Penerapan Kurikulum Merdeka: Project Base Learning

Banyak anak” muda negeri ini yang senang dengan budaya kepop dan tak sedikit yang terobsesi ingin berkunjung ke Korea. Pada video di atas terlihat seorang anak muda Korea yang pertama kali ke Indonesia yang sangat terkejut dengan pelayanan kereta api Indonesia yang sangat bersih dan modern, juga penampakan Jakarta yang gedung-gedung tingginya dan lalu lintasnya luar biasa.

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. 

Setelah selesai kegiatan Panilaian Akhir Semester (PAT) saya memberikan tugas Project Base Learning berupa kunjungan ke Bogor, tepatnya Kebun Raya Bogor dengan menggunakan transportasi kereta api secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari empat atau lima orang.

Adapun dalam penerapan kegiatan ini, mata pelajaran yang diaplikasikan adalah sebagai berikut:

PPKN: Cinta tanah air, lewat mengalami secara langsung menggunakan transportasi kereta api yang sudah sangat baik pelayanannya tak kalah dari kereta” di luar negeri.

SEJARAH: Ttg kebun raya, dan kota bogor serta sejarah pelayanan kereta api dan transJakarta.

B. INDONESIA: Saat melakukan musyawarah menentukan kelompok, pemilihan waktu kepergian, negoisasi atau bertanya sepanjang perjalanan.

MATEMATIKA: Ketika menghitung waktu berangkat, di lokasi kunjungan hingga rencana pulang kembali ke rumah, termasuk merencanakan biaya untuk transportasi dan konsumsi selama di lokasi.

SIMDIG: Saat memotret, merekam video, melakukan editing foto dan video hingga upload ke instagram dan youtube.

MARKETING: Ketika mengunggah foto dan video mempromosikan pelayanan bis dan kereta api hingga suasana di kebun raya.

B. INGGRIS: Saat di stasiun atau di kebun raya banyak informasi menggunakan bahasa Inggris.

PJOK: Sejak persiapan berangkat, mandi, memilih busana, sarapan, mempersiapkan makan siang atau mencari makan siang di lokasi kunjungan.

IPA: Ketika menikmati kebun raya dan kota Bogor, banyak materi IPA yang bisa langsung dinikmati secara nyata.

SENI BUDAYA: Perbedayaan budaya penduduk kota Bogor dan Jakarta atau Bekasi, bisa dirasakan anak” ketika melakukan projek kunjungan.

AGAMA: Saat di kereta apai atau bus, memberikan kesempatan kepada orang tua untuk duduk, atau mempersiapkan perlengkapan sholat yang dibawa dan mencari musholla atau masjid untuk sholat ketika waktu sholat tiba.

Setelah melakukan perjalanan, anak” harus mengunggah 21 foto di instagram dan 20 video di channel youtube masing-masing dengan memperlihatkan wajah masing-masing pada setiap unggahan foto dan videonya.

Instagram: Setelah menuliskan caption foto, tolong sertakan hastag sbb:

#smkn50jakarta #sekolahunggulan #sekolahpenggerak #sekolahhijau #sekolahinstagramable #promosisekolah #keretaindonesiabagus #indonesiabagus #muridbutuhpiknik

Youtube: Pada judul harus ada nama sekolah SMKN 50 JAKARTA, tolong sertakan hastag sbb:

#smkn50jakarta #sekolahunggulan #sekolahpenggerak #sekolahhijau #sekolahinstagramable #promosisekolah #keretaindonesiabagus #indonesiabagus #muridbutuhpiknik

Eh, selamat ya buat kamu yang udah KKM nilai PAT nya, nilai kamu bisa dilihat di bawah ini:

Kalo belum KKM langsung aja kerjakan soal” remedial hingga nilaimu mencapai KKM 75 yang link soalnya bisa klik disini, lalu isi daftar hadir remedial dengan disertai foto SS nilai yang kamu peroleh klik disini deh, stay safe ya gaes, katanya covid dateng lagi …. makan yang banyak, istirahat yang cukup dan selalu pake masker yaaa, love u all.

6 thoughts on “Penerapan Kurikulum Merdeka: Project Base Learning

    • iya Om, sepertinya mudah … tapi untuk bisa menyelesaikan tugas itu anak” harus melewati bbrp tahap spt membentuk kelompok, reset, merencanakan keberangkatan, shooting, traveling, uploading, trm ksh kommentnya

      Like

      • Oh iya aku lupa. Dan aku kira banyak juga yang lupa soal ini. Bener persiapan ini sebenarnya porsi lebih besar di pendidikannya, ya. Kebanyakan pengajar malahan yang mengatur persiapannya. Peserta tinggal berangkat. Ini keren, Pak. Pelajaran mempersiapkannya itu lho yang seringkali tidak disadari dan dianggap penting. Padahal itu sangat penting. Anak-anak bapak sekolahnya sudah ditingkat berapa, Pak?

        Liked by 1 person

  1. Olehnya jaman SMA dulu, saya paling suka kalau dapat tugas meliput dari guru. Misalnya nih pelajaran biologi dan kita mesti ke laut untuk nyari bahan. Tugas yang paling bikin saya semnagat adalah dokumentasi. Mulai dari foto2 sampai video.

    Bikin laporannya lebih mudah kalau berdampingan sama dokumentasinya.

    Liked by 1 person

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.