Foto & Video

Masjid BAiturrahman Banda Aceh Desember 2021
Dear Pengunjung

Terima kasih Anda setia berkunjung ke blog Saya, fotografi adalah hobby saya, saat ini saya mendokumentasikan foto-foto di instagram saya

https://www.instagram.com/dwitagama/,  … beberapa foto saya pernah dimuat di Koran Nasional Republika ini penampakkannya.

This slideshow requires JavaScript.

REPUBLIKA MINGGU 11 APRIL 2010

CAR FREE DAY 28 MARET 1020

Mulai Juni 2008 Saya membuat blog baru khusus menampung foto-foto Saya, selamat menikmati … disana

Essay Foto Dedi Dwitagama

Banjir Jakarta Feb 2007

Merupakan siklus lima tahunan, ternyata Februari 2008 pun Jakarta terendam … berlanjut dengan wabah demam berdarah. Dibawah ini adalah foto-foto yang Saya abadikan Februari 2007, di dekat rumah Saya Cipinang Muara.

a-banjir-cipinang-tingkah4.jpg
by dedi dwitagama

anak-skolah.jpg
by dedi dwitagama

nyonya.jpg

brenng.jpg
by dedi dwitagama

spatu.jpg

pers.jpg

Romantisme Kampung Sasak

Waktu seakan berhenti di Senaru (Lombok Barat) dan Sade (Lombok Tengah): dua permukiman tradisional suku sasak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rumah-rumah di dua kampung yang berbentuk seragam dengan tiang kayu, dinding bambu, dan atap ilalang, mengingatkan pada suasana desa-desa masa lalu. Pada masa ketika rumah bukan sekadar hunian untuk melindungi privasi, tetapi juga ekspresi budaya dan identitas yang bersifat komunal.

Dan hujan yang mengguyur dua kampung ini pertengahan Febuari 2008 lalu, menambah romantisme itu. Senaru berada di lereng Rinjani, dan Sade berada di sebelah selatan, tak jauh dari Pantai Kute. Dua kampung ini adalah sedikit dari sisa kekayaan arsitektur tradisional nusantara yang masih bertahan.
Pagi baru saja menjelang di Dusun Senaru, Desa Senaru, Kecamatan Bayan. Gunung Rinjani yang menjadi orientasi arah hadap semua rumah di Senaru, hanya samar-samar terlihat karena selimut kabut. Hujan yang tiba-tiba deras mengguyur, menghapus sama sekali gambaran gunung itu.

Tetapi, sebagian penghuni kampung tetap pergi ke ladang. Beberapa orang yang tersisa di kampung membunuh waktu dengan membaca kisah-kisah lama dalam daun lontar, atau pun sekadar duduk-duduk di berugak (bale-bale). Di rumah kepala adat, Inan Lokak tengah menumbuk biji kemiri dan jarak pagar untuk dijadikan jojor lilit atau obor penerang.

Pada hari yang lain, Dusun Sade dipenuhi teriakan anak-anak kecil. Anak-anak bertelanjang kaki dan dada, bersuka mendapat pembagian biskuit setelah ditimbang di posyandu.

Di dalam kampung, denyut kehidupan juga terasa sangat kental. Suara “jeglok-jeglok” dari kayu alat tenun yang beradu, mencipta ritmis yang elok. Suara itu bersaing dengan deru hujan yang deras mengucur. Dua dusun itu memang telah dijadikan pemerintah sebagai cagar budaya-yang sebenarnya lebih mirip “etalase kemiskinan”-dari pola hidup masyarakat sasak tradisional.

“Kami tak tahu, sampai kapan kampung kami masih bertahan,” Kata Amak Lokak, kepala adat dusun Senaru. Daun ilalang untuk atap rumah makin sulit didapat. Kalaupun ada, sangat mahal karena banyak bangunan modern di Lombok dan Bali yang memborong atap ilalang itu untuk menampilkan citra tradisional bagi bangunan mereka.

Di Segenter, dusun adat yang juga berada di Kecamatan Bayan, sebagian rumah-rumah adat akan digantikan rumah tembok dengan genting dari tanah liat. “Sebagian orang, yang kaya di sini juga ingin membangun rumah tembok. Sejauh ini, kami bisa bertahan. Tapi, sampai kapan?” kata Amak Nuri Ajib (65), tokoh adat Senaru.

Teks: Ahmad Arif, Kompas

Foto: Dedi Dwitagama

lombok-1.jpg
by dedi dwitagama

lombok-99.jpg

by dedi dwitagama

lombok-55.jpg
PENJAJA TENUN

lombok-69.jpg
BAYI SUKU SASAK

Ternate

Ternate membawa berbagai kenangan manis … sebuah daerah perawan yang amat sangat indah … semoga Pemda disana bisa merawat dan mempromosikannya … Allah Maha Besar, Maha Pencipta. Disebelah kiri bawah adalah foto perahu Nelayan mencari ikan saat subuh yang saya jadikan foto header blog ini. Gadis kecil Ternate yang kujumpai di dermaga Minggu pagi tersenyum manis. Danau Tolire dari Udara, Mesjid Raya, Batu Angus, berasal ari letusan Gunung Gamalama. Air Goraka (Jahe, gula merah, kenari), di Restoran Floridas dengan latar belakang Pulau Maitara yang menjadi tema uang kertas Rp. 1000,-. Foto terakhir adalah Tiga bendera di halaman Istana Sultan Ternate. Foto-foto diabadikan akhir tahun 2007.

Title Foto, dari atas ke bawah: Nelayan subuh, Mesjid Raya Ternate, Danau Tolire, Gadis Ternate di dermaga, Tiga bendera di halaman Istana Sultan Ternate, Air Goraka & kacang goreng, dengan latar belang pegunungan di Tidore

nlayan-subuh.jpg
by dedi dwitagama

mesjid-ternate.jpg
by dedi dwitagama

danau-tolire.jpg
by dedi dwitagama

gadis-ternate.jpg
by dedi dwitagama

bendera-sultan.jpg
by dedi dwitagama

air-goraka.jpg
by dedi dwitagama

Manusia PAKU

Saat Anda berkendara, mungkin pernah jumpa dengan pengendara sepeda yang konvoi, memakai kaus T-Shirt, bercelana pendek, memakai topi, pada boncengan sepeda ada dua bagasi kiri dan kanan yang biasanya terbuat dari plastik bekas. Mereka adalah pencari paku atau logam di banyak kali di Jakarta.

Hitam, bau dan kotornya air kali bukan jadi masalah buat mereka, mungkin karena sulitnya lapangan kerja … butir demi butir paku, tutup botol, sobekan alumunium dan logam lainnya yang hanyut jadi target hari-hari mereka, tanpa sarung tangan dan pelindung kaki yang layak mereka mengais buangan logam penduduk Jakarta. Foto-foto di Kali dekat Komplek Pertamina Pulo Gadung Jakarta Timur 12 Mei 2007.

manusia-paku-1.jpg
by dedi dwitagama

Berangkat menuju lokasi

manusia-paku-2.jpg
by dedi dwitagama

Ember palstik dibolongi, magnet berkayu, saringan alatnya

manusia-paku-3.jpg
by dedi dwitagama

Sambil bercengkrama, dan terus menggali

manusia-paku-4.jpg
by dedi dwitagama

Melepas paku dan logam dari magnet

manusia-paku-5.jpg
by dedi dwitagama

Hasil kerja

manusia-paku-6.jpg
by dedi dwitagama

Mendapat emas bukan untuk yang pertama

manusia-paku-7.jpg
by dedi dwitagama

Basah, dingin … disaat istirahat sebelum makan siang dan lanjutkan kerja.

Album Foto

Agar bisa lebih fokus mendisplay hasil hunting foto Saya, sejak Juni 2008 Saya membuat blog khusus untuk foto-foto Saya, silahkan simak disana. Since June 2008 I’ve making blog for posting my fotos, please visit there.

Album Flickr Saya

Hampir 200 Foto hasil bidikan Saya dan berbagai aktifitas Saya. Almost 200 fotos hunting by me and my actifities, please visit My Flickr to see my fotos

flikcr.jpg

Many Flowers here

bunga1.jpg

Suasana pelatihan Saya di berbagai forum, Many story from my training here

foto-trainer.jpg

Foto-foto lainnya silahkan nikmati disana, lebih dari SEBELAS RIBU foto di lebih dari DELAPAN PULUH ALBUM FANPAGE FACEBOOK SAYA bisa dinikmati disini, terima kasih.

Artikel terkait:

– SMK Negeri 36 Jakarta di REPUBLIKA 27 Maret 2010, Kampanye SAFETY RIDING disupport HONDA

– makin semangat MOTRET, koran Republika mengakuinya (lagi)

– kejutan MINGGU PAGI dari harian nasional REPUBLIKA

– Belanja di TEMPAT TAK BIASA

– PT Wahana Makmur Sejati – Honda Motor dan Polda Metro Jaya di SMK Negeri 36 Jakarta “SAFETY RIDING”

– Anda mempunyai acara & ingin merilisnya ke media cetak & elektronik BERKELAS?

dwitagama hitam putih

http://mytrans.detik.com/embed/20L

Hitam Putih episopde 8 Januari 2013, Ananda Omes menceritakan seputar kisah memalukannya di masa lalu, ia pernah menangis di bioskop. Omes juga akan berbagi seputar masa SMAnya. Tanpa diketahui oleh Omes, tim Hitam Putih mengundang salah satu sahabat dekat Omes semasa SMA. Siapa kah dia? Dan apa saja cerita memalukan dari Omes semasa SMA? Lalu apa alasan Omes menangis di bioskop tersebut? Selain itu, ada presenter cantik dari Korea berdarah Indonesia, Oktiya Haniarti yang akan bercerita tentang pengalamannya menjadi presenter di Korea, serta cerita tentang Guru Era Baru oleh pakarnya, Bapak Dedi Dwitagama mulai menit ke-32.

Learning, Training, Motivating, Inspiring, Empowering People ……, ini sebagian dari ratusan dokumentasi training saya yang saya titip di youtube, selamat menikmati.

http://www.youtube.com/watch?v=6XewSRrPLkM&feature=youtube_gdata_player
LDK OSIS SMA Tingkat Nasional Cibubur 2013

http://www.youtube.com/watch?v=DGXpaxbc7aQ&feature=youtube_gdata_player
Hitam Putih Trans 7 – 3 Januari 2013


LKS Nasional Nautica 2011 di SMKN 36 Jakarta


Asri Pratiwi Wulandari mewakili teman-teman saat perpisahan saya di SMKN 36 Jakarta


Penampilan Taiko SMKN 36 Jakarta di perpisahan saya Nop 2011


Asri Pratiwi Wulandari (Ullan) mewakili peserta didik ungkapkan kata pisah buat saya


Group Taiko SMKN 36 Jakarta dibimbing oleh Eka Sensei dan Ratih Sensei di Senayan City 2011


Masa Orientasi yang tak biasa di SMKN 36 Jakarta


Mars SMKN 36 Jakarta dinyanyikan dengan serius


Group Acapella Salsabila SMKN 36 Jakarta perform di Balai Samudra Kelapa Gading Jakarta 2009.


MOS/Masa Orientasi Peserta Didik Baru SMKN 36 Jakarta 2010


Peserta didik SMKN 29 Penerbangan selesaikan pesawatnya, Jan 2012.


Dokumentasi Stasiun TV Nasional, Nopember 2011


EKSKUL AEROMODELLING SMKN 29 PENERBANGAN JAKARTA


Shooting DAAI TV bersama Taruna-Taruni SMKN 29 Jakarta ekspose Pesawat Swayasa Jabiru J430


LIPUTAN PAMERAN PESAWAT SWAYASA JABIRU SMKN 29 JAKARTA @ LKS NASIONAL 241111 (1)


LIPUTAN PAMERAN PESAWAT SWAYASA JABIRU SMKN 29 JAKARTA @ LKS NASIONAL 241111 (2)


TARUNA/I SMKN 29 JAKARTA: PAMERAN PESAWAT SWAYASA JABIRU DI LKS TK NASIONAL NOP 2011

http://www.youtube.com/watch?v=EO32zp91Kxo&feature=youtube_gdata_player
Pembentukan karakter melalui budaya pelajar SMK Jakarta Timur, Juli 2013.

http://www.youtube.com/watch?v=LRz_npJHgNI&feature=youtube_gdata_player
LDK OSIS SMA TINGKAT NASIONAL 2013


TOT Drug Abuse Prevention Indonesia National Air Carriers Association, INACA di Garuda Indonesia Training Center, GITC Kosambi 2 Maret 2012.


Dengan Resimen Mahasiswa se Indonesia di Mako 3 Kopasus bersama BNN RI


Di Dit Zeni TNI AD bersama BNN RI, 1 Februari 2012.


Ice breaking di Bagian Hukum Walikota Jakarta Utara, Desember 2011.


Sessi di Bagian Hukum Walikota Jakarta Utara, Desember 2011.


“TSUNAMI GAMES” – TEAMWORK TRAINING FORUM OSIS SMK JAKARTA UTARA – FOSJU @ SMKN 55 Jakarta, Desember 2011.


SMART MOTIVATION SMAN 103 JAKARTA


Motivasi ICT untuk pembelajaran di SMAN 1 Cikarang Barat


Motivation Building DKI Jakarta LKS Team, 16 Nopember 2011.


Motivation Building DKI Jakarta LKS Team, 16 Nopember 2011.


MOTIVASI TIM LKS DKI JAKARTA 2011


Leadership Training @ SMPN 207 SSN Jakarta Barat Okt 2011


Video Training Peningkatan Kinerja Guru dan Karyawan SMKN 6 Jakarta, Mei 2011.

Apakah ada wajah Anda diantara seribu lebih video-video saya lainnya, yang bisa dinikmati disana.

40 thoughts on “Foto & Video

  1. ass.
    pa dedi , saya mau tanya ..
    cara masukin halaman flickr.com ke halaman wordpress bgmn sih ??
    saya udah nyoba berkali2 nggak bisa2 ..
    minta petunjuknya donk pak .!!
    boleh kan .?

    hhhhehehehe
    thx b4 .
    janies

    sign in ke flickr anda, cari kode htmlnya …. tambahkan widget html di presetation wordpress, lalu copy htmlnya ke situ … save setting … dan hooop … muncul deh albumnya, selamat mencoba

    Like

  2. hhhhahahaha
    kode htmlnya yang kya gmn sih pak .?
    yg kya ini bkan : http://www.flickr.com/photos/20864892@N04/
    ??
    bingung ..
    maaf iah pak ,, jadi ngerepotin …

    set sign in, home, tools (di sebelah kanan UP LOAD), BUILD A BADGE (di display flickr ..), next, … dst, pasti bisa deh, kabari jk masih belum ya … thx 4 dropping

    Like

  3. salam kenal…

    cuma numpang lewat sekalian baca tentang ternate…karena kangen sama keluarga yang ada di sana…minta ya artikelnya..!!

    Monggoooo 😀

    Like

  4. hhhhahahahahaha ..
    akhirnya ketemu juga …
    makasih banyak ia pak …

    : )

    tapi masih blm tau hasilnya nih pak …
    mdah2an aja bisa…

    thx so much …

    .janies.

    bravo … congratulation, apa nama blognya?

    Like

  5. salamlikum pak, saya alumni smk 3 lulusan 2006 jurusan sekretaris. sekarang saya kuliah di LP3I kramat jurusan design graphis dan Multimedia. gimana kabar Bapak dan guru-guru? salam dari indah untuk guru2 di sekolah. Pak saya dpt kabar kalo Pak Bendri sudah meninggal dunia.saya turut berduka cita.

    Wass, trm ksh Indah … betul beliau sudah tak ada, semoga diterima disisiNya … thx for comming

    Like

  6. siang Pak. apa kbr? Indah lagi nih…..just sharing! saya sama teman2 jurusan sekretaris 2006 masih saling komunikasi! skrg mereka ad yg bekerja & kuliah. tapi Pak pekerjaan mereka ad yg salah jurusan ad yg jd SPG di tmpt sepatu,tmpt mainan,counter hp,pakaian dalam, sampai ad yg bekerja di tempat pom bensin. tapi ad juga yg kerja di Yamaha.bahkan mrk yg pinter dulunya dikelas,skrg jd SPG. memang sih itu tergantung dgn kemampuan kita sendiri.saya juga belum tentu lu2s kuliah bekerja sesuai dgn jrsn yg saya ambil.Solusi Bpk gmn?untk indah & teman2 yg lainnya.Bkn saya sombong krn sdh kuliah.saya jadi kepikiran ap stlh saya kuliah saya akan mendptkan pekerjaan yang sesuai dengan jrsan yg saya ambil.pesannya kepnjngan ya Pak? Mungkin indah akan sering sharing dgn Bpk dan Minta solusi dgn Bpk. gk papa ya Pak?(“,)

    Indah

    Trm ksh kontaknya. Sekolah … apapun levelnya meletakkan dasar berfikir dan menganalisis situasi sehingga kamu mampu hidup di masyarakat dalam situasi yang bagaimanapun … kesesuaian antara ltr belakang pendidikan dan pekerjaan sering tak bida sejalan … yang penting kamu mampu bersikap profesional dan tepat dalam mengambil keputusan atasi masalah di pekerjaan … jika kamu dapat kerja yg sesuai dg pendidikan, baguus, baguus dan baguuuus (kaya Hety Koes Endang … ha ha) kalo ga sesuai terima aja dulu … kerja dengan serius sambil terus melamar kerja kemana-mana, set diterima ditempat yg lebih ok, walau ga sesuai …. pindah aja, pamit dengan baik-baik.

    Salam Saya buat org tuamu dan semua teman yg kontak dg kamu … silahkan kontak Saya kapan Saja, thx dah berkunjung ke blog Sy

    Like

  7. Hi… Ded trims udah mampir di blog saya,setelah membaca manusia paku,mereka sungguh kreatif bisa menciptakan alat tepat guna bagi menyokong pekerjaannya…, dan yang pasti mereka bukan ‘manusia-manusia paku’ yang harus di getok dulu, baru mau kerja karena di jakarta masih banyak manusia-manusia tidak mempunyai inisiatif untuk berkarya dan berusaha ,mereka bagi saya adalah manusia-manusia paku yang selalu menunggu digetok baru jalan.Bravo buat manusia-manusia pencari paku yang tidak pernah menjadi ‘manusia paku’.

    Betul Rie … mereka tak tunggu instruksi untuk bekerja, tak harus diawasi atasan untuk berkarya … Anda rupanya sering jumpa dg “manusia paku” yang lebih sering diam, statis tak mau belajar dan berkembang, yang sering terucap dari mulutnya adalah “dulu, … biasanya, … ” akhirnya kita jadi selalu ketinggalan dalam banyak hal … ketika tersadar; air sudah merendam, lobang menggelandang dimana-mana … bahkan sang MACAN sudah berdiri dihadapan … siap caplok kita … ach malang pisan Jakartaku, penduduknya dan Indonesia

    Like

  8. Syukur Dofu – dofu ya (Terima kasih Banyak. Notes :Dalam bahasa Ternate) sudah memuat referensi tentang Ternate majang.

    Syukur dofu-dofu juga 😀 masih banyak foto lain tentang Ternate yang akan Saya muat di http://fotodedi.wordpress.com, trm ksh telah berkunjung dan berkomentar

    Like

  9. salam.. sbelumnya, mau komen, foto2nya oke, berbicara bos, punya karakter.. tapi, mau nanya dong, sbenernya definisi poto esay tu apa sih? dalam poto esay, banyakan kata2 ato poto? trus apa mesti ada kronologinya? tolong bales ke email saya ya kalo bisa.. trmakasih.

    Like

  10. bang saya di suruh bikin foto essay tentang orang penarik becak..ajarin donk bikin foto essay yg bangus dan punya makna.tolong ya

    Like

    • ikutin penarik becak sejak bangun tidur hingga kembali tidur … display foto-foto plus cerita sepanjang anda ngikutin dia … jadi deh essay foto … gampang kan?

      Like

  11. wooowww .
    baru buka manusia paku langsung kena magnetnya dan termotivasi bikin blog lagi (blog sy sudah hancur brantakan ,hiks….)

    Like

  12. haloo pak! saya bingung niih tentang foto2.. saya ada tugas fotografi cari foto essay, foto berita dan foto CSR.. mau nanya, foto essay, berita dan CSR itu yg seperti apa yaa?? makasiih :DD

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.