya menjumpai pengamen yang bergaya ala-ala pengamen di luar negeri yang tak menyodorkan tempat menampung uang, mereka bernyanyi saja menghibur pengunjung resto yang sedang makan dengan meletakkan satu kardus kosong untung menampung uang dari pengunjung yang berkenan memberi tanpa disodor-sodorkan ke pengunjung yang sedang makan, kereng banget mereka … saya mau kesana lagi dan berharap jumpa group musik itu lagi.

Wisata Mudik

https://simakterus.com/

Di Negeri Paman Besut, menjelang lebaran petugas keamanan melakukan razia terhadap kendaraan pribadi dan angkuan umum antar kota antar propinsi diberhentikan di batas kota karena para punggawa Negeri Paman Besut melarang warganya mudik atau pulang kampung, kendaraan yang mengangkut pemudik diperintahkan putar balik kembali ke daerah asal.

Para punggawa negeri telah mengumumkan jauh-jauh hari kepada seluruh penduduk negeri mengenai larangan mudik dan pulang kampung, diumumkan pula bahwa tempat rekreasi dan wisata diperbolehkan beroperasi dengan berbagai persyaratan dan protokol. 

Sudah menjadi budaya dan tradisi setahun sekali, warga negeri paman besut pulang kampung untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman, mereka yang mencari nafkah di kota-kota besar se antero negeri punya organisasi atau komunitas, hal ini memudahkan mereka mengorganisir kegiatan lebaran setiap tahun.

Gito: “Bagaimana rencana mudik kita?”

Yono: “Tenaaaang, ketua pagoyuban kita sudah mencarter bis pariwisata yang bagus, nyaman untuk antar jemput kita sebelum dan sesudah lebaran”

Ternyata, saat puncak arus mudik dan arus balik lebaran, di semua jalan tol dan jalan arteri yang menghubungkan antar kota tak ada lagi lalu lalang angkutan umum, semua bis yang lalu lalang bertuliskan “Pariwisata”, dan aparat keamanan tak menghentikan bis-bis yang hendak mengantarkan turis mengunjungi objek wisata jauh di luar kota.

Beberapa bis diberhentikan dan penumpangnya diperiksa karena dicurigai mereka bukan hendak berwisata tetapi hendak pulang kampung dan mudik lebaran, supir dan kernet bis saat ditanya tujuannya menjawab mereka menuju ke destinasi wisata favorit di ujung pulau terbesar negeri paman besut. Ketika diperiksa bawaan dan bagasi, tak ditemukan kardus-kardus atau tas bawaan pakaian untuk di kampung halaman, karena barang bawaan sudah dikirim melalui jasa ekspedisi secara terpisah dengan pemiliknya, sehingga di bis pariwisata hanya ada barang-barang yang diperlukan sepanjang perjalanan.

Bis-bis yang biasa melayani trayek antar kota dengan nama-nama tertentu, kini tak ada lagi, semua berganti tulisan dengan stiker besar bertuliskan “pariwisata”, demikian juga bis-bis kecil travel yang menembus desa-desa terpencil kini berstiker “pariwisata”.

Negeri paman besut seolah sedang mengadakan festival pariwata bersama, jalan antar kota penuh dengan angkutan “pariwisata”, lokasi-lokasi wisata pun dipenuhi oleh penduduk yang datang bersama rombongan dari desa menggunakan bus “pariwisata”, mereka bergembira menikmati indahnya alam sambil menikmati kuliner negeri yang beraneka, untuk melupakan sejenak kepenatan dan penderitaan mencari penghasilan di kota-kota besar.

Nasi Jamblang Pelabuhan Cirebon

Akhir Maret 2021.

Alkohol Terus Bercokol

Ilustrasi: https://faktualnews.co/

Presiden membatalkan peraturan yang sudah ditetapkan untuk investasi minuman beralkohol, apakah anda suka, senang atau bahagia?

Jangan suka, senang atau bahagia dulu, sebab pembatalan itu baru secara lisan, tetapi belum ada peraturan presiden yang membatalkan keputusan itu.

Andai, keputusan pembatalan telah ditandatangani dan diumumkan, jangan juga anda suka, senang atau bahagia dulu, karena walau tak ada peraturan yang mengijinkan produksi minuman keras, masih banyak orang yang memproduksi minuman keras di berbagai daerah tak pernah berhenti diproduksi sejak dulu hingga kini, namanya beragam; arak, moke, tuak, ballo, swansrai, cap tikus, lapen, ciu, cukrik, dsb.

Bahan-bahan untuk pembuatannya beraneka ragam, ada yang berasal dari tumbuhan, obat nyamuk hingga spirtus.

Penggemar minuman keras di negeri selalu ada, tak pernah surut. Pola konsumsi dan lokasi orang menenggak minuman keras sesungguhnya bukan menjadi rahasia lagi, di kafe, bar, tempat hajatan, tempat nongkrong, terminal bis, warung remang-remang, dan banyak tempat lagi. Polisi pun sudah tahu dimana tempat transaksi jual beli minuman keras dan tempat orang-orang mengkonsumsi minuman keras, tetapi masalah penyakit masyarakat itu tak pernah tuntas hingga kini.

Kasus terkini adalah tewasnya seorang aparat TNI yang ditembak oleh seorang aparat Polisi di sebuah kafe di Jakarta Barat. Kafe itu suah lama ada dan masyarakat tahu bahwa minuman keras ada diperjualbelikan dan dikonsumsi di tempat itu, tetapi kenapa kafe tersebut baru ditutup setelah ada aparat TNI yang menjadi korban? Bukan karena minuman kerasnya, tetapi kematian aparat TNI yang menjadi penyebab ditutupnya kafe tersebut.

Pembatalan peraturan investasi minuman berakohol tak berarti minuman keras beralkohol bakal hilang dari negeri ini, salah satu penyebabnya adalah kekurangan aparat kepolisian untuk mengontrol wilayah dan berbagai aktifitas di negeri ini, sehingga menjadi maklum jika ada lokasi pembuatan atau tempat mengkonsumsi minuman keras yang tetap beroperasi seolah lepas dari pengawasan aparat.

Kadang masyarakat geram ada kafe atau tempat yang menjual minuman keras telah menggangu ketenangan di daerah mereka, sudah melaporkan ke aparat tetapi tak kunjung  direspon hingga akhirnya ibu-ibu atau sekelompok orang melakukan sweeping hingga mengobrak abrik tempat transaksi minuman keras, tetapi kadang berujung ditangkapnya sebagian atau semua pelaku perusakan tempat usaha itu dengan alasan tindak kriminal pengrusakan asset milik orang lain.

Tetiba saya ingat Bang Haji Rhoma Irama, Raja Dangdut negeri ini menyanyikan lagu Mirasantika.

Dulu aku suka padamu dulu aku memang suka
(Ya-ya-ya)
Dulu aku gila padamu dulu aku memang gila

Minuman keras (miras), apa pun namamu
Tak akan kureguk lagi
Dan tak akan kuminum lagi
Walau setetes (setetes)

Mencari Podcast Obama, Menemukan Podcast Dwitagama

Saat berselancar menyimak kabar terkini di website kantor berita asing, saya menemukan liputan podcast Barack Obama dengan Bruce Springsteen, lalu saya menikmati dialog Obama dengan Bruce tentang lagu-lagu yang digemari Obama saat beliau kecil, alhamdulillah saya bisa menyimak tone suara yang amat sangat pulen penuh karakter.

Setelah tuntas menyimak podcast keren itu, saya iseng browsing nama saya di spotify dan menemukan podcast saya di akun podcast ingenio, lalu saya menikmati suara saya sendiri dipandu Bapak DR. Djaja Sardjana, aktifis pendidikan yang tinggal di Bandung yang Saya jumpai lebih sepuluh tahun yang lalu di ITB.

Ternyata saya menemukan dokumentasi video di Youtube percakapan yang sama. anda bisa lihat penampakan saya dengan Pak Djaja.

Kalau anda suka mendengar podcast, anda bisa menyimak puluhan podcast saya disini.

Anda punya podcast?

Podcast Pak Dedi Episode Terbaru

SEKOLAH FAVORIT AKAN DIHILANGKAN? Negeri Paman Besut

Akankah semua sekolah jadi tak favorit lagi?
  1. SEKOLAH FAVORIT AKAN DIHILANGKAN?
  2. PODCAST LEBARAN 2021
  3. KOLAB ZOOM BARENG YAYASAN AMALIA ASTRA
  4. MENYEMANGATI ANAK KE SEKOLAH 5 ed
  5. MEMBUAT ANAK SENANG KE SEKOLAH 4 ed

Saya sedang belajar edit podcast dengan peralatan seadanya yaitu handphone, notebook, menggunakan aplikasi di android “anchor”, jumlah podcastnya mendekati 30 episode dan statistik pendengarnya seperti di bawah ini:

Terima kasih buat kamu yang sudah menyimak podcast saya, jadi makin semangat nih titip suara untuk meninggalkan jejak … kalo kamu? boleh kasih tau nama podcast kamu?

Pengemis Metamorfosis

“Berikan Saya mentahnya saja …”

Foto: jakarta.tribunnews.com

Saya sering melihat pemulung dengan gerobak atau karung duduk berjajar di pinggir jalan seolah mereka punya jadawal mangkal di tempat tertentu, mungkin untuk menunggu dermawan yang biasa memberi uang, makanan, atau apa saja yang pemulung butuhkan.

Di komplek perumahan dekat rumah saya, setiap hari selalu ada pemulung yang sama mangkal di tempat yang sama menatap arah yang sama, dan jumlahnya makin banyak menjelang sholat jumat.

Pada suatu senja saya mendengar seorang pemulung mengatakan kalimat di atas, ketika seorang wanita muda menawarkan kepada pengemis itu untuk membelikannya dengan dibungkus kemudian dibawa pulang.

Dan ternyata masalah sosial fenomena pemulung yang menunggu belas kasihan tak hanya banyak di Jakarta, tetapi hampir di banyak kota besar di negeri ini ada masalah sosial seperti itu terjadi juga di banyak kota besar selain Pulau Jawa.

Menjelang puasa dan Lebaran, gejala itu makin banyak terlihat di Jakarta, momentum ibadah puasa dan hari raya dimanfaatkan hingga banyak penduduk desa berbondong-bondong ke kota, bahkan ada yang dikoordinir mencarter angkutan untuk dating ke kota dan pulang kembali ke desa.

Ahli masalah sosial sangat banyak di negeri ini, perjalanan mengelola negeri sejak kemerdekaan sudah mendekati usia uzur (jika dianalogikan pada umur manusia), mengapa masalah sosial pemulung yang bermetamorfosis  tak kunjung tuntas?

Razia Menteri, dinas sosial, satpol PP diikuti dengan pembinaan dan pengembalian pemulung ke desa asal telah terbukti tak berhasil hingga kini, tapi kenapa persoalan selalu terulang kembali.

Mungkin rakyat di desa-desa terlalu terpesona oleh kemolekkan kota dan kemudahan mencari remah-ramah ekonomi lewat bisnis belas kasih menyenangkan mereka karena tak perlu susah payah bekerja, cukup dengan berpenampilan lusuh, seolah piknik atau berwisata di kota besar dan mendapat banyak hasil untuk bisa dimanfaatkan di desa, bahkan tak sedikit yang rumahnya di desa lebih bagus di banding orang-orang kebanyak di kota yang memberikan sumbangan remah-remah ekonomi kepada mereka.

Saat saya membersihkan gudang di rumah atau ruang kerja, barang-barang yang masih bagus tak terpakai saya berikan kepada pemulung yang lewat di depan rumah saya, bahkan saya mempunyai nomor kontak telepon beberapa dari mereka untuk saya hubungi jika ada kertas, kardus, buku, barang elektronik atau apa saja yang tak terpakai dan bisa dimanfaatkan oleh mereka untuk digunakan atau di jual, beberapa dari mereka bertanya tentang harga yang harus mereka bayar, karena mungkin mereka menduga saya menjual barang loakan, tapi saya katakan saya tak menjual, tetapi bapak atau ibu juga tak bisa meminta bayaran kepada saya untuk mengangkut barang yang kadang jumlahnya beberap gerobak atau karung.

Memberikan sesuatu kepada mereka yang mengemis dipinggir jalan semakin menguatkan mental mereka untuk terus menjadi pengemis, melanjutkan pola hidup malas dan bergantung belas kasih, padahal di sisi lain mungkin mereka merasakan sedang berwisata, jalan-jalan menikmati hasil pembangunan, pekerjaan pemimpin yang mereka pilih lima tahun sekali.

Mau sampai kapan?

Bernyanyi aja yuuu, Cuwekin Kudeta Partai & Ghosting

Kelebat pemberitaan para orang tua yang sudah mulai tak wangi lagi melakukan kudeta partai menyesakkan pemandangan dan ruang linimasa, barangkali negeri ini masih awam bermain demokrasi sehingga hingga hingar bingar sering tak nyaman di telinga dan hati seperti musik dan lagu yang salah nada.

Viral pemberitaan ghosting anak petinggi setelah berpacaran lima tahun juga memadatkan pandangan linimasa, mungkin buat orang biasa itu jadi persoalan biasa, setelah bertahun menjalin hubungan tiba-tiba menikah dengan orang lain sudah jadi biasa, tapi kali ini karena pelaku adalah anak petinggi negeri maka jadi hingar bingar yang tak sedap dipandang dan tak nyaman di hati seperti musik dan lagu yang salah nada.

Era pagebluk mengharuskan kita selalu bergembira agar imun tubuh tetap baik, saya memutuskan menikati musik dan lagu Sabda Alam yang dinyanyikan ulang oleh Once Mekel.

Lagu Sabda Alam sudah sangat lekat di ingatan karena dibawakan sangat baik oleh Mendiang Crisye, dan Once kembali menyanyikan dengen memberi sentuhan khas milik Once jadi makin enak didengar dan ikut bernyanyi, walau dengan karakter suara bas yang saya punya.

Penggarapan video secara serius menampilkan keindahan alam Indonesia jadi hiburan yang menyenangkan, bersyukur punya alam yang hijau, indahnya tak bertepi.

Saya tak mau terbawa hati atau baper oleh Kudeta Parta dan Ghosting-ghostingan yang hingar bingar ssangat tak nyaman di telinga dan hati seperti musik dan lagu yang salah nada, lebih baik saya bernyanyi sajalah.

Apakah abakal ada kudeta dan ghosting lain di negeri ini? 

Memori LDK OSIS SMA se Indonesia 2013

Bahagia itu sederhana banget, dikenang sejak delapan tahun yang lalu, ketemuan dengan dia waktu masih SMA, dan disapa setelah dia jadi Sarjana …. bahagianya warbyasa beeet (kata anak sekarang).

Begini bagian percakapan kami via deem di instagram.

Tia: Selamat siang, Pak Dedi 😊 Perkenalkan saya Tia, dari komunitas 9cm (global No Cigarette Movement) (instagram: @9cmindonesia). Saya mengetahui Bapak dari pelatihan yg dulu saya ikuti, yaitu LDK OSIS Nasional 2013 di Taman Wiladatika. Saya mengetahui bapak sebagai Motivator pelajar & mahasiswa. Dari profil Bapak juga aktif menyuarakan pesan antirokok karena FCTC pernah mengutip salah satu pesan Bapak. Berdasarkan kiprah dan keaktifan bapak tersebut, saya mewakili 9cm ingin mengundang Bapak untuk mengisi sesi motivasi secara daring kepada pengurus baru 9cm yang berupa mahasiswa/i di berbagai kota di Indonesia. Waktu yang kami tawarkan yaitu pada hari Sabtu, 27 Maret, 2021 pukul 11.00-13.00 WIB. Sekiranya apakah Bapak bersedia? Apabila iya, bolehkah kami meminta kontak berupa email dan nomor Whatsapp yang bisa kami hubungi? Terima kasih sebelumnya 🙏

Dedi: Hi Tia … makasih kamu msh ingat saya … wah seneng bet saya … kuliah dimana kamu? udah lulus ya? trus kantor lembaga kamu dimana? saya mau bangeeet … silahkan kontak sy di 081285xxxxx dan dwitagama@gmail.com, stay safe Tia, tk

Tia: Iya Pak, saya masih ingat. Soalnya dulu itu sesi Bapak di LDK berkesan banget waktu saya SMA 😄🙏 alhamdulillah sekarang sudah lulus pak, dulu kuliah di Psikologi UGM. Saat ini saya aktif di organisasi/komunitas saja pak sambil cari sekolah lagi hehe.

Terima kasih atas kesediaannya ya Pak🙏😄 saya juga senang bisa tersambung dengan Pak Dedi lagi. Setelah ini nanti akan kami kontak lebih lanjut melalui nomor tersebut ya Bapak. Terima kasih banyak Pak Dedi, stay safe and healthy juga😊

Dua video dokumentasi perjumpaan kami masih tayang di youtube, kalo kamu?

Koordinat Kutub & Koordinat Cartesius

Assalamualaikum, alooow nak-anak yang sehat dan bahagia, saat membaca posting ini saya yakin kamu sudah mandi, sudah sarapan dan sudah tersenyum pada orang-orang terdekat. Kita jumpa lagi di belajar mtk dari rumah. Silahkan kamu fahami materi belajar di atas.

Setelah itu kerjakan soal-soal latihan di bawah ini:

  1. Diketahui koordinat kutub titik P (4,60°). Tentukan koordinat cartesius titik P!

2. Diketahui koordinat cartesius titik  

 Tentukan koordinat kutub titik P.

3. Konversikan koordinat kartesius P (6,8) menjadi koordinat kutub!

4. Konversikan koordinat kartesius P (4,-3) menjadi koordinat kutub!

5. Konversikan koordinat kutub P (20,53°) menjadi koordinat kartesius!

Kalo udah selesai ngerjain soal-soal di atas, bikin foto senyum terbaik kamu saat menggunakan masker dengan hasil kerjaan latihan kamu dan upload di form absen atau daftar hadir yang link absennya bisa dibuka disini, token untuk post test dan absen saya berikan lewat group WA kelas kamu.

Jika ada yang kurang jelas, atau ada sesuatu yang perlu dikomunikasikan silahkan PC saya di WA, atau deem di instagram …. mangaaat ya guys, makasiiih.

Wassalam.

Merokok, jadi Tren buat Anak Kecil, Orang Gede Berhenti aja deh

Kamu merokok? sejak usia berapa kamu menghisap asap? jika kamu merokok mulai usia 10 tahun, kayanya sekarang sudah tak hebat lagi, kerana ada anak di Indo yang sejak berusia 2 tahun sudah biasa merokok hingga dua bungkus sehari, simak deh video di atas.

Pada liputan di atas, ternayat Indonesia menjadi negeri dengan jumlah perokok anak yang sangat banyak, suatu keadaan yang tak biasa di dunia. Jika usia anda sekarang belasan tahun atau sudah puluhan tahun mungkin kini saaatnya berhenti merokok, maluuuuu … dan sudah ga pantas lagi anda merokok, karena merokok kini jadi kebiasaan anak kecil, kalo anda remaja atau dewasa masih merokok artinya anda masih seperti anak kecil.

Anak kecil kerjaannya cuma main, minta uang terus sama orang tuanya, tak bisa pergi jauh jika tak didampingi orang tua, tak bisa kerja, tak bisa naksir orang yang cakep, anak kecil juga tak bisa menikah, tak bisa kawin, tak bisa punya anak, kalo kamu?

Banjir Tak Menarik Lagi

Dokpri
dokpri

Di negeri ini biasanya setiap ada kejadian banjir, mass media selalu heboh mengabarkan, bahkan sering menyiarkan liputan secara langsung disertai diskusi-diskusi interaktif bertajuk banjir mengundang para pakar, pemerhati sosial, politikus, pejabat, dsb.

Jika banjir lebih dari dua hari, topik pembahasan media akan bergeser dari soal banjir ke arah politik, menjatuhkan petahana atau pemimpin di daerah banjir tersebut. Para politikus, partai berlomba-lomba menunjukkan simpati, empati atau dukungan dengan memberi bantuan bahkan banyak yang langsung diliput dan ditayangkan oleh media elektronik.

Daerah banjir seolah menjadi panggung unjuk kebolehan  memberi bantuan, menyampaikan ide, strategi mengelola kota atau suatu daerah.

Awal tahun ini banyak daerah di Indonesia  yang terkena banjir, tapi sepertinya tak lagi menjadi isu menarik untuk diberitakan, tak lagi didiskusikan secara langsung atau live. Sepertinya kurang terlihat para calon pemimpin kepala daerah ataucalon anggota legislatif yang turun ke lokasi banjir. Sepertinya semua orang sudah faham bahwa curah hujan yang tinggi sebagai satu-satunya penyebab, dan tak perlu lagi ada pembahasan.

Kenapa banjir tak menarik lagi? Mungkin pengelola media makin faham bahwa rakyat negeri ini makin pintar, makin sulit “dikadalin” dengan kemasan berita bersponsor untuk menaikkan elektabilitas seseorang. Atau karena lebih banyak berita yang lebih pantas diberitakan seperti pagebluk, vaksinasi, gempa bumi, kematian penduduk di rumah sakit atau di penjara, korupsi, penundaan pilkada, tenaga kerja asing, dsb.

Karena soal banjir tak menarik lagi, tulisan ini saya tuntaskan, terima kasih sudah membaca, memberi ratting dan komentar, stay safe saudaraku. 

Senyum di balik Masker

Assalamualaikum, aloow kamu yang sehat dan bahagia …. di jadwal belajar dari rumah Mtk kali kita Kita jumpa lagi, semoga kamu dan keluarga kamu dalam sehat senantiasa … udah senyum pada siapa pagi ini? Senyum deh pada banyak orang plus makan yg bagus dan istirahat yg cukup spy sehat terus.

Kegiatan belajar Mtk hari ini mereview latihan-latihan soal Mtk yang lalu dan bertanya jika ada kesulitan memahami konsep dan mengerjakan soal-soal latihan Trigonometri dan SPLDV, kalo ada kesulitan ngerjain soal-soalnya silahkan PC, japri, chat via WA atau deem saya via Instagram.

Pada pertemuan berikutnya kita akan melakukan PTS (Penilaan Tengah Semester).

Lampiran foto form kehadiran / absen kamu close up wajah kamu dengan senyum terbaik saat memakai masker dan hasil kerjaan latihan soal Mtk terakhir.

Sebagai lampiran mengisi form kehadiran belajar dari rumah, saya meminta kamu melampirkan foto senyum terbaik kamu, sebagai partisipasi pelaksanaan prokes, saya meminta mereka tersenyum walau memakai masker diserta bukti pengerjaan latihan soal matematika yang terakhir, ini sebagian foto bagus-bagus mereka.

Itu yang tengah siapa? koq ga pake latihan mtk? Itu Saya yang sedang mempraktekkan tersenum di balik masker, begitulah jadinya, agak susah memang, tetapi bisa lah … coba deh kamu selfi dengan gaya itu …. stay safe yaa.

Kalo udah selesai membaca posting ini, tolong bikin foto senyum terbaik kamu saat menggunakan masker dengan hasil kerjaan latihan kamu dan upload di form absen atau daftar hadir yang link absennya bisa dibuka disini, token untuk bukti kehadiran belajar kamu atau absen saya berikan lewat group WA kelas kamu.

Jika ada yang kurang jelas, atau ada sesuatu yang perlu dikomunikasikan silahkan PC saya di WA, atau deem di instagram …. mangaaat ya guys, makasiiih.

Wassalam.

Penggunaan HIPER Scientific Calculator

Assalamualaikum Wr Wb, semoga saat ini kamu dan keluarga dalam sehat selalu, sarapan apa kamu pagi ini … sudah senyum pada siapakah kamu? agar manfaat senyum bisa kamu nikmati dan orang lain nikmati juga.

Materi pelajaran Mtk kali ini adalah tentang Penggunaan HIPER Scientific Calculator, silahkan download dan install aplikasi HIPER Scientific Calculator di playstore, lalu perhattikan video di bawah ini:

Siilahkan kamu coba, apakah hasilnya sesuai dengan perhitungan di bawah ini:

Cos 450 = 0.707

Sin 650 = 0.906

Tan 250 = 0.466

Sin 250 42 17″ = 0.436

Cos 1280 36 29″ = – 0.623

Setelah kamu faham, silahkan kerjakan latihan soal-soal di bawah ini:

Tentukanlah nilai dari:

  1. Cos 150 = …….
  2. Sin 2450 = …….
  3. Tan 3200 = …….
  4. Cos 840 16 26″ = ………..
  5. Sin 1370 35 42″ = ………..
  6. Tan 1440 30 16″ = ………..
  7. Cos A = 0.707, maka sudut A = …….
  8. Sin B = 0.284, maka sudut B = …….
  9. Tan C = 12.55, maka sudut C = ……..

Kalo udah selesai ngerjain soal-soal di atas, bikin foto senyum terbaik kamu saat menggunakan masker dengan hasil kerjaan latihan kamu dan upload di form absen atau daftar hadir yang link absennya bisa dibuka disini, token untuk post test dan absen saya berikan lewat group WA kelas kamu.

Jika ada yang kurang jelas, atau ada sesuatu yang perlu dikomunikasikan silahkan PC saya di WA, atau deem di instagram …. mangaaat ya guys, makasiiih.

Wassalam.

Hati Seer lagi Gegara Iwan Fals nyanyi Buzzer

Saya cukup lama merindukan sosok Iwan Fals, mengingat aura Bulungan sekitar Blok M Kebayoran Baru, Presiden Oi yang dulu kritis membuat dan menyanyikan lagi mengkritisi situasi seolah tenggelam ditelan infra struktur, tetiba datang mengusung menu yang lama berlalu, bertajuk Buzzer, bikin saya seer lagi, terima kasih Om, mungkin istirahatmu cukup buat sejenak, ditunggu yang berikutnya sebelum Oi hilang di angin sepoi.

Begini lirik lagunya.

Buzzer

Buzzer 3x seluruh tubuhku ah ah ah, Karena buzzer byk yg keteter jreeng 
Buzzer bikin berita kagak bener, Bikin otak muter2, 
Kebanyakan minum puyer. Akhirnya jadi keblinger 

Digital divide, Setiap kata dipilah & ditata 
Setiap orang berkata dan bersuara, Asal ada cuan kami siap bkerja 
Buzzer bikin keder buzzer bikin teler 
Aku tak tau dirimu, Mereka pun tak tau dirimu 
Buzzer KNTL Buzzer penipu, Penipu KNTL 100x 

Berisik kayak kumpulan tawon , Gue tau itu salah tapi duit gue dpt 
Buzzer mata duitan kutu Kupret, Buzzer..Hidupmu bagai buah simalakama 
Hidupmu tak berguna, Oh oh oh wao wao 

Buzzer oh buzzer wao, Iwan oh wao KNTL wkwkwk, 
Bersembunyi dibalik teknologi, 
Oh buzzer seperti busur melesat menghantam target 
Demi dapur bs ngebul, Persetan musti ngibul 
Kakak pembina telah bersabda, Persetan dgn dusta, Peduli setan dgn dosa 

Idiih buzzer nya keliatan, Pakek bajunya kesempitan.. malu dong 
Semakin kencang teriakmu, Smakin cepat jadi komisaris 
Mainkan tagar cepat cair transferan, Oh BuzzerRp 
Azan Ashar pun terdengar syahdu Tp buzzer malah tetap bikin gaduh 
Otak sama jempolnya sama2 kopong 
Niat hati ingin mengritik, Yg ada hidup malah terusik 

Oh buzzer koar2 kayak orang teler, Tp bs lebih bahaya dari panzer 
Karena panzer tdk main twitter, 
Oh buzzer pas ditangkap mulutnya kayak muzaerrr, Oh oh wao wao 

Menari dgn jemari, kau pesimis mimpi, Bicara tak lugas bak pedal tanpa gas 
Nalar katanya, membela para penguasa, Tentu saja 

Buzzer Rp dipelihara tanda runtuhnya demokrasi 
Buzeer Rp didengar tanda kehancuran negri 
Iwan FALS nyaru jd buzzer, Buzzer kayak puser, Ayo serr 
Mantap Bung lanjutkan Oh oh oh wao wao serr 
Lebih afdol lagi di tag semua para BuzzerRp 
Lagu bang bukan pantun,Tp apik iki Cakepp Aku sih yes 
Di up terus Ben dadi, Harus ada tagar SangeAaaah 
Sumbang lirik om..budall 

Gini kali, Iwan vs Buzzer, Iwan cinta buzzer 
Buzzer cinta Rp Iwan cinta Rp 50 x 
Dengungkan ujaran tanpa keilmuan, Netek tuan puan dan para juragan 
persetan hasutan asalkan bercuan 
Siapa yg kau jadikan guru, Esok anak dan cucumu bisa lupa 
Caranya mnjadi orang yg kritis 
Nah ini baru gua demen,Para garis keras 
Berangkat dr keinginan yg keras, Mengeluarkan suara hati yang keras 
Awas jgn keras2..Tarek serr..Pap tete pap tete..Mutualan dong serr 

Buzzer dibayar untuk bicara, Bicara demi majikan 
Majikan yg tak berdaya, Jd hebat, jd keren, Nyatanya cuma polesan 
Model video klipnya siapa ya? Cuit cuit cuitt 

BuzzerRp sampah peradaban, Menjual kepalsuan demi mimpi hidup mapan 
BuzzerRp istana si Alan tak pernah peduli nyawa orang melayang 
Gitar masuk silahkan, kmana mas, lah dia kabur, Ane joget aje dah, Gue Nyawer aja 

Si Buzerr seperti peler, serang sana serang sini demi duit transfer 
Oh buzzer kumpulan orang teler,Mirip sampah tempat hinggap laler 
Ayee..dihobah Kopi pagi menemani,Sambil menunggu berita pagi 
Isu apa dr oposisi,Siap memaki dan mencaci,Asal ada upeti dan instruksi 
Tak peduli siapa yg salah, Tak peduli tdk sah,Yg penting bs menyampah 
Buzzer buzzer buzzer oo 
Apakah Buzzer tercipta utk menutupi ketidakmampuan 
Sementara airmata reformasi menari dkandang besi 
Sebab pikiran mau dkandangkan lg 
Buzzer bermental penjajah Demokrasi hari inipun seperti sampah 
Aku tak berdaya bernyanyi sampaikan tanya 

Diam dibalik gawai keren, Dgn jurus andalan 
Ketik sana ketik sini, Memberi disinformasi 

Ketika trsudut oleh data, Balik menyerang personalnya 
Mencari celah sampai lawan lelah, Lalu balik lg mencaci maki 

Oh buzer kau hanya seorang pecundang,Oh buzzer makan duit haram 
Oh buzer keluarlah dr kandang,Oh buzzer malukah kau tak tampan 

Wow buzzer yg dbayar penguasa 

Emang buzzer bikin orang ikut dongo 
Semua sudah diseting karna pesanan wakaka 

Buset kata2nya gak ada akhlak gt pak, Disortir lg aja pak, 
menggelitik syairnya..Bangor..Cuma bisa membaca 

Pilih jadi buzzer atau seniman? 
Buzzer bukan seniman, seniman jgn Jadi buzzer 

Asek uhuy pokok e 
Buzzer zerrr hanya manut sama bohirnya wk wk 

Buzzer singkatan butuh uang zegera, 
Gak peduli salah kata yg penting asik aja 
Buzzer barisan intelek sakit jiwa, Kalau ditanggapi bisa gila 
Buzzer pandai mengolah kata, Kalau terbawa bisa insomnia 
Mau kulanjut rangkaian kata, Iwan FALS berani bayar berapa hahaha 
Jd cukup 5 baris saja 

Buzzer Tuhannya uang, Aku nyimak saja, Aku nyimak saja 

Buzzer2 herder siapa, hukum tak sanggup hentikan gonggongnya 
Buzzer2 dipelihara, Sekali gonggong terima berjuta 
Buzzer2 inilah fakta, Simak congornya si abu bangsat 
Buzzer2 adalah pahlawan, Bagi loyalis dan para penjilat 
Buzzer2 siap menggigit, Mereka yg kritis terhadap tuannya 

Para buzzer cuman membuat kita kalah mental 
Hanya satu tujuannya membuat kita diam seribu bahasa 
Bila kita sudah diam maka penguasa trtawa trtawa trbahak2 
Saatnya bangkit rebut kembali demokrasi yg katanya berpancasila 
Semua mempunyai hak yg sama di depan UU 
Boleh bersuara asal bertanggung jawab 

Siapa yg nulis syair Ini Pak? Saya jawab byk 
Teman dari twiterr, Teman dari facebook 
Lalu di jwb kembali tidak kerenn, Sambil kedipin mata dan tertawa

Yihiii jangkrik

Pada akhir lagu, ada lirik pertanyaan siapa penulis syair lagu, Om Iwan bilang banyak teman, rupanya Om Iwan kini mengundang kontribusi teman-temannya untuk melengkapi syair yang akan dinyanyikan. Presiden Oi seolah ingin lebih menyerap perasaan dan isi hati teman-temannya merespon situasi politik dan demokrasi negeri.

Ada kata KTL, setelah syair penipu, barangkali mengungkapkan kekesalan Iwan dan teman-temannya terhadap kelakuan buzzer, ada nama dan profesi disebut Om Iwan, seniman dan komisaris.

Apa hubungannya antara seniman dengan komisaris? Yihiii … yang penting saya seer lagi, makasih Om Iwan.

Manfaat Senyum

Hai, setiap mengisi daftar hadir kegiatan belajar dari rumah saya memigta kamu menyertakan foto kamu dengan senyum terbaik dan pekerjaan latihan soal-soal matematika, di bawah ini adalah kolase foto-foto pilihan kiriman murid kelas X SMKN 50 Jakarta, awal tahun 2021.

Hampir semua foto yang saya display bagus sesuai permintaan saya, yaitu foto close up wajah kamu dengan senyum terbaik dan pekerjaan latihan soal” Mtk, cuma satu anak laki” yang pake dasi itu yang kurang tepat, mungkin kerana dia masih SMP mungkin kurang ngerti instruksi guru SMK ….. jan kek gitu ya guys.

Senyum memiliki segudang manfaat yang tak pernah kita pikirkan. Untuk urusan relasi sosial, senyum yang tulus bisa membuat seseorang lebih disukai, lebih menarik, cerdas dan bisa dipercaya. There’s magic in your smile, so don’t hestitate for smiling more!

1. Dapat menurunkan tekanan darah

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan adalah dapat menurunkan tekanan darah! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tersenyum dapat membuat otot relaksasi, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah serta membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung, tegas laman United ConcordiaWhat a great benefit!

2. Mampu menguatkan sistem imun

7 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan Fisik dan Jiwamu, yuk Kuat!inlifehealthcare.com

Believe it or not, tersenyum juga memiliki manfaat bagi sistem imun tubuh! Faktanya, senyuman, tawa dan pikiran positif bisa melepaskan molekul persinyalan di otak untuk melawan stres dan penyakit. Di sisi lain, berpikiran negatif bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tersenyum adalah obat terbaik bagi tubuh and it’s true!

3. Sebagai penghilang rasa sakit

Masih ada segudang lagi manfaat tersenyum bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai penghilang rasa sakit (painkiller)! Di sebuah penelitian, ditemukan bahwa tersenyum meningkatkan ambang rasa sakit dan menciptakan toleransi rasa sakit yang lebih tinggi, ungkap laman United Concordia. Tak percaya? Just prove by yourself!

4. Meningkatkan suasana hati

7 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan Fisik dan Jiwamu, yuk Kuat!f

Sometimes, we feel a little bit sad. Ada kalanya, mood kita berantakan dan uring-uringan sepanjang hari. Siapa sangka kalau solusinya cukup dengan tersenyum?

Berdasarkan studi, terbukti bahwa tersenyum dapat meningkatkan suasana hati dan bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan dan depresi. Tak hanya itu, setelah tersenyum, suasana hati kita jadi lebih positif! 

Baca Juga: Ternyata Tersenyum Bisa Melepaskan 4 Hormon Baik Ini Lho!

5. Tersenyum bisa menghilangkan stres!

7 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan Fisik dan Jiwamu, yuk Kuat!saxtonsmiles.com

We are not done yet! Manfaat tersenyum lainnya adalah bisa menghilangkan stres! Studi yang dipublikasikan di laman Psychological Science menemukan bahwa tersenyum dapat menghasilkan detak jantung yang lebih rendah dan membuat kadar stres berkurang. Sementara, stres dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Jadi, bisa disimpulkan bahwa tersenyum memiliki manfaat psikologis dan fisik!

6. Bisa membuat hubungan antar personal jadi lebih baik

Kalau ini adalah manfaat psikologis dari tersenyum. Orang yang sering tersenyum lebih disukai dan dianggap lebih menarik dibanding orang yang jarang tersenyum. Ini adalah cara mudah untuk memulai dan membangun hubungan dengan orang lain. Jadi, tetaplah tersenyum karena senyuman bisa membantu menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat dan lebih sehat, terang laman United Concordia.

7. Tersenyum memunculkan hormon kebahagiaan

7 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan Fisik dan Jiwamu, yuk Kuat!rd.com

Terakhir, senyum bisa memunculkan berbagai hormon di otak. Seperti dopamin, endorfin dan serotonin. Hormon tersebut dikenal juga dengan hormon kebahagiaan, karena dapat menenangkan sistem saraf, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Dopamin memberikan energi dan motivasi, endorfin mengurangi rasa sakit dan memunculkan euforia serta serotonin dapat memperbaiki mood, ungkap The Best Brain Possible.

Nah, itulah 7 manfaat senyum untuk kesehatan fisik dan jiwa yang bisa kamu dapatkan. Jangan pelit berbagi senyum ya! Lagipula, senyum kan gratis, hehe. 🙂

Selamat buat kamu yang udah sukses ngerjain soal-soal post test minggu lalu, di bawah ini adalah rekap nilai semua kelas X SMKN 50 Jakarta.

Buat yang belom mengerjakan post test atau belom mencapai KKM (75) silahkan kerjakan soal post testnya yang linknya bisa dibuka disini. Kalo nilaimu sudah mencapai KKM silahkan di cek lagi latihan soal=soal yang lalu, lanjutkan diselesaikan jika ada yang belum selesai supaya post test berikutnya nilai kamu bagus, kemudian membuat foto dengan senyum terbaik kamu disertai hasil pekerjaan latihan Mtk, pada kolase foto di atas, fotonya bagus kecuali anak laki-laki yang masih SMP itu, dia ga pake hasil kerjaannya (mungkin karena masih SMP dia lelah, hehehe), link absennya bisa dibuka disini, token untuk post test dan absen saya berikan lewat group WA kelas kamu.

Kalo ada yang kurang jelas, atau ada sesuatu yang perlu dikomunikasikan silahkan PC saya di WA, atau deem di instagram …. mangaaat ya guys, makasiiih.

Sumber: idntimes.com

Memeluk Musuh

pixabay.com

Kalian dulu bertarung

Kenapa sekarang kalian mesra 

Kalian dulu sengketa 

Kenapa sekarang kalian pelukan 

Pendukung kalian dulu terharu 

Terasa ingin berjuang bersama 

Semua daya dan biaya disemai 

Tak satu gerbong dianggap musuh 

Kami memang dulu seteru 

Tapi hati kami satu selalu 

Mengatur cara menguasai kamu 

Siapa suruh kamu begonya terlalu

Pak Sandiaga Uno Melobby Anak Sekolah untuk Berwisata?

Kegiatan Tour atau Study Wisata saat masih sekolah bersama teman-teman se kelas dan guru-guru, kenangannya tak terlupakan hingga jadi tua, dan ada rasa ingin mengulang berkunjung ke lokasi itu kembali dengan anak, cucu.

https://smpn2sumberpucung.sch.id/

Apakah saat bersekolah anda pernah berwisata dengan teman satu kelas atau satu sekolah? Jika anda pernah mengalami hal itu, artinya usia anda sudah cukup tua atau anda bersekolah di sekolah swasta favorit. Atau jika memory anda bagus anda masih bisa mengingat perjalan wisata dengan teman-teman dan guru Taman Kanak-kanak.

Sejak belasan tahun yang lalu, sekolah hampir tak pernah lagi mengadakan kunjungan ke musium, objek wisata, apapun namanya; bisa tour, study wisata, study banding, dsb. Di dalam kota ataupun ke luar kota. Kecuali Taman Kanak-kanak yang masih sering mengadakan kunjungan wisata.

Saya bersekolah di SMP akhir tahun tujuh puluhan masih sempat menikmati kunjungan ke musium, planetarium bersama teman-teman satu angkatan menggunakan beberapa unit bus wisata, kami tiba di sekolah pagi hari dan langsung dikumpulkan di lapangan untuk pembagian bis dan guru pembimbing. 

Sejak beberapa hari sebelumnya kami sudah dikondisikan untuk membawa bekal makanan, minuman dan uang sangu untuk bekal di perjalanan. Selama satu hari itu kami tak belajar di kelas, karena acara keliling kota selesai sore hari hingga melewati waktu sekolah rutin, sehingga kami langsung pulang setelah kunjungan dan diantar bis kembali ke sekolah.

Setelah itu beberapa hari ke depan, kami disibukkan untuk menyusun laporan yang dikumpulkan ke guru-guru sesuai mata pelajaran, juga sebagai bahan diskusi di kelas menindaklanjuti hasil kunjungan study wisata di dalam kota. Orang tua kami harus membayar biaya perjalanan kami yang disetorkan ke sekolah. Kenangan naik bis bareng teman se kelas, suasana planetarium, museum dan perjalan saat itu terkenang terus hingga sekarang.

Kini hampir semua sekolah SD hingga SLTA tak lagi punya program kunjungan wisata, umumnya sekolah negeri, karena peraturan yang melarang sekolah memungut biaya, termasuk untuk pelaksanaan study tour. Padahal untuk anak remaja, mengeksplorasi keindahan negeri, objek-objek wisata, sejarah negeri, kekayaan sumber alam bisa membuat mereka makin mencintai negerinya, dan kelak menyadari bahwa begitu banyak objek wisata yang menarik di dalam negeri sehingga tak perlu berwisata ke luar negeri.

Daerah destinasi wisata,  hotel, transportasi, pebisnis wisata kini terpuruk sebab pagebluk, pemerintah berusaha menggairahkan bisnis pariwisata dengan melakukan berbagai hal, tetapi tampaknya tak menyentuh sekolah dan jutaan murid-murid di dalamnya.

Mengharapkan kunjungan touris asing dalam kondisi normal maupun pegebluk jelas sangat sulit, sementara potensi jumlah penduduk negeri sendiri yang melampaui seperempat milyar jiwa adalah peluang yang amat sangat luar biasa. Seandainya dari kecil anak-anak negeri terbiasa berwisata menikmati keindahan negeri, maka saat dewasa dia akan mengajak anak-anak dan keluarganya untuk berwisata mengisi waktu liburnya.

Saya berkhayal Pak @sandiuno melobby pengurus OSIS sebegai representasi anak sekolah negeri ini untuk mendorong kunjungan wisata dalam negeri, dan mendorong program kerja OSIS melakukan study wisata di dalam negeri.

Mungkin kegiatan lomba lari mini maraton buat anak sekolah melewati jalur lokasi wisata berhadiah beasiswa hingga pasca sarjana bisa jadi ide, untuk menggairahkan kunjungan wisata anak negeri, bagaimana Pak @sandiuno?

Tips Belajar di Rumah/Home Learning Era Pagebluk

Aloow guys

Jumpa lagi di pelajaran Mtk, bagaimana nilai kamu semester kemarin? mungkin strategi temanmu Mesayu Jihan bisa jadi contoh dan kamu praktekkan agar pencapaian nilai pelajaran kamu semester ini dan ke depannya jadi lebih baik.

Suasananya memang sangat tidak nyaman, tapi paparan virus corona makin merajalela, jadi kita harus tetap di rumah, menjaga jarak, sering cuci tangan, makan yang teratur, tidur yang cukup, berfikir positif, dsb supaya selalu sehat

Materi kita masih Sistem Pertidaksaam Liniear Dua Variabel, silahkan pahami video di bawah ini dan kerjakan latihan soal.

Ini soal-soal buat latihan kamu.

Setelah mengerjakan soal-soal di atas, tolong isi absen yang menandai kehadiran kamu di kegiatan BElajar Dari Rumah / BDR Mtk, Link Absen atau daftar hadir kamu bisa kamu buka disini. Tokennya saya berikan melalui WA Group kelas kamu.

Jika ada yang perlu dikomunikasikan silahkan japri saya di WA atau kontak via pesan di instagram, miss and love u much.

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Alooow anak-anak hebat, semoga saat membaca ini kamu dan keluarga dalam sehat selalu. Materi pelajarn Mtk kali ini dalah tentang Sistem Persamaan Liniear Dua Variabel. Kita akan belajar menggambar grafik fungsi persamaan liniear dua variabel dan menentukan penyelesaiannya.

Saat ini orang yang terinfeksi covid di Jakarta mencapai jumlah tertinggi, oleh sebab itu Pemda DKi JAkarta melakukan PSBB ketat lagi, jadi ga usah keluar rumah ya, kerjain aja pelajaran dari rumah, kalo ada yang kurang jelas, diskusikan lewat chating whatsapp dengan teman-teman atau siapa saja yang bisa kamu tanyain.

Silahkan perhatikan paparan materi dari video di atas lalu kamu kerjakan soal-soal di bawah ini:

Setelah mengerjakan soal-soal di atas, tolong isi absen yang menandai kehadiran kamu di kegiatan BDR Mtk, Link Absen atau daftar hadir kamu bisa kamu buka disini. Tokennya saya berikan melalui WA Group kelas kamu.

Jika ada yang perlu dikomunikasikan silahkan japri saya di WA atau kontak via pesan di instagram, miss and love u much.

Teachers’ Talk Edisi Guru Blogger dan Youtuber

seminar ala pagebluk, menemani radio disdik Pusdatikomdik Dinas Pendidikan DKI Jakarta, 11 Desember 2020.

Hastuti Moeljono

Teachers’ Talk merupakan program baru dari Radio Disdik Jakarta yang disiarkan secara live streaming melalui zoom meeting dipandu oleh penyiar Radio Disdik dengan host Mpok Hastuti, Duta Rumah Belajar tahun 2018 dari provinsi DKI Jakarta yang juga Guru di SMPNm 105 Jakarta. Teachers’ Talk digelar selama 3 pekan pertama di bulan Desember 2020 setiap hari Selasa-Jumat jam 13.00-14.00.

Siang tadi, Jumat, 11 Desember 2020, Teachers’ Talk mengusung tema Guru Blogger dan Youtuber dengan mengundang narasumber Sahabat Guru yang juga aktif di bidang per-blog-an dan per-youtube-an, yaitu: Bang Dedi Dwitagama, Mpok Samini dan Mpok Rusmi.

Diawali oleh Bang Iki selaku penyiar Radio Disdik yang enerjik dan membawakan acara menjadi lebih segar. Mpok Rusmi, Guru SDN Pejaten Timur 22 Jakarta, memulakan bincang-bincang dengan sharing kanal youtubenya https://www.youtube.com/c/GuruMandiri yang telah memiliki hingga 23.000-an subscriber dan telah ditonton oleh 2 jutaan viewer dan telah memiliki 200-an video pembelajaran khususnya untuk jenjang SD. Di masa…

View original post 272 more words

Public Speaking: Menemani BNNK Jakarta Utara

Di Hotel New Sedayu Kepala GAding 10 Desember 2020. Ada yang kamu kenal di video itu?

Persiapan Menuju KIHAJAR TIK TALKS KEMENDIKBUD RI, 25 Nop 2020

Sahabat Edukasi

Tabea..

Katong tunggu bapak ibu dong pung partisipasi/kehadirannya di KIHAJAR TIK TALKS yang hadir kembali, kali ini di Provinsi Maluku dengan tema:
“Konsep A, B, C, D (Anak Bangsa Cinta Digital) Dalam Mengharmonikan Mutu Pendidikan di Indonesia Khususnya di Provinsi Maluku” pada:

🗓️ Rabu, 25 November 2020
⏰ 08.00 WIB / 10.00 WIT

Menghadirkan narasumber:

1. Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si. | plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku
“Konsep ABCD (Anak Bangsa Cinta Digital) Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Provinsi Maluku”

2. M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si. | plt. Kepala Pusdatin Kemendikbud

3. Drs. Semuel E. Huwae, M.H. | Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku
“Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan TIK”

4. Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar, M.Pd. | Guru Besar Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
“Kepemimpinan, Monitoring, Dan Evaluasi Pembelajaran Di Era New Normal”

5. Dr. Fahmi Sallatalohy, M.Hum. | Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon
“Pengelolaan Pembelajaran Di Era New Normal”

6. Dedi Dwitagama | Pendidik, Trainer, Motivator bidang Pendidikan

7. Meilita Salamony, S.Pd. | Duta Rumah Belajar Provinsi Maluku Tahun 2017
“Praktik baik Pemanfaatan Fitur Kelas Maya Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi”

Moderator:
Kajuliven Wattimena, S.Pd.
Duta Rumah Belajar Provinsi Maluku tahun 2019

👉 Daftar sebagai peserta melalui:
https://s.id/daftartiktalksmaluku

(e- sertifikat tersedia bagi pendaftar)

Bapak / ibu guru dong samua, mari katong rame-rame daftar KIHAJAR TIK TALKS di Provinsi Maluku.Mari katong sukseskan KIHAJAR TIK Talks Provinsi Maluku
Kalo bukan katong sapa lai.

#TIKTalksMaluku#kihajarTIKTalks#kihajar2020#tvedukasi#rumahbelajar#suaraedukasi#belajardarirumah#merdekabelajar#kemdikbudRI 

Term of Refference

Kihajar TIK Talks Maluku

Rabu,  25 November 2020

Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Perkembangan dunia digital dan akses terhadap informasi dalam bentuk digital menghadirkan tantangan dan tantangan secara bersamaan. Perkembangan dunia digital memberikan peluang untuk melahirkan lapangan kerja baru berbasis media digital, meningkatkan pemasaran barang dan jasa secara global tanpa batas teritorial. Di sisi lain, dengan meningkatnya akses internet, masyarakat dimudahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keingintahuan. Hal ini dapat memberikan dampak negatif, jika masyarakat tidak memiliki kemampuan literasi digital yang cukup untuk memilah berita atau informasi yang hoax, perilaku intoleran, dan ujaran kebencian yang kerap dihadapi di lini masa digital. Untuk itu, keterampilan dalam literasi digital menjadi hal yang mesti dimiliki oleh masyarakat untuk dapat memproses berbagai informasi, memahami pesan, dan berkomunikasi efektif serta kesadaran untuk berpikir kritis terhadap berbagai dampak positif dan negatif yang mungkin terjadi akibat perkembangan teknologi yang cepat.

Deskripsi Kegiatan

KIHAJAR TIK Talks merupakan wujud apresiasi terhadap daerah yang berpartisipasi terbanyak dalam KIHAJAR STEM, sekaligus dalam optimalisasi penggunaan Rumah Belajar, TV Edukasi, dan Suara Edukasi. Kegiatan ini membahas isu – isu strategis permasalahan pendidikan daerah, yang akan dibahas dalam bentuk seminar secara daring, dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari praktisi pendidikan, ahli pembelajaran, dan juga Pengembang Teknologi Pembelajaran

Tema

Tema pada KiHajar TIK Talks Provinsi Maluku adalah Konsep A, B. C. D (Anak Bangsa Cinta Digital) Dalam Megharmonikan Mutu Pendidikan Di Indonesia Khususnya Di Provinsi Maluku

Tujuan

Tujuan Kihajar TIK Talks adalah:

  1. Meningkatkan kemampuan literasi digital untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran;
  2. Menumbuhkan kemandirian dalam memanfaatkan dan mengembangan TIK untuk pendidikan.
  3. Mengoptimalkan sumberdaya yang ada dalam menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Kihajar TIK Talks meliputi:

  1. Pemaparan Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan TIK
  2. Pemaparan Konsep ABCD (Anak Bangsa Cinta Digital) untuk peningkatan mutu Pendidikan di Provinsi Maluku
  3.  Pemaparan Pengelolaan pembelajaran di era New Normal
  4. Pemaparan Kepemimpinan, Monitoring, dan Evaluasi pembelajaran di era New Normal
  5. best practice pemanfaatan fitur Kelas Maya dalam pembelajaran di  masa pandemi

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kihajar TIK Talks dilaksanakan pada:

waktu              : Rabu, 25 November  2020

pukul               : 08.00 s.d 11.00 WIB / 10.00 – 13.00 WIT

tempat            : Melalui aplikasi Virtual Cloud Meeting yang akan disiarkan secara live streaming melalui channel YouTube Televisi Edukasi

Metode Pelaksanaan

Kihajar TIK Talks dilaksanakan di 10 provinsi dengan presentasi keikutsertaan peserta tertinggi. Para narasumber akan diberikan waktu untuk paparan, dilanjutkan dengan kesempatan tanya jawab yang dipandu oleh moderator.  Diskusi ini akan disiarkan secara live streaming melalui channel YouTube Televisi Edukasi.

Agenda Kegiatan

Link Pendaftaran:

Pendaftaran peserta KiHajar TIK Talks menggunakan aplikasi simpatik yang dapat diakses pada alamat http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Data Narasumber:

  1. Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si , Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Maluku
  2. M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si, plt Kepala Pusat Data dan teknologi Informasi Kemendikbud
  3. Drs. Semuel E. Huwae, MH, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Maluku
  4. Dr. Fahmi Sallatalohy, M.Hum, Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon
  1. Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar M. Pd., Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
  2. Meilita Salamony, S.Pd , Duta Rumah Belajar Provinsi Maluku
  3. Dedi Dwitagama, Pendidik, Trainer, Narasumber dan Motivator Bidang Pendidikan (Dalam konfirmasi)

Bersama Host:

Kajuliven Wattimena, S.Pd

Materi Belajar dari Rumah; Matriks Kelas X SMKN 50 Jakarta

Aloow anak” Kelas X SMKN 50 Jakarta yang sehat dan bahagia, SELAMAT HARI PAHLAWAN GUYS, Kita berterima kasih kepada para pahlawan yang sudah membuat kehidupan negeri ini jadi lebih baik, semoga para pahlawan yang masih hidup dalam keadaan sehat dan bahagia selalu, sementara yang sudah berpulang kita doakan semoga mereka mendapat balasan atas kebaikan mereka membuat negeri ini jadi lebih baik. Kamu juga bisa jadi pahlawan buat diri dan keluargamu agar hidupmu ke depannya jadi lebih baik, caranya lewat belajar yang serius dan mengembangkan bakat atau potensi diri kamu. Jika punya hobby bergabunglah dengan komunitas agar semangat berlatih dan berkompetisi.

Selamat buat Mawadah Fitriyah kelas X BDP 1 dan Davina Maharani yang berhasil memperoleh nilai memuaskan pada post test Bab 4 yang lalu. Sebagian besar dari kamu sudah melampaui nilai KKM, good job … jika masih belum segera lakukan remedial secara mandiri berulang-ulang hingga mencapai nilai KKM.

Materi pelajaran kali ini topiknya Matriks, silahkan pahami uraian materi pada video di bawah ini:

Setelah kamu memahami video di atas, silahkan kerjakan soal-soal latihan di bawah ini:

Setelah mengerjakan latihan, silahkan membuat foto close up kamu dengan halaman hasil pekerjaan latihan Mtk dan  senyum terbaik yang kamu punya, lalu isi form daftar hadir yang link nya bisa kamu klik disini.

Sekolah sudah menyiapkan banyak sarana untuk mencuci tangan, melakukan penyemprotan desinfektan, dsb dalam uapaya mempersiapkan diri ketika ada kebijakan mulai belajar di sekolah. Tetapi karena status pagebluk di kota kita masih PSBB Transisi, artinya kita masih harus di rumah saja dan melakukan 3 M: Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak, tak lupa makan yang bergizi, tidur yang cukup, plus olah raga teratur. Semoga pagebluk segera berlalu dan kita bisa seseruan di kelas mempersiapkan masa depan kamu yang lebih baik.

Kita berdoa semoga pagebluk ini segera berlalu dan kita berjumpa di sekolah kita yang hijau, asri, banyak pohonnya. Jika ada pertanyaan atau perlu berdialog, silahkan japri saya melalui WA, pesan di instagram atau telepon saya. Love u all.

Sumber :

1. Kasmina, Toali, Matematika SMK Jilid 1, (Penerbit Erlangga, 2018), hal. 237 – 238.

2. Video: Youtube Gongbu 공부 Channel

https://anchor.fm/dwitagama/episodes/22–SEKOLAH-UNGGULAN-MAU-DIHAPUS-ekso99

Hebat Guys, Nilai Post Test Bab 1 Banyak yang Seratus

Dear nak-anakku yang hebat, udah pada mandi, sudah sarapan? sudah tampil keren, sudah wangi dan sudah membahagiakan orang tua?

Sayang banget PSBB diperpanjang lagi sehingga kita blom bisa seseruan di kelas, bertemu, bertatap muka, bercanda, bergembira, dsb.

Nilai post test Bab 1 Mtk sudah bisa kamu lihat … hebaat bedh … ada beberapa dari kamu yang dapat nilai 100 (seratus), kamu harus tahu berapa nilai kamu supaya ketahuan apakah kamu harus mengikuti remedial atau tidak, silahkan mengunduh daftar nilai kelasmu (klik aja tulisan download di samping nama kelas kamu buat mendapat daftar nilainya).

Kelas X AK 1

Kelas X AK 2

Kelas X BDP 1

Kelas X BDP 2

Kelas X MM

Kelas X OTKP

Jika nilaimu belum mencapai 75 artinya kamu harus mengerjakan soal test remedial hari ini, yang bisa kamu kerjakan dengan membuka link SOAL REMEDIAL BAB 1. Kode tokennya saya berikan di WA group kelas masing-masing. Perbaiki jawaban yang masih salah hingga nilaimu mencapai batas KKM 75, boleh dikerjakan berulang-ulang.

Setelah mengerjakan remedial silahkan mengisi daftar hadir, bagi kamu yang nilainya sudah melampaui KKM, artinya hari ini kamu sabeb dan bisa langsung mengisi daftar hadir, yang formnya bisa dibuka disini.

Token untuk remedial dan daftar hadir tokennya sama saja, tiga kata huruf besar semua dengan spasi, saya berikan di WA group kelas masing-masing.

Semoga info ini bisa kamu fahami, kalau perlu bertanya silahkan japri saya melalui WA atau deem di instagram.

Stay strong and stay safe guys.

Ga Mau Sekolah? Gpp

Saya pernah menjumpai anak yang bapaknya buruh bangunan, ibunya buruh cuci di rumah tetangga, anak itu diterima di sekolah negeri dekat rumahnya, sekolahnya gratis, keluarganya hanya perlu menyiapkan seragam, perlengkapan sekolah dan buku-buku pelajaran.

Semua kebutuhan dipenuhi oleh orang tuanya, tetapi anaknya tak mau sekolah dan memutuskan keluar dari sekolah, alasannya beragam.

Apakah anak itu mengira dia bakal bisa minta diberi makan selamanya oleh kedua orang tuanya, minta dibelikan pakaian, bahkan menuntut dibelikan sepeda motor untuk bermain bersama teman-temannya. Bapak dan ibunya pasti bakal meninggal dunia. Setelah itu dia harus hidup sendiri dan membiayai hidupnya sendiri, apalagi jika anak itu kemudian berkeluarga.

Tanpa sekolah anak itu bisa hidup hingga dewasa, setelah menikah, berkeluarga, punya anak, dia bisa membiaya keluarganya. Baguuuus … hebat anak itu.

Kalo kamu yakin bisa hidup dengan tidak sekolah … silahkan ajaaa … tapi coba tanya pada siapa aja di sekitar kamu apa syaratnya kalo mau bekerja?

Dengerin deh, disini.