Laporan Project Base Learning: Implementasi Kurikulum Merdeka

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. 

Setelah selesai kegiatan Panilaian Akhir Semester (PAT) saya memberikan tugas Project Base Learning berupa kunjungan ke Bogor, tepatnya Kebun Raya Bogor dengan menggunakan transportasi kereta api secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari empat atau lima orang.

Adapun dalam penerapan kegiatan ini, mata pelajaran yang diaplikasikan adalah sebagai berikut:

PPKN: Cinta tanah air, lewat mengalami secara langsung menggunakan transportasi kereta api yang sudah sangat baik pelayanannya tak kalah dari kereta” di luar negeri.

SEJARAH: Ttg kebun raya, dan kota bogor serta sejarah pelayanan kereta api dan transJakarta.

B. INDONESIA: Saat melakukan musyawarah menentukan kelompok, pemilihan waktu kepergian, negoisasi atau bertanya sepanjang perjalanan.

MATEMATIKA: Ketika menghitung waktu berangkat, di lokasi kunjungan hingga rencana pulang kembali ke rumah, termasuk merencanakan biaya untuk transportasi dan konsumsi selama di lokasi.

SIMDIG: Saat memotret, merekam video, melakukan editing foto dan video hingga upload ke instagram dan youtube.

MARKETING: Ketika mengunggah foto dan video mempromosikan pelayanan bis dan kereta api hingga suasana di kebun raya.

B. INGGRIS: Saat di stasiun atau di kebun raya banyak informasi menggunakan bahasa Inggris.

PJOK: Sejak persiapan berangkat, mandi, memilih busana, sarapan, mempersiapkan makan siang atau mencari makan siang di lokasi kunjungan.

IPA: Ketika menikmati kebun raya dan kota Bogor, banyak materi IPA yang bisa langsung dinikmati secara nyata.

SENI BUDAYA: Perbedayaan budaya penduduk kota Bogor dan Jakarta atau Bekasi, bisa dirasakan anak” ketika melakukan projek kunjungan.

AGAMA: Saat di kereta apai atau bus, memberikan kesempatan kepada orang tua untuk duduk, atau mempersiapkan perlengkapan sholat yang dibawa dan mencari musholla atau masjid untuk sholat ketika waktu sholat tiba.

Bravo buat kamu yang sudah selesai posting dokumentasi dengan hastag yang ditetapkan di instagram dan youtube, silahkan laporkan hasil kerja kamu via google form yang linknya bisa dibuka disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.