Monthly Archives: January 2022

4 Cara Menjaga Nama Baik Sekolah

Foto: pixabay.com

Masih suka mendengar ucapan:

“Jagalah nama baik sekolahmu … “

Siapapun kamu, menjaga nama baik sekolah itu adalah sesuatu yang luar bisa berat, bagaimanakah cara menjaga nama baik sekolah?

1. Susaaaaah, ga bisa. Coba deh bayangin, sekolah itu kan terdiri dari banyak hal, yaitu: tanah, bangunan, semua murid, semua guru dan karyawan, serta orang tua murid.

Berapa luas tanah sekolah kamu, berapa luas bangunan gedung sekolah kamu? Bagaimana kamu menjaga tanah dan bangunan sekolah kamu? Sementara kamu masih kecil, atau remaja. Bapak, Ibu guru kamu, termasuk Kepala Sekolah tak bisa menjaga tanah dan bangunan gedung, makanya mereka butuh penjaga sekolah atau satpam.

Berapa jumlah murid di sekolah kamu? Coba deretin nama semua murid di sekolah kamu termasuk nama bapak, ibu guru kamu, kira-kira berapa kilometer total panjangnya? Bagaimana kamu bisa menjaga semua nama itu agar tetap menjadi baik selama kamu jadi murid di sekolah kamu? Bisa kah?

Menjaga nama ratusan orang bahkan hingga ribuan, itu suatu hal yang mustahil, seperti menjaga piring beling tak pecah … ga bisaaaaa, susah beeeed, kalo kata anak sekarang.

Terus gimana dong cara menjaga nama baik sekolah?

Gampang guys … lakukan ini deh:

2. Kamu jaga nama baik dirimu sendiri aja deh, lakukan hal-hal baik yang membuat dirimu jadi baik, ga usah fikirin orang tua kamu, ga usah fikirin sekolah kamu, ga usah fikirin siapa-siapa, apalagi sesumbar demi nama baik bangsa dan negara … lebaaaaay.

3. Kalau punya skill atau keterampilan tertentu, bolehlah ikut kompetisi agar kamu bisa merasakan nikmatnya jadi juara, atau sebagai bentuk evaluasi atas keikutsertaan kamu dalam suatu komunitas atau kegiatan tertentu. Tak perlu dibebani dengan perasaan ingin menjaga atau mengharumkan nama baik sekolah. Nanti malah keberatan kamu dan ga bisa bergerak. Jalani aja, kalo menang nikmati sebagai hasil latihan atau bergabung dengan komunitas.

4. Kalau kamu baik, kamu berprestasi yang jadi baik adalah nama kamu, orang tua jadi ikut baik, dan sekolah kebawa-bawa, bangsa dan negara mah jadi otomatis.

Pernah jadi juara apakah dirimu?

Opak Banda Aceh

Menurut referensi, opak merupakan makanan khas sunda, jawa barat … saya menemukan opak di Pasae Seutui Banda Aceh Desember 2021.

Apakah perdagangan opak merambah dari jawa barat hingga ke aceh, atau itu opak khas banda aceh?

Anak Sekolah Bisa Taat Protokol Kesehatan?

Coba perhatikan, saat anda berada di tempat umum dan berjumpa dengan sekelompok atau beberapa anak sekolah, apakah mereka murid SD, SMP, SMA, SMK, bahkan Mahasiswa. Apakah mereka memakai masker?, menjaga jarak?

Apakah banyak sekolah yang dihentikan ptm dan kembali pjj karena banyak yang terinfeksi virus corona akibat lalai protokol kesehatan?

Teras Masjid Al Iman Cipinang Elok 280122

Di Masjid Al Iman Cipinang Elok Jakarta Timur pengurus madjid nya sangat tegas dan konsisten menerapkan protokol kesehatan hingga saat ini. Di dalam dan di luar masjid jamaah menjaga jarak, petugas berkeliling mengingatkan jamaah yang tak bermasker dan mengingatkan protokol kesehatan sebelum khotib berkutbah.

Memakai masker dan jaga jarak, sesuatu yang sebenarnya sangat mudah dikerjakan, tapi sulit dilakukan alasannya bisa beragam, kalo kamu?

Kupi Pahit & Kue Manis

Saat ke Aceh, saya selalu berusaha menyempatkan mampir ke warung kopi di pemukiman penduduk, apalagi yang terlihat ramai. Saya sangat menyukai vibes di warung kupi Aceh, rasa kupi dan makanan kecil atau makanan apa saja yang ada disana. Saya mencoba semua menu yang ada di warung kupi disesuaikan waktu kunjungan … semua endingnya ngupi, kalo kamu?

Cara Merayakan Hari Kartini di Era Pandemi

Bagaimana peringatan Hari Kartini di Sekolah Anda? Anak-anak naik sepeda, naik sepeda motor memakai kebaya, berbaris, upacara di lapangan, lomba masak, atau …… .?

Sejak di Sekolah Dasar, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi, juga di tempat kerja, hari Kartini diperingati dengan berkebaya,… apa sudah tepat? Lalu setelah peringatan eksistensi perjuangan Kartini dilupakan lagi?

Foto: twitter/hariprast0

Umumnya hari kartini dirayakan dengan cara semua murid dan guru mengenakan pakaian daerah atau kebaya plus upacara atau pentas seni. Apakah sesungguhnya prestasi kartini sehingga perlu diingat dan dirayakan hingga kini?

Kartini sering menulis surat kepada sahabatnya wanita Belanda berisi tentang berbagai hal mengungkapkan pendapat kartini mengenai kondisi wanita di Indonesia dan ide-ide bagaimana seharusnya wanita bersikap, berperilaku menurut kartini. Intinya, kehebatan kartini adalah dalam hal menuliskan isi hati, pendapat dan ide tentang wanita yang melampaui wanita Indonesia di zamannya.

Jika hari kartini dirayakan dengan berpakaian daerah, pegelaran musik dan lomba memasak mungkin yang tertanam di anak-anak negeri ini adalah bahwa kartini adalah wanita hebat yang berkebaya dengan keterampilan musik dan memasak. Bahwa kartini tampi berkebaya pada banyak dokumentasi foto yang ada adalah karena beliau lahir dan tinggal di tanah jawa yang pakaian sehari-harinya adalah kebaya. Jika kartini lahir dan tinggal di Papua pasti penampilan beliau tak berkebaya.

Bagaimana sebaiknya peringatan hari kartini di sekolah, agar warga sekolah faham tentang apa yang kartini prjuangkan zaman dulu? Berikut ini beberapa alternatif yang bisa anda pilih untuk menlakukan peringatan hari kartini di sekolah di era pandemi.

  1. Lomba menulis surat kepada ibu atau ibu guru untuk semua murid di sekolah. Berisi tentang ungkapan perasaan penulisnya mengenai kehidupan wanita yang dia lihat dan kehidupan wanita ideal yang dia bayangkan. Surat-surat di unggah di blog murid-murid sekaligus sebagai promosi sekolah dan kumpulan tulisan semua peserta sebaiknya dibukukan sebagai dokumentasi dan dibukukan.
  2. Lomba menulis ungkapan untuk wanita yang diunggah pada status facebook, twitter, path, blog, wattpad, website dan sosial media lainnya.
  3. Lomba foto bertema wanita yang diunggah di instagram dan dicetak untuk dipamerkan di sekolah.
  4. Lomba menulis masalah wanita yang diunggah di blog murid, kemudian dibukukan sebagai dokumentasi dan referensi.
  5. Lomba menulis lagu tentang perempuan yang liriknya dibukukan sebagai dokumentasi dan referensi serta videonya diupload ke youtube.
  6. Lomba menyanyi lagu bertema perempuan yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke youtube.
  7. Lomba menulis dan membacakan puisi bertema perempuan yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke youtube.
  8. Lomba musikalisasi puisi bertema perempuan yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke youtube.
  9. Pentas teater bertema perempuan yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke youtube.
  10. Lomba poster bertema perempuan yang diunggah ke instagram dan direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke tiktok dan youtube.
  11. Lomba jinggle bertema perempuan yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke tiktok dan youtube.
  12. Lomba iklan bertema perempuan yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke tiktok dan youtube.

Intinya, kegiatan yang diadakan harus punya hubungan dengan ide-ide menghebatkan perempuan dan menulis, lebih baik lagi jika disesuaikan dengan tren digital saat ini dan sosial media, yang hasilnya bisa dinikmati dalam jangka waktu yang panjang.

Punya ide lain? silahkan, intinya adalah murid dilatih menulis dan mengemukakan pendapat tentang apa saja serta mendokumentasikannya untuk dibaca oleh orang lain.

Jika di sekolah anda masih memperingati hari kartini dengan memakai busana daerah, peragaan busana, lomba tumpeng, lomba pidato, lomba memasak, itu berbeda dari yang dilakukan kartini, beliau menulis dan mengirimkan surat kepada sahabatnya di Belanda, kumpulan surat-suratnya itu yang dibukukan dengan judul “Habis gelap terbitlah terang”, apakah anda masih berada di tempat gelap?

Dulu Karyini berkebaya karena beliau tinggal di lingkungan yang pakaian sehari-harinya adalah Kebaya, dan prestasi terbesar kartini bukan kebaya, tetapi karena tulisan-tulisannya, hai para wanita, nulis yuuuu, happy deh, terima kasih telah berkunjung dan berkomentar.

Terima Kasih buat Murid yang Taat Prokes

Saya senang liat anak” yg slalu pake masker dan jaga jarak di skolah agar penyebaran popcorn tak makin menggila, jan ampe disuru pjj lagi deh, ga enak tauuu … nikmati keseruan ptm sambil selalu jalankan prokes, agar sehat selalu smua, kalo kamu?

Sessi Pertama Ngamen di 2022

Info lengkap training, seminar saya silahkan ke http://trainerkita.wordpress.com

Tawuran Pelajar: Mereka Tak Belajar, Tak Bisa Diajar

Dua tahun pandemi menghajar seisi bumi, membuat anak sekolah tak bisa belajar di rumah, proses belajar secara online menghadapi banyak hambatan sarana, prasarana, kompetensi, dsb. Orang tua menjerit tak mampu membimbing anak-anaknya belajar di rumah, murid-murid merasa tak ada semangat belajar karena hanya menghadapi gawai dan tak berjumpa teman serta guru-guru.

Januari 2022 jadi tonggak bersejarah pendidikan di Indonesia, pemerintah bersepakat bahwa pelajaran tatap muka di sekolah harus dilakukan di semua jenjang pendidikan walau dengan durasi waktu yang belum full, waktu belajar dikurangi, anak-anak sekolah pulang lebih cepat. protokol kesehatan ditegakkan secara konsisten.

Seharusnya para guru senang, orang tua senang, anak-anak senang dan idealnya, anak-anak semangat belajar di sekolah karena berjumpa dengan teman-teman, guru-guru berlanjut semangat mengulang pelajaran di rumah atau mengerjakan pelajaran yang belum selesai di ruang kelas.

Tetapi apa yang terjadi dengan sebagian anak-anak pelaku tawuran di atas? Bukan buku pelajaran yang dicari, teman dan sahabat baru untuk bersenang-senang di sekolah belajar dan berlanjut melakukan kegiatan ekstra kurikuler … mereka malah mencari musuh untuk ditancapkan clurit di kepalanya.

Jika anda guru, dan ada murid anda menjadi pelaku tawuran yang memakan korban itu? perhatikan baik-baik, bahwa murid pelaku itu sesungguhnya tak punya keinginan belajar secara online maupun offline. Anak-anak itu hanya senang memakai pakaian seragam sekolah untuk mendapat jatah uang bensin, uang jajan, izin membawa sepeda motor ke sekolah dan pulang ke rumah semaunya asal masih berpakaian seragam sekolah.

Pembelajaran offline maupun online yang dilakukan secara serius selama satu semester akan memunculkan potret semangat belajar murid yang sesungguhnya. Perhatikanlah pencapaian nilai hasil belajar para pelaku tawuran … hampir bisa dipastikan nilai mereka jelek-jelek bahkan banyak dari mereka yang tak punya nilai hasil belajar.

Anak-anak yang hasil belajarnya tak bagus harus dipanggil bersama orang tuannya untuk dilakukan konseling oleh wali kelas dan guru BK, yang jika berhasil akan merubah anak jadi lebih semangat belajar, dan mereka yang tetap tak bersemangat akhirnya menyatakan mengundurkan diri karena sesungguhnya tak memiliki semangat buat belajar atau tak mau sekolah.

Lewat belajar tatap muka, pengamatan semangat belajar lebih mudah dilakukan, kehadiran di sekolah setiap hari menjadi indikasi yang sangat jelas bahwa anak-anak itu punya semangat belajar atau tidak. Murid yang sering tak hadir belajar di sekolah mengindikasikan semangat belajar yang tak bagus. Guru, wali kelas dan guru BK harus segera mengambil tindakan melakukan konseling, mencari penyebab dan jalan keluarnya.

Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, tetapi kalau warga negara itu tak berminat belajar di suatu sekolah tak perlu dipaksakan, karena hanya akan menghabiskan waktu dan energi serta tak memberi manfaat arti buat warga negara itu. Barangkali ada motivasi lain dari warga negara atau anak murid yang bisa lebih berkembang di tempat atau komunitas lain dan bisa membuat kehidupan yang berangkutan jadi lebig baik. Misalnya dia bergabung dengan komunitas motor dan menjadi ahli modifikasi atau mekanik motor yang memberi penghasilan di masa depan. Bergabung dengan komunitas pedagang kaki lima, bisa jadi memberi pembelajaran bagaimana cara menjadi pedagang yang sukses di masa depan, yang mungkin itu tak mereka dapat di sekolah.

Jadi, intinya mah ga usah dipaksa … biarkan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan buat anak-anak yang mau sekolah, bagi anak-anak yang tak mau sekolah biarkan mereka memilih komunitas dan tempat berkegiatan sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Bagi murid pelaku tawuran yang melakukan perbuatan keji hingga membunuh orang lain, sebiknya diproses hukum penjara dan namanya diblack list tak bisa masuk ke sekolah manapun di seantero negeri. Seperti halnya orang yang punya utang di bank tak bisa lagi meminjam di bank lain karena namanya tercantum sebagai kreditur yang bermasalah. Cara black list ini juga bisa diterapkan pada murid pelaku tawuran agar jadi pembelajaran buat pelaku dan orang lain untuk tak melakukan tawuran lagi.

Kalau negeri ini terus tak tegas terhdap pelaku tawuran, jangan kaget kalo besok ada lagi tawuran yang menelan korban, mau sampai kapan?

301 Hari Ngeblog tanpa henti

Kok bisa? Bagaimana caranya?

Jadwalkan posting.

Saat sedang ada ide menulis tentang sesuatu, segera tuliskan secara ringkas, pendek-pendek saja, dua atau 3 paragraf cukup, jangan langsung terbitkan setelah kita tulis.

WordPress punya fasilitas menjadwalkan tulisan kita mau diposting kapan saja. Saya biasanya menjadwalkan tulisan untuk besok, lusa dan seterusnya sehingga saya punya cadangan tulisan yang akan tayang setiap hari, sehingga walaupun saya sedang tidak sempat menulis atau sedang tak punya ide untuk menulis, tulisan di blog saya tetp akan muncul setiap hari sesuai urutan jadwal yang sudah saya susun, kalo kamu?

Ekskul Dance SMKN 50 Jakarta Menari lagi setelah Pandemi

Good job Girls.
.
Saya sangat suka menikmati anak” yang mo kerja keras menghasilkan ssuatu lewat kerja sama dengan teman, guru dan expert, spt yang satu ini … mreka cyus bet latihan buat hasilkan karya tari yang menawan, kalo kamu?
.
@smkn_50 21 Januari 2021.
.
#ceritabaik
#kabarkankebaikan
#promosisekolah
#smkn50jakarta
#promosismkn50jakarta
#sekolahramahanak
#sekolahmenyenangkan
#sekolahhijau
#sekolahinstagramable
#schoolbranding
#osissmkn50jakarta

Bohemian Ngawur yang tak Ngawur Indomusicgram

Mengamati isi trending video di youtube isinya kontroversi, keributan, musibah, pamer harta, pamer kebaikan, bahkan becandaan yang divideoin saya jenuh. Akhirnya saya sering mampir ke channel indomusicgram yang isinya anak-anak muda dengan kemampuan musical dan suara yang bagus-bagus banget. Sering ada penyanyi terkenal ikut mengisi konten indomusicgram.

Lagu-lagunya sering tak terduga, kostumnya natural, tetapi garapan music dan vokalnya digarap sangat serius, apalagi penampilan akapelanya, ga ngawur kereeeen guys.

Teruslah produktif anak-anak muda, semoga kalian bisa jadi pemusik atau penyanyi yang ngetop markotop dan tak menyalahgunakan narkoba, juga ga mabok, kerana masa depan itu indah layak untuk dinikmati, seperti karya-karya music kamu yang sudah dinikmati oleh jutaan orang, stay safe guys.

Achievement, 15 tahun Ngeblog di WordPress

Rabu 18/1 saya mendapat notif dari wordpress.com bahwa saya sudah 15 tahun ngeblog di wordpress, alhamdulillah.

Sebuah pencapaian yang jadi terasa ringan karena selalu banyak pengunjung yang singgah di blog ini, yang sekarang mencapai lebih dari dua juta kunjungan.

Terima kasih kepada wordpress.com yang telah memberi pelayanan dengan baik, terima kasih juga kepada anda, pengunjung blog saya, semoga bermanfaat.

Bayangan Siang Malam

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Desembet 2021.

Cara Mengatasi Khawatir & Gugup saat Presentasi

Ada teman saya yang bertanya via chat setelah beberapa kali ikut sessi secara online, begini pertanyaanya:

“Saya melihat tampilan bapak begitu tenang dan ngalir. Bpk tdk pernah punya rasa khawatir dan selalu tenang nampaknya. Apa kuncinya pak?”

Jawaban Saya begini:

“Kekhawatiran selalu ada, itu bermanfaat, krn saya harus tau apa yg diinginkan panitia yg ngundang sy, apa tujuan sessi sy, dari situ sy menyiapkan materi, strategi, riset, bikin slide dan latihan utk mengatur plotting waktu ssuai jadwal, dimana hrs ada opening kontent, dialog/tanya jawab dan closing.”

Dokumentasi sessi seminar dan training saya bisa anda simak di http://trainerkita.wordpress.com

Pantai Pulau Weh

Desember 2021

Interior Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Desember 2021

Naik Becak di Aceh

Becak, becak coba bawa saya …

Sunset Lhoknga Aceh

Hidup itu adalah perjalanan yang meninggalkan jejak, ada yang mengelola jejak secara baik sehingga bisa dinikmati oleh anak, cucu dan orang sedunia, ada yang membiarkan jejaknya berserakan entah dimana, saya mendokumentasikannya di beberapa blog, kalo kamu?

Si Miskin Pake Narkoba?

Temen ngajak baok, bilang aja mo bokeeeer .. itu alasan yang paking gampang untuk memghindar ajakan mabok atau pake narkoba.

Karena kalau kamu bilang mau boker atau buang air, tak ada tang bisa menahanmu … jika merrka bilang boker aja dilokasi (krn ada toilet dimana kamu berada) bilang lagi bahwa kamu ga bisa boker di mana aja, cuma di toilet langganan aja … pasti mereia yang mengajak kamu mabok, mengijinkan kamu pergi.

Ga cuma artis, orang kaya, orang biasa, orang miskin, orang pintar, pejabat negara, penjahat kampung, semua orang bisa kecanduan narkoba.

Bahaya dan Dampak Narkoba pada Hidup dan Kesehatan

Peredaran dan dampak narkoba saat ini sudah sangat meresahkan. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat. Tak kenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat berbahaya ini.

Meski ada beberapa jenis yang diperbolehkan dipakai untuk keperluan pengobatan, namun tetap saja harus mendapatkan pengawasan ketat dari dokter. Ada banyak bahaya narkoba bagi hidup dan kesehatan, di antaranya adalah:

Dehidrasi

Penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang. Akibatnya badan kekurangan cairan. Jika efek ini terus terjadi, tubuh akan kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Jangka panjang dari dampak dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Halusinasi

Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja. Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus.

Pemakai yang menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih, efeknya justru membuat tubuh terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang drastis. Beberapa kasus si pemakai tidur terus dan tidak bangun-bangun. Hilangnya kesadaran tersebut membuat koordinasi tubuh terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Dampak narkoba yang cukup berisiko tinggi adalah hilangnya ingatan sehingga sulit mengenali lingkungan sekitar.

Kematian

Dampak narkoba yang paling buruk terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan overdosis. Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat menimbulkan kematian. Inilah akibat fatal yang harus dihadapi jika sampai kecanduan narkotika, nyawa menjadi taruhannya.

Gangguan Kualitas Hidup

Bahaya narkoba bukan hanya berdampak buruk bagi kondisi tubuh, penggunaan obat-obatan tersebut juga bisa mempengaruhi kualitas hidup misalnya susah berkonsentrasi saat bekerja, mengalami masalah keuangan, hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian jika terbukti melanggar hukum.

Pemakaian zat-zat narkotika hanya diperbolehkan untuk kepentingan medis sesuai dengan pengawasan dokter dan juga untuk keperluan penelitian. Selebihnya, obat-obatan tersebut tidak memberikan dampak positif bagi tubuh. Yang ada, kualitas hidup menjadi terganggu, relasi dengan keluarga kacau, kesehatan menurun, dan yang paling buruk adalah menyebabkan kematian. Karena itu, jangan coba-coba memakai barang berbahaya tersebut karena resikonya sangat tinggi bagi hidup dan kesehatan.

Silahkan minta diceritain sama orang negeri ini yang pernah dipenjara, bagaiamana suasana didalamnya … buat orang tajir melintir aja menyengsarakan, apalagi buat kamu yang kismin, sementara akibat make narkoba yang bikin kesehatan kamu terganggu itu makin hari makin parah dan bisa kamu perkirakan bagaimana pelayanan kesehatan di penjara?

Mereka yang hidupnya tajir melintir pada jadi susah, paranoia, mati over dosis, nyungsep deh … kalo yang kismin coba” make narkoba … sama aja minta mokat lebih cepat, kalo kamu?
.
#narkoba
#dontusedrugs
#jauhinarkoba
#hidupsehat

Memotret Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Mengunjungi Aceh pertama kali 2011 saya sampai mempersiapkan dua kamera slr dengan lensa standar, wide & tele yang dikemas dalam satu tas, jadi berat gitu bawanya … tapi kemarin 2021 ga lagi, cuma pake hape saya kembali mengcapture lokasi favorit di Aceh, kalo kamu?

Jenuh Trending Youtube, Nikmati Indomusicgram

Mengamati isi trending video di youtube isinya kontroversi, keributan, musibah, pamer harta, pamer kebaikan, bahkan becandaan yang divideoin saya jenuh. Akhirnya saya sering mampir ke channel indomusicgram yang isinya anak-anak muda dengan kemampuan musical dan suara yang bagus-bagus banget. Sering ada penyanyi terkenal ikut mengisi konten indomusicgram.

Lagu-lagunya sering tak terduga, kostumnya natural, tetapi garapan music dan vokalnya digarap sangat serius, apalagi penampilan akapelanya, kereeeen guys.

Teruslah produktif anak-anak muda, semoga kalian bisa jadi pemusik atau penyanyi yang ngetop markotop dan tak menyalahgunakan narkoba, juga ga mabok, kerana masa depan itu indah layak untuk dinikmati, seperti karya-karya music kamu yang sudah dinikmati oleh jutaan orang, stay safe guys.

Trigonometri Sudut Lancip

Assalamualaikum Guys.

Alhamdulillaaaah banget, kita udah bisa ketemuan di kelas, saya bisa melihat ekspresi kamu saat menerima pelajaran dan langsung bisa berdialog kalo ada yang perlu ditanyakan, warbyasa banget yaaa … semoga keadaan terus membaik dan sekolah-sekolah di dunia bisa masuk 100 persen terus.

Saya agak kurang sehat nih sehingga ga bisa hadir di kelas kamu, silahkan ke perpustakaan sekolah atau pinjam buku paket mtk disana terus pelajari topik dengan panduan video do bawah ini:

Kalo udah paham, silahkan kerjakan soal-soal latihan di bawah ini terus kamu kerjakan bersama kelompok mtk di kelas kamu. Kalo ada yang perlu ditanyakan silahkan japri saya, stay safe ya guys … omicron makin banyak nih … smg kita sehat smua, love u much.

Data orang yang terinfeksi omnicorn makin banyak di Jakarta, jadi tetap kita jalankan prokes; jaga jarak, pake masker, jauhi kerumunan, jaga asupan gizi, makan yang bagus, dan olahraga yang cukup, love u guys.

8 Tips On How To Make Your House Smell Better

Do you ever walk into a room, and it smells bad? Or worse, do you live with someone who doesn’t seem to care about the way their house smells? Don’t worry! There are plenty of ways to make your house smell better. In this article, we will discuss eight tips on making your home more […]

8 Tips On How To Make Your House Smell Better

Snorkling Pulau Weh Aceh

Berbekal mie instant mentah tanpa bumbu akan mengundang ratusan ikan hias mendekat ke kamu di laut lepas, posisi di Pantai Rubiah Sabang pertengahan Desember 2021

Jejak Pak Dedi

Hidup itu adalah perjalanan yang meninggalkan jejak, ada yang mengelola jejak secara baik sehingga bisa dinikmati oleh anak, cucu dan orang sedunia, ada yang membiarkan jejaknya berserakan entah dimana, saya mendokumentasikannya di blog ini dan http://trainerkita.wordpress.com, kalo kamu?

Pak Dedi Baca Puisi Lagi

Alhamdulillah … Saya membaca puisi sejak 1974, waktu itu orang-orang menyebutnya Deklamasi, saya sering diikutkan lomba Deklamasi mewakili SD Mekarsari, secara berjenjang mengikuti lomba Deklamasi tingkat Kecamatan Kebayoran Baru saya jadi juara berlanjut ke tingkat Jakarta Jakarta Selatan saya juara juga hingga ke tingkat DKI Jakarta Saya sering menjadi juara, beberapa kali saya mengikuti PESTA SENI SEKOLAH DASAR tingkat Propinsi hingga tingkat Nasional sebagai Deklamator.

Ketika di SMPN 19 Jakarta (1977 – 1980) saya beberapa kali tampil berdeklamasi di kelas atau kegiatan sekolah. Hal ini terekam panjang dalam ingatan sahabat saya Ismayanti (Maya) yang dulu langganan jadi juara umum satu angkatan setiap semester pembagian raport dan saya tak pernah bisa mengalahkannya hingga lulus SMPN 19 Jakarta. Maya merekomendasikan saya kepada panitia hingga diundang untuk membacakan puisi hari ibu, Kamis 23 Desember 2021. Saya mendapat kehormatan membacakan dua puisi yaitu: Ibu, karya KH. A. Mustofa Bisri dan Ibu Kota – Kota Ibu, karya Remy Sylado. Jika anda tertarik dengan puisi-puisi itu, silahkan mengunduh di bawah ini:

Tahun 80-an kegiatannya berubah nama menjadi Lomba Baca Puisi, bedanya cuma dalam hal penampilan yang bisa membawa teks, lainnya persis sama dengan Deklamasi, ada penilaian vocal, artikulasi, penghayatan, teatrikal, dsb. Saya mengikuti berbagai lomba baca puisi tingkat propinsi, Jabodetabek hingga tingkat Nasional.

Penampilan Saya bisa anda nikmati di posisi waktu 1.40.00.

Terima kasih kepada Bapak Elza Peldi Tahir, Direktur Lemabaga Masyarakat Indonesia dan semua panitia yang support sessi baca puisi saya.

Ini jejak saya yang ke 1253 sejak 1990, jika ingin tahu jejak-jejak yang lain silahkan mampir kesini.

Silabus MTK Kls X SMK DKI Jakarta

Assalamualaikum Guys.

Alhamdulillaaaah banget, kita udah bisa ketemuan di kelas, saya bisa melihat ekspresi kamu saat menerima pelajaran dan langsung bisa berdialog kalo ada yang perlu ditanyakan, warbyasa banget yaaa … semoga keadaan terus membaik dan sekolah-sekolah di dunia bisa masuk 100 persen terus.

Apa aja materi mtk yang bakal kita pelajari di kelas bisa kamu donlot di bawah ini:

Kalo udah donlot silahkan ke perpustakaan untuk bisa memulai belajar materi pertama semester ini dengan kelompokmu, simak materi Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku lalu mengerjakan soal-soal Latihan pertama yang nomor genap aja dan soal-soal latihan yang kedua nomor ganjil aja. Tetap jalanjan prokes, pake masker jan jaga jarak ya guys, supaya kita sehat terus.

Pada pertemuan selanjutnya kita bahas di kelas yaa, love u all.

Pelabuhan Ule Lheu Banda Aceh

On the way menuju pulau weh … Desember 2021

Warung Kupi Aceh

Mengunjungi Aceh saya selalu tertarik dengan budaya ngopi penduduknya, sehingga saya selalu menyempatkan singgah di berbagai warung kopi disana untuk menukmati suasana dan rasa … kalo kamu?

Kerupuk

Indonesia tuh sorga buat penikmat kerupuk, ada ratusan jenis bisa kita nikmati, warnanya merah, kuning, hijau, dilangit yang biru, tinggal pilih aja mau yang mana, siapkan minyak goreng … sreng, sreng, sreng deh, kalo kamu suka yang mana?

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Saya selalu ingin kesini jika berkunjung ke Aceh, kalo kamu?

Pantai Indonesia itu

Pulau Weh 191221

Luar biasa sekali, nikmati laut yang terdekat dari rumahmu lalu berenang atau naik perahu menjauh dari pantai agar kita tahu betapa hebatnya pencipta alam ini mengendalikan air dan membiarkan air memberi manfaat buat penduduk bumi, kalo kamu?