Blog Pendidik


Leave a comment

Lulusan SMKN 1 Palabuhan Ratu diburu PERUSAHAAN LUAR NEGERI

20120331-075128.jpg

20120331-075158.jpg
Seneng deh liat anak muda berpenampilan gagah, semangat berpresstasi buat hidup sejahtera, baca deh di Kompas ini hari.

Advertisements


Leave a comment

Tentara, Senior dan Yunior saling bantu tingkatkan kualitas diri

SABTU ... PERSIAPAN


SENIOR MEMBIMBING


GEMBIRA TENTARA, SENIOR DAN YUNIOR

LONG MARCH DI CILINCING


DI LAUT DEKAT SEKOLAH


Masa Orientasi Peserta Didik Baru, MOPDB SMKN 36 Jakarta 2011


Leave a comment

Boleh aja beda partai dan warna bendera tapi seharusnya membuat warna Indonesia terlihat bagus

20120330-063859.jpg
Lihat wajah warna-warni di atas, boleh aja beda tapi tetap saling mendukung membuat wajah tetap enak dilihat.

Boleh aja beda partai dan warna bendera tapi seharusnya membuat warna Indonesia terlihat bagus.

Segeralah sembuh Indonesiaku.
Foto peserta didik SMKN 27 Jakarta, kemarin di sekolahnya, good job sista.


54 Comments

Beasiswa S2 buat Guru Negeri dan Swasta

Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah (Dit. P2TK Dikmen), Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2012 memberikan kesempatan kepada pengawas sekolah dan calon pengawas sekolah (kepala sekolah/guru) jenjang pendidikan menengah untuk mengikuti Program Peningkatan Kualifikasi Strata 2 (S2) melalui beasiswa secara penuh.
Ketentuan Program Beasiswa Peningkatan Kualifikasi Strata Dua (S2) simak disana.


3 Comments

lebih baik nyanyi yuuuu, ditemani geisha jangan janji-janji terus ….

dimana kamu dimana
disini bukan
kemana kamu kemana
kesini bukan

katanya pergi sebentar
ternyata lama
….

temani akau tuk sebentar saja
agar aku fak kesepian
….

daripada was-was ama demo
lebih baik nyanyi yuuuu, ditemani geisha

jangan janji-janji terus ….


Leave a comment

Mencari Iwan Fals, dari Partai apakah dia? lagunya suarakan rakyat

untuk nyanyi lagu galang rambu anarkhi
yang mungkin dicipta dan dinyanyikan puluhan tahun lalu
ternyata pagi ini masih pas dinyanyikan

… tangisan pertamamu ditandai BBM melambung tinggi
maafkan kedua orang tuamu kalau tak mampu beli susu
BBM naik tinggi susu tak terbeli
orang pintar cari subsidi anak kami kurang gizi …

dikabarkan para pintar sedang baku atur subsidi ke arah mana
jelata fokus ga mau naik
para wakilnya bersiap atur jalur bantuan ini itu
dari penghentian subsida yg berdampak kenaikan

eh, Iwan Fals dari partai apa ya?


Leave a comment

Makin terasa bahwa kita sesungguhnya tak satu … Damailah Indonesiaku

Saya lihat arus informasi tentang rencana demo besar besok
Penduduk Jakarta was-was, saya cancel beberapa rapat
Anak enggan ke sekolah
Pedagang berhitung rugi yang bakal didera
Dan banyak lagi deh …

Saya cuma sedang bayangkan
Perasaan anggota keluarga para polisi yang sudah bersiap sejak beberapa hari yll
Kekhawatiran anggota keluarga tentara yang berdinas di sekitar istana
Para ibu mahasiswa atau demonstran yang skarang bersiap
Keluarga yang anggotanya kerja di Pom Bensin

Semua takut rusuh
Susah pulang karena jalan tertutup sana sini
Angkot tak berani keluar
Mobil dan motor enggan digunakan

Makin terasa bahwa kita sesungguhnya tak satu …
Damailah Indonesiaku


Leave a comment

setelah lewati pelatihan Disiplin dipandu TNI AU selama tiga hari

20120326-181608.jpg
wing ini ada di dada kiri peserta didik SMKN 29 Jakarta setelah lewati pelatihan Disiplin dipandu TNI AU selama tiga hari, Jumat hingga Minggu kemarin, smg bermanfaat.


Leave a comment

Instagram membuat Header Blog Saya lebih berwarna, happy deh

DIPOTRET SAMBIL MACET DI PANCORAN JKT


DIPOTRET SAMBIL RAPAT DI RESTO RAGOON SMKN 57 JKT


DIPOTRET DI DEPAN LIFT SEBUAH HOTEL DI PALEMBANG


MASJID DI CILOTO SAAT REST PERJALANAN KE CIBODAS


SEBELUM TRAINING DI GARUDA TRAINING CENTER KOSAMBI


SAMBIL MENUNGGU KHOTBAH JUMAT DI MASJID AGUNG PALEMBANG

SAMBIL MENUNGGU TONGSENG DIMASAK DI BINTARO

SETELAH TRAINING DI PINTU TOL TAMAN MINI


Terima kasih iPhone, pembuat aplikasi Instagram yang salurkan hobby foto saya dan membuat header blog ini jadi lebih greng …. semoga bermanfaat.


Leave a comment

Menunggu dikenalkan dengan Diary Ibu Nunung Nuraida, happy deh

Di Diary blognya, beliau menulis begini:

Diariku sayang,

Apa kabar? Maaf ya, aku baru sempat cerita ke kamu lagi. Aku sibuk diari. Sibuk sekali. Sampai-sampai aku tidak bertegur sama dengan kamu 2 bulan lamanya. maaf ya diari. Tapi tenang aja, di. Aku selalu ingat kamu koq. Selalu merindukan kamu juga. Alhamdullillah banget diari. Aku hari ini sudah bisa posting lagi. Sesuatu banget ya? Setelah tertunda 2 bulan, akhirnya ku mampu meluangkan waktuku untukmu.

Postingan aku berjudul “Siap Untuk Berubah”. Kamu tahu ga, Di, kenapa aku ngepost ini? Iya, kamu benar banget, Di. Ih, kamu emang bener2 soulmate aku deh! Eh, jangan bilang2 sama @titi robiatul adawiyah ya? soalnya dia soulmate aku juga. Nanti cemburu!

Iya, jadi tadi aku ikut seminar, Di. Seminarnya keren deh! Judulnya “Guru Tangguh Berhati Cahaya”. Ini sebenarnya judul buku yang ditulis oleh Om Jay, Di. Eh, aku udah cerita ke kamu belum, Om Jay itu siapa? Belum ya? Aduh, sori, Di. Aku bener2 lupa. Jadi Om Jay itu adalah guru TIK di labschool. Tapi dya juga rajin ngeblog, dan akhirnya bikin buku deh! Nah, hari ini, Om Jay launching buku terbarunya itu.

Ternyata selain si empunya buku, seminar kali ini juga diisi oleh seorang Kepala Sekolah, juga seorang guru matematika. Namanya Kang Dedi, Di. Lengkapnya Dedi Dwitagama. Subhanallah, Di. Orangnya asyik! Kocak! Seru abiz! Bener2 bisa bikin aku termotivasi buat berubah, Di! Ah, sayang sekali kau tidak ikut, Di. Tapi, tenang aja, Di. Next time pasti aku kenalin kamu sama orang2 hebat itu.

Btw, Di. Aku capek banget nih! Ternyata udah jam 11.00 malam ya? Ga kerasa, waktu cepet bgt berlalu. Baru aja bercengkrama dengan kamu, aku udah ngantuk berat. Yowis, Di. Sampe nanti ya? Always be there for me

see ya…and good nite! zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz……….

ibu nunung n son


Leave a comment

Tiba- tiba saya temukan foto-foto anak keren dan kangen mereka buat kerja bareng membantu guru-guru yang butuh pencerahan … Apa kabar Asri, Umam, Aji, Akbar, Alam, Darul, …. Dan semua deh …

20120324-085555.jpg

20120324-085613.jpg
Sekitar dua tahun lalu, Saya ditemani anak-anak muda yang cerdas, dan hebat kemampuan IT nya keliling ke beberapa Sekolah di Jakarta Utara dan Pusat memberikan pelatihan peningkatankemampuan penguasaan teknologi informasi untuk pembelajaran … Tiba- tiba saya temukan foto-foto anak keren dan kangen mereka buat kerja bareng membantu guru-guru yang butuh pencerahan … Apa kabar Asri, Umam, Aji, Akbar, Alam, Darul, …. Dan semua deh … Semoga kamu semua dalam sehat dan sukses selalu … Selamat berjuang raih hidup sejahtera yah … Love u.


2 Comments

Buat mereka yang terfikir adalah memenuhi asupan asap setiap saat …

20120324-084401.jpg

20120324-084657.jpg

20120324-084712.jpg

20120324-084733.jpg
Saat bayi dia seolah mendapat mainan dan perhatian dari orang sekitarnya, … Saat anak, dia merasa lebih dewasa ketika merokok dan dapat nilai lebih dari teman sebaya, …. Saat dewasa dia merasa lebih sukses atau sering tak bisa konsen kalau tak merokok, dan rokok menjadi teman setia,… Saat tua tak bisa tenang, mulut asam, resah dan gelisah jika tak merokok … Maka asap jadi zat dihisap stiap saat … Buat mereka yang terfikir adalah memenuhi asupan asap setiap saat …


Leave a comment

Pantas aja calon Gubernur Jakarta harus import dari luar kota, akankah calon Presiden kita impor juga?

PEMIMPIN


Di Indonesia kita lebih sering didorong berpreran sebagai rakyat sejak di Taman Kanak-anak, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan, hingga Kuliah …

Di TK, SD dan SMP, peran Guru sangat sentral, … hampir semua kegiatan di sekolah dipimpin oleh guru, … jarang peserta didik dapat kesempatan memimpin. Organisasi Siswa cuma nempel di Kantong Pakaian dengan sangat sedikit praktek organisasi, … peserta didik di dorong untuk lulus Ujian Nasional dengan nilai bagus agar bisa masuk ke Sekolah yang bagus,… bahkan tak sedikit yang bersaing ikut kelas akselerasi agar bisa menempuh sekolah dua tahun dan langsung ke SLTA.

Di SLTA, peserta didik hampir tak sempat berorganisasi karena sibuk persiapkan Ujian Nasional atau ikut Bimbingan Belajar, BIMBEL yang perlu untuk mengejar masuk Perguruan Tinggi idaman, … saat kuliah, dengan sistem SKS membuat mahasiswa sulit berkegiatan di luar kelas karena resiko terhambat pelajaran … jadilah anak Indonesia menjadi mahluk yang tak punya pengalaman memimpin.

Kepemimpinan adalah proses pengaruh sosial di mana satu orang dapat meminta bantuan dan dukungan orang lain dalam pemenuhan tugas atau tujuan bersama … yang bisa diperoleh melalui pembiasaaan atau pengalaman berorganisasi.

Padahal Pendidikan Nasional bertujuan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pantas aja calon Gubernur Jakarta harus import dari luar kota, akankah calon Presiden kita impor juga? karena rakyat tak dilatih jadi pemimpin hampir di semua jenjang pendidikan … kaya’nya ada yang salah di sistem pendidikan kita deh


Leave a comment

lebih kreatif lebih menyenangkan peserta didik … supaya lebih gampang cari calon gubernur 😀

Blog Guru Kreatif

Pembelajaran kreatif bisa dilakukan siapa saja. Pembelajaran kreatif senantiasa hadir pada kelas dimana kesiapan gurunya mengajar dan kesiapan muridnya belajar penuh alias keduanya saling mengisi dan bekerja sama. Dari sisi guru pembelajaran kreatif bisa dipandang menjadi dua hal. Ia bisa dipandang sebagai menambah beban pekerjaan, atau bisa juga dipandang sebagai sumber kepuasan sebagai seorang guru yang profesional. Berikut ini adalah prinsip yang saya selalu gunakan dalam menghadirkan pembelajaran di kelas.
  • semangat menjelaskan konsep pada siswa boleh saja, namun yg terpenting aktivitasnya apa
  •  kelamaan menjelaskan cuma akan membuat murid bosan & anda akan cepat naik darah
  •  banyak guru frustasi karena muridnya tidak mau mendengar, sebenarnya mereka mau, asal jangan terlalu lama
  • waktu menjelaskan konsep pd siswa, usahakan pd saat yg sama siswa juga melakukan kegiatan yg sama dgn anda
  • dalam pembelajaran kreatif murid bisa dijadikan kelompok bisa juga tidak, tergantung keyakinan anda mana yang lebih efektif
  • mengeluhkan siswa kurang motivasi boleh…

View original post 178 more words


Leave a comment

Video Dwitagama ke-253 di Youtube, selamat menikmati … happy deh


Sejak tahun 2008 saya mendokumentasikan ratusan video di Youtube, untuk lebih mudah dinikmati kembali dan bisa dinikmati oleh orang lain… termasuk untuk orang-orang yang ada di video saya, dengan iPhone saya makin sering upload video karena lebih mudah … hanya dengan beberapa sentuhan, ditinggal makan, mandi, sholat, tidur … dibantu wifi di rumah ratusan video bisa anda nikmati … mau lihat ratusan video itu? silahkan kesana.


Leave a comment

Posting ke 2.200 sejak tahun 2005, terima kasih dah setia membaca, happy deh

happy deh


Dengan senang hati menuliskan, memotret berbagai hal … kadang bernyanyi, merekam kejadian lewat video … atau apa aja deh … terima kasih anda berkenan berkunjung dan membaca blog ini … semoga bermanfaat … have a nice week end … selamat nyepi buat yang rayakan … semoga anda dan keluarga dalam sehat selalu.


Leave a comment

kaya’nya sengaja di murahin deh … spy orang Indonesia pada sakit dan mati … atau pikirin dan kerja penuhi kecanduannya terus menerus dan ga produktif, … happy deh ga ngrokok

eh

eh, rokok marlboro di Amrik 12 dollar skitar Rp 120.000, sementara di Indonesia Duabelas Ribu Rupiah, kaya’nya sengaja di murahin deh … spy orang Indonesia pada sakit dan mati … atau pikirin dan kerja penuhi  kecanduannya terus menerus dan ga produktif, … happy deh ga ngrokok


Leave a comment

jangan-jangan nanti kita harus import calon presiden … 241 juta lebih penduduk kita, tak banyak yg terlihat mampu memimpin …. kaya’nya ada yang salah di pendidikan kita deh

20120322-054154.jpg
dari semua calon gubernur Jakarta cuma sedikit yang asli orang Jakarta, kebanyakan berasal darinluar Jakarta,

Apakah terlalu sulit cari pemumpin dari hampir spuluh juta penduduk Jakarta sehingga harus import dari daerah lain?

jangan-jangan nanti kita harus import calon presiden … 241 juta lebih penduduk kita, tak banyak yg terlihat mampu memimpin …. kaya’nya ada yang salah di pendidikan kita deh


Leave a comment

Alhamdulillah … pendidikan di sekolah telah mengantarkan anda bekerja dan hidup sejahtera, terlihat dari tubuhmu yang subur dan paras wajah segar sebab gizi yang cukup

MENGKOMUNIKASIKAN NARKOBA @ PT JASA MARGA WITH BNN RI

Bahagia sekali setelah sessi saya tuntas, seorang mendekat, menyalami saya sambil berkata; “Saya alumni SMKN 29, tahun 1985, …”

Alhamdulillah … pendidikan di sekolah telah mengantarkan anda bekerja dan hidup sejahtera, terlihat dari tubuhmu yang subur dan paras wajah segar sebab gizi yang cukup … buat yang masih belajar … semoga sukses semua yah …


Leave a comment

Pesawat Jabiru selesai dirakit, diujicoba mesinnya di Lapangan Basket SMKN 29 Jakarta

Pesawat Jabiru telah selesai dirakit di SMKN 29 Jakarta dites mesin dan dijalankan di Lapangan Basket kami, terima kasih untuk semua yang support, bangga deh.


Leave a comment

berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Coba amati tujuan pendidikan Indonesia:

 

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Potensi apa yang anda optimalkan dari peserta didik yang pernah anda lakukan … Dananda kenang hingga hari ini?


1 Comment

Kaya’nya kita bisa berperan banyak Membuat negeri makmur ini beserta penduduknya Bisa hidup lebih baik, dan nyaman

Anda guru SD, SMP, SMA, SMK?
Banggakah anda ketika peserta didik anda
Lulus ujian nasional, diterima di jenjang pendidikan lebih tinggi,
Diterima kerja di tempat yang mensejahterakan, …?

Apakah sebenarnha tujuan pendidikan?
Seberapa pedulikah anda?

Kaya’nya kita bisa berperan banyak
Membuat negeri makmur ini beserta penduduknya
Bisa hidup lebih baik, dan nyaman

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


2 Comments

Usai PKL di instansi pemerintah, anak itu PKL di suatu perusahaan swasta dan sangat terkejut akan perbedaan suasana dan lingkungan kerja yang ada

Seorang peserta didik SMK Praktek Kerja Lapangan atau PKL di dua tempat,

Suatu Kantor Departemen yang pegawainya Pegawai Negeri Sipil … Suasana kantor terasa sangat santai, para pegawai datang tidak tepat waktu dan sebagian pulang sebelum pk 16.. Sepanjang kerja sering diselingin main games di komputer, tidur di musholla, negrumpi ini itu …. Semangat mereka pudar … Banyak yang hanya menunggu pensiun … Datang pagi pulang petang tak hasilkan apa-apa …

Usai PKL di instansi pemerintah tersebut anak itu pkl di suatu perusahaan swasta dan sangat terkejut akan perbedaan suasana dan lingkungan kerja yang ada. Disana ia benar-benar bekerja selama office hour tidak ada korupsi waktu. Kalau ditempat sebelumnya ia selalu mencari sesuatu untuk dilakukan karena tidak ada kerjaan, di perusahaan swasta ini ia justru merasa membutuhkan waktu lebih. Karena meskipun sibuk, banyak sekali pengetahuan baru yang ia temukan disana meskipun baru 2 minggu berada disana.

Memang benar…
Seseorang di instansi pemerintah itu pernah memberitahunya untuk pkl di perusahaan swasta karena akan dapat lebih banyak ilmu disana.

Meskipun lelah, ia tidak pernah merasa jenuh PKL di perusahaan swasta ini.
Karena masa pkl-nya akhirnya benar-benar dipakai untuk belajar.
Bukan sekedar datang dan pergi ke tempat pkl.


Leave a comment

Jantung akan Baik-baik Saja Jika Tempat Tinggal Banyak Pohonnya, TANAM POHON YGBANYAK YUUUU (Adelia Ratnadita – detikhealth)

20120316-155705.jpg

20120316-160351.jpg

Jakarta, Hidup di lingkungan dengan taman atau pepohonan, daerah yang aman untuk berjalan kaki, serta pasar yang bersih dan sehat akan baik bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Hidup di lingkungan yang bersih dan sehat dan banyak pohonnya ternyata bisa membuat jantung ikut sehat. Hal tersebut merupakan hasil sebuah studi baru.

Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung adalah penyakit yang melibatkan pembuluh darah atau jantung, yang mempengaruhi sistem kardiovaskular atau penyakit pada sistem peredaran darah.

Peneliti tersebut telah menganalisis data lebih dari 6.000 orang yang dinilai untuk 7 faktor risiko kardiovaskular. Tujuh faktor risiko kardiovaskular tersebut, antara lain:

1. Kolesterol
2. Indeks massa tubuh
3. Diet
4. Aktivitas fisik
5. Gula darah puasa
6. Tekanan darah
7. Merokok

Peserta dinilai memiliki tingkat rendah, menengah atau ideal mengenai faktor risiko dan diberi skor keseluruhan mengenai kesehatan jantungnya. Para peneliti juga melihat fitur lingkungan yang mempengaruhi kesehatan jantung.

“Faktor-faktor lingkungan yang paling signifikan yang mengarah pada kesehatan kardiovaskular yang ideal adalah akses ke sumber daya rekreasi seperti taman dan jalan di mana orang dapat berjalan dengan aman dan nyaman, serta ketersediaan makanan sehat,” kata Erin Unger, dari Northwestern University dalam sebuah rilis berita American Heart Association (AHA) seperti dilansir dari Health, Jumat (16/3/2012).

Penelitian ini adalah beberapa temuan pertama yang menunjukkan bahwa lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Studi yang telah dipresentasikan pada pertemuan AHA di San Diego, juga menemukan bahwa orang yang lebih muda dari 55 tahun, pria, kulit putih dan berpendidikan tinggi cenderung memiliki kesehatan jantung yang lebih baik.

“Hasil penelitian tersebut menunjukkan pentingnya lingkungan tempat tinggal. Karena lingkungan memiliki peran yang penting bagi kesehatan tubuh,” kata Unger

Taman, kebun atau jalan di mana orang dapat berjalan dengan aman dan nyaman memungkinkan orang untuk dapat lebih banyak melakukan aktivitas fisik.

Hasil studi ini telah dipresentasikan pada pertemuan medis. Namun data dan kesimpulan masih dianggap sebagai hasil penelitian awal hingga diterbitkan dalam jurnal.

Dua foto di atas dokumentasikan peserta didik yang sedang menanam pohon di SMKN 29 Jakarta, ke depakami akan menanam ribuan pohon di lingkungan sekolah, trm kasih kepada semua teman dan peserta didik yang support.