Tangga

Pada suatu Jumat di Masjid Raya Palapa Pasar Minggu Jakarta Selatan

Bilangan Bentuk Akar

Assalamualaikum Guys.

Terima kasih buat kamu yang sudah menjawab telepon saya, jika kamu sedang tak memegang HP atau sedang tak ada paket data saat saya menelpon tolong segera chat saya setelah melihat ada misscall dan punya paket data. Kamu yang tiga kali berturut-turut tak menjawab telepon saya dengan alasan yang tidak tepat akan mendapat hadiah “sesuatu”.

Semoga saat baca posting ini kamu sudah mandi, sudah sarapan dan happy belajar jarak jauh, pada perjumpaan kali ini, silahkan lakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Buatlah foto dirimu tersenyum lebar dengan hasil pekerjaan matematika pertemuan yang lalu (5 soal), seperti contoh di atas.
  2. Silahkan kamu mengisi daftar hadir yang membuktikan kehadiran kamu di kegiatan belajar Mtk pada form absen dengan melampirkan foto diri kamu tersenyum lebar memperlihatkan hasil latihan Mtk pertemuan sebelumnya yang link nya bisa kamu buka disini.
  3. Tolong simak paparan materi bilangan berpangkat pada video di bawah ini.

4. Jika kurang jelas, kamu bisa lihat contoh soal-soal beserta penyelesaiannya disini.

5. Setelah faham, silahkan kamu kerjakan soal-soal ASAH KEMAMPUAN di kiri dan kanan buku Mtk (dua soal, tapi beranak) pada foto di bawah ini.

Selama jam pelajaran Mtk saya akan menelpon beberapa dari kamu, tolong dijawab yaaaa … saya mau dengar suara kamu, kita kenalan dan ngobrol apa aja gitu … supaya seperti berada di sekolah kita bisa saling mendengar suara satu sama lain sambil melihat wajah di PP whatsapp kamu, tolong PP nya menggunakan wajah (pasang wajah kamu sendiri) dan nama kamu yang asli supaya kita bisa cepat saling kenal.

Kalo ada pertanyaan atau perlu komunikasi dengan saya silahkan DM di instagram, kalo mau bicara bisa kontak saya via WA, stay safe ya guys …. makasih.

Bilangan Berpangkat (2)

Assalamualaikum Guys.

Semoga saat baca posting ini kamu sudah mandi, sudah sarapan dan happy belajar jarak jauh, pada perjumpaan kali ini, silahkan lakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Buatlah foto dirimu tersenyum lebar dengan hasil pekerjaan matematika pertemuan yang lalu (5 soal), seperti contoh di atas.
  2. Silahkan kamu mengisi daftar hadir yang membuktikan kehadiran kamu di kegiatan belajar Mtk pada form absen dengan melampirkan foto diri kamu tersenyum lebar memperlihatkan hasil latihan Mtk pertemuan sebelumnya yang link nya bisa kamu buka disini.
  3. Tolong simak paparan materi bilangan berpangkat pada video di bawah ini.

4. Jika kurang jelas, kamu bisa lihat contoh soal-soal beserta penyelesaiannya disini.

5. Setelah faham, silahkan kamu kerjakan soal-soal nomor ganjil di bawah ini.

Selama jam pelajaran Mtk saya akan menelpon beberapa dari kamu, tolong dijawab yaaaa … saya mau dengar suara kamu, kenalan dan ngobrol apa aja gitu … supaya seperti berada di sekolah kita bisa saling mendengar suara satu sama lain sambil melihat wajah di PP whatsapp kamu, tolong PP nya menggunakan wajah dan nama kamu supaya kita bisa cepat saling kenal.

Kalo ada pertanyaan atau perlu komunikasi dengan saya silahkan DM di instagram, kalo mau bicara bisa kontak saya via WA, stay safe ya guys …. makasih..

Burung itu Menangis, Bukan Berkicau

foto: tempo.co

Seekor burung tak henti berkicau dengan suara yang nyaring. Dia terus berkicau sejak matahari terbit hingga malam telah larut.

Pemilik burung senang sekali memiliki hewan peliharaan, kandang yang bagus berharga mahal dibeli untuk memelihara burung. Diberinya makanan terbaik menurut penjual makanan burung, ada tambahan vitamin diberi secara periodik. Ketika pemiliknya libur kerja, burung itu dimandikan dengan cara disemprot air, lalu kandang diletakkan di tempat yang panas agar bulu burung cepat kering.

Pemilik burung mungkin tak tahu bahwa burung mirip manusia yang bisa bosen jika selalu mangkonsumsi makanan yang sama, burung bisa bebas memilih makanan di alam bebas. Burung juga tak suka berjemur, karena ketika mereka mandi di sungai atau basah kehujanan, cuma dengan terbang sebentar buku-bulunya bisa langsung kering.

Burung pasti kepanasan saat dijemur setelah dimandikan pemiliknya sementara burung tak bisa berlindung dibalik pohon rindang agar terlindung dari sinar matahari.

Pemilik burung mengikutsertakan buungnya pada kontes atau lomba . Burung yang berkicau keras tak berhenti menjadi juara dan memdapat hadiah jutaan. Pemilik burung sangat swnang  burungnya menjadi juara yang menaikkan harga jual burung itu.

Pemilik burung senang sekali burungnya tak henti berkicau dengan suara yang nyaring. Padahal sesungguhnya burung itu sedang menangis berteriak-teriak berbicara pada beberapa ekor anaknya yang baru menetas. Burung itu meratapi nasibnya tertangkap saat mencari makan untuk menyuapi anak-anaknya yang belum bisa mencari makan sendiri.

Burung itu menangis, meminta maaf pada anak-anaknya tak bisa pulang ke sarangnya untuk menyuapi anaknya, dia terus berteriak berharap anak-anaknya mendengar atau ada burung lain yang berbaik hati memberi makan anaknya.

Kamu suka pelihara burung?

Bunga Merah

Saya suka bunga dan tanaman apa aja kerana menanam di bank bunganya tak muncul tergerus  ongkos admin, kalo kamu?

Tangga Masjid Raya Palapa Pasar Minggu

Masjid Raya Palapa Pasar Minggu Jakarta Selatan, Juni 2021. Saya senang sholat di masjid ini karena lingkungannya asri, pohom tumbuh lebat di sekeliling masjid, ada lapangan bola dikelililingi pohon-pohon besar.

Saat pagi dan siang hari, pilihan kulineranya beragam membuat saya bisa memilih apa saja yang mau saya santap.

Pagi hari ada pilihan bubur ayam, nasi uduk, ketupat sayur padang, dsb. Siang hari saya biasa menikmati ketoprak Mas Wanto, ada pilihan soto ayam, gado-gado, bakwan malang, dsb.

Di sudut lapangan bola ada sekumpulan kuliner terdiri dari nasi padang, gado-gado, sate madura, es kelapa dengan toping alpukat, jeruk, dsb … saat belum koronce hari sabtu dan minggu pagi ramai orang berolahraga di lapangan bola itu ditemani bazar atau pasar kaget yang jualan aneke kebutuhan masyarakat, olah raga yuuuuk?

Bilangan Berpangkat

Assalamualaikum guys, smg saat ini kamu sehat, sudah mandi, sudah sarapan dan siap buat belajar sebagai tugas utama seorang pelajar …. alig guys, masa sudah ada yang mengundurkan diri dari sekolah … orang mah susah-susah cari sekolah negeri, eh dia sudah dapat sekolah negeri malah cabut … ah, biarlah, mungkin dia lelah terlalu lama maen ama kupidah.

Perhatikan cara kakak kelas kamu di atas yang sudah sukses selajar tahun kemarin sehingga mendapat nilai yang bagus. Kalo sudah, silahkan simak video materi belajar kita di bawah ini:

Kalo kurang ngerti, silahkan kamu ulangi lagi tonton videonya.

Contoh-contoh soal dan penyelesaian bisa kamu pelajari disini.

Kalo semua kegiatan di atas sudah kamu lakukan, kerjain deh soal-soal latihan di bawah ini:

Silahkan kerjakan di buku latihan kamu soal-soal No. 1 sampai 5 (yang sebelah kiri).

Setelah mengerjakan soal latihan, silahkan kamu mengisi daftar hadir yang membuktikan kehadiran kamu di kegiatan belajar Mtk pada form absen dengan melampirkan foto diri kamu menggunakan baju seragam dan masker yang link nya bisa kamu buka disini, seperti foto-foto di bawah ini.

Kalo ada pertanyaan atau perlu komunikasi dengan saya silahkan DM di instagram, kalo mau bicara bisa kontak saya via WA, stay safe ya guys …. makasih.

Pemulung yang Beruntung

Bokis, nama anak muda penduduk negeri paman besut, umurnya 25 tahun tak pernah sekolah, merantau dari kampung halamannya yang berjarak sekitar 300 kilometer setelah hidup susah berkepanjangan. Sejak masih anak-anak ikut membantu orang tuanya di sawah, di kebun dan kerja apa saja yang dilakukan orang tuanya. Menanam padi butuh waktu berbulan-bulan dan setelah panen harga jualnya tak bisa menutupi biaya pembelian pupuk, apalagi membayar lelah atau keringat yang mengalir, beras hasil panen disimpina di gudang rumah untuk dikonsumsi sekeluarga.

Menanam berbagai buah seperti, bawang, cabe, pete atau apa saja selalu berakhir dengan pedih. Saat masa petik tiba sepertinya berbarengan dengan masa paceklik atau harga turun, berbagai hasil tanam sering punya harga seragam, hanya seribu kepeng per kilogram atau seribu kepeng untuk satu buah pete. Padahal di warung dekat rumah Bokis harga pete dijual jauh dari harga itu. Jika keluarganya tak mau menjual dengan harga seribu kepeng, maka hasil tanam akan jadi busuk … hasil kerja keras ayah, ibu dan Bokis hampir selalu berakhir dengan kepedihan.

Saat malam tiba, Bokis beristirahat menjelang tidur menonton tayangan televisi. Dia terpesona dengan gaya hidup orang kota yang terlihat sangat nyaman hidup di gedung-gedung tinggi yang mewah dengan pemandangan ibukota yang megah, menyantap makanan yang terlihat sangat nikmat. Suasana jalan raya ibukota yang selalu macet penuh dengan kendaraan yang tampak nyaman. Bokis mendengar cerita dari tetangga-tetangga di kampungnya yang mudik saat hari raya, bahwa mencari uang di ibukota sangat mudah.

Sejak tiga tahun yang lalu Bokis membulatkan tekad merantau ke ibukota negeri paman besut mengikuti salah satu tetangganya di kampung yang ternyata menjadi pemulung barang-barang bekas di ibukota. Bokis mengawali hidupnya di ibukota dengan mengikuti tetangganya berjalan berkeliling ibukota negeri berbekal karung besar mengumpulkan barang-barang berkas di pinggir jalan, di tempat sampah. Saat beristirahat di tempat yang teduh bokis sangat terkejut karena tiba-tiba ada beberapa penduduk yang menggunakan mobil atau motor memberi makanan berupa kue, nasi bungkus atau uang. Sering mereka tak perlu membeli makanan sehari itu karena pemberian orang yang tak dikenalnya sudah mencukupi kebutuhan konsumsi perutnya hari itu.

Setelah merasa berani, Bokis menjalani profesi memulung sendiri dengan mengambil route perjalanan berbeda dengan tetangga yang mengajaknya ke ibukota. Bokis sering memulung di sekitar apartemen dan rumah susun karena perolehan barang bekas sering mudah di dapat dalam jumlah yang sanyak.

Suatu ketika Bokis berniat memulung di sebuah komplek rumah susun, tetapi langkahnya terhenti di pintu gerbang karena tak diizinkan masuk oleh petugas berseragam militer yang dilengkapi dengan senjata laras panjang.

“Mengapa Saya tak beoleh masuk Pak?” tanya Bokis pada petugas yang berjaga.

“Ini daerah isolasi untuk orang-orang yang sedang kena penyakit menular”. jawab penjaga itu.

Bokis menjauh, sambil beristirahat dia melihat banyak sekali orang yang melakukan aktifitas di luar rumah susun. Ada yang senam, joging, bermain bola, duduk-duduk, dsb. Mereka terlihat bergembira dengan pakaian olahraga warna-warni. Tiba-tiba mereka menghilang semua dari halaman rumah susun.

“Kemana orang-orang tadi Pak?” Bokis mendekat ke penjaga.

“Saat ini waktunya mereka sarapan pagi”.

Di berita televisi Bokis mengetahui bahwa rumah susun itu menampung ribuan penduduk yang terinfeksi penyakit menular, Dia melihat tempat tidur dan kamarnya sangat nyaman dihuni orang-orang yang sakit. Terlihat saat mereka menerima nasi box konsumsi makan jatah mereka, dan dari ngobrol-ngobrol Bokis dengan sesama pemulung Dia dengar jika selama dirawat di rumah susun itu penduduk tak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Sementara Bokis selama ini selalu tinggal di rumah yang tak nyaman di desa, tidur di emperan toko atau kantor selama tiga tahun di ibukota, makan makanan sisa atau pemberian orang. Hasil memulung terjual dengan harga yang sangat murah walau jumlahnya membuat satu unit mobil bak penuh menjulang.

Bokis berniat ingin merasakan tinggal di rumah susun untuk bahan cerita saat nanti pulang ke kampung halaman. Dia menyiapkan dua stel pakaian dimasukkan dalam tas kecil yang dibenamkan ke dalam karung tempat menampung barang hasil pulung setiap hari.

Suatu hari Bokis melihat ada kermaian yang tak biasa dari kejauhan, tampak banyak warga bergerombol tak sedikit yang memakai pakaian seragam, tentara, polisi, dokter dan seragam lainnya. Ada tenda-tenda dan antrian orang, Dia letakkan karungnya di sudut depan rumah penduduk setelah mengambil tas kecil berisi dua stel pakaian.

Saat melewati tenda-tenda itu Bokis dihentikan petugas di diminta mengantri bersama orang-orang lainnya, ternyata sedang dilakukan pemeriksaan untuk penduduk ibukota yang melewati jalan itu. Bokis di tes, dan setelah menunggu lebih kurang dua jam hasilnya diketahui Bokis positif terinfeksi, lalu dia diminta ke tenda lainnya untuk pemeriksaan dokter, hasil pemeriksaan dokter Bokis sudah menampakkan gejala agak berat dan harus segera diisolasi di rumah susun.

Bokis tak menolak, dia bersama beberapa penduduk yang punya gejala serupa langsung dibawa ke rumah susun tempat isolasi, Dia ditempatkan di lantai 24.

Boris senang sekali mendapat kamar dengan satu tempat tidur, Dia tinggal sendiri. Kamar mandi adalah fasilitas pertama yang dinikmati Boris, sabun dan shampo sudah tersedia. Boris mandi berbalut kemewahan karena selama tiga tahun diibukota dia hanya mandi di pom bensin beberapa hari sekali, karena penjaga pom marah jika Dia setiap hari datang untuk mandi disana.

Setelah mandi dia ganti baju dan rebahan, tempat tidur paling mewah yang dia pernah rasakan sepanjang hidupnya, membuatnya terlelap hingga hari gelap dan saat bangun dia melihat ke jendela sebuah pemandangan luar biasa yang tak pernah dia lihat, cahaya lampu menyiram ibukota, Dia melihat tempatnya terlelap saat malam tiba, jalan-jalan yang bisa dilalui saat memulung.

Ketika dia keluar kamar ada nasi box di depan pintunya, dia santap makanan termewah dalam hidupnya. Malam itu Bokis merasa menjadi orang yang sangat beruntung bisa tidur di lantai 24 rumah susun, menjelang tidur pesawat telepon di kamarnya berdering dan ternyata itu dari dokter yang menanyakan kondisi badan Bokis saat itu,  kata dokter besok setelah sarapan Bokis harus ke lantai 2 untuk mengambil obat yang harus dihabiskan.

Pagi hari, saat penghuni rumah susun berolah raga, Boris berkeliling rumah susun mencari plastik, kertas, bekas minuman ringan dan apa saja yang bisa dijual kembali, menggunakan tas kecil yang dipakai untuk membawa pakaian dia melakukan itu pagi dan sore sebelum hari gelap, hasil pulungnya disusun rapih di dalam kamar Dia.

Seminggu berlalu, Bokis merasa hidup seperti di sorga, tak ada yang mencari apalagi mengunjungi dia karena selama tiga tahun di ibukota dia tinggal sendiri. Dokter tak pernah berjumpa dengan dia karena konsultasi dilakukan melalui telepon setiap malam menjelang tidur.

Bokis sedang mencari cara, bagaimana Dia bisa tinggal dengan fasilitas yang luar biasa ini selama mungkin, kamar yang nyaman, kamar mandi mewah, makan gratis tiga kali sehari, perawatan dokter yang seumur hidupnya tak pernah dia rasakan, karena saat didesa kalau sakit orang tuanya membawa Dia ke bidan terkenal di desa.

Bokis berharap virus terus menggerus negeri agar dia tak perlu keliling kota mengais barang bekas.

Ketupat

Saat Lebaran, salah satu yang saya suka adalah memotret ketupat dan orang-orang yang berinteraksi dengan ketupat, kalo kamu?

Lokasi pemotretan di depan Pasar Cipinang Elok menjelang Lebaran 2021.

Perkenalan Agar Timbul Rasa Sayang

140721

Assalamualaikum Guys, semoga saat baca posting ini kamu sudah mandi sudah sarapan/saur dan sudah siap untuk seseruan menikmati pelajaran sebagai tugas anak sekolah.

Peribahasa “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta.” Kegiatan belajar Mtk kali ini adalah perkenalan antara guru dan murid-muridnya. Foto di atas ini adalah foto saya beberpa hari yang lalu, Rabu 14 Juli 2021.

Silahkan lakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Cari informasi tentang saya dengan cara browsing di google nama saya DEDI DWITAGAMA, baca dan simpulkan sehingga kamu bisa mengenal saya dan menuliskan dua paragraf tentang saya.
  2. Mulai hari ini saya akan mengenal kamu satu persatu, silahkan kamu mengenalkan diri dengan menceritakan tentang diri kamu dalam dua paragraf.
  3. Setelah menuliskan empat paragraf tentang saya dan dirimu sendiri, silahkan isi form perkenalan yang link nya bisa kamu buka disini. Tokennya saya berikan melalui group WA kelas kamu
  4. Setelah mengisi form perkenalan, silahkan kamu mengisi daftar hadir yang membuktikan kehadiran kamu di kegiatan belajar Mtk pada form absen dengan melampirkan foto diri kamu menggunakan baju seragam dan masker yang link nya bisa kamu buka disini, seperti foto-foto di bawah ini.

Kalo ada pertanyaan atau perlu komunikasi dengan saya silahkan DM di instagram, kalo mau bicara bisa kontak saya via WA, stay safe ya guys …. makasih.

Langit

Salah satu objek foto yang saya suka adalah langit dengan berbagai asesorisnya, kalo kamu?

Nikmati yang Bagus aja

Saya membakar yang jelek dan sudah tak terpakai, yang bagus saya simpan dan nikmati, kalo kamu?

Podcast Pak Dedi di Spotify

Saya membuat podcast (siniar) menggunakan aplikasi anchor, ternyata mantap sekali … produk podcast saya bisa disimak di berbagai platform, kamu punya podcast?

Di bawah ini, penampakan podcast saya di spotify, selamat menikmati.

Podcast Pak Dedi

Sa di rumah aja beresin laci”, ngelapin notebook sambil nikmati blog dan podcast, kalo kamu?

SEKOLAH FAVORIT Negeri Paman Besut

Bagaimana sekolah anda?
  1. SEKOLAH FAVORIT
  2. SEKOLAH FAVORIT AKAN DIHILANGKAN?
  3. PODCAST LEBARAN 2021
  4. KOLAB ZOOM BARENG YAYASAN AMALIA ASTRA
  5. MENYEMANGATI ANAK KE SEKOLAH 5 ed

Pertemuan Pertama Mtk Kls 10 SMKN 50 Jakarta

Assalamualaikum Guys.

Selamat menjadi murid SMKN 50 Jakarta, kamu sangat beruntung bisa jadi bagian sekolah yang bagus, hijau, instagramable dan keren deh pokoknya.

Pertemuan pertama kali ini saya mau kenal lebih jauh dengan kamu, beberapa hal yang kamu harus lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membuat Foto dirimu dengan memberi nama pada bagian bawah foto.
  2. Mengisi survey belajar dari rumah Mtk yang linknya bisa kamu buka disini.
  3. Mengisi daftar hadir bukti bahwa kamu telah mengikuti pelajaran Mtk dengan melampirkan foto (point 1), link nya ada disini.
  4. Kirimkan foto kamu ke Ketua Kelas atau siapa yang ditunjuk oleh Ketua Kelas untuk membuat kolase foto kelas kamu, (foto saya silahkan googling aja).
  5. Follow instagram saya @dwitagama, komunikasi selanjutnya dilakukan via DM di instagram, kalo mau di follback silahkan DM.
  6. Ketua Kelas aatau yang ditunjuk mengirim foto kolase kelas kepada saya (seperti contoh di bawah ini)
Kolase Foto Kelas

Kalo ada pertanyaan atau perlu komunikasi dengan saya silahkan DM di instagram, kalo mau bicara bisa kontak saya via WA, stay safe ya guys …. makasih.

Sandal Jepit

Allow Netizen,

Sendal jepit merupakan model sendal yang bertahan selama ratusan tahun dan tetap digemari banyak orang, saya suka … kalo kamu?

Keterampilan Bertanya

Saat selesai menerangkan di kelas atau setelah menyelesaikan pemberian materi pada banyak sekali seminar” di berbagai tempat selama belasan tahun saya melihat rakyat negeri ini minim sekali dalam keterampilan bertanya. Foto diatas, anak” yang mengangkat tangan untuk bertanya adalah suatu keadaan yang luar biasa, cukup banyak yang ingin bertanya.

Saya sering iseng dengan memberikan apresiasi hadiah untuk pertanyaan terbaik berupa, pulsa, paket data atau souvenir, biasanya sangat manjur jadi banyak yang mau bertanya.

Saat pagebluk, saya melakukan strategi dengan mempersilahkan mereka mengajukan pertanyaan saat saya menyajikan materi melalui pesan atau chating, kemudian saya menyapa nama mereka dan asal dari mana mereka berada sebelum menjawab pertanyaan, jadi materi saya mengalir berdasarkan pertanyaan. Suasananya jadi seru.

Rupanya saat nama peserta seminar daring disebut, saya ringkas inti pertanyaannya, peserta seminar daring itu sangat senang terlihat dari ekspresi wajah dan matanya yang berbinar.

Tampaknya kita harus banyak melatih anak-anak kita bertanya, karena malu bertanya sesat di jalan.

Rindu Bandung

Bandung itu seperti Jogja, selalu bikin kangen … udara yang sejuk, kuliner yang bikin ngiler, factory outlet yang bikin kebelet, orang”nya yang ramah, walau suka macet dan banyak jalan searah, gpp sih.

Pake aplikasi map tak bikin saya nyasar … pen ke Bandung lagi tapi atut pagebluk, kalo kamu?

PAMUNGKAS menDEWAi 19

Alooow pembaca setia blog saya.

Saya menulis ini setelah menyimak video Pamungkas menyanyikan lagu Dewa 19, saya sukaaaaaa sekali.

Pertama, saya salut pada group Dewa 19 yang masih produktif saat pandemi dan mau sepanggung dengan group band yang jauh lebih muda serta belum seterkenal Dewa 19.

Kedua, proses produksi kelihatan well prepair, ada konsepnya dan dikerjakan sangat serius, hasilnya sangat bisa dinikmati disaat kering penampil group hebat secara live.

Ketiga, Ahmad Dani berkenan menyanyikan lagu Pamungkas itu sesuatu banget, dan seperti biasa Dani jago bikin enak banyak lagu.

Keempat, Pamungkas sukses menyanyikan lagu Dewa 19 dan groupnya berhasil membuat lagi Dewa jadi seperti lagu Pamungkas yang terasa sepi khas Pamungkas, hentakan rock Dewa jadi lebur ditangan Pamungkas cs.

Kelima, tata cahayanya pas banget, sehingga saya bisa fokus di musiknya … great job guys, stay safe ya.

Lagu Wajib Corona

Ada lagu baru yang bakal hits, dinyanyikan oleh anak-anak yang bakal hits, mereka tinggal di Depok, judulnya Sepanjang Wabah Corona, dinyanyikan oleh Armakimbe Brothers, ini syairnya:

Sengaja Aku Diam di Rumahku,

 Karena Aku Tak Bisa ke Rumahmu

Apalah Daya Keadaan Ini, 

Memaksa Aku Tetap Diam di Sini

Anak Sekolah Belajar di Rumah, 

Kerja dan Ibadah Juga di Rumah

Kalu Ga Mendesak Jangan Keluar Rumah, 

Demi Keselamatan Kita Bersama

 Sepanjang Wabah Corona, Kita Jangan Bergandeng Tangan

Sepanjang Wabah Corona, Kita Video Call Aja

Ujian Yang Berat ini

Dari Awal Maret Lalu

Percaya Semua Kan Segera Berlalu

 Jagalah KESEHATAN

Jagalah JARAK AMAN

Berdoa Kita Dalam Lindungan TUHAN…

Ini video lengkapnya:

Gap Year Anak Kecil

Gap year adalah istilah yang populer digunakan alumni SMA yang memutuskan mengambil setahun tak kuliah atau tak kerja, umumnya mereka memilih belajar secara mandiri atau mengikuti bimbingan belajar agar bisa menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi dan jurusan yang diinginkan.

Ibu Juleha, penduduk ibukota negeri paman besut yang sudah ditinggal suaminya menghadap sang pencipta memiliki dua orang anak, yang  sulung tamat SMP, sedangkan yang bungsu tamat SD.

Kedua anak Juleha tak bisa masuk ke SMA dan SMP negeri di dekat rumahnya karena umur keduanya masih muda, yang tertua berusia 15 tahun dan bungsu berusia 12 tahun, di kotanya anak yang berusia 20 tahun akan sangat nyaman bisa memilih SMA negeri dimanapun sesuai zonasinya karena dia menang sebagai peserta seleksi tertua dan namanya bertengger di urutan teratas daftar murid yang diterima di SMA negeri.

Juleha bekerja menjadi buruh cuci setrika di tiga rumah sejak pagi hingga hari menjelang malam,  penghasilannya hanya cukup untuk biaya makan dan sandang sehari-hari, sangat sulit Juleha menyisihkan uang untuk menabung menyiapkan biaya pendidikan untuk anaknya, walau Juleha tahu bahwa sulit untuk bisa masuk sekolah negeri, sementara bersekolah di swasta dia tak mampu membayar uang pangkal dan iuran bulanannya.

Tempat tinggal Juleha di daerah pemukiman padat sementara jumlah sekolah negeri sangat sedikit, sehingga yang diterima di sekolah terdekat adalah anak-anak yang umurnya diatas 16 tahun untuk SMA negeri dan diatas 13 tahun untuk SMP negeri.

Beruntung sekali Juleha berhasil memberi pengertian kedua anaknya untuk mau gap year selama setahun kedepan dan mencoba keberuntungan bersaing masuk sekolah negeri di tahun depan.

Setiap pagi kedua anak Juleha bermain di sekitar rumahnya, tapi tak banyak teman bermain di sekitar rumah karena anak-anak seusianya kebanyakan bersekolah di pagi hari. Kedua anak Juleha hanya bermain berdua di sekitar rumahnya, jika lelah mereka pulang untuk menonton televisi. Saat makan siang Juleha selalu berusaha pulang ke rumah setelah membeli makanan matang di sekitar tempat kerjanya, makan bersama kedua anaknya dan kembali pergi bekerja cuci setrika ke rumah yang kedua.

Juleha dulu tak sekolah, sehingga dia tak punya kemampuan untuk memberikan pelajaran kepada kedua anaknya. Anak-anaknya pun tahu bahwa seleksi masuk sekolah jalur zonasi SMA dan SMP tak menggunakan nilai hasil belajar, patokannya hanya lokasi tempat tinggal dan umur, jadi mereka fikir tak perlu belajar, karena semua buku sudah dijual ke tukang loak dan uangnya sudah habis untuk biaya makan sehari-hari.

Gap year di masa lalu umumnya dijalani alumni SMA yang sudah dewasa yang tak diterima di perguruan tinggi, sekarang gap year jadi miliknya anak-anak kecil yang baru lulus SD dan SMP, kalo kamu?

Podcast (Siniar) Pak Dedi

Kon ngerti ora, basa ngapakke podcast kui apaaaah? Kalo basa indungnasia jare siniar … rungo’ke PODCAST PAK DEDI ge ndang nang spotify or anchor … googling bae lah.

Statistike wis arep tekan sewu, inyong dadi suweneng pisan, soale ming ngomong-ngomong bae rekam ning hape, eh isa tayang lan dirungu’ko wong sadunyo … kalo kowe?

Video Pendek Sephira DA, SMKN 50 Jakarta

Kamu ngapain aja, kalo ada videonya silahkan upload ke youtube, nanti saya posting deh.

Tips Konsisten Menulis Blog

Kemarin (05/07) Saya menerima notifikasi dari wordpress bahwa saya telah posting 100 artikel secara berturut-turut.

Ada teman yang bilang, sebuah pencapaian yang luar biasa. Mungkin ada faktor pagebluk yang membuat ini bisa terjadi. Tapi ini pun terjadi setelah hampir dua tahun pagebluk meluluhlantahkan negeri ini.

Bagaimana tips nya agar bisa konsisten menulis di blog?

  1. Segera —– Tuliskan segera ketika ada ide yang muncul, walau cuma satu ide yang terasa kecil. Ide bisa muncul dari hasil membaca buku, membaca berita, membaca tulisan blogger lain, foto anda atau foto orang lain, video anda atau video lain. Sekarang ada aplikasi wordpress yang membuat anda bisa menulis dimana saja menggunakan gawai.
  2. Ringkas —– Tuliskan secara ringkas, lugas paling banyak tiga alinea, tetapi andai jika hanya bisa menulis satu alinea, lengkapi tulisan satu alinea anda dengan foto atau video yang membuat posting anda lebih menarik. Seperti pada posting ini saya melengkapi dengan foto screenshoot notifikasi wordpress kepada saya.
  3. Jadwal kan —– Ketika muncul ide tulisan lain hari itu, segera tuliskan tetapi anda tak perlu tayangkan postingan anda hari ini, karena hari ini blog anda sudah menayangkan tulisan. WordPress sudah menyediakan fasilitas menjadwalkan tulisan anda untuk besok atau kapanpun anda ingin menayangkan tulisan anda.
  4. Interaktif —– Ketika blog anda difollow orang lain, segeralah follow balik blog orang itu, jika ada orang memberi komentar di posting anda, segera balas komentarnya. Kunjungi balik blog orang yang ngelike, follow dan komentar di blog anda, hal itu akan meningkatkan kunjungan pembaca di masa depan.
  5. Menabung —– Saat anda punya waktu dan banyak ide, tuliskan sebanyak mungkin posting dan jadwalkan kapan anda ingin menayangkan posting anda. Penjadwalan bisa setiap hari (seperti yang saya lakukan saat ini). Bisa setiap minggu, setiap bulan atau setahun sekali. Seperti menabung apa saja, tabungan posting juga bisa bikin anda happy … seperti tabungan uang, anda bisa jadi orang kaya … tabungan posting blog membuat anda jadi orang kreatif, happy deh.
  6. Blogwalking —– Akan membuat anda mendapat ide baru saat kering tak punya ide untuk ditulis.
  7. Tetap sehat —– Kalo anda tak sehat gimana mau menulis?
  8. Posting woooi —— Jangan cuma baca postingan ini, ayo nulis di blog anda, lakukan aja terus, maka nama anda bakal terlacak oleh mesin pencari, buktikan deh.

Curug Cijalu 1993

Ternyata saya pernah kemping, dan ini dokumentasi dari alumni STM 8 Jakarta jurusan Otomotif, di acara perpisahan mereka, stay safe guys … Makasih.Bang Abdul Haris.

Nganggur itu Berat Om

Foto: liputan6.com

Saya: Alooow apa kabar Om? Gawe or kuliah dimana skarang?

Dia: Baru aja resign Pak, lagi nunggu panggilan.

Jawaban di atas mengindikasikan bahwa Dia sedang nganggur alias ga punya kerjaan.

Buat seorang lelaki, nganggur itu sangat menyakitkan. Ketika umur makin dewasa, sekolah sudah tamat, masa cuma buat sekedar jajan harus minta duit sama orang tua.

Apalagi kalo dia ngerokok, masa mau bakar asep harus minta uang sama orang tua. Andai orang tua lagi ada uang, apa tega dia membakar uang hasil jerih payah ortu jadi asep yang bikin penyakit tapi ga bikin kenyang.

Andai sudah punya gebetan or pasangan hidup, saat mo traktir kalo jalan bareng gebetan dan kasih makan pake apa buat anak istri.

Beruntunglah buat kamu yang sekarang masih punya kerjaan, nikmati aja, kerjakan dengan baik penuh semangat dan bertanggung jawab.

Kalo ada yang ga enak di pekerjaan, siasati aja supaya kamu tetap kerja dalam kondisi sehat lahir bathin. Jika udah bener” ga kuat or ga tahan, silahkan ngelamar dan cari kerjaan baru yang kamu rasa cocok dan bisa mendatangkan penghasilan lebih baik, sambil tetap kerja di tempat yang sekarang.

Jangan keluar dulu dari pekerjaan yang lama agar kamu tetap punya penghasilan. Setelah ada perusahaan lain yang menerima kamu, maka kamu boleh resign dengan bicara or pamit kepada pimpinan di tempat kerja sekarang.

Mencari pekerjaan yang enak? Ga akan pernah dapat, karena bekerja selalu mengandung madu saat gajian dan racun setelah gajian, apalagi saat gaji sudah habis sementara tabungan tak punya, makanya nabung deh. Kalo mo beli sesuatu, rencanakan dan sisihkan uang secara paksa, kalo udah kumpul baru beli … jangan kredit buat beli sesuatu karena bunganya gede guys …. selisihnya banyak beedh … mending buat keperluan yang lain.

Kalo kamu?

Bunga

Saya suka bunga dan tanaman apa aja kerana menanam di bank bunganya tak muncul tergerus  ongkos admin, kalo kamu?

Masjid Al Marzukiah

Menunggu khotib naik mimbar saya mendokumentasikan interior masjid, kalo kamu?

Pelajar Tak Mau Belajar

pixabay.com

Pak Mustopa mengajar di sebuah sekolah dasar swasta di Negeri Paman Besut, dia memiliki dua orang anak, yang pertama sudah selesai menempuh pendidikan di sebuah politeknik negeri dan yang kedua masih bersekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sembilan tahun yang lalu, Pak Mustopa sangat bahagia melihat anak pertamanya rajin belajar setiap hari. Selesai makan malam anak pertamanya selalu terlihat tekun belajar karena anak sulungnya memiliki obsesi untuk kuliah di Politeknik Negeri ternama di Negeri Paman Besut.

Akhir-akhir ini Pak Mustopa prihatin melihat anak keduanya yang setiap malam asik memainkan gawai dengan earphone di kedua telinganya, sibuk main game online dengan teman-temannya hingga tengah malam lewat.

Berkali-kali Pak Mustopa mengingatkan kepada anak keduanya agar rajin belajar untuk persiapan menghadapi ujian, anaknya menjawab,

“Tenang saja Pak, umur Saya lebih tua dari kebanyakan anak SMP sekarang, Saya pasti diterima di SMP negeri manapun yang saya mau.”

Pak Mustopa hanya bisa menarik nafas, sedih tapi tak bisa memaksa karena anaknya tak mau belajar dengan alasan yang amat sangat menohok dirinya sebagai guru.

Seleksi masuk sekolah negeri dengan perimbangan umur?

Ya, di Negeri Paman Besut sejak tahun kemarin sistem penerimaan murid baru SMA sebagian besar menampung murid dengan standar umur, makin tua umur seorang calon murid baru maka makin besar peluangnya untuk diterima di sekolah negeri. Di sebuah SMA negeri paman besut ada murid baru SMA yang diterima berusia 20 tahun, 10 bulan, 8 hari per 1 Juli 2021.

Ada jalur prestasi yang menggunakan pertimbangan nilai atau prestasi anak selama di SMP. Pada jalur zonasi selain faktor lokasi tempat tinggal, faktor umur menjadi penentu diterima atau tidaknya seorang murid di sekolah negeri yang dituju.

Rupanya anak-anak sudah faham sistem yang digunakan dan sebagai pelajar mereka merasa tak perlu belajar, karena nilai tak hanya menjadi satu-satunya pertimbangan penerimaan murid baru, tetapi umur dia akan menjadi penentunya. Mereka menganggap pelajar tak perlu belajar.

Ciri Mobil Bersih

Allooow Netizen,

Pernah ikut mobil teman, sahabat, kerabat? Saat anda membuka pintu, arahkan pandangan anda sejenak ke karpet mobil itu, perhatikan … jika karpet mobil itu bersih, maka hampir bisa dipastikan bahwa pemilik mobil itu merawat mobilnya dan menjaga kebersihan yang berujung pada kesehatan mobil dan pemiliknya.

Kenapa? Debu, tanah, pasir, remahan makanan atau apa saja yang berada di karpet mobil, saat pintu mobil dibuka dan ditutup akan berterbangan ke seluruh bagian cabin mobil, akan dihirup oleh semua penumpang mobil dan sebagian masuk ke saluran pendingin udara (AC) dan akan mengendap di filter AC, berujung AC tak optimal hingga rusak tak berfungsi.

Remah-remah sisa makanan akan mengundang semut, kecoa dan serangga lainnya datang ke kabin mobil anda, menikmati makanan sisa dan bersarang di mobil anda, hal ini tak sehat.

Tak punya sopir bukan alasan untuk selalu bersih, caranya: setelah tiba di rumah setelah bepergian dengan mobil, keluarkan karpet, hempaskan ke tembok atau kibaskan, siram dengan air, lebih bagus lagi jika disikat dengan tambahan sabun, setelah itu tiriskan, dan saat akan digunakan anda bisa langsung meletakkan karpet bersih yang telah kering.

Saat di perjalanan, ketika anda lihat ada debu, pasir, tanah atau remahan makanan, keluarkan dari mobil lalu kibaskan, saya sering hempaskan ke ban belakang agar semua kotoran jatuh, dan karpet menjadi bersih, kemudian pasang kembali karpet bersih itu pada tempatnya.

Saya masih percaya pada peribahasa, kebersihan pangkal kesehatan, kalo kamu?

Podcast Pak Dedi: Sekolah Favorit

Di podcast kali ini saya menceritakan bagaimana proses lahir sekolah favorit di negeri paman besut, kalo sekolah kamu?

Apakah yang dimaksud dengan Podcast? Dalam Bahasa Indonesia Podcast diartikan dengan kata Siniar, istilah “podcasting” pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini. “Podcast” merupakan lakuran kata “pod” — “playable on demand” (dimainkan atas permintaan), yang kelak digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merek pemutar-media-saku (portable media playeriPod — dan “broadcasting” (penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah “podcast” mendahului adanya dukungan asal (native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah “iPod”, beberapa orang memakai istilah “netcast” sebagai pengganti “podcast“, seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte. Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya “podcast” dapat diuraikan sebagai “personal odemand broadcast” (penyiaran atas permintaan pribadi).

Podcast mungkin baru terdengar gaungnya di Indonesia, tetapi telah lama dikenal di dunia. Pada 2004, The Guardian menyebutnya sebagai “audible revolution”. Sejak 2014, pendengar podcast melalui ponsel naik hingga 157%. Tentunya ada pula yang mendengar melalui perangkat lain seperti tablet atau komputer. Sepuluh besar negara dengan pendengar podcast terbanyak adalah Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Australia, Amerika, Italia, Kanada, Prancis, Jepang, dan Jerman. Genre terpopuler yang didengarkan di Korea Selatan adalah berita dan politik, musik, komedi, film, dan bahasa. Pendengar di genre politik sendiri mencapai 35,2%. Bisa dibilang podcast dianggap sebagai konten yang cukup kredibel untuk menjadi sumber berita meski penyiarnya bisa jadi individu, bukan organisasi tertentu.

Studi lain menyebutkan bahwa ada 51% dari total populasi penduduk Amerika yang menjadi pendengar podcast. Lima tema besar yang populer di Amerika adalah budaya, bisnis, komedi, berita dan politik, serta kesehatan. Mayoritas pendengar berusia 25 hingga 34 tahun. Artinya medium ini populer di kalangan muda. Bila dibandingkan dengan kelompok pendengar usia 65 tahun ke atas, jumlahnya hanya mencapai 6%. Hal ini bisa jadi karena kalangan muda lebih banyak menggunakan internet juga beragam perangkat teknologi komunikasi. Podcast belum cukup ramah untuk lansia.

Bagaimana dengan tren pengguna podcast di Indonesia? Ada 67,97% yang mengaku familiar dengan podcast. Dari jumlah itu, 80,82% mendengarkan podcast dalam enam bulan terakhir. Namun bukan berarti mereka adalah mendengarkan podcast secara intens. Separuh dari responden mengakui belum yakin untuk mendengarkan podcast secara reguler. Mayoritas juga mengakan idealnya durasi podcast mencapai 10 hingga 20 menit saja.

Beberapa podcaster mendapatkan penghasilan dari mengiklanan sendiri produk maupun jasa yang ia buat. Ia juga dapat menawarkan semacam meet and greet sehingga pendengar dapat melihatnya langsung ketika podcaster berbicara. Persis seperti menonton seminar atau kuliah umum.

Seperti instagram, kamu bisa follow akun Siniar saya dan bisa memberi respon berupa tepuk tangan, atau siaran bareng.

Classmeeting di SMKN 50 Jakarta

Saat pandemi OSIS SMKN 50 Jakarta tetap menjalankan program kerjanya dengan melakukan lomba antar kelas digital dan games, foto” diatas adalah sebagian dari karya peserta lomba, mantaaap guya … proud of you dah.

Kue Rangi, Kue Tradisional Betawi

Kue rangi, atau juga disebut sagu rangi, adalah salah satu kue tradisional Betawi. Kue ini terbuat dari campuran tepung kanji (orang Betawi biasa menyebutnya tepung sagu) dengan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan khusus di atas tungku kecil dan ditutup agar cepat matang[1]. Kue rangi disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji. Untuk menambah selera dan wangi, gula merah dicampur dengan potongan nangkananas atau durian. Kue rangi rasanya gurih dan beraroma wangi karena dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bahan bakar kayu.

Cetakan kue rangi mirip dengan cetakan kue pancong atau bandros tetapi ukurannya lebih kecil. Beberapa pedagang kecil membuat kue rangi tanpa menggunakan cetakan kue.Bahan utama untuk membuat kue rangi antara lain: kelapa tua, tepung kanji atau tapioka, serta sedikit garam dan air. Adonan bahan kue ini tidak dapat bertahan lama karena mudah basi, sehingga harus dihabiskan dalam waktu satu hari.

Kue rangi dijajakan secara tradisional oleh pedagangan dengan berkeliling sambil mendorong gerobak. Biasanya pedagang akan berkeliling dari satu kampung ke kampung lainnya. Namun karena bergesernya zaman dan sedikit orang yang mengetahui kue rangi, keberadaan pedagang kue rangi mulai sulit dijumpai.

Saya masih sering menjumpai pedagang kue rangi yang keliling menggunakan gerobak di Cipinang Muara, Condet Batu ampar, kalo kamu?

Jakarta Kita

Walau angkot penuh sesak tak nyaman, Jakarta tetap saja jadi tujuan orang mengadu nasib, usaha pemerintah daerah terus dilakukan membenahi kondisi yang parah sejak lama, pernahkah kamu mengalami naik metro mini dan kopaja, yang kondekturnya galak memadatkan penumpang ke dalam mobil yang membuat orang harus membungkuk, karena bis nya pendek, rombeng pula …. bergelantungan di pintu jadi pemandang biasa saat itu, kamu mengalaminya?

Bendera

Saya suka bet difoto dekat bendera, kalo kamu?

Pegadaian Lemah Abang

Lokasinya dekat pasar dan pabrik gula lemah abang … saya suka sekali kalo kesana dan selalu ingin motret kerana nuansa Blendesnya kentel bet, kalo kamu?

Tawuran Pelajar setelah Pagebluk Kelar

Foto: mediaindonesia.com

Dulu pelajar naik bis ke sekolah, berangkat dan pulang sekolah bersama dengan angkutan bis yang sama, saat itu identitas bis memiliki nomor sesuai dengan routenya. Setiap hari anak” sekolah berangkat dan pulang bersama, melalui jalan atau route yang sama dan bertemu dengan bis lain dengan route berbeda yang mengangkut anak” dari sekolah yang berbeda.

Perjumpaan di jalur bis pagi dan siang hari awalnya biasa” saja, kadang mereka transit di terminal bis yang sama atau di persimpangan jalan yang sama saat berganti bus dan saling menyapa. Cuaca kota yang panas, perut kosong belum terisi sering membuat emosi tak terkendali, sehingga masalah kecil bisa berubah menjadi besar dan berujung perkelahian antar sekolah yang setiap hari melalui route bis yang sama.

Untuk menyatakan nomor bis yang digunakan, anak” menggunakan istilah BASIS, misalnya basis P4, itu artinya anak” yang pergi dan pulang sekolah menggunakan bus Mayasari Bakti nomor route P4 jurusan Blok M – Pulo Gadung, Basis S 75, itu artinya anak” yang pergi dan pulang sekolah menggunakan bus Metro Mini nomor route S 75 jurusan Blok M – Pasar Minggu, basis 507, itu artinya anak” yang pergi dan pulang sekolah menggunakan bus Mayasari Bakti nomor route 507 jurusan Tanabang – Pulo Gadung, dsb.

Menjelang pagebluk banyak anak” sekolah yang pergi dan pulang sekolah menggunakan sepeda motor, identitas basis masih berlanjut, media sosial twitter, face book, SMS, aplikasi lainnya mulai dipergunakan untuk janjian menentukan lokasi tawuran.

Latar belakang tawuran sangat absurd, seolah melanjutkan tradisi, basis tertentu sekolah X melawan basis tertentu sekolah Y, tawuran di lokasi tertentu. Jika salah satu sekolah kalah, mereka akan mengerahkan semua basis (all base) untuk secara bersama-sama menggempur sekolah lawan, modusnya bisa menunggu di tempat tertentu atau menggeruduk ke sekolah lawan, agar ada efek sensasi keberhasilan menggempur, pelaku dari sekolah yang kalah itu mengabarkan jurnalis media televisi atau cetak untuk mendapat liputan. Karena peluang kemenangan yang lebih besar dimana lawan tak menyadari akan terjadi penyerbuan. Berita di TV dan media massa keesokkan harinya membuat anak” all base bangga banget.

Saat terjadi pagebluk angkutan umum bis dengan nomor route tak ada lagi, angkutan online makin digemari anak sekolah, yang rumahnya jauh umumnya menggunakan sepeda motor untuk pergi dan pulang sekolah karena tarif angkutan online sangat mahal.

Setelah pagebluk, ketika sekolah mulai tatap muka lagi, akan ada upaya membangkitkan kejayaan sekolah masa lalu hingga memunculkan gaya tawuran baru, yaitu balap motor.

Anak motor sekolah tertentu nongkrong” setelah pulang sekolahdi tempat yang disepakati, bertukar ilmu modifikasi, pengalaman bergaul dengan komunitas motor memunculkan ide mengundang anak motor sekolah lain melalui media sosial beradu kencang tunggangan di lokasi yang disepakati. Pelaksanaannya sekitar tengah malam, identitas sekolah jadi taruhan, bisa juga disertai dengan taruhan uang, hal ini berpotensi memicu perkelahian disebabkan uang.

Foto” dan video pertarungan atau perayaan kemenangan dipublish di media sosial dan ini menimbulkan rasa superioritas.

Apakah sekolah harus bertanggung jawab balap liar di tengah malam terjadi? Andai tawuran setelah balap liar lewat tengah malam terjadi hingga memakan korban jiwa, siapa yang bertanggung jawab?

Beranikah sekolah memberi sangsi dengan mengeluarkan murid yang terlibat tawuran model baru itu? Akankah polisi memanggil guru atau kepala sekolah lewat tengah malam untuk mengkonfirmasi pengakuan murid yang tertangkap? Akankah anak” yang malakukan tawuran setelah balap liar dikebakan sangsi hukum?

Menurut kamu?

Selamat Ulang Tahun Jakartaku

Saya lahir di bagian selatan dirimu, bermain bersama teman” kecil di sekitar kebayoran baru, bersekolah hingga SMP di sekitar jalan bumi, lanjut SMA di Bendungan Hilir dan kuliah di Rawamangun.

Mulai bekerja di kebayoran, lanjut ke cempaka putih dan setelah itu saya bekerja ke seantero negeri dari Aceh hingga Papua kecuali Manado, beberapa kali dapat kiriman tiket pesawat dengan nama saya ke luar negeri Jepang, Thailand, Makaysia, Singapore, hingga Seoul, tapi selalu ingin pulang ke Jakarta.

Saya dapat foto kamu di pixabay.com, situs yang menyediakan foto” bagus buat bikin tulisan saya lebih eye catching. Walau angkutan umum sering penuh sesak dan masih selalu jadi masalah, sayang ke kamu tak terkurangi. Kerana terlihat kamu terus dibenahi.

Walau gimana pun keadaanmu, kamu masih jadi magnet yang menarik banyak penduduk negeri mencari kehidupan dari kamu, bahkan kini tak sedikit warga bumi yang jauh datang kesini menambah padat dirimu.

Kamu makin seksi, saya makin cinta walau kau makin tua. Selamat ulang tahun Jakartaku, tak apa menjadi tua kerana cinta terus bertambah sesuai pertambahan usia, tetaplah siaga sepenuh raga, walau banjir kadang mendera, biarlah dia mengalirkan duka sehingga wargamu terus sejahtera.

Selamat ulang tahun Jakarta.

Bangga Beeet

Melihat skinnyindonesian episode diatas bikin bangga banget jadi orang Indonesia, perasaan yang sudah cukup lama tak mampir di hati, lagu-lagu dari banyak daerah di Indonesia … sangat bagus, nikmat didengar dan bikin pengen berkunjung lagi ke banyak daerah di Indonesia, yang bukan cuma indah lagunya, tapi indah sekali alamnya serta nikmat kulinernya.

Bravo buat anak” muda yang sudah berkarya di musim kemarau karya patriotik ke Indonesiaan, semoga semua yang terlibat di produksi tayangan itu sukses hidup sejahtera, mungkin kerana saya pernah jadi anak paduan suara sehingga nusuk banget ke hati sampai berlinang air mata meresapi keindahan karya yang pasti proses persiapan dan produksinya menyedot energi yang dahsyat, proud of you guys …. kalo kamu?

Ngomporin Binaan Yayasan Amaliah ASTRA

Term Of Reference

Pembinaan Astragraphia

  1. Latar Belakang

Pelajar sebagai kaum intelektual harus memiliki kemampuan-kemampuan yang dapat menambah kualitas diri sebagai siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Kemampuan atau skill yang harus dimiliki oleh seorang siswa di dapatkan secara otodidak ataupun belajar dari orang lain. Ketika kemampuan sudah dimiliki maka siswa harus mengetahui bagaimana tahapan selanjutnya setelah lulus untuk memasuki dunia pekerjaaan.

Percaya diri untuk meraih kesusksesan setelah selesai dari sekolah adalah hal yang harus dimiliki agar memiliki nilai juang dan daya saing yang kuat. Maka dari itu untuk dapat percaya diri dalam meraih kesuksesan, siswa perlu melatih diri dan juga dibutuhkannya pengetahuan.

  • Nama Kegiatan

Pembinaan Astragraphia Tahun 2021

  • Tema Kegiatan

“be confidence and get your success! “

“Percaya diri dan raih kesuksesanmu!”

  • Maksud dan Tujuan

Maksud dari kegiatan training tunas unggul ini adalah memberikan pengetahuan dan motivasi Workshop percaya diri untuk meraih kesuksessan  bagi siswa penerima beasiswa Tunas Unggul atau perguruan tinggi.

Adapun tujuannya adalah siswa diharapkan menjadi agen perubahan dan menambah kualitas personal seorang.

  • Pelaksanaan Kegiatan

Hari, tanggal : Jumat, 18 Juni 2021

Waktu : 13.30 – 15.30 WIB

Tempat : Virtual ZOOM MEETING

  • Pembicara

Dedi Dwitagama, MM, MSi

  • Sub Materi
  • Memberikan pengetahuan mengenai “be confidence and get your success! “
  • Output Materi
  • Peserta mendapatkan pengetahuan mengenai “be confidence and get your success! “
  • Target Peserta

27 siswa binaan astragraphia

  1. Susunan Acara
Susunan Acara Pembinaan Astragraphia
WaktuDurasiKegiatanPengisi Acara
13.15 – 13.3015 menitPengondisian Peserta dan roomTeknisi Zoom
13.30- 13.355 menitPembukaanMc dan Peserta
13.35 – 13.4510 menitSambutan 1Perwakilan Amanah Astra
13.45 – 13.5510 menitSambutan 2Perwakilan Astragraphia
13.55 – 14.3540 menitMateri 1Pembicara 1
14.35 – 14.4510 menitIce Breaking Gamesmc
14.45 – 15.2540 menitMateri 2Pembicara 2
15.25 – 15.305 menitSesi foto dan penutupanmc