Blog Pendidik


2 Comments

Menikmati Batavia 1910 – 1915, happy deh

Pagi ini saya nikmati Jakarta tahun 1910 – 1915, sebagian dari bangunan itu masih eksis hingga kini … saya membayangkan trem beroperasi dan saya naik menjelajah sudut-sudut Jakarta, bikin video dan membandingkan dengan video di atas, happy deh.

Advertisements


5 Comments

Pembobol ATM, Sekolah Jelek dan Sekolah Bagus

20130424-091447.jpg

“Karena Saya tak punya pekerjaan, Saya ikut saja waktu diajak teman membobol Mesin ATM, uangnya habis buat biaya sehari-hari”.

Demikian ucapan seorang tersangka pembobol Mesin ATM, yang ditangkap Polisi beberapa hari lalu.

Menganggur, tanpa pekerjaan, tanpa penghasilan dengan berbagai kebutuhan hidup di Kota Metropolitan membuat banyak orang gelap mata dan melanggar hukum, bagaimana peran Sekolah dalam hal ini.

Sekolah yang baik, biasaanya memiliki berbagai kegiatan intra kurikuler dan ekstra kurikuler yang membuat anak-anak habiskan waktu dengan melakukan sesuatu danmemunculkan kreatifitas sesuai tuntutan atau target-target tertentu, perhatikan saat seorang guru memberi tugas … Misalnya seorang guru olahraga menugaskan murid membuat gerakan senam sendiri dengan lagu yang dipilih sendiri secara berkelompok (empat hinggaenam orang), masing-masing anggota kelompok menyepakati lagu dan gerakan, berlatih bersama-sama hingga menghasilkan sesuatu yang bisa dirasakan bersama, perosesnya bisa beberapa hari atau beberapa minggu …. Ini membuat anak-anak tidak menganggur, mereka harus memunculkan kreatifitas untuk mendapat nilai.

20130424-091125.jpg

Jika setiap guru mememberikan tugas yang mendorong kreatifitas dan kerjasama antar anak didik, maka di sekolah mereka akan selalu sibuk dan terbiasa kreatif dan bekerjasama dalam kebaikan …. yang akan menjadi kebiasaan ketika dewasa. Biasa bekerja, kreatif dan bekerja sama dalam kebaikan.

Jika di sekolah anak-anak sering jemu, atau bete tanpa kegiatan yang jelas, tak sibuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, berarti guru-guru kurang memberi dorongan anak-anak untuk kreatif dan bekerja sama, itu sekolah jelek. Jika Anda melihat anak-anak di Sekolah sibuk berkreasi dan bekerja sama menghasilkan sesuatu …. itu sekolah bagus.

Semoga aja makin kurang pengangguran dan kurang juga kriminalitas, agar makin nyaman hidup kita …. terima kasih telah membaca dan berkomantar.


2 Comments

Soundcloud dwitagama: KENAPA TAK ADA GURU HEBAT DI INDONESIA, dengerin deh

Saya sedang menikmati mainan baru: SOUNDCLOUD namanya, fasilitas di Internet dimana kita bisa merekam suara dan mempublikasikan sehingga bisa didengar orang sedunia … nikmati cerita saya tentang guru hebat, dan bakal banyak lagi suara saya bisa anda nikmati, semoga bermanfaat.


Leave a comment

Sekolah, Dinas Pendidikan dan Pemda harus kuat & percaya diri, Polisi fokus ke tupoksinya aja, happy deh

Polisi makin banyak dilibatkan pada kegiatan masyarakat, 
termasuk urusan Ujian Nasional,
apakah soal-soal harus disimpan di kantor polisi,
anggota polisi mengawal perjalanan soal itu perlu

apakah juga perlu berjaga di sekolah
tak bisakah sekolah dan Dinas Pendidikan bekerja sendiri
sudah sedemikian parahkah institusi pendidikan sehingga tidak dipercaya
atau begitu tak berdayakah sekolah dan lembaga pendidikan?

Lelang jabatan Lurah dan Camat DKI Jakarta
apakah harus dilaksanakan di Mabes Polri
tak bisakah diadakan di kantor Pemda
apakah aparat Pemda tak bisa mandiri laksanakan kegiatan
sedemikian lemahkan energi teman-teman di Pemda sehingga harus di Mabes Polri?
apakah tak cukup ruangan di Pemda sehingga gunakan tempat di Mabes Polri?

Saya cuma khawatir keadaan makin parah
seperti orang tua yang memanjakan anaknya
selalu membantu dan ikut campur kerja anaknya
malah membuat anaknya tak bisa mandiri dan jadi rapuh
tak mampu menopang hidup sendiri tanpa campur tangan orang tua
saat orang tua berpulang, si anak tak bisa tegar berdiri

Jika ada kelemahan di sekolah atau institusi pendidikan
perbaiki dan rubah jadi lebih baik tanpa harus memindahkan lokasi
atau menggunakan fasilitas polisi secara berlebihan
jika dikhawatirkan soal dibuka sebelum ujian berlangsung
buat sistem yang mencegah terjadi pembocoran,
atau beri sangsi siapapun yang membocorkan soal UN

Untuk pengamanan di perjalanan saat distribusi soal
pengawalan polisi memang di perlukan
untuk penyimpanan soal cukup di sekolah
pelaksanaan ujian di sekolah tak perlu ditunggu polisi

Pelaksanaan lelang jabatan Lurah dan Camat cukup gunakan fasilits Pemda
banyak sekali gedung yang representatif digunakan
jika ada pelaku yang menyimpang, bisa diantisipasi dan diberi sangsi pelakunya

Biarkan Polisi tercinta kita lakukan tugas utamanya
membuat masyarakat bisa hidup aman dan tenteram
keamanan negeri dan pengaturan lalu lintas amat sangat butuh perhatian
Peredaran gelap Narkoba begitu meraja lela

kita dukung Polisi agar fokus ke tuga utamanya
bersihkan para preman dan pengedar narkoba
termasuk preman berseragam yang memegang senjata
jangan sampai tragedi pembunuhan empat tahanan di LP Cebongan Jogja terjadi lagi
karena masyarakat lelah dan hampir kehilangan kepercayaan Polisi
yang membiarkan anggotanya menjadi aparat merangkap “preman”
dan biarkan para preman menghisap darah rakyat

Sekolah, Dinas Pendidkan, Pemda dan fihak manapun harus secara sadar memperkuat diri
meningkatkan rasa percaya diri, untuk bisa berbuat yang terbaik
dan mampu bekerja mandiri sesuai tupoksi
agar kehidupan di sekitar kita menjadi aman dan nyaman


4 Comments

Pendidikan tu simpel aja, bikin manusia jadi baik buat diri sendiri, orang lain dan alam semesta, happy deh

Tujuan Pendidikan Nasional yang tercantum dalam UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II Pasal 3 adalah : untuk mengembangkan potensi dasar peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Ukuran keberhasilannya apa?
Apa ukuran bahwa seseorang itu beriman?
Apa ukuran bahwa seseorang itu bertaqwa?
Apa ukuran bahwa seseorang itu berakhlak mulia?
Apa ukuran bahwa seseorang itu sehat?
Apa ukuran bahwa seseorang itu cakap?
Apa ukuran bahwa seseorang itu kreatif?
Apa ukuran bahwa seseorang itu mandiri?
Apa ukuran bahwa seseorang itu demokratis?
Apa ukuran bahwa seseorang itu bertanggung jawab?

Sekarang ini Ujian Nasional – UN
ada di Sekolah Dasar – SD
ada di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama – SLTP
ada di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas – SLTA
Apakah UN bisa mengukur pencapaian berbagai aspek tujuan pendidikan?

 

Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) ada 3 mata pelajaran yang diujikan yaitu:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. Ilmu Pengetahuan Alam

Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) ada 4 mata pelajaran yang diujikan yaitu:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Matematika
  4. Ilmu Pengetahuan Alam

Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ada 6 mata pelajaran yang diujikan, tergantung penjurusannya:

Penjurusan Mata pelajaran
utama
Mata pelajaran
karakteristik penjurusan
IPA Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Matematika
FisikaKimiaBiologi
IPS EkonomiGeografiSosiologi
Bahasa Sastra Indonesia
Antropologi
Bahasa asing pilihan (Bahasa MandarinBahasa JepangBahasa JermanBahasa PerancisBahasa Arab)
Agama Ilmu Tafsir, Ilmu HadistFiqih
Kejuruan Teori Kejuruan

Ada seorang Profesor yang bilang, ukuran keberhasilan pendidikan sebenarnya sederhana saja, MEMBENTUK MANUSIA JADI MAKHLUK YANG BAIK BUAT DIRI SENDIRI, ORANG LAIN DAN LINGKUNGAN ALAM SEKITARNYA

 

 

 


2 Comments

SEPULUH NEGARA PEROKOK TERBANYAK DI DUNIA, Indonesia ketiga booo

20130416-100216.jpg

China = 390 juta perokok atau 29% per penduduk
India = 144 juta perokok atau 12.5% per penduduk
Indonesia = 65 juta perokok atau 28 % per penduduk (~225 miliar batang per tahun)
Rusia = 61 juta perokok atau 43% per penduduk
Amerika Serikat =58 juta perokok atau 19 % per penduduk
Jepang = 49 juta perokok atau 38% per penduduk
Brazil = 24 juta perokok atau 12.5% per penduduk
Bangladesh =23.3 juta perokok atau 23.5% per penduduk
Jerman = 22.3 juta perokok atau 27%
Turki = 21.5 juta perokok atau 30.5%

STATISTIK PEROKOK di INDONESIA***
(Catatan:** Data diolah Penulis dari hasil laporan WHO 2008 dengan statistik jumlah perokok 1.35 miliar orang)

Statistik Perokok dari kalangan anak-anak dan remaja:
Pria = 24.1% anak/remaja pria
Wanita = 4.0% anak/remaja wanita
Atau 13.5% anak/remaja Indonesia

Statistik Perokok dari kalangan dewasa:

Pria = 63% pria dewasa
Wanita = 4.5% wanita dewasa
atau 34 % perokok dewasa

Jika digabungkan antara perokok kalangan anak+remaja+dewasa, maka jumlah perokok Indonesia sekitar 27.6%. Artinya: setiap 4 orang Indonesia, terdapat seorang perokok. Angka persentase ini jauh lebih besar daripada Amerika saat ini yakni hanya sekitar 19% atau hanya ada seorang perokok dari tiap 5 orang Amerika. Perlu diketahui bahwa pada tahun 1965, jumlah perokok Amerika Serikat adalah 42% dari penduduknya. Melalui program edukasi dan meningkatkan kesadaran untuk hidup sehat tanpa rokok (+pelarangan iklan rokok di TV dan radio nasional), selama 40 tahun lebih Amerika berhasil mengurangi jumlah perokok dari 42% hingga kurang dari 20% di tahun 2008 ini.

PERTUMBUHAN PRODUKSI ROKOK DI INDONESIA

Dari data WHO di atas, Indonesia dinobat sebagai negara dengan konsumsi rokok terbesar nomor 3 setelah China dan India dan diatas Rusia dan Amerika Serikat. Padahal dari jumlah penduduk, Indonesia berada di posisi ke-4 yakni setelah China, India dan Amerika Serikat. Berbeda dengan jumlah perokok Amerika yang cenderung menurun, jumlah perokok Indonesia justru bertambah dalam 9 tahun terakhir. Pertumbuhan rokok Indonesia pada periode 2000-2008 adalah 0.9 % per tahun.

Namun, perlu dicatat bahwa selama 2000-2003, produksi rokok Indonesia menurun dari 213 miliar batang (2000) menjadi 173 miliar batang (2003) atau turun 18.7%. Namun, sejak 2004 hingga 2008 pertumbuhan rokok Indonesia sangat besar dari 194 miliar [2004] menjadi 230 miliar batang [2008] atau naik 18.6% selama kurun 5 tahun. Jadi selama pemerintah SBY-JK periode 2004-2009, industri rokok tumbuh pesat dengan pertumbuhan rata-rata 4.6% tahun. [Baca : Industri Rokok Tumbuh Pesat].

Tidak kurang Rp 100 triliun rupiah dana masyarakat dikeluarkan hanya untuk membeli sekitar 225 miliar batang rokok. Dan dari pangsa pasar yang begitu besar dan subur di negeri ini, maka perusahaan rokok menjadi salah satu sumber bisnis bagi para milionaire Indonesia.

Di setiap kemasan rokok, kita pernah membaca peringatan keras akan dampak merokok yakni “Merokok dapat menyebabkan Kanker, serangan Jantung, Impotensi dan gangguan Kehamilan dan Janin“. WHO pun mengingatkan bahwa rokok merupakan salah satu pembunuh paling berbahaya di dunia. Pada tahun 2008, lebiih 5 juta orang mati karena penyakit yang disebabkan rokok. Ini berarti setiap 1 menit tidak kurang 9 orang meninggal akibat racun pada rokok. Angka kematian oleh rokok ini jauh lebih besar dari total kematian manusia akibat HIV/AIDS, + tubercolis + malaria + flu burung.

Dalam hal ini, tindakan merokok merupakan tindakan merusak kesehatan sendiri, begitu juga tabungan dan penghasilan kita. Menghirup racun rokok secara kontinyu, tidaklah jauh berbeda dengan menghirup bakteri-bakteri penyakit. Ekstimnya, tindakan merokok hampir serupa dengan menghirup flu babi, yakni “mencari penyakit yang akan membawa kematian lebih tragis“. Dan jika tidak ada pencegahan yang serius dalam menghambat pertumbuhan rokok, maka setidaknya 8 juta orang akan meninggal akibat rokok pada tahun 2030. Dan abad 21 ini, akan ada 1 miliar orang meninggal akibat penyakit disebabkan rokok andai saja tidak ada usaha mencegah pertumbuhan rokok.

Sumber: http://www.cancerhelps.co.id/Hot-News/daftar-10-negara-perokok-terbesar-di-dunia.html


Leave a comment

Dedi Dwitagama bicara tentang Kurikulum baru di Republika Online, liat deh videonya

20130524-171032.jpg
Setelah talkshoe PELUNCURAN BUKU “BETA GURU SUDAH” Sekolah Republika di Wisma Antara beberapa waktu yang lalu saya diwawancara Reporter Republika Online, silahkan nikmati pendapat saya tentang perubahan kurikulum disini.


Leave a comment

GOLPUT & TAWURAN, masalah wat loh gituh?

tribunnews.com

tribunnews.com

Faktanya, perubahannya ga kelihatan banget … yg dipilih malah ribut mulu kerjaannya … nampang pake mobil mewah di DPR dan rumah dinasnya … perubahan yang ada lebih sering karena rakyat suah muak dan mau berubah sendiri … yg simpel aja deh, soal tawuran anak skolah kan sudah puluhan tahun, masih aja terjadi sampe sekarang … apakah pemerintah kalah sama anak kecil yang masih pake seragam?

pelajar-yang-terlibat-tawuran-ditahan-petugas-kepolisian-beserta-barang-_120924145317-884

Padahal gampang aja sesungguhnya: kalo berantem di jalan, polisi ringkus dan proses ke pengadilan sebagai pengganggu ketertiban umum atau membawa senjata tajam ganjar dengan undang-undang darurat, … biarkan mereka nikmati penjara sebagai ganjaran atas perbuatan yang dilakukan, … apalagi hingga melukai, membunuh orang lain … hukumannya sudah jelas, jangan karena anak sekolah atau kenakan seragam terus dibiarkan melanggar humum.

Kalo di sekolah bawa clurit ditugaskan aja ke sawah untuk membantu petani, membawa gir ditugaskan membantu bengkel motor atau mobil, membawa pilox atau cat semprot ditugaskan dinas kebersihan ngecat rambu jalan, yang bawa bambu tugaskan cari kroto atau telur semut untuk dijual ke pedagang makanan burung, membawa golok tugaskan di dinas kebersihan bersihkan taman dan pohon yang tak beraturan, … di sekolah yang harus dibawa adalah perlengkapan untuk belajar, penggemar senjata tajam atau tawuran silahkan tinggalkan sekolah dan nikmati benda yang disukai di tempat yang lebih sesuai.


Leave a comment

IMDONESAA NEGERI SEJUTA KULINER, SEJUTA SERAGAM

20130504-000807.jpg

Ketika masuk PAUD atau playgroup berseragam,
Di Taman Kanak-kanak berseragam,
Di Sekolah Dasar berseragam,
Di SLTP berseragam,
Di SLTA berseragam,
Di Perguruan Tinggi berseragam,

Di tempat kerja berseragam,
Di pernikahan berseragam,
Di perjalanan piknik berseragam,
Di pertandingan berseragam,

20130504-000447.jpg

Apa karena kita sering dipimpin oleh tentara
Sehingga harus seperti tentara yang berseragam?
Perhatikan baik-baik, pakaian tentara itu beda, tak sama,
Dari jauh terlihat letak pangkat, warna pangkat dan berbagai lencana
Yang membedakan setiap personel berdasarkan pendidikan, penugasan, dsb
Tentara yang hebat, sering bertugas di berbagai arena
Di dada dan pundaknya penuh dengan lencana dan atribut

Kita aja sebagai manusia tahu
Siapa yang rajin ibadah tapi semangat maksiat,
Siapa yang selalu berbaju sama tapi bertindak beda,
Siapa yang manis di depan, di belakang pahit

Di gerak jalan berseragam,
Di car free day berseragam,
Di bandara mau berpergian berseragam,
Di tempat ibadah berseragam,
Di pengajian berseragam,
Di liang kubur berseragam

Apakah dia fikir Tuhan bisa dikibulin?
Bahwa manusia tak pernah ada yang sama,
Apa yang ada di hati, yang diniatkan,
Apa yang sudah di lakukan dan akan dilakukan
Tuhan itu maha tahu, maha melihat & maha segalanya deh

Berbuat baiklah bukan karena seragam,
Tapi karena memang kita ingin berbuat baik,
Agar hidup jadi lebih nikmat
Dalam semangat kebaikan bersama,
Happy deh.


Leave a comment

DELAPAN KOMPETENSI PEMIMPIN + SALAM & SENYUM, MAKA ANDA JADI PEMIMPIN DAHSYAT #pendidikan karakter

20130415-103242.jpg
Punya ide bagus dan mahir dalam mengelola tim kerja? Jika ya, Anda mungkin pantas disebut sebagai pemimpin. Pertanyaan saat ini apakah Anda sudah memenuhi kriteria seorang great leader sebab untuk menjadi seorang great leader, Anda harus memiliki delapan kualitas pemimpin sejati. Yuk simak ulasan yang dilansir Forbes!

1. Kejujuran

Tidak peduli di mana dan siapa yang Anda dipimpin. Ketika bertanggung jawab sebagai pemimpin, Anda harus menunjukkan perilaku jujur. Kenapa? Karena tim Anda adalah cerminan diri Anda. Pepatah lama mengatakan “Ikan busuk mulai dari kepala, bukan ekor”.

2. Kemampuan mendelegasi

Mempercayai tim Anda adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan. Jadi, pastikan Anda tahu siapa yang tepat mengemban tugas yang Anda berikan.

3. Komunikasi

Sudahkah Anda mengasah keterampilan komunikasi Anda? Jika belum, jangan berharap Anda bisa memimpin dengan benar. Ingat, cara berkomunikasi yang baik dapat mempermudah penyampaian materi dan informasi pada orang lain.

4. Selera humor

Anda dapat menanamkan energi positif dengan terus mengasah selera humor Anda. Buatlah lelucon cerdas yang tidak berisi SARA atau sindiran kepada orang lain. Dengan demikian, Anda akan dicintai bawahan Anda.

5. Percaya diri

Semua orang tentu memiliki kekhawatiran tentang masa depan. Namun, Anda tak harus terpuruk dan tidak merasa percaya diri. Tanpa rasa percaya diri yang besar, bagaimana cara Anda meyakinkan tim Anda.

6. Komitmen

Jika Anda berharap tim Anda mau bekerja keras dan menghasilkan konten yang berkualitas, Anda harus terlebih dulu memberi contoh. Sangat penting untuk menunjukkan komitmen Anda tidak hanya pada pekerjaan Anda, tetapi juga untuk janji yang telah Anda ikrarkan.

7. Kreativitas

Sangat penting untuk mengasah kemampuan berpikir di luar kotak dan memilih mana pilihan terburuk dan terbaik. Kreativitaslah yang membedakan antara pemimpin dan bos. Pemimpin tidak hanya menggantungkan bebannya pada timnya, melainkan memberi solusi terbaik untuk memecahkan masalah.

8. Kemampuan untuk menginspirasi

Siapa pun yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang di sekitarnya patut disebut pemimpin. Namun untuk bisa menginspirasi banyak orang, Anda perlu menunjukkan sikap dan komitmen yang baik pada apa yang sudah menjadi tanggung jawab Anda.

Ingin disebut sebagai pemimpin sejati? Terapkan delapan hal tersebut dalam hidup Anda. Plus salami dan menyapa dengan senyum teman-teman yang anda pimpin. Jika belum menerapkannya, jangan pamerkan sosok Anda sebagai pemimpin besar.

Sumber: merdeka.com


Leave a comment

LDK OSIS SMA Nasional 2013, miss & love u guys … cak cak cak cak (terbayang gerakan semangat kamu cmuah)


Jadi Cover Dokumentasi LDK OSIS SMA Nasional seluruh Indonesia 2013, saya happy banget … senang sekali ktemu anak-anak hebat pilihan, yang bakal memimpin negeri makmur ini … love u guys … miss u all.

Berharap kita jumpa di Paris …

Nikmati catatan training saya disini.


Leave a comment

Membangun Karaker Sukses (Posisitve Personality): Dwitagama SLIDESHARE

Ini materi saya di beberapa training terakhir … panitia penyelenggara meminta topik yang sama … yang perlu donload, silahkan … semoga bermanfaat.


5 Comments

Menikmati teduh di Kehijauan di SMKN 50 Jakarta Timur, happy deh

TEDUH

TEDUH


MERAH DIANTARA HIJAU

MERAH DIANTARA HIJAU


DARI KEJAUHAN

DARI KEJAUHAN


BARISAN HIJAU LATAR BELAKANG

BARISAN HIJAU LATAR BELAKANG


Sebagai penggemar Fotografi saya sangat senang nikmati paduan warna dan keteraturan, pelajar SMKN 50 Jakarta sedang Upacara, Senin 29 April 2013 … saya menikmati sambil memotret … happy deh


Leave a comment

dwitagama menikmati @dwitagama di http://trainerkita.wordpress.com

SEKOLAH GURU INDONESIA – DOMPET DUAFA

MOTIVASI PENERIMA BEASISWA BAZIZ JKT TIMUR

Menikmati foto-foto di atas, saya jadi ingat saat-saat jumpa dengan audience untuk berdialog dan belajar tentang berbagai hal, berharap anak negeri bisa raih sukses dan hidup sejahtera, selengkapnya bisa anda nikmati disana.


Leave a comment

anda orang dewasa, tinggal di kota, berpendidikan tinggi, kalah sama anak kecil yang tak berpendidikan, tinggal di kampung … Happy kah #antirokok

Anda sudah dewasa dan merokok? Wah, ketinggalan zaman …. Lihatlah anak kecil yang sudah mahir merokok di usianya yang masih sangat anak-anak …. kalu anda orang dewasa, mendingan berhenti aja deh …. Malu sama anak kecil … Apalagi anda orang dewasa, tinggal di kota, berpendidikan tinggi, kalah sama anak kecil yang tak berpendidikan, tinggal di kampung … Yang tak merokok adalah orang hebat yang mampu mengalahkan perusahaan besar dunia yang punya uang banyak sekali dan banyak tenaga ahli yang beriklan seolah merokok itu bukan masalah, love u all.


Leave a comment

CHEERLEADER SMKN 50 JAKARTA “STARLIGHTS” mempraktekkan banyak aspek pendidikan karakter

mereka berlatih ratusan kali, bekerja sesuai posisi yang disepakati, bersepakat tampil, siapkan properti, senior mendampingi saat perform, ada yang merekam video, mengunggah ke youtube, jadi video yang anda nikmati fi atas …. sebuah upaya nyata menanamkan karakter kerja keras, kerjasama, orientasi masa depan, menyukai prestasi dan berbagai karakter dipraktekkan dalam satu kegiatan ekskul CHEERLEADER SMKN 50 JAKARTA “STARLIGHTS”

Hebat anak” cheer gocap … latihan trus yg serius yaaa, bersiaplah buat juara di kompetisi berikutnya … dua minggu laku mereka berhasil meraih prestasi Juara Dua tingkat DKI Jakarta, love u all.


Leave a comment

Penanganan Tawuran yang tepat bikin hidup lebih nyaman di jalan, di sekolah & di ruman

20130422-142318.jpg
Jam pulang sekolah terlihat beberapa murid bergerombol di halaman sekolah, mereka terlihat serius membicarakan sesuatu, setiap ada guru atau karyawan sekolah lewat mereka hentikan pembicaraan, keluar dari sekolah mereka berhenti di suatu tempat tak jauh dari sekolah menunggu teman-teman yang belum keluar dari sekolah.

Satpam sekolah melihat gelagat yang tak baik, dia mendekati anak-anak yang berkumpul di luar dan menganjurkan anak-anak untuk segera pulang ke rumah masing-masing, di dekat anak-anak yang berkumpul pak satpam kontak petugas kepolisian terdekat kabarkan ada sekumpulan
anak sekolah yang akan bergerak.

Anak-anak tahu bahwa keberadaan mereka sudah diketahui dan dikoordinasikan dengan polisi sehingga tawuran bisa dicegah. Berdasarkan informasi itu seharusnya polisi sudah mengantisipasi dengan menempatkan patroli bermotor atau mobil di titik-titik rawan yang biasa terjadi pertemuan dan tawuran dengan pelajar sekolah lain.

Jika sudah ada penumpukkan masa pelajar sekolah lain di tempat yang akan dilalui polisi bisa membubarkan segera atau membelokkan bis yang dinaiki pelajar yang menuju ke titik itu dan perilsa barang bawaannya, jika ada senjata tajam langsung proses seauai undang-undang yang berlaku, andai tidak … mereka bisa dikenakan pasal mengganggu ketertiban umum, atau lainnya.

Di sekolah, saat baru
masuk, kepada orang tua dan murid diberitahukan bahwa guru-guru dan petugas keamanan akan melakukan razia secara acak isi tas pelajar, yang membawa senjata tajam diberi dua pilihan: dikirim ke polisi untuk diproses kepemilikan senjata dengan ancaman hukum undang-undang darurat bervonis lebih dari lima tahun, atau meninggalkan sekolah untuk mencari tempat yang lebih cocok sesuai minatnya.

Karena sebagai pelajar yang dibawa dalam tas harusnya buku & keperluan belajar, bukan senjata tajam untuk tawuran. Yang membawa clurit atau senjata tajam lainnya silahkan ke hutan untuk membabat pohon, yang bawa gir ke bengkel aja perbaiki motor & mobil yang bawa pilox ke bengkel cat kendaraan atau produk lainnya.

Jika Polisi bertindak tepat di jalan maka masyarakat tifak was-was kena lempar batu yang biasa terjadi saat tawuran, mass media tak dapat berita pelajar mati akibat tawuran karena peristiwa dapat dicegah.

Jika guru & satpam bertindak tepat di sekolah maka akan makin berkurang murid yang membawa benda-benda yang tak seharusnya dibawa ke sekolah.

Orang tua harus memeriksa secara berkala isi tas anaknya saat anak tak di rumah, sedang tidur atau sesuai kesempatan yang ada, jangan-jangan anak anda biasa menbawa senjata, obat-obatan atau narkoba, sebagai upaya pencegahan keterlibatan anak tawuran di jalan atau di sekolah.

Maka amanlah pelajar kita di jalan, di sekolah dan di rumah.


Leave a comment

Dua menit yang bikin sehat, praktekin yuuuu

20130421-140451.jpg

Mengucapkan terima kasih yang cuma sebentar, apalahi jika sehari anda bisa ucapkan itu dalam dua menit akan membuat anda kadi sehat.

Tertawa juga bisa bikin tubuh jadi sehat, oeh sebab itu kalau ada yang lucu ketawa aja, ga usah ditahan, ga usah malu … termasuk jika ada kesempatan bilang terima kasih, segeralah bilang … orang lain senang liat kita ketawa atau ucapkan terima kasih, kita juga jadi lebih sehat.

Terima kasih anda telah berkunjung ke blog saya (sambil tertawa), selengkapnya baca disini.


Leave a comment

rupanya walau sudah berpulang, kecanduan rokoknya susah berhenti, dahsyat sekali rokok itu, happy kah?

20130420-090133.jpg
Anda pernah ke Tana Toraja? Kita bisa menikmati banyak tengkorak di lokasi pemakaman … tengkorak-tengkorak itu masih diberi rokok yang utih … rupanya walau sudah berpulang, kecanduan rokoknya susah berhenti, dahsyat sekali rokok itu, happy kah?


Leave a comment

Iklan berhenti merokok yang aneh, tapi kreatif juga sih, kamu bisa bikin yg beda?

Jika partisipasi masyarakat sudah seperti tayangan itu, mungkin makin sedikit perokok di sekitar kita … Wah, anda sudah tak merokok lagi, goood.

Terima kasih sudah berkunjung, membaca dan berkomentar, smg bermanfaat. 🙂


Leave a comment

Silahkan sebut nama guru hebat di Indonesaia, siapa? Apakah dari sekitar tiga juta guru di Indonesia tak ada yang hebat, kenapa?

20130416-110519.jpg
Jadi guru, kerjakan seperti dulu mengajar dirimu? Atau lakukan seperti orang-orang di sekitarmu melakukan kerja … setiap hari di sekolah, tak kenal guru dari sekolah lain, tak kenal guru daerah lain. Tak sadar, tau-tau kita sudah tua dan tak berdaya untuk berbuat sedikit lebih baik dari guru lain … terus nama kita hilang ditelan bumi.

Silahkan sebut nama guru hebat di Indonesaia, siapa? Apakah dari sekitar tiga juta guru di Indonesia tak ada yang hebat, kenapa?

Karena umumnya lebih suka berada didalam kotak dan tak mau melakukan sesuatu yang berbeda, lebih baik dari yang lain … mau terus begitu? Sayang banget, karena hidup cuma sebentar, berbuat lebih baik aja yuuu … rasakan deh nikmatnya.


3 Comments

AKHIR HIDUP BINTANG IKLAN ROKOK MARLBORO: KANGKER BOOO

20130506-144556.jpg
Wayne McLaren, yang pernah menjadi aktor iklan produk rokok “Marlboro Man” dan ketenaranna berhubungan dengan penderitaannya menanggung penyakit, meninggal pada tahun 1992, setelah pertempuran panjang dengan kanker paru-paru. “Dia berjuang pertempuran keras,” kata Louise McLaren, ibu dari mantan aktor 51 tahun dan stuntman Hollywood.

20130506-144704.jpg
MC LAREN SAAT SEHAT & SAKIT

Sebelum berpulang dia sempat menjadi pejuang mengkampanyekan hidup sehat tanpa rokok, “Beberapa kata-kata terakhirnya adalah:” Jaga anak-anak Tembakau akan membunuh Anda, dan saya bukti hidup dari itu.. “


8 Comments

KOMPETISI BLOG “SEKOLAH DAMBAANKU” SMP & SMA sederajat di Indonesia.

JUKNIS SEKOLAH DAMBAANKU BLOG COMPETITION 2013

Peserta merupakan remaja usia sekolah (SMP & SMA sederajat) di Indonesia.
Peserta memiliki blog pribadi atau dapat menggunakan platform menulis lainnya (kompasiana, blogdetik, tumblr, dan lain-lain) tidak diperkenankan menggunakan facebook note.

Tema tulisan adalah ‘Sekolah Dambaanku’ dengan minimal menyinggung 4 dari 8 aspek yang diangkat, yaitu:
– Guru
– Fasilitas dan lingkungan sekolah
– Hubungan guru dan orang tua
– Mata pelajaran
– Tugas dan pekerjaan rumah
– Hubungan antar siswa
– Bentuk ujian kelulusan
– Harapan untuk pendidikan Indonesia ke depan

Tidak ada pembatasan jumlah kata dalam tulisan, tetapi 1 peserta hanya diperkenankan mengirimkan 1 tulisan.

Dalam blog yang dibuat, peserta wajib mencantumkan gambar/poster Sekolah Dambaanku Blog Competition.

Peserta mengirimkan link blognya ke email Sekolah Dambaanku (sekolahdambaanku@gmail.com) untuk proses penjurian, dengan judul email: Blog Competition_Nama_Sekolah. Contoh Blog Competition_Dion Pratama_SMKN 50 Jakarta.

Setelah mengirimkan link, peserta diwajibkan menotifikasi lewat akun twitternya dengan mencamtumkan link blognya dengan kalimat ”Saya ikut #BlogCompSD dr @Youth_ESN dan @USBI_Indonesia*. Yuk ikut juga! (mention 2 org teman) (link tulisan)”

Peserta WAJIB follow akun Twitter Youth ESN dan sponsor, yaitu: @Youth_ESN dan @USBI_Indonesia*

Berdasarkan penilaian panitia, akan dipilih juara 1, 2, 3 dan 30 blog terbaik yang akan mendapatkan paket hadiah dari Youth ESN dan sponsor.

Hasil karya yang masuk dalam Blog Competition ini akan dijadikan bahan dalam penyusunan buku “Sekolah Dambaanku”.

Semua hasil karya yang dikumpulkan dalam Sekolah Dambaanku Blog Competition menjadi hak panitia.

Tanggal akhir pengumpulan link Blog adalah tanggal 25 Juni 2013.

Pengumuman pemenang Blog Competition akan diumumkan pada tanggal 5 Juli 20013 melalui email, website, dan media sosial Youth ESN (twitter dan facebook), info lainnya bisa disimak disini.


Leave a comment

DAMAI TAPI GERSANG, nyanyi yuuuu … Kaya’nya pas sama cuaca negeri Imdonesaa

Pagi ini, tiba-tiba saya teringat pada Ibu Yetty, beliau istri Adji Bandi, pencipta lagu Damai Tapi Gersanb yang memenangkan penghargaan festival Internasional di Tokyo Jepang tahun 1977 … Di video di atas Ibu Yetty bernyanyi bersama Adji Bandi. Lagu itu ngetop di Indonesi sejak tahun 1975 saat saya kelas lima SD, saya seringnyanyikan di lomba nyanyi kelas saat saya ikut belajadi SD MEXICO Petang yang gurunya Bapak Ottong Sutarja (alm).

D’cinnamons kembali merilia lagu itu tahun 2010 dengan versi baru … kereeen, nyanyi yuuu


Leave a comment

Menikmati anak-anak kreatif SMKN 36 Jakarta, keren bedh videonya, miss u much

20130504-191539.jpg
Saya pernah lewatkan hari-hati yang produktif bersama mereka, kami memotret, membuat video … hasilnya ribuan foto dan puluhan video di blog dan youtube. Rupanya mereka makin kreatif,makin hebat, salah satu hasilnya adalah video di bawah ini … Kereeen guys, pembiasaan berkarya hasilkan sesuatu itu adalah esensi manusia memberi manfaat buat orang-orang disekitarnya …. Saya happy banget pernah lewati masa indah bersama kamu, miss u much, semoga sukses yaaaa, love u all.


2 Comments

LOMBA POSTER ANTI ROKOK @komnasPT BUAT PELAJAR & MAHASISWA BERHADIAH iPAD

Selamatkan bangsa dengan karya!
Chain Breakers Poster Competition

Tema: “Tolak Iklan, Promosi, dan Sponsor Rokok”

Syarat

1. Peserta adalah pelajar, mahasiswa, dan umum se-Indonesia berumur maksimal 35 tahun.

2. Peserta adalah perorangan dan peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 karya.

3. Kirimkan softcopy karya disertai data diri, judul karya, narasi/keterangan mengenai karya ke komnaspt@yahoo.co.id.

4. Sepuluh karya pilihan akan dipamerkan dalam kegiatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2013.

5. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat digangu gugat.

6. Setiap karya yang dikirimkan akan tetap menjadi hak milik peserta dan panitia akan meminta ijin terlebih dulu jika akan digunakan untuk keperluan kampanye di masa mendatang.

7. Tiga karya terbaik akan menjadi official campaign poster Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2013 Komnas Pengendalian Tembakau dan dipasang di billboard wilayah DKI.

8. Seluruh peserta berhak hadir dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2013 yang diadakan Komnas Pengendalian Tembakau.

Ketentuan

1. Poster harus sesuai tema “Tolak Iklan, Promosi, dan Sponsor Rokok”

2. Poster harus menginspirasi, sarat makna, dan menggugah orang untuk menangkap pesan agar waspada pada iklan, promosi, dan sponsor rokok.

3. Poster harus orisinal, mudah dilihat, terstruktur, berguna/informatif, sederhana, penuh kreativitas dan semenarik mungkin, bisa berwarna atau hitam putih (tidak menyinggung SARA).

4. Poster dibuat dengan teknik gambar bebas (Komputer/Cat Air/Cat Poster/Cat lukis/crayon/Montase).

Peserta dengan karya terbaik terpilih nantinya harus mengirimkan karya dalam CD dengan ukuran kertas A3 tanpa batas tepi dan format PDF/TIFF/JPEG dengan resolusi minimal 300 dpi, disertai judul dan konsep karya yang anda buat.

Tiga karya terbaik akan memenangkan:

Terbaik 1 : iPad

Terbaik 2 : HTC Smartphone

Terbaik 3 : Samsung Android

Kirimkan karyamu sekarang juga sebelum 19 Mei 2013.

Jadilah bagian dari perubahan, and let’s break the chains!

Info:

Twitter: @KomnasPT

Facebook: Komnas Pengendalian Tembakau

Fakta:

Sebanyak 70% anak muda yang melihat iklan rokok terpengaruh untuk mulai merokok (Komnas Perlindungan Anak, SEATCA, dan Universitas Indonesia, 2007).
Terdapat 14.249 iklan rokok tersebar di media elektronik, media luar ruang, dan media cetak (Badan POM, 2006), sehingga 93% anak usia 13-15 terpapar iklan rokok di billboard, 83% di majalah dan koran, dan 14,4% pernah ditawari rokok gratis (Global Youth Tobacco Survey, 2006)
Dan pada kurun waktu Januari – Oktober 2007 saja, terdapat 1350 acara yang disponsori industri rokok – rata-rata 135 acara setiap bulannya (Komnas Perlindungan Anak 2007).
Indonesia menempati peringkat pertama prevalensi perokok pria di dunia, yaitu 2 dari 3 pria Indonesia adalah perokok aktif, atau sekitar 67% dari total jumlah pria, dan merupakan negara dengan jumlah perokok ke-3 terbesar di dunia, setelah Cina dan India.
Kerugian makro ekonomi akibat konsumsi rokok di Indonesia mencapai 245,41 triliun rupiah, atau hampir 4 kali dari cukai yang dihasilkan di tahun yang sama (Litbangkes RI, 2010).


3 Comments

Tulisan setelah upacara HARDIKNAS: Kenapa TAWURAN susah hilang di Indonesia

Pendidikan itu simpel:

Bisa membuat penduduk negeri biasa menyelesaikan masalah sendiri, hidup mandiri dan bermanfaat buat lingkungannya, apalagi jika dia tak merokok, happy deh.

20130502-194631.jpg

Coba simak berita ini:

Seorang siswa kelas VIII SMP berinisial B (17) diciduk aparat Kepolisian Sektor Jatinegara pada Selasa (30/4/2013) siang. B dan dua teman yang masih buron menjadi target polisi karena diduga mengeroyok seorang anggota Buru Sergap Polsek Jatinegara beberapa waktu lalu.

Kepala Kepolisian Sektor Jatinegara Komisaris Suminto menjelaskan, pada Sabtu (13/4/2013) dini hari lalu, B dan rekan-rekannya terlibat tawuran dengan kelompok remaja lain di Jalan DI Panjaitan Prumpung, Jatinegara, Jakarta Timur. Brigadir Andi Ahmad Zulkifli (29), yang tengah piket menuju lokasi tawuran untuk melerai keributan itu.

“Anggota kami (Andi) melerai tawuran. Remaja tanggung ini bukannya mundur, malah menyerang anggota kami dan melakukan penganiayaan,” ujar Suminto kepada wartawan, di kantornya, Selasa siang. (Kompas.com)

Gila yaaa … Anak SMP berani mengeroyok Polisi, kenapa?
Karena dia belajar, dia faham, bahwa hampir setiap anak sekolah yang tawuran atau melakukan hal lain, tertangkap Polisi kemudian bakal dilepas dengan alasan HAK AZASI MANUSIA-HAM, sehingga dengan sangat berani mereka melakukan kegiatan kriminal karena merasa pasti akan mendapatkan pembelaan dari banyak fihak.

Bagaimana dengan Polisi yang cedera dan harus dirawat di Rumah Sakit, siapa yang bela? … atau masyarakat yang resah takut kena batu-batu yang berkelebat, sementara kendaraan mereka terjebak macet tak bisa keluar dari lokasi tawuran … MASYARAKAT TAK BERDAYA,MASYARAKAT TAK ADA YANG BELA, sementara PARA PELAKU TAWURAN TIDAK DITANGKAP, JIKA TERTANGKAP TERUS DKEMBALIKAN KE ORANG TUA DENGAN BERBAGAI ALASAN.

Bersiaplah kembali untuk baca berita kenakalan pelajar di Jalan dalam bentuk Tawuran, Kekerasan dan lainnya … karena polisi tak tegas.

Momentum peristiwa Polisi dikeroyok anak SMP seharusnya jadi peringatan agar Polisi tegas, anak-anak yang tertangkap hendak melakukan tawuran bisa dikenakan pasal mengganggu ketertiban umum atau pasal-pasal lain yang sesuai dengan situasi saat itu, mereka yang membawa senjata tajam bisa dikenakan dengan undang-undang darurat … walau saat ditangkap tak ada yang mengakui sebagai pemilik senjata, jejak sidik jari di di barang bukti bisa dilacak, atau dengan cara lain pasti polisi bisa menemukan pemilik senjata tajam di lokasi.

Ketidaktegasan Polisi terhadap perilaku anarki pelajar kini sudah mulai direspon oleh masyarakat dengan cara yang kurang tepat; misalnya masyarakat marah dan mengusir pelajar yang tawuran dengan menghardik, hingga melempar dg batu dan lainnya … ini menimbulkan masalah baru … pelajar jadi tawuran dengan masyarakat …. gara-gara Polisi tak tegas, rakyat jadi berantem sendiri … kalo sudah begitu masyarakat yang marah ditangkap karena melempar pelajar yang hendak tawuran dengan batu agar pergi dari lingkungannya … makin lucu jadinya.

Sekolah harus memberi suasana menyenangkan dan mendorong kreatifitas siswa bisa diaktualisasikan dan salurkan energi hingga mendapat perhatian dari teman, guru dan semua warga sekolah … Penyaluran energi di luar sekolah jadi tak perlu … Semoga aman dan nyaman lingkungan kita, love u all.


Leave a comment

Sekolah; antar anak negeri ke kehidupan yang lebih baik

Tiba-tiba saya kangen Jabiru, kangen anak-anak hebat yang kerja keras merakit pesawat hingga bisa terbang … Mereka dididik, dilatih dan berproduksi, suatu proses pendidikan yang serius, buat antar anak negeri ke kehidupan yang lebih baik … Semoga kamu semua sukses ya.


Leave a comment

Belajar nyanyi HIPHOP karo Cah Jogja

CICAK NGUNTAL BOYO

by Jogja Hip Hop Foundation

ANA CICAK NGUNTAL BOYO
BOYO COKLAT NYEKEL GODO
OJO SENENG NGUNTAL NEGORO
MUNDAK RAKYATMU DADI SENGSORO
INI CERITA NEGERI BEDEBAH
PEMIMPINYA HIDUP MEWAH
TAPI RAKYATNYA MAKAN SUSAH
HASIL DARI MENGAIS SAMPAH
DI NEGERI PARA BEDEBAH
YANG BAIK DAN BERSIH BISA SALAH
KEBOHONGAN ITU LUMRAH
RAKYAT KECIL HANYA BISA PASRAH
BUBRAH! PARAH!
BUBRAH! PARAH! BUBRAH!
ANA CICAK NGUNTAL BOYO
BOYO COKLAT NYEKEL GODO
OJO SENENG NGUNTAL NEGORO
MUNDAK RAKYATMU DADI SENGSORO
RAKYAT MENCARI PIMPINAN
KETEMUNYA JURAGAN
RAKYAT MENCARI IMAM, YA IMAM
KETEMUNYA TUAN
MAKA JANGAN-LAH JANGAN HERAN
JIKA ADA MAFIA DI PERADILAN
JUAL BELI PASAL DAN HUKUMAN
YANG KUAT BAYAR PASTI MENANG
KATANYA JAMAN SUDAH REFORMASI
TAPI HUKUM MASIH BISA DIBELI
JADI BARANG DAGANGAN, OBYEK KORUPSI
NGGAK PUNYA MALU DAN HARGA DIRI
KALIAN KIRA SELAMANYA RAKYAT KITA BODOH
JIKA RAKYAT MARAH TIRANI PASTI AKAN ROBOH!
ANA CICAK NGUNTAL BOYO
BOYO COKLAT NYEKEL GODO
OJO SENENG NGUNTAL NEGORO
MUNDAK RAKYATMU DADI SENGSORO
BIBIT ITU TUNAS
CANDRA ITU SINAR
YANG MENJADI SIMBOL
TEGAKNYA KEADILAN
LANGKAH KECIL TELAH DIMULAI
DARI BAYI BERNAMA DEMOKRASI
KEADILAN TAK BISA DITAWAR LAGI
KEPASTIAN HUKUM ADALAH HARGA MATI
MUNGKIN KITA CAPEK REVOLUSI
MUNGKIN KITA BOSAN DEMONSTRASI
TAPI JANGAN PERNAH BERHENTI
PALING TIDAK TUNJUKAN RASA PEDULI
UNTUK INDONESIA YANG KITA CINTAI
ANA CICAK NGUNTAL BOYO
BOYO COKLAT NYEKEL GODO
OJO SENENG NGUNTAL NEGORO
MUNDAK RAKYATMU DADI SENGSORO


3 Comments

Kompetisi NGETWEET & MENULIS di @GuraruID, #BelajarSeru & “Kiat Kreatif Meningkatkan Kemampuan Non-akademis Siswa untuk Optimalisasi Pendidikan”, ikut yuuuu

Kompetisi Hari Pendidikan Nasional 2013

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pengelola Guraru akan mengadakan dua kegiatan yaitu: #BelajarSeru dan Kompetisi Menulis. Siapapun dapat berpartisipasi. Berikut informasi selengkapnya:

 

#BelajarSeru

Mengajak para guru untuk berbagi pengalaman mengenai momen belajar favorit di sekolah dan berbagi pendapat mengenai mengapa belajar akan selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Ketentuan Quiz #BelajarSeru :

• Kompetisi akan diselenggarakan selama 5 hari (1 Mei – 5 Mei 2013) di Twitter Guraru (@GuraruID)

• Partisipan harus mem-follow @GuraruID dan melakukan Like pada Facebook fan page Guraru

• Siapapun dapat berpartisipasi pada kompetisi setiap harinya

• Setiap harinya akan dipilih 1 pemenang

Pemenang dipilih oleh Pengelola Guraru berdasarkan kreativitas dari konten tweet

• Penentuan pemenang tidak dapat diganggu gugat

 

Hadiah:

• Voucher buku sebesar Rp. 150.000/pemenang

• Paket merchandise Acer Guraru (backpack, flashdisk, buku, agenda,

phone strap & key chain)

• Extra 1 poin di website Guraru (pemenang adalah member Komunitas Guraru)

 

Kompetisi Menulis

Selain kompetisi #BelajarSeru kami juga mengundang Guraru untuk berpartisipasi dalam kompetisi menulis di guraru.org dengan tema “Kiat Kreatif Meningkatkan Kemampuan Non-akademis Siswa untuk Optimalisasi Pendidikan” Kemampuan non-akademis dapat mencakup sikap, perilaku, psikologi siswa dan kecerdasan emosional. Guraru bisa berkreasi sebebas mungkin dalam menuliskan ide dan pengalaman terkait tema tersebut.

 

Ketentuan Kompetisi Menulis Artikel:

• Tulisan dibuat di website http://www.guraru.org pada periode 8 Mei – 29 Mei 2013

• Partisipan terdaftar sebagai member Guraru.org.

• Tulisan harus berkaitan dengan tema utama mengenai kiat mengajar kreatif dalam meningkatkan kecerdasan non-akademis siswa.

• Tulisan bisa berupa pengalaman pribadi, ulasan mengenai metode yang sudah ada disertai opini penulis.

• Peserta menyertakan tag “Lomba Artikel Gurarupada artikel

• Setelah kompetisi selesai, akan dipilih dua pemenang yaitu: Pemenang Utama dan Pemenang Terpopuler.

Pemenang Utama dipilih oleh Pengelola Guraru dimana penilaian didasari pada beberapa aspek: – Keterkaitan konten artikel dengan tema kompetisi menulis – Penggunaan foto dan video yang menggambarkan pengaplikasian kiat mengajar kreatif merupakan nilai tambah.

– Sejauh mana artikel menarik dan mengundang diskusi. Dilihat dari jumlah ‘vote’ dan kualitas komen pada kolom ‘comments’ yang tersedia di bagian bawah.

– Sistem ‘vote’ hanya dapat dilakukan oleh member Guraru.

– ‘Vote’ dapat dilakukan dengan melakukan klik pada fitur ‘Vote Postingan Ini’ yang terdapat pada bagian bawah artikel setelah pembaca login di website Guraru.

• Pemenang Terpopuler merupakan artikel dengan jumlah visit tertinggi di website Guraru:

– Partisipan dapat mempublikasikan artikel melalui berbagai kanal social media yang dimilikinya untuk mendapatkan jumlah visit tertinggi.

• Penentuan pemenang tidak dapat diganggu gugat.

 

Hadiah:

Pemenang Utama

– Tablet Acer Iconia B1 – Liputan kegiatan mengajar pemenang, yang akan dipublikasikan di

website Guraru – Paket Merchandise Acer Guraru – Extra 5 poin pada website Guraru

Pemenang Terpopuler

– Paket merchandise Acer Guraru – Voucher buku sebesar Rp. 500.000 – Extra poin 5 pada website Guraru