@dwitagama: Karakter tumbuh dari pembiasaan


Leave a comment

Dikangenin itu ___________________

20140420-203858.jpg
Usai berinteraksi dengan peserta pada seminar atau training, peserta meminta saya berfoto bersama dengan mereka, kadang dengan group satu sekolahnya atau khusus berdua … rupanha mereka menyimpan di instagram atau mention ke twit saya … bahagia benget rasanya, semoga bermanfaat guys. Arsip kegiatan training & seminar saya bisa dinikmayi disini.


2 Comments

Ekskul dahsyat murah meriah, pake ember bekas bisa guys, coba deh

Cocok buat anak SMP, SMA, STM, laki ataw perempuan, manfaat yang bisa didapat antara lain melatih perencanaan, kerjasama, ketekunan, orientasi masa depan, komitmen, kerja keras dan sebagainya


1 Comment

Perokok itu gelap kulitnya

20140210-125604.jpg

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

KARENA TERNYATA ROKOK DIPRODUKSI BUAT ANAK MUDA YANG MISKIN, GELAP KULITNYA & BODOH, apakah termasuk kita? Miskin dan jelek pula?


Leave a comment

Sekolah kita & Penjara; lebih baik mana? Guru belajar ke LP yuuu

20140417-084606.jpg

Penjara anak Tangerang bisa menbuat seorang napi percaya diri dan niat jadi musisi setelah bebas dari penjara, ini sebuah fakta yang dahsyat cetar membahana … di tempat yang orang- orang membayangkan pun enggan … ada proses dan sukses membina anak negeri.

Coba lihat di sekolahmu, berapa ratus murid yang sudah lulus, atau berapa ribu alumni sekolah kamu, saat murid lulus dari sekolahmu, apakah mereka sudah percaya diri ingin menjadi musisi atau bercita-cita lainnya secara mantap sesuai kemampuan dan sesuatu yang sudah dilatih di sekolahmu?

Kalu penjara bisa, sekolah harusnya lebih bisa, karena banyak faktor lebih mendukung buat wujudkan hal ini … bagaimana di sekolah anda? Kalau tak mampu, jangan-jangan sekolah kita lebih buruk dari penjara?


Leave a comment

Bicarakan tentang Pengelolaan Sekolah di twitter

sekolah yang baik, satu hari saja murid tak masuk dg sebab yg tak jelas org tuanya langsung dipanggil wali kelas, kalo ngga sembuh” BK maju

skolah yg muridnya sering ga masuk dibiarin aja, ga punya nilai naik kelas, saat ujian fasti dia & skolah tegang, nyontek & bocoran jd biasa

wali kelas yg baik punya no hape semua org ua murid perwaliannya, shg kl ada apa” bisa langsung kontak, happy deh

coba deh didata, murid yg bandel tu di skolah negeri ga sampe 5%, sharusnya yg lbih banyak bisa lebih mewarnai skolah

kl murid yg 5% bandel itu jadi label skolah di masyarakat, artinya tata tertib skolah ga jalan, guru” cuek & kalah ama murid, ga happy keles

skolah itu kebutuhan murid untuk punya kualitas mas depan yg lbih baik, kalo skolah menjemput anak buat ujian, itu terlaluuuuuu kata Rhoma

wali kelas yg biarkan murid tak masuk beberapa hari sbaiknya diganti krn tak serius urus perwaliannya, efeknya banyak buat murid itu dkk nya

budaya nakal itu mengundang murid yg baik krn mendapat atensi dr skolah, apalagi pake dipajang di upacara, budaya prestasi & kebaikan harus

selalu diekspos, yg dipajang saat upacara harus yg baik yg brprestasi, murid nakal proses di ruang tertutup empat mata, jatuhkan sangsi

sangsi harus tegas ssuai kesepakatan yg ditandatangani murid dan org tua, sgera setelah pelanggaran terjadi, pnundaan bikin basi, jadi pait

hukuman lari keliling lapangan skolah bisa diganti lari ditempat sampe berkeringat, tak da yg lihat, cape pula muridna, tak malu & smg kapok

anak yg keluar atau dikeluarin tak perlu diekspos di upacara krn teman”nya pasti langsung tahu dan menyebar kabarnya dlm tempo singkat

selalu ekspos prestasi & kebaikan” murid” bisa bikin budaya positif di skolah, happy deh

kebiasaan liat yg berprestasi & anak” bagus diekspos pd upacara di lapangan skolah, bikin nafsu yg laen dapat atensi apalagi ada bonus pulsa

murid dapat hadiah pulsa di depan ratusan teman itu rasanya luar biasa walau pulsanya cuma gocap or cepe ceng, apalagi ada yg lagi ditaksir

skolah yg tak peduli masalah anak silahkan tunggu kematian, perlahan memang, bahkan ada yg puluhan tahun, masyarakat bakal ninggalin deh

perbaikan skolah memang ga bisa cepat, tiga tahun baru mulai trasa, tapi amati animo masyarakat, yg masuk pasti main keren, happy deh

kebaikan yg diperlihatkan, dikerjakan & dibiasakan bakal membentuk murid jadi baik, itu tugas sekolah, kenakalan juga gituh .. happy deh

@dwitagama


Leave a comment

The Girls is Mine … nyanyi yuuu

Ga tau kenapa, tiba-tiba saya kangen dan pengen nyanyi lagu ini, inget zaman SMA suka ditemenin lagu ini belajar, waktu itu Ayah Saya sudah faham bahwa anaknya yang satu ini senang belajar sambil dengar musik, waktu saya sekolah di SMPN 19 Jakarta sempat dimarahin dikira tak serius, tapi ternyata nilai saya bagus terus di rangking atas …

Lagu dari Michael Jackson dan Paul Mc Cartney, saya dapat edisi akustik, syedaap guys .. nyanyi yuuu

“The Girl Is Mine”

[1st Verse (Michael)]
Every Night She Walks Right In My Dreams
Since I Met Her From The Start
I’m So Proud I Am The Only One
Who Is Special In Her Heart

[Chorus]
The Girl Is Mine
The Doggone Girl Is Mine
I Know She’s Mine
Because The Doggone Girl Is Mine

[2nd Verse (Paul)]
I Don’t Understand The Way You Think
Saying That She’s Yours Not Mine
Sending Roses And Your Silly Dreams
Really Just A Waste Of Time

[Chorus]
Because She’s Mine
The Doggone Girl Is Mine
Don’t Waste Your Time
Because The Doggone Girl Is Mine

[Bridge (Paul)]
I Love You More Than He
(Take You Anywhere)

[Michael]
But I Love You Endlessly
(Loving We Will Share)

[Michael & Paul]
So Come And Go With Me
To One Town

[Michael]
But We Both Cannot Have Her
So It’s One Or The Other
And One Day You’ll Discover
That She’s My Girl Forever And Ever

[3rd Verse (Paul)]
I Don’t Build Your Hopes To Be Let Down
‘Cause I Really Feel It’s Time

[Michael]
I Know She’ll Tell You I’m The One For Her
‘Cause She Said I Blow Her Mind
Chorus (Michael)
The Girl Is Mine
The Doggone Girl Is Mine
Don’t Waste Your Time
Because The Doggone Girl Is Mine

[Michael & Paul]
She’s Mine, She’s Mine
No, No, No, She’s Mine
The Girl Is Mine, The Girl Is Mine
The Girl Is Mine, The Girl Is Mine

[Paul]
The Girl Is Mine, (Yep) She’s Mine
The Girl Is Mine, (Yep) She’s Mine

[Michael]
Don’t Waste Your Time
Because The Doggone Girl Is Mine
The Girl Is Mine, The Girl Is Mine

[Paul]
Michael, We’re Not Going To Fight About This, Okay

[Michael]
Paul, I Think I Told You, I’m A Lover Not A Fighter

[Paul]
I’ve Heard It All Before, Michael
She Told Me That I’m Her Forever Lover, You Know, Don’t You Remember

[Michael]
Well, After Loving Me, She Said She Couldn’t Love Another

[Paul]
Is That What She Said

[Michael]
Yes, She Said It, You Keep Dreaming

[Paul]
I Don’t Believe It

[Michael & Paul]
The Girl Is Mine (Mine, Mine, Mine)

[Fade-Out/Repeat]


Leave a comment

Suara kamu hijau, dirubah jadi merah itu ______________

ILLUSTRASI

ILLUSTRASI


Saat Pemilu, kamu memilih partai warna hijau karena kamu sangat fanatik dan sangat percaya bahwa partai hijau akan membawa aspirasi suaramu dan membuat negara ini makin baik, kamu tak memilih partai merah karena sangat tidak percaya atau tidak setuju dengan visi dan misi partai merah, setelah pemilu usai partai hijau menyatukan suara partainya dengan partai merah … dilakukan tanpa meminta izin padamu, kata mereka memang tak ada aturan harus minta izin pada pemilik suara, bagaimana menurutmu?


Leave a comment

Nama tokoh di soal Ujian Nasional itu ___________


Ada profil seseorang yang sedang dalam kontroversi di masyarakat di soal Ujian Nasional itu bikin kontroversi, mungkin sebabnya:

1. Ga kreatif, miskin ide.
2. Kurang wawasan, ratusan nama pahlawan nasional lebih pantas.
3. Kurang peka.
4. Asal-asalan.
5. Iseng.
6. Menyuarakan dukungan.
7. Politis.
8. Tak diedit pejabat yang berwenang.
9. lainnya.

Bagaimana menurut anda?


1 Comment

Wakil rakyat yang enggan berubah hampir 30 tahun, ga happy deh


Lagu ini diciptakan dan pertama kali diedarkan Iwan Fals tahun 1987 … coba simak dan resapi isi lagunya, walau rentang masa diciptaan lagu hingga kini hampir 30 tahun … keadaan negeri dan suasana wakil rakyat di Senayan seperti tak berubah … ternyata berubah itu tak mudah ya?


Leave a comment

Pemimpin yang baik bisa dibentuk di Sekolah, tak cuma fokus Ujian Nasional

ILLUSTRASI

ILLUSTRASI


Di Negeri Paman Besut hari-hari ini sedang sibuk mencari calon Presiden yang tepat buat negerinya, dua ratus tiga puluh juta lebih penghuninya sedang bengung menimbang beberapa calon yang ada, tak mencapai lebih lima orang yang dianggap layak buat memimpin negeri.

Pada masa otoriter, dimana cengkeraman militer begitu kuat, pemimpin negeri diseleksi dengan sangat ketat oleh pemegang kekuasaan, partai politik tak terasa perannya melahirkan pemimpin, keberadaan partai hanya terasa saat pemilu berlangsung, setelah pemilu partai politik seolah tertidur pulas, di parlemen para wakil dari partai politik seolah bungkam terkooptasi atau dikendalikan oleh penguasa.

Sekarang, di era reformasi, sistem tata negara dirubah, militer kembali ke barak jalankan fungsi pertahanan negara, kekuasaan lainnya dihilangkan, partai politik seolah jadi mesin yang memproduksi pemimpin; calon angota legislatif, calon bupati, calon gubernur, calon presiden harus melalui partai politik, seolah tak ada lembaga lain yang punya kemampuan melahirkan pemimpin negeri.

Hampir dua puluh tahun masa reformasi berlangsung, ternyata negeri ii masih kesulitan mencari pemimpin yang baik, hingga bulan Januari 2014 sebanyak 318 orang dari total 524 orang kepala daerah dan wakil kepala daerah tersangkut dengan kasus korupsi yang sebagian besar diantaranya sudah ditahan.

Apakah ini bisa diartikan partai politik tak mampu melahirkan pemimpin yang baik. Seharusnya pemimpin yang baik itu dilahirkan dan dibentuk di sekolah. Secara sadar lembaga pendidikan harus merancang berbagai program kegiatan yang bertujuan melahirkan pemimpin negeri yang handal, tak cuma fokus Ujian Nasional. Sejak Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi jutaan sekolah di negeri paman besut melakukan upaya membentuk pemimpin negeri yang baik, maka akan banyak tersedia calon pemimpin negeri yang bisa dihandalkan dan selalu siap dimunculkan saat dibutuhkan.

Bagaimana di sekolah Anda? bagaimana usaha melahirkan pemimpin baru negeri ini … diantara ratusan murid pasti ada yang memiliki kemampuan leadership yang baik, diasah yuuuuuu … happy deh.


Leave a comment

Setiap pemimpin harus punya skill public speaking, sekolah bisa melatihnya

20140409-105630.jpg
Apel pagi setiap hati di sekolah, protokol, pembina atau unsur-unsur lain pada apel memberi kesempatan murid-murid untuk berlatih publik speaking, yang pasti sangat bermanfaat saat mereka lulus nanti. Foto dokumentasi SMKN 36 Jakarta.


Leave a comment

Berlatih percaya diri dan jadi warga yang tertib, happy deh

20140409-071341.jpg

20140409-071410.jpg

20140409-071429.jpg
Ini suasana hari-hari murid SMKN 36 Jakarta, foto diambil beberapa hari yang lalu, upacara terakhir buat anak kls XII yang minggu depan ujian dan bakal tinggalkan sekolah buat kerja atau kuliah, mereka berlatih berani tampil di muka umum dan jadi penduduk yang tertib, disiplin … Gimana di sekolahmu? coba difoto saat upacara dari atas, dari berbagai sudut, mungkin lebih baik dari ini.


Leave a comment

Berharap apa pada penyogok & koruptor? tunggu aja pembalasan semesta

20140408-075127.jpg

20140408-075114.jpg
Dia menebar amplop berisi uang tak seberapa
Apa yang bisa diharapkan dari si pemberi
Pantas saja banyak yang terbukti korupsi setelah terpilih
Buat kembalikan uang yang sudah disebarkan

Sumber: http://politik.kompasiana.com/2014/04/07/cara-caleg-menghina-rakyat-647315.html


Leave a comment

bikin perda ttg ketertiban kota tapi dia sendiri yang melanggar, fix ya … jangan pilih aku

20140405-125852.jpg
banyak yg suruh aku nyaleg, krn pnpilan aku oke banget, tapi aku ga mau … masalahnya sepele, aku ga mau mengotori kota dengan memasang foto aku dimana-mana, aku kan ga sama kaya manusia yang bikin perda ttg ketertiban kota tapi dia sendiri yang melanggar, fix ya … jangan pilih aku.


1 Comment

Motivasi dwitagama @190314

Dedi Dwitagama:

ditulis seseorang itu ….. seneeeeng banggeeets, makasih bro

Originally posted on rizkymaulanaattiv:

image

Hari rabu 19 maret 2014 merupakan hari terakhir ujian sekolah, mata pelajaran juga hanya 1 yaitu Kimia gua sih engga yakin sama pelajaran kimia secara gua bukan anak IPA yang bisa merakit senyawa senyawa asam basa entahlah apa itu namanya. Walaupun cuma 40 soal pilihan ganda dan 5 essay tetep aja buat gua itu sulit banget dan engga bisa gua ungkapan lagi dengan kata-kata. Ujian dimulai jam 08.00 saat itu pengawas ujian sekolah terakhir adalah pak Rico sugiarto dan pak Lawini gua mulai ganbate deh buat ujian hari terakhir apalagi denger-denger kelas 3 abis ujian libur selama 3 hari yaudah tambah semangat aja. Lembar jawaban sudah dibagi berikut dengan soal yang bikin gua engga berkutik selama memulai ujian hari terakhir gua engga berkutik sama sekali nomor ujian gua 02-075-079-2 dan sebelah kanan gua si Rio kurnianto dia juga engga bisa melakukan apapun yang di lakukan hanyalah berdoa dan berharap keajaiban…

View original 1,173 more words


2 Comments

Kampanye puaskan syahwat, setelah dikasih paha & dada trus disuruh pilih

INDONESAA

INDONESAA


AMERIKAA

AMERIKAA


Lihat setting panggung kampanye, di Indonesia luas karena harus menampung alat-alat musik dan areal buat goyang (foto pertama), sementara di Amerika cukup dengan satu podium kecil untuk orang yang kampanye.

Dibawah ini adalah cara-cara kampanye yang bikin muntah, sebenarnya kampanye itu mau sosialisasi program calon atau kasih tontonan seronok buat masyarakat … yang jadi msyarakat juga lucu atau sangat bodoh barangkali, disuguhi hal-hal yang tak baik malah ditonton, andai semua penonton tinggalkan lokasi kampanye … pada malu deh itu pemilik tubuh yang diobral dan orang-orang yang bayar …

MAU JADI YANG TERHORMAT?

MAU JADI YANG TERHORMAT?


2 Comments

Yuk kita tanya pada wakil rakyat, bupati, gubernur dan presiden, “Kapan ada transportasi yang baik di negeri ini?”

CIRI TUKANG OJEK

CIRI TUKANG OJEK

Pagi hari, seorang lelaki yang tak muda lagi duduk di atas motornya yang parkir di depan rumah seseorang d Cipinang Muara, menunggu perempuan yang setiap pagi selalu diantar untuk berjualan di pasar Jatinegara yang masih di kecamatan yang sama. Sesungguhnya jarak rumah ibu itu ke pasar tak terlalu jauh, tetapi tak ada transportasi yang nyaman dan cepat untuk mencapai pasar sehingga ojek motor menjadi pilihan ibu itu setiap hari.

Anda mungkin sering melihat atau mengalami hal yang sama, mobilisasi rakyat sangat sulit, sehingga untuk mempermudah rakyat bepergian mereka berusaha membeli sepeda motor karena menggunakan ojek membutuhkan biaya yang mahal. Tak memiliki dana yang cukup, rakyat membeli sepeda motor atau mobil dengan cara kredit yang harganya jauh lebih mahal. Ada hal yang lucu, seorang teman ingin membeli sepeda motor secara cash di sebuah agen yang besar harus menunggu hingga dua minggu, sementara jika membeli secara kredit motornya telah tersedia dan pada hari itu juga sudah bisa dibawa pulang.

Mwmiliki kendaraan bermotor seolah kemewahan, padahal itu bentuk kepasrahan pada situasi dimana angkutan umum tak tersedia dengan baik, kita tak protes pada Pemerintah Daerah maupun pemerintah pusat yang tak mampu sediakan sarana transportasi massal yang baik, sekian banyak bupati, gubernur hingga presiden, ribuan wakil rakyat dipilih berganti-ganti tapi belum ada yang mampu menyediakan layanan transportasi yang baik buat rakyatnya.

Tak perlu jauh ke Jepang atau ke Korea, lihatlah negeri tetangga kita Singapur dan Malaysia, disana jarang sekali penduduknya mengendarai sepeda motor, karena naik motor itu bikin pantat panas, pegal, punggung sakit, terpanggang matahari, dingin terguyur hujan, rakyat di negeri tetangga gemar bepergian dengan kereta bawah tanah atau monorail yang dibangun pemerintahnya.

Wajar saja para pemotor itu selalu ngebut di jalan kaena ingin segera sampai di tujuan dan mengakhiri penderitaanya di atas jok motor … sementara para pejabat, naik sedan ber-AC dikawal polisi pembuka jalan gunakan motor besar bersirine. Yuk kita tanya pada wakil rakyat, bupati, gubernur dan presiden, “Kapan ada transportasi yang baik di negeri ini?”.

DINGIN

DINGIN

Saya berharap adegan di foto bakal makin jarang terlihat, potensi bahaya jalan yang licin, badan sakit akibat kehujanan, dan berbagai penderitaan lainnya.


Leave a comment

Setiap orang bisa sukses pada bidang apa saja yang dia sukai & dilakukan berulang-ulang dengan serius, happy deh

20140401-124927.jpg
Nama mereka sama: RUDI, mereka sukses pada bidang-bidang berbeda; kuliner, rambut, bulutangkis, kita tak pernah tahu apakah mereka pernah juara kelas? lulus Ujian Nasional?

Setiap orang bisa sukses pada bidang apa saja yang dia sukai & dilakukan berulang-ulang dengan serius, happy deh.


Leave a comment

sudah terfikirkah bakal jalani masa tua dimana & bagaimana? Semoga sejahtera & sehat hidupmu hingga tua renta, happy deh

20140401-124104.jpg
Andai Bapak di foto itu dulu sekolah, apakah saat sekolah beliau sudah berfikir bakal menjalani hidup yang keras hingga tua renta, terus bekerja tanpa mengeluh, memenuhi kebutuhan hidup yang tak pernah berhenti.

Jika kamu sekrang masih sekolah, sudah terfikirkah bakal jalani masa tua dimana & bagaimana? Semoga sejahtera & sehat hidupmu hingga tua renta, happy deh.


Leave a comment

Menikmati anak-anak muda berani jadi happy

20140401-125643.jpg
Saya sangat senang ketika memenuhi Undangan BNN Jawa Barat untuk sharing materi Public Speaking dengan Mahasiswa STTD Cikarang, Maret 2014. Mereka semangat & berani tampil mempraktekkan ilmu yang sudah dimiliki untuk lebih meningkatkan skill berbicara di muka umum, dokumentasi training saya lainnya bisa dinikmati disana.


2 Comments

Ciri-ciri Kepala Sekolah yang Baik & Berhasil, bagaimana di sekolahmu?

20140325-150728.jpg

Beberapa kali Saya bertanya kepada Guru & Karyawan di beberapa sekolah tentang penilaian mereka terhadap Kepala Sekolahnya, ada beberapa hal yang sama diungkap mereka, yaitu:

“Kepala Sekolah kami baik orangnya, Beliau selalu menyempatkan ke ruang Guru, menyapa kami dan bersalaman dengan kami, Beliau juga ramah mau berbicara dengan warga sekolah.”

Ternyata tak terlalu sulit buat jadi Kepala Sekolah yang baik, apakah cuma itu? Adapun ciri-ciri pribadi kepala sekolah yang berhasil seperti yang ditulis <em>Guru Kreatif di blognya, adalah sebagai berikut:

1. Senang akan perubahan. Ia senang membuat perubahan demi siswa dan demi kemajuan gurunya. Ia konsisten mengawal perubahan dan menjadi contoh orang yang pertama kali berubah. Ia jadi sosok yang sadar dan cepat mengambil keputusan dalam perubahan karena ia sadar perubahan yang baik mesti diniatkan jika tidak ingin kehilangan kesempatan.

2. Bersikap proaktif dan senang menciptakan kesempatan. Karena ada atau tidaknya kesempatan tergantung cara pandang seseorang. Kepada guru-gurunya ia menjadi contoh dalam bersikap proaktif dan menghindari menunda-nunda penyelesaian masalah karena akan menjadi hal yang besar dan berdampak pada keutuhan proses belajar mengajar di sekolah.

3. Punya kemampuan komunikasi yang baik dan berhati-hati saat mengeluarkan pernyataan. Bukan hanya pejabat public yang mesti berhati-hati dalam mengeluarkan kalimat pernyataan. Kepala sekolah juga mesti berpikir panjang sebelum mengeluarkan pernyataan agar suasana kondusif tetap tercipta di sekolah.

4. Sayang pada guru-gurunya. Kepala sekolah yang baik adalah juga guru yang baik karena dulunya juga pasti ia adalah seorang guru. Semua kebijakannya akan berujung pada upaya untuk membuat guru betah dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan suasana kerja yang positif.

5. Senang gunakan social media. Kepala sekolah yang masih memandang sinis guru-gurunya yang aktif di social media adalah kepala sekolah yang jadul dan ketinggalan jaman. Semestinya ia lah yang mesti memandang social media sebagai media yang efektif untuk alat pembelajaran, berkomunikasi dan menjadi mitranya dalam memimpin.

6. Memprioritaskan proses pembelajaran. Pembelajaran yang saya maksud bukan sekedar berkonsentrasi pada tes dan ujian nasional namun membagi perhatian yang seimbang juga pada aspek yang lain misalnya aspek olah raga dan kesenian. Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa menyeimbangkan aspek akademis dan aspek minat dan bakat siswa.

7. Gemar berkeliling dan mengontrol. Kepala sekolah akan kehilangan kesempatan untuk mengetahui perkembangan terkini di sekolahnya jika hanya duduk di ruangannya.

8. Menghargai latar belakang keluarga-keluarga yang mempercayakan anaknya untuk bersekolah di tempat ia memimpin. Kepala sekolah adalah gambaran dari cara sekolah menghargai orang lain yang berbeda. Setiap individu punya kesempatan yang sama besarnya untuk berubah menjadi lebih baik. Jika ia cepat nyinyir dan menghakimi maka ia akan sulit untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang tua siswa.

9. Hormat kepada pengawas dari Diknas sambil tetap melengkapi referensi pengetahuan dari sumber lain. Kepala sekolah yang berasal dari sekolah yang unggul dan bagus mutunya cepat punya penilaian yang merendahkan pengawas dari diknas hanya karena pengetahuan atau cara kerja yang berbeda. Sebaliknya sekolah yang baru berkembang kadang terjebak menjadi begitu mengiyakan apa saja yang pengawas katakan tanpa punya rujukan lain sebagai pembanding.


2 Comments

Masih adakah Guru Umar Bakri di Jakarta? banyak murid di sekolah sendiri yang tak mengenalnya


Guru yang naik sepeda, pake baju safari, terus kalo ketemu murid nakal tawuran lari terbirit-birit. Kebanyakan guru di Jakarta sudah pake motor dan mobil, yang masih honor alias belum PNS bisa makmur dengan mengajar di beberapa sekolah, sementara yang sudh PNS sudah sangat makmur dengan berbagai tunjangan dan penghasilan resmi dari pemerintah pusat dan daerah.

Coba instrospeksi deh, masih kenakan baju safari seperti di video di atas? masih takut jika ada anak tawuran? atau masa bodo mengetahui murid di sekolah anda tawuran? karena merasa bukan tugas anda, anda fikir itu urusan pembina siswa, wakil kesiswaan atau kepala sekolah. Urusan anda cuma mengajar, masuk kelas, pindah kelas, pindah sekolah dan pulang. Mungkin karena banyak guru yang bersikap seperti ini masalah tawuran tak pernah usai di negeri ini, selalu terjadi dan makin banyak yang mati. Bahkan seorang Bupati sampai turun tangan melarang sekolah pelaku tawuran untuk menerima murid baru, karena dia ingin tak ada lagi tawuran pelajar di wilayahnya.

Guru bisa kreatif melakukan berbagai upaya untuk meminimalisasi tawuran, dengan secara mendadak memeriksa tas murid di kelas, berdialog tentang masalah itu, mencari tahu tempat-tempat mangkal atau kumpul sebelum murid melakukan tawuran, dan sesekali singgah menemui murid di sana, kalau perlu memotret wajah-wajah yg ada disana dengan berbagai alasan misalnya untuk di unggah ke media sosial, atau melakukan apa saja yang meminimalisasi tawuran di sekolahnya.

Jika guru cuma mengeluh penghasilan kecil, takut sama kenakalan anak bahkan melarikan diri … bagaimana guru bisa berfikir tentang cara-cara yang menarik ketika mengajar sehingga murid senang belajar, juga senang pada gurunya … karena anak-anak Jakarta itu unik, berani, dsb … jika mereka tahu gurunya penakut maka murid berani bahkan kadang murid jail ngerjain gurunya hingga jadi bahan lelucon, sekali waktu guru perlu galak, tegas, sehingga murid tak kurang ajar … ini Jakarta booo.

Sekolah saya mah ga pernah tawuran Pak Dedi … wah hebat itu!!! anda jadi lebih gampang dan tenang mengajar, lalu sudah seberapa hebatkan anda jadi guru? seberapa dahsyat prestasi anda dikenal oleh guru-guru di sekolah sendiri? seberapa banyak guru lain sekolah mengenal anda? se kabupaten mengenal anda? se propinsi? atau seantero negeri? jangan-jangan masih banyak murid di sekolah anda yang belum tahu nama anda, karena mereka tak menemukan anda di twitter …


2 Comments

anak-anak muda hebat yang berani keluar dari penjara pemikiran “HARUS LULUS UJIAN NASIONAL – JANGAN KERJAKAN YANG LAIN KECUALI BELAJAR”

20140317-085800.jpg
Melihat foto di atas bangga banget, kejayaan bulu tangkis yg dulu bikin Indonesia dikenal dunia datang lagi … lewat anak-anak muda hebat yang berani keluar dari penjara pemikiran “HARUS LULUS UJIAN NASIONAL – JANGAN KERJAKAN YANG LAIN KECUALI BELAJAR”, merka jalani puluhan tahun dengan berlatih, selalu berkeringat setiap hari, terima kasih buat lily – tanto, ahsan – hendra, para pelatih, pengurus PBSI & sponsor, love u all.


5 Comments

Perokok itu miskin, tapi merasa makmur gitu, bagaimana denganmu?

20140210-125604.jpg

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

dia perokok,
dia masih muda,
dia miskin,
dia gelap kulitnya,
dia bodoh

KARENA TERNYATA ROKOK DIPRODUKSI BUAT ANAK MUDA YANG MISKIN, GELAP KULITNYA & BODOH, apakah termasuk kita? Miskin dan penyakitan?


Leave a comment

Menikmati menu demonstran, terima kasih Teater Koma

20140317-084556.jpg
Menikmati dialog-dialog bernas, musik mengkritik, tata lampu warna-warni, setting panggung unik, koreografi pemain merangkap penari, dsb … adalah menu khas Teater Koma, kali ini menunya berjudul DEMONSTRASI, kami sangat menikmati … terima kasih buat Nano Riantiarno, dan smua aktor teater koma yang rutin memberi pencerahan buat penikmat teater. Sebuah pilihan yang menbuat saya tak perlu berpanas-panas di lapangan joget dangdut, pake kaos seragam, dan teriak-teriak ga jelas, happy deh.


2 Comments

Apa produktifitas kamu hari ini?

20140317-082750.jpg
Orang yang kerja di bidang sales atau marketing jelas sekali ukuran produktifitasnya, berapa unit produk yang terjual? berapa omzet penjualan total hari ini?

Untuk profesi guru, apa ukuran produktifitasnya? murid lulus UN? itu bisa diukur setahun sekali, terus sepanjang tahun tak menghasilkan apa-apa? tidak produktif?.

Berseragam, datang tepat waktu, masuk kelas ontime, pulang tepat waktu bisa jadi ukuran produktiitas anda? termasuk bikin murid lulus UN 100%? Betapa kita telah membuang milyaran detik-detik berharga dan jadi orang yang mandul?

Yang sedang anda baca ini adalah hasil kerja atau produktifitas saya hari ini, saya telah menghasilkan ribuan tulisan, foto, video di blog ini & blog lainnya.

saya, anda & smua orang didunia bisa menikmati hasil kerja saya, itu adalah hasil kerja atau produktifitas saya. Anda sudah menerbitkan buku, posting tulisan, foto di blog, instagram, posting video di Youtube, atau menghasilkan sesuatu yang bisa wakili kehadiran anda walau anda berada di tempat berbeda, atau anda punya usaha atau bisnis yg hasilnya bisa dinikmati orang yg jauh dari anda?. itu semua bisa dikerjakan hanya dengan alat di genggaman tangan kita: Handphone.

Saya memotret, posting tulisan ini gunakan HP, produktif deh … yuuuuk!!!


Leave a comment

Setelah kampanye usai, tak ada lagi hiburan dan kemanjaan Kecuali ada shooting program TV atau launching produk Rakyat kembali ke rumah kumuh, sibuk kerja penuhi kebutuhan hidup

20140315-073941.jpg
Musim kampanye sudah dimulai,
Saat-saat seperti ini saya selalu ingat pesan ayah saya,
Beliau seorang Polisi yang mengidolakan Pak Hugeng,
Kapolri yang gemar bermusik dan lurus berjalan,

Menjauhlah dari keramaian, lakukan keperluan di luar rumah segera, setelah itu pulanglah
Saat masih di SMA ketika pulang usai belajar bersama
Saya berjumpa dengan konvoi orang-orang usai kampanye
Menggunakan truk terbuka berisi banyak orang di bak belakang

Ketika berbelok, bagian samping dinding bak truk tak mampu menahan beban
Mungkin kecepatan truk agak lumayan, sehingga beban truk bertumpu di samping
Bak truk sebelah kiri jebol, penumpang nya tumpah saling tindih
Bisa dibayangkan bagaimana yang berada paling bawah
Kepentok aspal, tertindih puluhan orang berakibat darah tercecer
Saya ingat pedan ayah, segera berlalu mencari angkutan umum, pulang

Grup Dangdut dan Penyanyi sudah dikontrak,
Panggung sudah dirancang, kaos sudah dicetak, bis & truk dicarter,
Koordinator massa sudah dikoordinasi,
Pemandu sorak sudah dilatih, isu kampanye sudah disosialisasikan,
Konsumsi sudah disiapkan, honor atau uang lelah sudah dihitung

Coba amati suasana kampanye
Berapa lama waktu buat orasi sampaikan program,
Berapa lama waktu buat hiburan atau gotang dangdut?
Mungkin perlu sedikit saja orasi, segera berikan hiburan buat warga
Mereka gembira disiapkan transportasi, konsumsi, uang lelah, seragam, berjoget dangdut

Pulang dengan rasa letih, bahagia karena sudah gembira, berteriak & berjoget
Yang biasanya mereka sulit gembira, tak bisa teriak karena tinggal di tempat padat penduduknya,
Tak sempat berjoget karena sibuk mencari nafkah hidupi keluarga
Orang-orang mungkin lupa dengan isi orasi juru calon atau jurkam
Karena memorinya sudah diisi orasi jurkam partai lain dihari-hari kemarin

Orang-orang harus segera tidur, karena sang koordinator lapangan sudah kabarkan
Besok mereka akan dihibur partai lain di tempat berbeda dengan kaos seragam berbeda
Mereka siap dimanjakan lagi dengan naik bisa wisata gratis, kaos, konsumsi, uang lelah,
Yang penting ada di lokasi, soal mendengar jurkam atau tidak tak masalah
Karena sound system disiapkan buat dangdutan, jadi omongan jurkam sering tak jelas

Mereka miskin, jarang membeli baju, dapat kaos warna-warni gratis, diantar berwisata, diberi musik gratis,
Merasa seperti dimanjakan dan jadi orang terhormat
Kemewahan yang mungkin ada lima tahun sekali
Puas dapat penghargaan dan hiburan, terlalu banyak dengar orasi dari banyak partai
Mereka lupa tentang apa yang dijanjikan buat mereka

Usai pemilu, para pemenang asik sendiri
Lupa janji, hanya memperkaya diri, kelompok, korupsi, jarang hadir di sidang
Rakyat tak menuntut, mereka lupa janji-janji saat kampanye karena dibius hiburan
Menarik suara yang diberikan juga tak bisa
Walau sudah terbukti orang yang dipilih dipenjara

Setelah kampanye usai, tak ada lagi hiburan dan kemanjaan
Kecuali ada shooting program TV atau launching produk
Rakyat kembali ke rumah kumuh, sibuk kerja penuhi kebutuhan hidup
Tak bisa teriak, tak sempat berjoget, cuma bisa liat saling hujat di TV,
Berita pengadilan, korupsi, penjara, narkoba, asap, kecelakaan mobil, kereta, pesawat


Leave a comment

Apakah selama lima tahun partai tak sempat menanamkan ideologi partai kepada anggota dan keluarganya? Apa saja kerja partai sebelum masa kampanye?

20140317-104055.jpg
Kampanye di Negeri Paman Besut sudah dimulai, aturannya anak kecil tak boleh ikut kampanye, pada hari pertama kampanye beberapa partai melanggar aturan itu, terlihat jelas banyak anak kecil yangikut kampanye. Saat dikonfirmasi, seorang pengurus partai yang berteman dengan sapi menyatakan bahwa anak-anak kecil itu memang sengaja diajak, karena perlu penanaman ideologi partai kepada anggotanya sejak masih kecil, tak heran jika balita terlihat banyak ikut serta.

Apakah selama lima tahun partai tak sempat menanamkan ideologi partai kepada anggota dan keluarganya? Apa saja kerja partai sebelum masa kampanye? Yaaah, namanya juga politikus … harus pandai bicara, panitia pemilu harusnya memberikan sangsi buat partai yang melanggar atau menunggu korban jiwa dulu? sebaiknya tidak … anak-anak kecil itu tak perlu meninggal karena pemilu yang seharusnya mensejahterakan dia.

Belum jadi wakil rakyat aja udah melanggar aturan, pantas aja pada masuk penjara setelah terpilih jadi wakil rakyat, happy kah?

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 14,065 other followers