Blog Pendidik


Leave a comment

Suka meludah di gelas? iiiiih jijik tauuuu #pendidikankatakter

20130116-085312.jpg

BERMASALAH BUAT POHON?

Pernah lihat teman meludah di gelas, lalu airnya diminum sendiri?
Mungkin hampir tak ada yang lakukan itu, tapi pernahkan anda menjumpai teman yang menjelek-jelekkan tempat dia bekerja, diomongin kepada teman di tempat kerja sendiri dan orang lain di luar tempat kerjanya … Penyebabnya banyak, diantaranya; tak cocok dengan pimpinan, berselisih paham dengan teman, suasana kerja tak nyaman, aroma diskriminasi , … Dan masih banyak alasan yang membuat seseorang bicarakan keburukan tempat kerjanya sendiri.

Jika punya masalah dengan teman, selesaikan, jika ada perbedaan pendapat dengan pimpinan, sampaikan atau minta penjelasan kepada pimpinan kenapa mengambil kebijakkan seperti itu, perasaan ada diskriminasi diungkap dalam rapat terbuka dan sepakati penyelesaiannya, jika nerasa tak nyaman …. Perbaiki situasinya, berusaha dengan semua teman sebagai anggota keluarga …. TIDAK HANYA NGOCEH, BICARA TAK PUAS KESANA KEMARI, TAPI TAK PUNYA KONSEP PENYELESAIANNYA … Jika merasa tak mungkin di perbaiki, KELUAR AJA DARI TEMPAT KERJA YANG SEKARANG, CARI TEMPAT KERJA YANG LEBIH BAIK.

Bicarakan keburukkan tempat kerja sendiri tanpa penyelesaian seperti Anda meludah di gelas sendiri dan meminumnya …. iiiiih jijik tauuuu, udah tahun baru niih, kapan berubah jadi lebih baik?

Advertisements


Leave a comment

@dwitagama di Kompas cetak 280113

20130128-135550.jpg
Sahabat blogger saya Bapak Dzulfikar kabarkan bahwa kehiatan saya di Bincang Edukasi #Bined14 di Sekolah Kembang hari Minggu 27 Januari 2013 diberitakan di Kompas Cetak kemarin 28 Januari 2013.

Merubah budaya sekolah saya lakukan setelah mengamati masalah krusial atau paling fundamental yang perlu diperbaiki dan menciptakan suasana yang menyenangkan dan mendorong murid dan guru untuk terbiasa berprestasi, menghargai prestasi, mengekspose prestasi, …. Sementara mereka yang bermasalah ditangani sesuai prosedur yang telah disepakati dengan tidak menunda waktu, upayakan masalah yang ada segera diselesaikan, dengan MENGOPTIMALKAN FUNGSI WALI KELAS secara proaktif dalam tiga tahap menangani masalah murid di kelas, … jika murid masih bermasalah Guru Bimbingan Konseling (BK) melakukan perannya dengan memeberi bimbingan dan konseling kepada murid dan orang tuanya … Jika sudah enam tahap murid masih bermasalah, kepada orang tua ditawarkan jasa profesional psikolog atau psikiater di luar … Biasanya orang tua merasa anaknya tak cocok bersekolah di tempatnya saat ini dan pindah ke sekolah yang mungkin lebih sesuai dengan keinginan anaknya …

Terima kasih Pak Dzul, terima kasih juga buat Mas Krisna, inisiator Bincang Edukasi yang kontak saya dan Mba luky, Reporter Kompas yang memberitakan … Semoga bermanfaat, Happy deh

20130128-140606.jpg


Leave a comment

MENULIS … MENANDAKAN KAMU ADA … TAK MENULIS, TAK ADA YANG TAHU BAHWA KAMU ADA, THX BU ARNEL, HAPPY DEH

arnellis

Image

Saya deg-degan. Tangan saya bergetar. Memegang mic tidak menyelamatkan. Saya tidak ingin menyampaikan ke hadirin Bincang Edukasi 14 kemarin bahwa saya deg-degan. Sebab, dua pembicara sebelumnya, Lestia Primayanti dan Yosea  Kurnianto sudah mengatakan itu juga. Jadi saya simpan saja dan sok asyik mulai menyampaikan materi saya pagi itu: Drama sebagai proses pembelajaran sastra.

Biasanya saya tak pernah ragu menyampaikan segala perasaan saya di kelas. Di depan murid, saya tak menutupi jika sedang merasa cemas, galau, atau senang yang terlalu. Saya pernah mendengar ada guru yang mengatakan jangan terlalu membawa perasaan pribadi dalam kelas. Murid bisa tidak menghormati. Justru menurut saya, perasaan adalah hal penting dan sangat mendukung dalam proses belajar. Apalagi pelajaran sastra.

Bined14

 

Sastra itu hidup. Di kelas sastra, murid dan guru bersama mempelajari hidup yang tentu saja penuh dengan segala rasa. Perasaan itulah yang digali, perasaan diri sendiri terhadap satu masalah hidup, kemudian nanti memahami perasaan orang lain…

View original post 257 more words


2 Comments

merangkai kembali suasana GELISAH BERSAMA tentang Pendidikan Negeri yang dirangkai di Bincang Edukasi #Bined14 di Sekolah Kembang Kemang

DIFOTO DARI ATAS …


THX YAH DAH SIMAK SAYA


BERSAMA, SETELAH SELESAI

Pagi ini media ramai beritakan seleb yang ketangkep berbumbu Narkoba … saya ga mau bahas itu … saya sedang merangkai kembali suasana GELISAH BERSAMA tentang Pendidikan Negeri yang dirangkai di Bincang Edukasi #Bined14 berlangsung di Sekolah Kembang Kemang Jakarta Selatan, kemarin 27 Jan 2013 … saya hadir menemani tiga pendidik muda yang punya semangat luar biasa memberi arti di dunia pendidikan Indonesia.

Mereka berlomba ingin jadi pendidik yang bermakna buat lingkungannya … Saya bilang pada mereka, teruslah bekerja warnai hari dengan idealisme pendidik yang baik … persaingan untuk jadi pendidik yang berkualitas di negeri ini hampir tak ada … saya juga bingung kenapa dari sekitar TIGA JUTA guru di Indonesia, tak banyak nama yang bisa dikenang sebagai guru atau pendidik berkualitas … siapa coba? anda punya referensi nama guru yang baik di Indonesia? berapa orang? bertugas dimanakah guru baik itu … seleksi atau kompetisi Guru Teladan atau Guru Berprestasi sudah berlangsung belasan tahun … atau bahkan puluhan tahun? kemana saja mereka yang sudah juara atau terpilih sebagai Guru Teladan atau Gupres tingkat Sekolah, Kecamatan, Kota atau tingkat Nasional? … kemana sekarang koq tak pernah terdengar … apa yang salah? Gurunya? atau sistem kompetisinya yang salah? sehingga memilih seseorang yang tak pantas juara, sementara yang berkualias dan seharusnya juara, tidak menang … jika pun demikian yang tak menang itu kan mestinya bisa terlihat atau muncul sebagai guru atau pendidik yang berprestasi dan pantas diteladani …

Ah … biar deh para pejabat di Dinas Pendidikan atau Kemdikbud aja yang berfikir tentang itu 😦 😀 😦 … saya mah mau kerja sebaik yg saya bisa ajaa … supaya murid senang belajar dengan saya dan bisa menginspirasi mereka jadi orang yang berhasil dalam hidupny dan beri warna bagus dalam kehidupan dunia sekitarnya.

Terima kasih kepada Mas Kresna, inisiator bincang edukasi yang berkenan bersinergi dengan saya … buat yang sudah hadir kemarin … luar biasaaa … anda semua punya idealisme yang dahsyat membantu anak negeri jadi lebih baik buat hidup mereka dan kehidupannya … maka kehidupan Indonesia pun bakal lebih baik … trm ksh juga kepada Mba Ntik yang mendokumentasikan, love u all.


Leave a comment

Rekaman liveshow Dedi met Deddy Cobuzier di HITAM PUTIH

foto by: KUSHIDARTO DARTO

foto by: KUSHIDARTO DARTO

Beberpa teman mention saya di twitter dan facebook bilang tak sempat liat talkshow saya dengan Deddy Cobuzier di Trans 7. pada 8 Januari 2013 … terima kasih ada Admin FB Q-you, SMKN 36 Jakarta kabarkan link yang bagus rekamannya lewat komentar di blog saya, silahkan nikmati pada menit ke -30 disana, happy deh.

20130121-093719.jpg


2 Comments

Tentang benda putih 9 Cm

Amati secara cermat video pada sekitar menit ke-6, pada awal tahun dua ribuan akibat pemasaran rokok menurun drastis di Amerika dan Eropa karena pajak rokok yang tinggi sehingga harga rokok jadi sangat mahal ditambah dengan promosi hidup sehat tanpa rokok yang gencar dari Pemerintah, rokok jadimtak laku di Amerika dan Eropa.

Industri rokok mencari tempat pemasaran baru di negeri termiskindi dunia ….

20121227-091228.jpg

20121227-091244.jpg

Anda masih merokok?


Leave a comment

PELATIHAN GURU YANG EFEKTIF

Anda guru? Sudah berapa kali ikut pelatihan? Berapa banyak pelatihan yang masih anda kenang sampai sekarang? Kenapa cuma sedikit pelatihan yang berkesan? Apa yang membuat anda terkesan dengan pelatihan?

CUMA NGABISIN ANGGARAN AJA
Itu kesan kebanyakan pelatihan guru, karena terasa kegiatan tidak dipersiapkan secara baik, dengan indikasi sebagai berikut:
1. Undangan atau pemberitahuan nya sangat mendadak, kadang tak ada undangan tertulis
2. Pembicaranya bilang, beliau dihubungi atau ditugaskan mendadak
3. Selesai lebih cepat dari jadwal yang di edarkan
4. Tak ada hasil dari pelatihan
5. Metodenya ceramah terus sepanjang pelatihan, banyak yang ngantuk atau sibuk sendiri jadinya
6. Tak ada tindak lanjut
7. Peserta pelatihan banyak, suasananya jadi ramai

20130123-150133.jpg

PELATIHAN GURU YANG EFEKTIF
Punya indikasi sebagai berikut:
1. Program dan target pelatihan jelas
2. Pembicara atau nara sumber telah dihubungi lama sebelum pelaksanaan dan ada Rapat Koordinasi Program
3. Undangan nya beredar seminggu atau paling cepat tiga hari sebelum pelaksanaan
4. Pembicaranya adalah orang yang kompeten di bidangnya dan telah menyiapkan bahan-bahan yang baik sesuai topik pelatihan
5. Ada sesuatu yang dihasilkan pada setiap sessi pelatihan
6. Selesai sesuai waktu yang dijadwalkan
7. Metode pelatihan bervariasi, tak hanya ceramah, peserta aktif berkegiatan, suasana menyenangkan
8. Ada tindak lanjut, misalnya dengan pengiriman tindak lanjut, atau pekerjaan yang dibawa pulang dan dikirim lewat email ke panitia
9. Pesertanya terbatas, suasana pelatihan jadi nyaman dan fokus

Anda punya pengalaman ketika ikut pelatihan? Cerita yuuu


Leave a comment

Jika sebagai guru anda merasa senang mengajar namun merasa tidak punya harapan dan semangat, itulah ciri-ciri dari guru yang mengidap Teacher Burnout. … WASPADALAH, TYUS, HARUS GIMANA DOOONG, BACA DEH

Blog Guru Kreatif

Gambar

Teacher Burnout bisa diartikan sebagai kelelahan dari seorang guru dalam menjalani profesinya. Guru yang malas-malasan berbeda dengan guru yang lelah dan stress akibat beban pekerjaan yang menggunung. Teacher burnout jika dibiarkan akan membuorang guru kehilangan minat mengajar dan dunia pendidikan. Seorang guru yang terkena Teacher Burnout biasanya akan meninggalkan profesi mengajar ditahun ketiganya.

Cara terbaik untuk guru agar terhindar dari Teacher Burnout adalah dengan punya lingkaran pertemanan yang profesional di sekolah. Jika sebagai guru anda merasa senang mengajar namun merasa tidak punya harapan dan semangat, itulah ciri-ciri dari guru yang mengidap Teacher Burnout.

Pihak sekolah mesti cepat menyikapi guru yang terkena Teacher Burnout karena akan berpengaruh pada alitas mengajarnya. Guru baru atau muda pada saat mulai mengajar, segera cari mentor supaya ada yang memberi pengarahan dan petunjuk. Banyak guru yang segan berkata tidak, jadinya kebanyan pekerjaan jadi stress sendiri. Banyak guru yang sebenarnya terkena Teacher Burnout namun ia tidak…

View original post 220 more words


Leave a comment

LONTONG SAYUR PADANG MAK NYUS CIPINANG MUARA SATU

20130109-112127.jpg
Anda butuh sarapan pagi hari yang Padangnya nendang banget … Silahkan ke Jalan Cipinang Muara Satu Pondok Bambu Jakarta Timur, dari arah jatinegara dekat Pom Bensin sebelum Toko Kue Sedap Wangi.

20130123-085705.jpg
Ketupat ditemani sayur nangka bersantan dengan bonus daun pakis bersantan juga, ada kriuk kerupul, telor dadar atau bundar, kalo kurang pedas bisa minta tambah sambal salero bundo … Uni penjual lontong berjualanhampir dua puluh tahun … Suka kerupuk kulit dan bakwan bisa didapat di lokasi …. Uenaaak buangeet deh …. makan LONSAY yuuu …. LOMSAY = Lontong Sayur gitu deh


6 Comments

Bangsa yang mudah lupa

20130123-084245.jpg
Banjir beberapa hari kemarin di Jakarta dikabarkan bikin rugi Rp. 20 triliyun …. WoW banyak bangeeet … Tapi sayang … Baru saja kering, kita sudah lupa akan penderitaan yang dirasa: tidur di pengungsian, dingin air, makanan yang sulit …. atau karena dimanjakan oleh bantuan makanan dan minuman yang berlimpah, juga pakaian bekas, … tak sedikit yang menikmati air berenang kesana-kemari atau peroleh uang dari korban banjir lainnya dengan mendorong gerobak, dan lainnya.

Banjir lewat, rumah kering, kebiasaan lama tetap saja berlangsung, seperti buang sampah sembarangan, membiarkan selokan atau saluran air tersumbat, … aparat Kelurahan sebagai satuan unit Pemda yang terbawah kembali tak peduli terhadap lingkungan sekitarnya seperti sampah yang menumpuk diman-mana, kali, sungai yang jadi lokasi pembuangan sampah, saluran air yang tersumbat, dan lainnya …. Sepertinya semua tak peduli … dan lupaaa

Tak ada upaya pencegahan banjir … semua seperti tak ingat … sibuk lagi dengan kerja rutin, berantem, tawuran, kebakaran, …. dan banyak lagi deh …. lalu rame lagi ketika air kembali menggenangi lingkungan … Tahun 2007 Istana Negara dihampiri air, tahun 2013 terjadi lagi …. selama enam tahun apa yang sudah dilakukan negara untuk lindungi Istananya? … kalo istana presiden aja tak dipedulikan, gimana terhadap rakyat keciiiil? Trus masih harus bilang WoW sambil nusuk di Pemilu gituh?


3 Comments

Lupakan Sekolah Bertaraf Internasional, tunjukkan keunggulan Sekolah Anda … masyarakat akan menilai dan murid akan datang … Saatnya PRESTASI YANG BICARA, BUKAN STATUS

Blog Guru Kreatif

SMK 36Banyak cara sekolah kelihatan unggul dan banyak cara juga untuk mencapainya. Program unggulan bisa dirancang bisa juga terjadi tanpa disengaja. Sekolah sebagai komunitas mesti punya tujuan untuk mengangkat sebuah hal sebagai program unggulan. Manfaat dari sekolah mempunyai program unggulan adalah

  • Mudah bagi orang tua siswa mengingat apa keunggulan dari sebuah sekolah, dan berguna sekali dalam pemasaran.
  • Guru dan murid merasa punya kebanggan terhadap sekolah.
  • Siswa merasa bangga bersekolah di tempat yang punya keunggulan

Bahkan sekolah negeri pun yang nota bene tidak punya kewajiban menarik minat murid, juga perlu punya program unggulan.

Program unggulan bisa dibagi menjadi 3 yaitu;

1. Program unggulan yang bersifat akademis.

Cara yang paling gampang adalah membina murid untuk diikutsertakan lomba atau olimpiade yang berhubungan dengan mata pelajaran tertentu. Bicara soal subyek yang menjadi andalan, tidak lain berkisar antara Matematika dan sains. Olimpiade matematika dan sains sering diadakan sebagai cara untuk mengukur pemahaman terhadap konsep. Sekolah yang…

View original post 357 more words


2 Comments

Partai Politik VS Rakyat: Masih perlukah Partai Politik buat Rakyat Negei Paman Besut?

20130107-142026.jpg
Di Negeri Paman Besut
presiden yang berkuasa puluhan tahun jatuh oleh Rakyat
rakyat menyerbu kantor parlemen
Ribuan rakyat yang marah menekan wakilnya
Para wakil rakyat, anggota partai tak berdaya

Di sebuah kota yang banyak air hangat di Negeri Paman Besut
Rakyat marah dengan kelakuan Pemimpin kota dan menekan wakilnya
Ribuan rakyat marah, ada juga yang mendukung
Para wakil rakyat, anggota partai tak berdaya

Di Ibukota Negeri Paman Besut
Ribuan aparat desa marah memblokir jalan tol dekat gedung parlemen
Mereka rakyat yang marah menekan wakilnya
Para wakil rakyat, anggota partai tak berdaya

Ratusan kepala daerah Negeri Paman Besut
Yang terpilih setelah diajukan Partai Politik kini jadi terdakwa koruptor
Sebagian sudah di vonis, yang lain masih di proses
Para wakil rakyat, anggota partai tak berdaya

Ketika ada masalah ….
Para wakil rakyat, anggota partai tak berdaya
Kerika ada tekanan ….
Para wakil rakyat, anggota partai tak berdaya
Ketika ada musibah ….
Para wakil rakyat, anggota partai tak berdaya

Masih perlukah Partai Politik buat Rakyat Negei Paman Besut? Lalu …


10 Comments

4 L = LO LAGI LO LAGI, ga sehat boooo

20130106-205627.jpg

LO LAGI LO LAGI

Perhatikan Sekolah atau Organisasi diman Anda berada saat ini, jika ada syndrom 4L, maka ada indikasi bahwa Sekolah atau Organisasi Anda kurang sehat …. proses manajemen di Ssekolah atau Organisasi Anda perlu dibenahi sebelum hancur di telan zaman, kenapa?

Gejala 4L itu muncul karena sistem manajemen yang bertumpu pada orang bukan aturan main, sehingga tak ada arsip, tak bisa dievaluasi, dan hanya tergantung kepada otang yang itu-itu saja … dalam jangka panjang muncul arogansi dari otang-orang yang biasa terpakai hingga yang bersangkutan besar kepala …. sesungguhnya semua kerjaan di Sekolah itu tak sulit, mudah aja koq …. Yang susah cuma bagaimana membentuk karakter anak supaya siap menghadapi berbagai persoalan dalam hidupnya.

Baaiamana cara mengatasinya? Bikin perencanaan yang baik sebelum kegiatan, buat secara tertulis … tunjuk Panitia berdasarkan kebutuhan kerja … rinci kerjaannya dul baru kemudian buat struktur organisasi panitia … wajibkan panitia membuat Proposall, Rancangan kerja, Sistem Operasional & prosedur, setelah selesai kegiatan buat Laporan tertulis dan Evaluasi disertai foto2 dan video

Kegiatan tahun berikutnya setiap orang bisa jadi Panitia dengan mempelajari dan meneyempurnakan Proposal, Rancangan kerja, Sistem Operasional & prosedur, setelah selesai kegiatan buat Laporan tertulis dan Evaluasi disertai foto2 dan video …. terus berulang …. Arsipkan .. Maka gejala 4L akan berkurang di Sekolah atau Organisasi Anda …. Punya cara lain?


Leave a comment

[@dwitagama]. Peraih Guraru [Guru Era Baru] Award Indonesia 2012. Akan berkisah tentang pengalamannya memimpin sekolah, guru & siswa mengubah budaya sekolah dari negatif menjadi penuh prestasi, dateng yuu

simak yuuu

Bincang Edukasi adalah sebuah acara meetup dua bulanan di beberapa kota bagi para penggerak, pemerhati dan pemeduli pendidikan untuk saling berbagi mengenai gerakan, inisiatif dan ide pendidikan yang mereka miliki atau telah jalankan, serta mendiskusikan berbagai topik dan tren terhangat di dunia pendidikan.

Bincang Edukasi #14 ini adalah Bincang Edukasi ke-5 yang diadakan di Jakarta. Acara akan dibagi menjadi dua sesi besar. Sesi pertama adalah sesi presentasi di mana 4 pembicara akan berbagi tentang gerakan dan ide pendidikannya. Masing-masing pembicara akan mendapat waktu 17 menit tanpa tanya jawab. [Tanya jawab dilakukan di sesi informal sesudah acara.] Sesi kedua adalah sesi diskusi pendidikan di mana semua peserta dan pembicara akan memunculkan ide-ide praktis bagi perbaikan pendidikan Indonesia.

Para presentan Bincang Edukasi #14:

>> Lestia Primayanti [@lestiapr]. Wakasek Sekolah Kembang. Akan bercerita tentang prinsip dan paradigma pendidikan yang coba diwujudkan melalui Sekolah Kembang.

>> Arnellis [@arnellism]. Guru Bahasa Indonesia di Binus International School Serpong. Akan berbagi pengalaman memanfaatkan sastra dan drama dalam kelas untuk menunjang pembelajaran.

>> Yosea Kurnianto [@Yosea_Kurnianto]. Inisiator Youth Educators Sharing Network. Akan bercerita tentang inisiatif Youth ESN dan bagaimana peran pemuda dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia.

>> Dedi Dwitagama [@dwitagama]. Peraih Guraru [Guru Era Baru] Award Indonesia 2012. Akan berkisah tentang pengalamannya memimpin sekolah, guru dan siswa mengubah budaya sekolah dari negatif menjadi penuh prestasi.

PLS COME

PLS COME

Acara Bincang Edukasi ini GRATIS. Pendaftaran selain melalui laman ini juga bisa dengan mengirim email kepada info@bincangedukasi.com dengan subject email: “Registrasi Bined Jakarta 27 Januari” dengan menyertakan nama.

Informasi tambahan tentang Bincang Edukasi: http://www.bincangedukasi.com dan disini.


Leave a comment

@dwitagama di Blog Pak Iwan Sumantri, Guru SMPN 3 Cibadak Sukabumi

BERDAMPINGAN DENGAN OMJAY

BERDAMPINGAN DENGAN OMJAY

Senang sekali foto saya ada di Blog Pak Iwan Sumantri, S.Pd, Guru Matematika SMON 3 Cibadak, Sukabumi …. nuhun Pak Iwan, smg bermanfat … lebh lengkap tentang Blog Pak Iwan yang bagus, bisa disimak disana.


4 Comments

Nyanyi Lagu Rumor; Butiran Debu … sedaaap

Namaku cinta ketika kita bersama
Berbagi rasa untuk selamanya
Namaku cinta ketika kita bersama
Berbagi rasa sepanjang usia

Hingga tiba saatnya aku pun melihat
Cintaku yang khianat, cintaku berkhianat

Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
Aku tenggelam dalam lautan luka dalam
Aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
Aku tanpamu butiran debu

Namaku cinta ketika kita bersama
Berbagi rasa untuk selamanya
Namaku cinta ketika kita bersama
Berbagi rasa sepanjang usia

Hingga tiba saatnya aku pun melihat
Cintaku yang khianat, cintaku berkhianat ooh
Menepi menepilah menjauh 
Semua yang terjadi di antara kita ooh

Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
Aku tenggelam dalam lautan luka dalam
Aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
Aku tanpamu butiran debu

(aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi
Aku tenggelam dalam lautan) dalam luka dalam
Aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang
Aku tanpamu butiran debu, aku tanpamu butiran debu
Aku tanpamu butiran debu, aku tanpamu butiran debu


16 Comments

Presentasi pertama 2013 di HITAM PUTIH TRANS 7 ditemani Dedi Cobuzier

CERITA TTG GURARU

Hanggar Studio Pancoran Jakarta, 3 Januari 2013.
Setelah tiba dari Cirebon, mampir di rumah cuma buat ambil costum bertagline hitam, bersiap jumpa dengan Mentalis Dedi Cobuzeir, ditemani Kak Dhea, Ullan dan Alam, saya sharing masalah Guru Era Baru, Pendidikan yang mensejahterakan dan teknologi untuk pendidikan.

SIMAK VIDEO

Terkejut banget, ternyata tim HITAM PUTIH cukup dalam risetnya, mereka memutar video kenangan saya saat tinggalkan SMKN 36 Jakarta yang dibuat Alam dan Ullan yang sudah publish di YOUTUBE … dan kedua anak muda hebat itu ada di ruang rekaman melihat video mereka diputar … kamu hebat guys … tim kreatif HITAM PUTIH memutar video itu tentu setelah menilai bahwa film itu layak ditonton orang sedunia, trm ksh yah.

ALAM & ULLAN SETELAH REKAMAN

Ini Video tentang saya yang dibuat oleh murid saya Alam dan Ullan yang diputar sebagian di HITAM PUTIH


Info lainnya bisa disimak disana.


Leave a comment

Murid Kapal menulis tentang Kepala Sekolahnya

Sebagai Guru atau Kepala Sekolah, Anda pernah ditulis oleh murid dan diterbitkan hingga bisa dibaca orang sedunia?

Ini tulisan soran murid tentang saya:

Ok, guys… gw kali ini akan ngebahas persamaan Mr. Dedi Dwitagama atau Kepala Sekolah SMKN 29 Jakarta dengan Ir. Joko Widodo..

Pertama – tama, lu pasti bakal nanya – nanya… “kenapa jokowi?” menurut gw, jokowi sosok pemimpin yg santai dan tegas sehingga ia berprestasi dalam memimpin (hari gni gatau jokowi? cape deh…~). Sama halnya dengan Pak Dedi, ia berhasil meningkatkan prestasi SMKN 36 Jakarta dan akhirnya ia pindah menjadi kepala sekolah juga, tapi di SMKN 29 Jakarta. “prestasinya apaan aja gan di SMKN 36?” lu searching aja dah di google, banyak bgt gan..

So, gw bakal ngebahas beberapa poin tentang persamaan Pak Jokowi dan Pak Dedi.. So, Check this out~
1. Sama-sama santai tapi liat hasil

– Keduanya sama-sama tak berpenampilan seperti pemimpin umumnya, yang menggunakan jas kemana mana, mau pergi pake jas, mau kemana mana pake jas, ampe mau makan pake jas, asal keliatan rapi.. tapi, kedua terlihat santai mengenakan gayanya masing-masing, tak terlihat seperti pemimpin, walaupun mereka adalah seorang pemimpin besar.

2. Sama-sama ramah

– Gw sedikit heran ketika Pak Dedi mengulurkan tangannya duluan ketika berhadapan dengan taruna, gw sekolah selama 6 tahun dan udh singgah menemui beberapa guru di sekolah lain.. ga pernah liat guru kayak gtu. Sama halnya dengan jokowi, orang-orang mah ngasih sembako buat milih cagub, tapi pakdeh jokowi cuma ngasih kartu nama dan nmr telepon.. gw pikir sih klo ngasih sembako buat milih dia sama aja money politic tapi bkn bentuk uang langsung, tapi sembako dan seberapa banyak pemimpin yang ga mau ngasih identitas dirinya, seenggaknya nomor HP lah.. tapi pakdeh jokowi dan pak dedi enggak, dia ngasih dgn cuma-cuma..

Selengkapnya bisa disimak disini.

 


1 Comment

Jakarta lumpuh … tak segitunya deh, kami masih bisa bepergian

20130116-072853.jpg
Mass media hari ini kabarkan kemarin Jakarta lumpuh … Alhamdulillah, kemarin dari Cipinang saya ke Cempaka Putih terus ke Rawamangun tak jumpa dengan genangan air … Mungkin karena saya lahir di Jakarta, saya tahu daerah mana yang rawan genangan, lalu menghindar dari lokasi itu aman deh.

Beberapa tahun lalu, ketika mass media heboh banjir di Jakarta, sahabat saya di Toli-toli dan Bandung sering kontak saya bertanya kabar genangan air di Cipinang Muara, … Saya memang tinggal di Cipinang, tapi rumah kami berada di daerah yang tinggi sehingga aman dan tak pernah tersentuh banjir … Alhamdulillah, sejak Kali Banjir Kanal Timur selesai dibangun daerah sekitar kami aman dari genangan air.

Jika anda ingal di lua Jakarta, tak perlu heboh bayangkan Jakarta lumpuh … Itu cuma sebagian aja, daerah rendah yang dekat lintasan kali aja …. Di luar itu kami masih bisa beraktifitas lewat perencanaan jalur yg akan dilalui dan pengambilan keputusan yang tepat … Saya masih bisa kerja, makan siang di luar, mengantar istri tercinta …

Tapi bukan berarti Jakarta nyaman … Macet sekali pada jam-jam tertentu, kalo masih bisa mencari nafkah di luar Jakarta, ga usah ke Jakarta deh (lho, koq melatang orang ke Jakarta) …. Padaaat buangeeet Jakarta, dan agak kurang aman, masih banyak kejahatan …. Walau polisi berusaha berbuat banyak …. Tapi saya lagi senang juga, sudah agak lama tak terdengar tawuran pelajar …. Hujaaaan, dingiiin kali ya, sehingga anak sekolah pengen langsung pulang karena lapaaar, dan ga enak pula basah-basahan di jalan tus tawuran, takut sakit kaleee … Kalo gini jadi pengen hujan terus di Jakarta …. Supaya jarang ada tawuran pelajar …. Serba salah jadi orang yah …. Panaaas mengeluh, hujan susah tapi pengen jugaaa …. Gimana doooong, semoga anda dan keluarga dalam sehat selalu.

Foto: Republika online


10 Comments

Hanya konsen Ujian Nasional, anak sekolah tak disiapkan jadi Pemimpin #pendidikankarakter

20121222-065542.jpg
Faktanya, Jakarta dipimpin oleh orang dari luar Jakarta … Karena anak Jakarta tidakndipersispkan jadi pemimpin sejak di sekolah, lihat janji siswa yang dibaca dan diikutinoleh seluruh peserta upacara:

… MENJADI WARGA DKI JAKARTA YANG BAIK ….

Dan mereka semua hanya siap menjadi warga, sementara selama di sekolah mereka hanya di targetkan Lulus Ujian Nasional, sebagai prestasi tertinggi di Sekolah … Latihan Dasar Kepemimpinan diadakan beberapa kali dengan penekanan yang lebih rekreatif, bukan program yang sistematis membentuk pemimpin … tak sedikit sekolah yang melakukan LDK dengan menyerahkan murid-murid ke organisasi atau lembaga tertentu … Dan di sekolah hanya fokus pada Ujian Nasional … Jika sekarang kita krisis pemimpin, itu adalah hasil pendidikan di sekolah selama ini ….berubah yuuu


2 Comments

mengajar gunakan TEKNOLOGI INFORMASI bikin makin sedikit pohon ditebang buat bikin kertas, jadi guru canggih yuuu

20121228-060114.jpg

Sudah berapa banyak kertas yang anda gunakan sepanjang hidup anda? Sudah berapa batang pohon yang anda tanam sebagai pengganti pohon yang telah anda gunakan untuk pembuatan kertas?

Ini proses pembuatan kertas dari pohon, Secara garis besar ada 2 tahapan proses pembuatan kertas, yaitu;

Proses Pulping

Proses pulping atau pembuatan bubur kertas dapat diuraikan menjadi 9 bagian atau tahapan, sebagai berikut;

1· Woodyard – Dimana sebuah lapangan luas umumnya terbuka tempat menerima dan menyimpan kayu gelondongan yang selanjutnya proses pengkulitan, pemotongan kecil-kecil & penyaringan potongan kayu.

2· Barker – dalam proses penghilangan kulit kayu ini grlondongan kayu dimasukkan dalam “debarking drums”, gelondongan silinder berputar mengakibatkan gelondongan kayu ikut berputar dan bergesekan satu dengan yang lain melucuti kulit kayunya.

3· Chipper – mesin pemotong gelondongan kayu menjadi ukuran kecil yaitu kurang dari 2 cm dan setipis 1/2 cm.

4· Screen – diperlukan filter penyaring untuk memisahkan potongan kayu yang lebih besar dari target ukuran diatas, dan menghilangkan debu mesin potong yang tidak perlu.

5· Digester – prinsipnya seperti panci masak didapur tempat ibu atau istri anda masak. Potongan kayu yang disebut chips dimasak dengan suhu dan tekanan yang tinggi dalam suatu larutan kimia penghancur. Larutan dan proses masak ini akan melembutkan dan akhirnya memisahkan serat kayu yang diinginkan dari “lignin” yaitu unsur kayu semacam lem yang menahan serat kayu bersatu.

6· Chemical Recovery and Regeneration – proses sampingan kimia inorganik yang diolah ulang dari proses “memasak” sebelumnya, untuk memasak kembali. Bahan kimia buangan dari proses memasak sebelumnya masih dapat diproses ulang, tidak dibuang begitu saja.

7· Blow Tank – ibaratnya setelah selesai dimasak maka makanan disimpan dalam panci penyimpan untuk disajikan kemudian sesuai selera masing-masing individu, apa mau sedikit asin, manis, indah didekorasi dan lain sebagainya. Disini serat kayu sudah terpisah satu sama lain, secara resmi mereka sudah disebut pulp atau bubur kertas.

8· Washing – “mesin cuci” ini akan membersihkan sisa-sisa larutan kimia dan ligin yang masih tertinggal, yang dikirim keproses nomor 6 yaitu chemical recovery process. Ibaratnya saat anda masak nasi, maka beberapa kali anda mentiriskan air beras yang anda cuci sebelum dimasak supaya kotoran hilang. Harap diingat disini anda bukan bertujuan membuatnya menjadi putih bersih! Pada tahap ini bubur kertas secara alami berwarna coklat dan umunya digunakan untuk membuat kertas kantong dan corrugated box yang coklat.

9· Bleaching – proses pemutihan bubur kertas menggunakan kimia pemutih atau bleach, yang tujuan utamanya khusus untuk membuat kertas cetak atau kertas budaya. Jadi proses pemutihan sangat relatif tergantung pada jenis kertas yang akan dibuat.

Pulping Proses Dalam Skema Pembuatan Kertas

1. Proses membuat pulp atau bubur kertas; dari skema diatas dimulai dari “woodyard” sampai dengan proses pemutihan atau “bleaching”,

2. Proses membuat lembaran kertas; dimulai saat bubur kertas atau pulp mulai masuk ke mesin kertas atau paper mesin sampai dengan lembaran kertas tergulung rapi dalam gelondongan atau roll.

Pada prakteknya kedua proses besar diatas tidaklah perlu menjadi satu kesatuan proses dalam suatu pabrik kertas atau terintegrasi. Bukannya tidak umum suatu pabrik kertas harus membeli bubur kertas dari perusahaan pulp. Pabrik kertas tersebut hanya memiliki mesin kertas saja. Demikian pula suatu pabrik bubur kertas atas pertimbangan strategi bisnisnya, hanya mempunyai mesin “pulping” bubur kertas saja. Walaupun proses pembuatan pulp dan kertas adalah dua proses yang berbeda, namun mereka terkait erat satu sama lain dan saling mempengaruhi dalam proses dan produksi lembaran kertas. Seperti air sungai dimana air di hilir dipengaruhi oleh sumber di hulu.

20121228-060242.jpg

Ternyata mengajar gunakan TEKNOLOGI INFORMASI bikin makin sedikit pohon ditebang buat bikin kertas, jadi guru canggih yuuu


Leave a comment

Dedi ketemu Dedy Cobuzier di HITAM PUTIH TRANS 7 bahas GURU ERA BARU

Rekamannya tgl 3 Januari 2013, disiarkan 8 Januari 2012, bahwa di era digital, dimana murid sudah sangat terbiasa dg ssuatu yg memanfaatkan Teknologi Informasi, Guru harus mengajar dengancara barungunakan teknologi informasin media sosial spt yg digemari murid, supaya interaksi jadinlebih menggairahkan … Thx all for support

Nikmati lebih 400 video saya di YOUTUBE.


4 Comments

Sudah tahun baru lhooo …. Masih jadi Guru gaptek? Jadi guru era baru yuuuuu

20121226-063509.jpg
Saya guru, saya tidak gaptek
Saya punya laptop yang saya beli kredit
Saya mengajar pake power point gunakan in fokus
Saya tugaskan anak kirim tulisan lewat email

Saya perbaharui bahan ajar saya setiap semester
Saya browsing di internet cari materi baru
Saya menulis di blog
Saya tugaskan murid menulis banyak artikel di blog

Saya berinteraksi dengan anak lewat facebook
Saya menugaskan murid menulis kultwit di twitter
Saya membaca dan apresiasi kultwit yang di cc kan ke saya
Saya tak lagi meriksa tugas murid yang ditulis tangan

Saya tugaskan anak bikin video
Saya hubungkan dengan pelajaran saya
Saya minta mereka upload ke youtube
Saya nikmati Link nya yang dilaporkan di facebook dan twitter

Saya punya meja kerja bersih
Saya tak punya tumpukan tugas murid yang harus dikoreksi
Saya bertukar kabar dan cara ngajar dengan teman guru di luar kota
Saya juga berkorespondensi dengan guru di luar negeri lewat email

Saya ….
Saya ….

Sudah tahun baru lhooo …. Masih jadi Guru gaptek? Jadi guru era baru yuuuuu


8 Comments

Kurikulum 2013, CHEF JUNA dan Anda

SEMANGATNYA HEBAT

SEMANGATNYA HEBAT


Penggemar Kuiliner yang suka nonton Master Chef Indonesia pasti kenal Chef Juna
Melihat Juna memasak, berkomentar tentang masakan peserta kita tahu betapa hebat dia memasak
tahukah Anda awalnya dia adalah seorang Pilot yang kemudian bekerja sebagai juru masak
dengan tekad kuat dan keseriusannya dia mampu jadi Master di beberap Restoran Jepang dan Perancis di Amerika
Jadi Master Chief di Restoran Besar di Jakarta hingga jadi Juri di MAster Chef

Buat Juna, memasak adalah menikmati bahan-bahan yang akan dimasak,
Menikmati suasana dapur, gemerincing persentuhan metal, desis minyak menimpa penggorangan panas
Menyajikan dengan cara yang menarik, hingga penikmat masakannya merasa kenyang dan puas
Apapun bahan, aturan atau sistem dalam memasak buat Juna mungkin tak terlalu penting
Unsur MENIKMATI KERJA & MEMUASKAN PELANGGAN membuat dia selalu melakukan yang terbak yang dia bisa
dan dalam usia yang sangat muda, dia sudah jadi ahli di bidang Kuiliner

Apa hubungannya dengan Kurikulum 2012 dan Anda?
Berapa tahun Anda jadi Guru?
Berapa kali perubahan Kurikulum terjadi?
Berapa kali pula Anda mengubah cara kerja?
Selama Unsur MENIKMATI KERJA & MEMUASKAN PELANGGAN belum anda miliki
Anda takkan pernah berubah cara bekerja sejak awal jadi guru hingga kini
akibatnya, Anda tak dikenang oleh murid yang pernah anda ajar
Coba ingat: berepa persen anak anda yang LULUS UN datang pada anda anda dan ucapkan terima kasih?
Atau berapa banyak yang masih kontak anda hingga kini karena terkesan dengan kerja anda mendidiknya?

Perubahan Kurikulum bisa jadi sangat berarti atau biasa saja
tergantung Unsur MENIKMATI KERJA & MEMUASKAN PELANGGAN
bagi guru-guru yang terbisa dengan Unsur MENIKMATI KERJA & MEMUASKAN PELANGGAN
akan berubah sesuai tuntutan Kurikulum dan makin hebatlah mereka
Bagaimana dengan Anda?


11 Comments

DEDI meet DEDY COBUZIER di HITAM PUTIH tayang sore ini pk 18.00 WIB, simak ya

20130108-081957.jpg
DEDI meet DEDI COBUZIER di HITAM PUTIH talking ab GURU ERA BARU tayang sore ini, Selasa 8 Jan 13 pk. 18 WIB dont miss it.

Terima kasih buat tim kreatif HITAM PUTIH yang berkenan bersinergi, terima kasih juga buat Kak Dhea, Alam dan Ullan yang mendokumentasikan … Sore ini cuplikannya sudah bisa di lihat di Youtube … Semoga bermanfaat.


2 Comments

Biskota & Sekolah Kita apa bedanya coba? Apa peran anda?

Saat di buat Perusahaan Karoseri yang berperan,
Ketika mulai digunakan montir pastikan keadaan mesin selau baik,
Petugas kebersihan membuat nyaman bagian dalam bis,
Sopir mencoba mesin dan arahkan kemana jalan bis,
Asisten supir membantu temukan arah yang lebih cepat capai tujuan,
Penumpang duduk manis sambil ikut bantu jaga kebersihan atau kasih tahu jalan yang mulus.

Waktu tiba di tujuan pertama,
Penumpang turun
Petugas kebersihan bersihkan interior & eksterior bis,
Montir memastikan mesin dalam keadaan baik, olie & bensin cukup, rem berfungsi, dsb,
Supir dan asisten rencanakan jalur perjalanan berikutnnya.

Sekolah dibangun, PEMDA, Dinas atau Yayasan yang berperan,
Ketika mulai digunakan Guru-guru sesuai bidang tugas jalankan peran,
Petugas Kebersihan membuat nyaman sekolah luar dalam,
Kepala Sekolah tunjukkan kemana arah Sekolah,
Para Wakil, Katua Program atau Tim Manajemen membantu tepatkan & cepatkan menuju tujuan,
Guru bekerja mencapai tujuan bidang studi sambil membentuk budaya nyaman di sekolah,
Murid menikmati suasana nyaman sambil ikut serta jaga kebersihan & kenyamanan

Saat satu tujuan tercapai,
Misalnya setelah penerimaan murid baru,
Tujuan berikutnya harus dimulai, yaitu membentuk suasana belajar yang nyaman,
Dalam suasana sekolah yang bersih, saling sayang, bekerja sama, dll

Seperti halnya Biskota
Jika salah satu unsur tak bekerja dengan baik,
Misalnya penumpangnya buang sampah sembarangan, ribut tak karuan,
Maka suasana bis jadi kotor, tak nyaman, tak sehat.

Demikian juga Sekolah
Jika Guru dan Murid hanya mengajar & belajar saja
Tanpa ikut serta jaga kebersihan dan ketertiban
Maka sekolah jadi kotor tak nyaman, tak sehat

Semoga di sekolah anda tak ada lagi Guru-guru macam ini;
Yang tak peduli kelas kotor ketika mengajar,
Liat murid buang sampah sembarangan didiamkan saja,
Murid melanggar tata tertib dibiarkan,
Murid bawa senjata tajam tak peduli,
Murid tawuran dibiarkan, padahal dia mengajar di kelasnya,
….

Jika kebanyakan Bis di kota kita rusak akibat manajemen yang salah
Akankah sekolah-sekolah kita juga rusak akibat manajemen yang salah
Pedulikah kita?

20121217-080121.jpg

Apa jadinya jika warga sekolah tak kompak, seperti gambar Bis di atas.

Selamat pagi bapak, ibu guru, apa yang baru saja anda lakukan untuk naikkan kualitas diri anda sebagai guru yang sadar peran dan fungsinya … Berubah yuuuuk


Leave a comment

Dedi bicara ttg Guru Era Baru dengan Dedi Cobuzeir @HITAMPUTIH TRANS 7

20130104-065404.jpg
http://instagr.am/p/UBfMwrwRo6/

When DEDI met DEDY (COBUZIER) talking NEW ERA TEACHER

Guru Era Baru (GURARU) Award adalah penghargaan yang Saya terima Oktober 2012 dari ACER INDONESIA, sebagai usaha ACER mendorong Guru Indonesia untuk mengajar dengan menggunakan Sosial Media dan Teknologi Informasi … agar pencapaian tujuan hasil bisa lebih cepat dan prosesnya menyenangkan murid … Karena murid kini hidup di era teknologi canggih, sehingga guru juga harus faham dan bisa mengintergrasikan perkembangan zaman ke dalam proses belajar di sekolah.

Topik di atas dibahas di acara HITAM PUTIH TRANS TV yang rekamannya dilakukan di Studio Hanggar, kemarin sore 3 Januari 2013 … Terima kasih kepada Manajemen TRANS TV dan Tim HITAM PUTIH yang berkenan bersinergi dengan saya, semoga bermanfaat.

#1 @2013


2 Comments

Mengenang Dingin di Seoul, 30 Okt – 7 Nop 2012, Leadership Academy untuk Kepala Sekolah Asia-Pasifik, Thx God

FIRST DAY

Saya mewakili Kepala Sekolah Indonesia pada kegiatan Leadership Academy untuk Kepala Sekolah Asia-Pasifik yang ke-3 diadakan di Seoul pada 30 Oktober ~ 7 November 2012, yang diselenggarakan oleh APCEIU dan disponsori oleh Kantor Metropolitan Seoul Pendidikan. Selama Lokakarya 9-hari, kepala sekolah 32 dari 19 Anggota UNESCO Serikat kawasan Asia-Pasifik dieksplorasi untuk pemahaman yang lebih dalam dan lebih luas dari praktek pendidikan dan sistem sekolah di Asia dan Pasifik. Mereka membangun saling pengertian dan kerjasama untuk visi bersama pendidikan.

AT CLASSROOM

Terdiri dari kuliah, presentasi individu, diskusi kelompok, pameran sekolah, kunjungan sekolah, dan pengajaran EIU kelas, Akademi ini dirancang untuk mengoptimalkan lingkungan untuk berbagi pengalaman dan jaringan oleh kepala sekolah yang berpartisipasi. Peserta bertukar informasi tentang visi mereka tentang manajemen sekolah dan program sekolah khusus mereka, dan menegaskan perlunya peningkatan program pertukaran sekolah dan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Aksi rencana yang disusun oleh kelompok selama Akademi akan dimasukkan sebagai indeks utama untuk membangun dan memelihara jaringan sekolah APCEIU.

DI TAMAN

DI TAMAN

Saya diwawancara untuk publikasi Panitia, selengkapnya ada disini dan disana.

Saya sempat berkunjung Imjinkak, perbatasan dengan Korea Utara lihat jejak kepedihan perang dan ratapan penduduk negeri ginseng, alhamdulillah … terima kasih buat semua yang support.

pedih dan dingin terasa


Leave a comment

Guru produktif ciptakan penduduk negeri produktif

20121214-075605.jpg
Suasana tahun baru harus membawa perubahan buat sesuatu yang baru,
Coba ingat cara mengajar anda sebagai guru tahun lalu,
Apakah tahun lalu anda serius mengajar atau cuma sambil lalu,
Sehingga murid dan teman guru hormatnya pada anda tak terlalu

Ketika menilai murid akhir semester kemarin,
Apakah anda menilai berdasarkan kinerja atau hasil kerja murid
Atau cuma nembak dan kasih nilai sambil mengingat wajah dan kelakuannya di kelas
Hingga tercipta penduduk negeri yang tak produktif, gemar diam sepanjang hari
Karena terbiasa diam di sekolah tapi tetap dapat nilai dan lulus karena nyontek saat ujian

Ah … apa yang salah tahun lalu, lupakan aja yah
Mulai tahun ini usahakan memberi nilai berdasarkan hasil kerja murid
Upayakan memberi tugas kepada murid hingga mereka menghasilkan sesuatu
Sesuatu itu berupa produk atau hasil kerja yang bisa dilihat, diukur, dirasakan, …
Misalnya, Guru Bahasa memberikan tugas menuliskan sesuatu dan posting di blog murid
Tugas itu dilaporkan lewat facebook, twitter atau email guru
Guru memberi nilai setela melihat tulisan tayang di internet
Hasi kerja atau produksi murid bisa dilihat hingga puluhan tahun kemudian

Guru mata pelajaran Produktif di SMK sangat mudah
Tugaskan aja murid untuk membuat atau menghasilkan sesuatu
Murid menerima nilai setelah menghasilkan atau memproduksi sesuatu
Intinya, ada hasil pada proses belajar, soal apa hasilnya tergantung materi dan kreatifitas guru

Penduduk yang terbiasa bekerja hasilkan sesuatu saat sekolah
Ketika sudah dewasa akan terbiasa produktif
Terbiasa bekerja hasilkan sesuatu sesuai target perusahaan atau instansinya
Dan mereka akan peroleh kehidupan yang sejahtera karena produktif

Mari kita kurangi anak negeri
Yang senang duduk, nongkrong di ujung gang, pertigaan, jembatan layang, warung,
Atau di tempat tertentu berlama-lama tanpa hasilkan sesuatu
Lewat pembiasaan produktif di sekolah

Dan anda akan menjadi Guru yang dikenang Murid
karena kehebatan Anda memberi inspirasi buat kehidupan yang lebih baik …
Dan makin banyak Guru berkualitas di negeri ini deh


6 Comments

Miskin tapi tak miskin, ngakunya …

Orang bilang tanah kita tanah surga,
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

Kaya raya, gemah ripah lohjinawi
Semua ada, rejeki gampang, happy deh
Sejak lama, sejak kecil kita dibilang tak miskin

Coba lihat saat kampanye calon kepala daerah
Termasuk calon Gubernur di Ibukota Negeri Paman Besut
Kampanyanya Pendidikan dan Pengobatan Gratis buat rakyat miskin
Artinya mereka secara sadar faham bahwa ibukota negeri warganya miskin
Dan warga miskin yang dijanjikan itu akan memilihnya
Ternyata memang kemudian kampanye itu sukses

Perhatikan deh rakyat Ibukota
Mereka tak mau dibilang miskin,
Penempilannya keren, pakaian bermerek,
Pergi jauh sedikit enggan jalan kaki,
Ingin selalu berkendara, motor atau mobil,
Satu rumah punya beberapa kendaraan
Tak kerja mereka happy aja
Gembira nonglrong di ujung gang hingga malam terlewati

Orang yang tak mau dibilang miskin itu
Senang sekolahkan anaknya di sekolah yang gratis
Sementara mereka yang berpendidikan dan berpenghasilan lumayan
Sekolahkan anaknya di sekolah yang berbayar meski mahal

Karena pipis aja bayar, sekolah koq mau gratis
Dan sekolah negeri makin ditinggalkan orang-orang yang mementingkan kualitas
Sementara sekolah swasta berlomba lebihkan mutu
Aga jadi tempat masyarakat menuju

Orang tua murid sekolah negeri tak peduli kualitas
“nanti anaknya tidak naik lho”, guru ingatkan orang tua
“ah, ga apa-apa, biar mengulang aja … Kan gratis sekolahnya” jawab ortu itu
Dan para miskin itu semakin miskin krn tak punya mental berubah

Sementara yang kaya makin hebat
Karena kualitas anaknya semakin baik akibat pendidikan yang baik di sekolah berbayar

Saya jadi ingat lagu Bang Haji Rhoma Irama
“Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin …”
Nyanyi yuuu ….

20121213-175923.jpg


2 Comments

Terima kasih Om Jay, Om Darto, Ibu Hasanah & Ibu Ratu Tohimah, Anda komentator terbanyak Blog Saya th 2012

20130101-184122.jpg
Om Jay berkomentar 49 kali di blog Saya, disusul Om Darto, Ibu Hasanah dan Ibu Ratu Rohimah … Terima kasih, anda semua tercatat sebagai komentator terbanyak blog ini sepanjang 2012 … Terima kasih juga buat semua yang sudah komentar atau hanya berkunjung ke blog saya … Ini resume lainnya sepanjang 2012.

20130101-184533.jpg

20130101-184555.jpg

20130101-184607.jpg

20130101-184616.jpg
Alhamdulillah, saya posting 793 artikel sepanjang 2012 melangkapi total 2814 posting sejak 2005 … Jadi makin semangat lagi deh buat posting, semoga bermanfaat, terima kasih yah … Love u all.


2 Comments

Tak ada kebetulan dalam hidup, karena Allah telah membuat skenario buat kita, bersyukur aja yuuuu & lakukan yang terbaik supaya kita bermanfaat buat sesama, happy deh #pendidikankarakter

20121210-071438.jpgalhamdulillah anda ketemu tahun baru 2013, selamat yah … Coba deh susun daftar apa saj yang perlu anda syukuri, keberhasilan yang sudah dicapai, rejeki yang diterima dan berbagai kebahagiaan sejak Januari 2012 hingga Desember 2012 … Seberapa besarkah manfaat diri kita buat orang lain di sekitar kita? Berspa kali, berapa banyak kita kasih manfaat buat orang-orang di sekitar?

Coba deh buat daftarnya? lalu syukuri keberhasilan-keberhasilan anda … Seberapa kecilnya itu, apalagi jika banyak keberhasilan yang anda peroleh … Selamat yah … ketika anda bersyukur, maka Allah akan memberi nikmat lebih banyak lagi buat anda.

Saya bersyukur dan amat sangat berterima kasih pada Allah SWT, juga pada anda yang setia membaca blog ini, blog trainer kita, blog foto, dan blog video yang semua itu saya buat untuk mengisi waktu hidup saya yang cuma sebentar, semoga aja bisa bermanfaat memberi alternatif memandang persoalan dengan cara sedikit beda, karena sesungguhnya manusia tak pernah sama.

Setelah mendaftar pencapaian tahun lalu dan bersyukur, coba deh susun apa yang mau dicapat tahun 2013 … anak muda bilang RESOLUSI, tak perlu malu atau enggan, tulis aja sebanyak yang anda mau, minta ke Allah SWT, bukankah Allah maha pemilik segalanya … Niatkan semua dalam kebaikan maka energi dan arah hidup anda akan menuju ke keinginan dan Resolusi tahun ini.

Tak ada kebetulan dalam hidup, karena Allah telah membuat skenario buat kita, bersyukur aja yuuuu & lakukan yang terbaik supaya kita bermanfaat buat sesama, happy deh.