Laporan PTK- Contoh

Merespon permintaan pengunjung blog Saya, atas perkenan Bapak H. Bustamam Ismail, guru Agama SMK Negeri 3 Jakarta … Saya posting contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas Pak Haji … yang berjudul “Peningkatan Kebiasaaan Sholat Lima waktu melalui pemberian motivasi multi aspek”

ABSTRAKSI

Penulis berasumsi bahwa pembiasaan sholat lima waktu masih minim dilaksanakan oleh remaja, termasuk siswa-siswi SMKN 3 Jakarta, setelah kami tanyakan dikelas, hampir setiap kelas hanya rata-rata 15% yang terbiasa sholat lima waktu, itupun umumnya anak-anak Rohis. Kami berasumsi bahwa kebiasaan sholat lima waktu dapat ditingkatkan. Asumsi tersebut jelas memerlukan metode yang jitu. penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan  metode yang akurat dalam memacu siswa  guna pembiasaan sholat lima waktu. 1. Judul PTK ini adalah “ Meningkatkan kebiasaan sholat lima waktu melalui  pemberian motivasi multi aspek   Sholat dicanangkan oleh Allah untuk membentuk kepribadian seorang muslim yang tangguh, dalam sholat Allah mengajarkan hidup disiplin, hidup sabar,bermasyarakat, mengajarkan hidup sehat, hidup bersih lahir dan batin, menahan dan pengendalian diri, berkomunikasi dengan Khaliknya, 2.  Permasalahan kurangnya kesadaran siswa untuk membiasakan sholat lima waktu. Inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji kebiasaan sholat lima waktu yang sudah jauh dari yang dicontohkan Rasulullah, beberapa kali survey kecil, setiap kelas yang kami survey tidak lebih 15 % yang sudah melaksanakan sholat lima waktu secara rutin lima kali sehari semalam, survey secara kwantitas belum lagi sebagai kwalitas tentu lebih banyak lagi.

3. Metode yang saya gunakan adalah pemberian motivasi melalui memperdalam kajian sholat, melalui kajian nikmat umumnya, melalui kajian diri pribadi siswa, melalui  video penciptaan Alam semesta. Sehingga semua potensi rohani dan jasmaninya bisa berfungsi dengan lebih baik. Sehingga terdorong untuk mensyukuri nikmatNya salah satunya adalah melakukan shalat lima waktu

LAPORAN  BAB. I.PENDAHULUANA. Latar belakang, Mulai Indonesia merdeka, telah dicanangkan oleh para peminpin bangsa kita, untuk merumuskan tujuan negara muda yang dibangun itu, yaitu membentuk masyarakat yang adil dan makmur. Setelah melalui beberapa dasawarsa lahirlah pembarauan-demi pembaharuan yang menitikberatkan pembangunan. Pembangunan itu memerlukan tenaga penggerak sebagai motor yang menggerakkan semua aspek dari pembangunan tersebut. Tenaga pengerak tersebut ialah manusia yang mempunyai keahlian (skill), tanpa keahlian pembangunan itu tidak akan berjalan lancar. Tenaga ahli itu dihasilkan oleh pendidikan, karena itu pendidikan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan negara, yaitu masyarakat adil dan makmur.Pemikiran tentang pentingnya pendidikan sudah dimulai sebelum Indonesia merdeka, Pada awal kemerdekaan lahirlah undang no 4 tahun 1950 jo Undang-undang nomor 12 tahun 1954 tentang dasar-dasar pendidikan dan pengajaran di sekolah. Pada tahun 1989 lahir Undang-undang  nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasonal, terakhir , Permen no 22 tentang standar isi, Permen no 23 tentang standar kompetensi lulusan   B.  Rumusan Masalah   Sholat adalah  merupakan pangkal tolak pembinaan kepribadian seseorang muslim, yang dijadikan oleh Rasulullah sebagai tiang Agama Islam, satu-satunya ibadah yang diwajibkan secara berulang setiap hari, seumur hidup. Apabila pembinaan sholat itu terabaikan akan meruntuhkan sendi-sendi Islam itu sendiri sekali gus meluluhlantahkan pembinaan umatnya. Oleh sebab itu peningkatan  pembiasaan sholat itu merupakan hal yang urgen untuk diterapkan kepada siswa. Bagaimana memotivasi siswa untuk membiasakan sholat lima waktu?, Bagaimana mengelola waktu yang singkat untuk tatap muka tapi efektif dan efesien dalam membina mereka.C. Tujuan Penelitian  Penulis berasumsi bahwa pembiasaan sholat lima waktu masih minim dilaksanakan oleh remaja, termasuk siswa-siswi SMKN 3 Jakarta, setelah kami tanyakan dikelas, hampir setiap kelas hanya rata-rata 5% yang terbiasa sholat lima waktu, itupun umumnya anak-anak Rohis. Kami berasumsi bahwa kebiasaan sholat lima waktu dapat ditingkatkan . Asumsi tersebut jelas memerlukan metode yang jitu. penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan  metode yang akurat dalam memacu siswa  guna peningkatan pembiasaan sholat lima waktu    D.  Manfaat PenelitianPenelitian ini bermanfaat untuk untuk acuan pengajaran yang lebih maksimal di masa mendatang minimal untuk bahan kajian yang mengacu kepada kemajuan dimasa mendatang.                     BAB.II.KAJIAN TEORI DAN PUSTAKA. Pendidikan merupakan kunci kemajuan dan kesuksessan masa depan suatu bangsa, itu pulalah yang menyebabkan pemimpin Jepang paska bom Hiroshima dan Nagasaki menanyakan berapa orangkah guru yang masih tertinggal dan selamat.Pendidikan merupakan pembimbigan seseorang kearah dewasa, baik secara biologis,baik secara ekonomis, baik secara sosiologis. Seseorang yang dewasa harus mempunyai skill life atau kecakapan hidup sehingga dia tidak menjadi beban bagi orang lain, Dia harus mempunyai kepribadian yang mandiri sehingga setiap tantangan, rintangan dan persoalan hidup dapat menerima dengan tenang, kemudian menghadapi dengan cermat, dan mengatasi serta memecahkannya dengan bijaksana.Hakikat belajar mengajar: menurut Abu Ahmadi hakikat mengajar itu ada jenis 1. menanamakan pengatahuan kepada anak, 2. menyampaikan pengetahuan dan kebudayaan kepada anak, 3. suatu aktivitas mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi prases belajar.Hakiakat belajar adalah usaha sadar untuk menguasai ilmu, untuk dapat menerapkan pengetahuan ,  untuk dapat melaksanakan suatu pekerjaan dengan baik. Jadi belajar dan mengajar saling berkaitan dalam suatu proses menuju perubahan pengetahuan, perubahan tingakah laku, perubahan keterampilan dan dapat mengatasi persoalan hidup dengan baik dan mandiri.A.  Kajian Umum PendidikanKegiata belajar mengajar supaya lebih efektif harus memperhatikan sebagai berikut: 1.      Tujuan belajar mengajarSecara umum tujuan belajar mengajar adalah untuk mengubah pengetahuan peserta didik, mengubah kepribadian, mengubah keterampilan. Jadi dalam pendidikan harus ada perubahan kalau tidak ada perubahan maka kegiatan belajar itu tidak berhasil. 2.      Guru sebagai salah satu sumber belajar.Guru yang membimbing harus orang kompeten, pendidik yang kompeten  adalah guru yang mempunyai kesadaran kependidikan yang tinggi dan memenuhi syarat -syarat seorang guru yang baik.a.      Kesadaran kependidikan.Menurut J. Murry Lee dalam bukunya” Elementry Education to day and tomorrow, bahwa pada seorang guru sebagai anggota profesi hendaklah terdapat kesadaran profesi seabagai berikut:1).     Kesadaran pertama, adalah kesadaran pelayanan profesi mengemban tugas untuk kepentingan masyarakat. Kesadaran ini diterapkan dan tercermin dalam prilaku di Sekolah dan luar sekolah.2).     Kesadaran kedua, adalah kesadaran profesi guru menuntut kompetensi intelektual dan keterampilan profesi yang cukup tinggi, hal ini berarti adanya kesadaran untuk meniglkatkan harkat, martabat dan wibawa profesi.3).  Kesadaran ketiga, adalah kesadaran tentang  jaminan  terhadap masyarakat bahwa kita mampu untuk melaksanakan tugas mengajar dengan baik, berarti seorang guru mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.4).     Kesadaran keeempat, adalah kesadaran untuk berorganisasi untuk kepentingan meningkatkan aktifitas dan pertumbuhan professional. b.      Syarat-syarat untuk menjadi guru yang baik.Untuk menjadi guru yang baik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :1).     Ijazah guru. Seorang guru/pendidik haruslah mempunyai Ijazah guru, karena ijazah ini merupakan bukti otentik bahwa seseorang itu telah mempunyai dasar keguruan.2).     Sehat jasmani dan rohani.Pendidik haruslah sehat  jasmaniyah dan rohaniyah yang dibuktikan dengan keterangan dokter. Hal ini penting sebab orang yang tidak sehat tidak mungkin melaksanakan tugasnya dengan baik dan teratur, apalagi tugas yang berat karena menyangkut masyarakat.3).   Mempunyai kepribadian yang baik.Pendidik merupakan contoh hidup( living example) bagi peserta didik, oleh sebab itu gurulah yang lebih dahulu menerapkan norma-norma yang terpuji yang tercermin dalam perbuatannya.4).     Memiliki rasa tanggungjawab,Pendidik haruslah orang yang bertanggungjawab dapat meninggalkan norma daerah dan kelompok untuk kepentingan nasional. Sehingga setiap permasalahan dapat dilihat dalam konteks yang luas.   c.      Sikap dan sipat-sipat guru yang utamaPendidik yang baik haruslah memiliki sikap mental dan siapat-sipat yag utama. Sikap dan sifat utama ini akan menjadikan seseorang itu mempunyai wibawa sehingga orang berkeinginan untuk mengikutinya. Sesuai dengan tugas Nabi Muhammad SAW diutus ke dunia seabagai pendidik yang ulung, dengan sabdanya: “ sesungguhnya aku diutus adalah untuk menyempurnakan akhlak mulia ( H.R Bukhari dan Muslim).Sikap dan sipat-sipat utama itu merupakan kunci kesuksesan seorang pendidik dalam menjalankan tugasnya. Sikap dan sipat itu antara lain:1).  Adil.Pendidik haruslah menerima muridnya secara adil, guru tidak membedakan murid yang pintar dengan yang bodoh, yang cakap dengan yang kurang cakap, sehingga murid merasa diperlakukan sama dan secara adil.2).  Percaya dan cinta kepada anak didik dalam arti yang positif.Pendidik haruslah mempercayai murid bahwa mereka mampu mandiri, Guru harus menyenangi murid dalam arti yang positif, sehigga kegiatan akan berjalan dengan penuh kedamaian. Guru harus mempunyai suatu keyakinan bahwa murid mempunyai kata hati yang cendrong kepada yang baik, tetapi kata hati murid masih lemah oleh sebab itu guru mengembangkan dan membimbingnya supaya mempunyai kepribadian mandiri.3). Sabar dan rela berkorban.Pendidik haruslah mempunyai kesabaran yang tinggi, sebab seorang pendidik menghadapi manusia yang terdiri dari berbagai latar belakang kehidupan yang berbeda, kemauan yang beragam, watak dan kecendrongan yang berbeda pula. Karena orang yang sabar disayang Allah, sesuai dengan firmannya berbunyi: “ Sesungguhnya Allah Cinta orang yang sabar” ( Q.S. Al-Baqoroh 153).4). Mempunyai kewibawaan terhadap murid.Kewibawaan adalah pengakuan murid terhadap kelebihan gurunya sehingga mereka terdorong untuk meniru dan mengikutinya dengan sukarela.5). Guru harus cerah dan riang.Seorang guru harus cerah dan riang sehingga murid tidak terperangkap dengan perasaan yang tertekan. Mereka akan belajar sambil bermain untuk mencapai tujuan pendidikan. 6). Bersikap baik terhadap guru lainnya.Rekanan guru adalah merupakan kelompok pendidik yang saling mengisi dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Kalau dewan guru atau rekanan guru tidak sejalan dalam mendidik murid, sama halnya laksana dua orang yang satu membangun yang lainnya meruntuhkan, tak mungkinlah gedung akan berdiri. Demikian pulalah rekanan guru yang tak searah, menimbulkan masalah baru, yang akhirnya akan menghambat pencapaian tujuan.7).     Bersikap baik terhadap masyarakat.Masyarakat adalah partner guru dalam melaksanakan tugasnya. Tanpa kerjasama masyarakat dengan guru sulitlah untuk melaksanakan pendidikan dengan baik. Karena pada hakikatnya guru itu pengabdi dan pelayan masyarakat. 8). Guru harus menguasai materi yang diajarkan.Penguasaan bahan ajar merupakan keharusan bagi guru, karena tanpa penguasaan materi yang sempurna akan menimbulkan kehilangan wibawa seorang guru. Bila murid tahu kelemahan gurunya maka akan terjadilah suasana yang tidak serasi. Kalau hal ini terjadi berlarut-larut akan menimbulkan dampak negative pada hasil belajar murid.9). Guru harus suka pada mata pelajarannya.Pendidik harus menyenangi pelajaran yang diajarkan, sehingga akan mudah mempersiapkan dan melaksanakan. Pelajaran yang disenangi akan berhasil lebih baik ketimbang pelajaran yang dibenci, karena pelajaran yang disenangi guru menjadikan proses belajar mengajar yang lebih hidup dan gembira.10). Guru harus mempunhyai pengetahuan yang luas.Dalam masyarakat tertentu guru dianggap serba tahu segala hal, tempat bertanya kalau tak mengetahui, tempat mencari informasi dansebagainya. Kecewalah masyarakat bila guru panutannya mempunyai banyak kelemahan.   3.      Azas didaktikDalam Kegiatan belajar hendak memperhatikan pengajaran (azas didaktik) antara lain :a.      Harus ada pemusatan perhatian sehingga semua potensi yang ada pada diri peserta didik dapat berfungsi dengan maksimal.b.      Harus ada keaktifan peserta didik harus aktif dalam proses belajar mengajar, keaktifan itu menunjukan dalam jiwa siswa itu ada proses.c.      Kegiatan belajar mengajar itu harus ada bahan yang diragakan sehingga dapat dilihat oleh siswa,d.      Memperhatikan kemampuan peserta didik.e.      Korelasi dan konksentrasi,f.        Praktis dan efesien  4.      Bahan pengajarana.   Bahan pembelajaran harus memenuhi tujuan umum pemdidikan dan tujuan sekolah. Di Negara manapun sekolah adalah tempat pendidikan, yaitu memberikan endidikan keseluruhan, yang meliputi pendidikan jasmani, rohani, pendidikan perorangan serta kemasyarakatan. b.   Bahan pengajaran harus sesuai dengan tingkat sekolah, perkembangan jiwa serta jasmani murid pada umumnya. Maksudnya guru memperhatikan apakah masih tingkat pemula atau menengah atau sudah tingkat tinggi.c.  Bahan pembelajaran pokok pendidikan Agama Islam.Materi pokok pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan ialah:1). Keyakinan dan kepercayaan. Keyakinan dan keperyaan menurut Islam, merupakan fondasi ajaran Islam  disebut keimanan. Keimanan inilah yang melandasi semua amal seseorang yang mengaku beragama Islam, Tanpa landasan keimanan yang benar  semua amal akan sia-sia. Sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 18 berbunyi: “ Perumpamaan orang yang kafir dihadapan Tuhannya, amal-amal mereka adalah seperti abu yang ditiup angin dengan keras pada suatu hari berangin badai. Mereka tak bisa mengambil manfaat sedikitpun dari apa yang telah mereka usahakan…”( Q.S. Ibrahim ayat 18).    2). Ibadah Kepada Allah SWT.( Fikih).Ibadah merupakan realisasi dari keimanan seseorang yang sebagai  bukti bahw imannya benar. Orang yang mengatakan beriman tidak mengamalkannya disebut fasik, Orang yang berpura-pura beriman ibadah hanya untuk mengelabui mata atau untuk politis belaka supaya terbebas hokum dunia disebut munafiq. Manusia munafiq ini diancam Allah dengan firmannya: “ Orang yang munafiq tempatnya di neraka yang paling dalam, tiada yang dapat menolong mereka” ( Annisa: ayat 145). 3). Cara membaca Al-Qur’an dan membiasakannya.Al-Qur’an merupakan pedoman pokok umat Islam untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dengan Al-Qur’an dan hadits Nabilah kita dijamin akan mendapat kebahagiaan dan tidak akan sesat selamanya. Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW berbunyi: “ Telah kutinggalkan bagimu dua perkara  apabila engkau berpegang teguh kepada keduanya engkau tidak akan sesat selamanya, yaitu kitab Allah(Al-Qur,an) dan sunah Rasulnya”. (HR. Ibnu ‘Abdil Barri). Oleh sebab itu mempelajari Al-Qur’an merupakan keharusan bagi umat yang mendambakan petunjuk  yang abadi. Sehingga Nabi memberikan dorongan dengan sabdanya: “ Orang yang paling baik diantara kamu ialah orang yang belajar Al-Qur’an dan yang mengajarkannya”.(HR. Bukhari) 4).     Pengetahuan hukum Islam.Pengatahuan hokum Islam itu menyangkutan aturan pribadi dan masyarakat  ataupun sanksi-sanksi Allah yang akan diberlakukan di dunia dan ditangguhkan di akhirat , yang disebut syari’at.  Setiap umat Islam mempunyai kewajiban untuk melaksanakan sebagai realisasi iman dan penyerahan tanpa syarat keharibaan Allah Maha Kuasa. Sehingga orang yang tidak mau melaksanakan hukum itu disebut kafir. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 44 berbunyi: “ … dan siapa yang tidak menghukum dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang yang kafir”.(Al-Maidah: 44). 5). Pergaulan hidup antara sesama manusia.      Pergaulan hidup antara sesame manusia, baik sesame muslim atau dengan non muslim disebut mu’amalah. Mu’amalah ini antara lain jual beli, utang piutang, pinjam meminjam, uapah mengupah,cara bertetangga dan cara bermasyarakat.   d.      Tema sentral Pendidikan Agama Islam.Pengertian tema sentral adalah sub mata pelajaran atau pokok bahasan dari pendidikan Agama Islam yang minimal yang harus dicapai pada jenjang pendidikan tertentu. Pada dasarnya tema sentral itupemenuhan harapan orang tua, masyarakat, pemerintah serta kebutuhan siswa itu sendiri tentang pendidikan Agama Islam. 1)     Kemapuan siswa untuk beribadah dan membiasakannya dengan baik dan tertib( kemampuan sholat dan ibadah lainnya).2)     Kemampuan siswa untuk membaca Al-Qur’an dengan baik.3)     Tercerminnya Akhlak yang baik dari siswa.  e.  Tolak ukur keberhasilan Pendidikan Agama Islam  di SMK.Setelah membicarakan materi dan tema sentral pendidikan Agama Islam di sekolah, barulah kita dapat menentukan tolak ukurnya atau standar kompetensi Lulusan (SKL). 1).     Siswa memiliki pengetahuan fungsional tentang agamanya meliputi pengetahuan tentang keimanan kepada Allah, keimanan kepada malaekat, keimanan kepada rasul, tentang qadha dan qadar, pengetahuan tentang hukam waris, munakahat dan sebagainya. 2).     Siswa meyakini agamanya dan menghormati orang lain meyakini agamanya. Prinsip ini meliputi antara lain : beriman dengan benar, mensyukuri nikmat Allah dengan memelihara dan mengembangkannya, toleransi terhadap penganut agama lain, serta menjadi warga Negara yang baik.3).     Siswa bergairah beribadah . Hal ini tercermin dalam tindakan siswa antara lain: menunaikan sholat lima waktu, menunaikan sholat jum’at dengan baik, suka sholat tarawih dan idain, menunaikan ibadah puasa bulan Romadhan sesuai dengan syarat dan rukunnya yang ditentukan agama.4).     Siswa berakhlak mulia dan berbudi luhur. Berakhlak mulia dan berbudi luhur dapat dilihat dalam keadaan sehari-hari berupa: suka bertutur bahasa yang sopan, berbuat baik kepada orang lain, suka berbakti kepada orang tua, suka bersih dan kebersihan, suka memelihara lingkungan hidup, mematuhi aturan yang berlaku, suka mengucapkan kalimat thoibah, suka melakukan kebiasaan yang baik.5).     Siswa dapat membaca kitab suci agamanya dan berusaha dan berusaha memahaminya. Dapat membaca kitab suci ini tercermin dalam kehidupannya antara lain:  suka membaca Al-Qur’an, hapal surat-surat pendek dan mampu menuliskannya.6).     Siswa rajin belajar dan giat bekerja. Kegiatan ini dapat direalisasikan dalam bentuk : mereka belajar dengan tertib tanpa perintah dan berusaha mencapai hasil atau berprestasi baik, suka mengerjakan yang baik tanpa perintah, suka membantu, mengunjungi dan mendo’akan temannya yang mendapatkan musibah, peduli terhadap orang yang lemah, ikut memelihara tempat ibadah dan lingkungan sekitarnya.7). Siswa mensyukuri nikmat Allah swt. Kemauan mensyukuri nikmat Allah dapat dinyatakan berupa: suka memelihara kebersihan dan kesehatan jasmani dan rohani, suka memelihara milik pribadi dan milik bersama dengan cermat, kemampuan menggunakan ilmu dan keterampilan yang dimiliki untuk kebaikan. Suka memelihara milik bersama untuk kepentingan umum seperti telpon/ jembatan dan sebagainya.8).     Kemampuan menciptakan kerukunan hidup antar warga dan golongan. Suasana ini tergambar dalam bentuk: siswa tidak mengganggu orang lain dalam beribadah, tidak mengganggu dan merusak tempat ibadah, bergaul dengan orang lain sekalipun berbeda agama namun tetap menghormati keyakinan agama masing-masing.    5.      Metode pengajaran  Metode dan Strategi Belajar ia;lah pola umum perbuatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar, sedangakan metode berasal dari kata Yunani ( Greek ) yang terdiri dari ( metha = melalui/ melewati  hodos = jalan/cara ). Jadi metode belajar mengajar berarti jalan atau cara yang yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan pengajaran. Strategi dan metode ini mutlak harus digunakan dalam proses belajar mengajar, supaya kita mencapai tujuan yang maksimal, tanpa metode dan strategi akan mendapatkan banyak kendala dalam pelaksanaan pendidikan. Hal ini sesuai dengan tuntutan Allah dalam surat 16 An-Nahal ayat 125 berbunyi:Artinya:  Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.Disini dijelaskan supaya dalam memberikan pelajaran dilaksanakan dengan bijaksana atau dengan strategi dan metode yang baik agar mencapai hasil yang baik pula. Metode yang dapat yang digunakan dalam proses belajar sangat beragam. Menurut Hasibuan Dip. Ed dkk ada enam macam yaitu:  metode ceramah, Tanya jawab,  diskusi,    kerja kelompok, simulasi  dan demontrasi.Menurut Tim Bakti Guru, metode belajar mengajar itu terdiri empat belas macam yaitu:  Penugasan,   proyek, diskusi , ekprimen, widyawisata, bermain peran, demontrasi, sosiodrama, pemecahan masalah, Tanya jawab, ceramah, latihan, bercerita dan pameran.Menurut Prof Dr Winarno Surakhmad metode belajar mengajar itu terdiri dari delampan metode yaitu: ceramah, tanyajawab, diskusi, latihan, demontrasi, ekprimen, karyawisata dan kerjakelompok.Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa metode belajar mengajar itu bervariasi sekali jika variasi ini diterapkan dengan seksama dalam pengajaran maka guru dan murid tidak akan cepat jemu dalam mengajar. Adapun metode itu ialah:a.      metode ceramah.Metode ceramah suatu metode mengajar yang penyajian materinya melalui penuturan dan penerangan lisan guru kepada siswa.b.      metode Tanya Jawab.Metode Tanya Jawab suatu cara penyajian bahan pelajaran melalui berbagai bentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa atau sebaliknya.c.      metode diskusi.         Metode diskusi suatu cara penguasaan bahan pelajaran melalui wahana tukar pendapat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman dalam suatu masalah.d.      metode kerja kelompok.         Metode kerja kelompok cara penguasaan bahan pelajaran dengan mengerjakan tugas atau topic secara berkelompok.e.      metode simulasi.            Metode simulasi suatu cara mengajar dengan perbuatan hanya berpura-pura atau berlaku sebagai dalam ituasi tertentu.f.        metode demonstrasi.            Metode demontrasi suatu cara mengjar dengan mempertunjukkan sesuatu atau cara mengerjakan sesuatu. g.      penugasan.                        Metode penugasan suatu cara penyajian dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk langsung yang dispersiapkan guru sehingga dapat mengalami secara nyata baik perkelompok atau perorangan.h.     eksprimen.                        Metode eksperimen suatu cara penyajian materi dengan pemberian kesempatan kepada siswa secara perorangan atau kelompok untuk melakukan percobaan mandiri, siswa merencanakan, menemukan fakta, mengumpulkan data, meneliti variable dan memecahkan masalah.i.        metode proyek.                        Metode proyek suatu cara penyajian dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghubungkan dan mengembangkan sebanyak mungkin pengetahuannya dalam membahas suatu topic.j.         widyawisata.            Metode widyawisata suatu cara penguasaan bahan pelajaran dengan membawa langsung  siswa kepada obyek yang akan dipelajari diluar kelas.k.      bermain peran.Metode bermain peran suatu cara penguasaan bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa dalam memerankan dirinya sebagai tokoh atau benda mati. l.        sosiodrama.                  Metode sosiodrama suatu cara mengajar dengan pemberian kesempatan kepada siswa agar bias melakukan kegiatan dalam kehidupan social.m.    pemecahan masalah.      Pemecahan masalah suatu cara mengajar dengan pemberian kesempatan kepada siswa untuk dapat menyelesaikan masalah tertentu.n.     metode latihan.            Metode latihan suatu cara mengajar dengan me;latihkan sesuatu dalam rangka pengembangan suatu keterampilan.o.      metode bercerita.                        Metode bercerita suatu penuturan dengan lisan kepada orang lain mengenai suatu topic atau peristiwa. Oleh guru sendiri atau siswa yang ditugaskan oleh guru.p.      Metode pameran.            Metode pameran suatu cara mengajar dengan membawa siswa untuk mengamati suatu pameran kelas, sekolah atau gugus sekolah.q.      metode e-learning.                        Metode belajar melalui internet sebagai medianya. 6.      Proses Belajar Mengajar. Proses belajar mengajar adalah rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar ada beberapa hal yang perlu diperhatian supaya kegiatan itu berjalan dengan maksimal.  antara lain ialah:a.      Prinsip proses belajar mengajar.Ada beberapa pinsip dasar dalam  proses belajar mengajar yaitu:1). Prinsip motivasi.Dalam proses belajar mengajar guru hendaknya memperhatikan motif yang dapat mendorong siswa untuk belajar. Guru berperan sebagai motifator. 2). Prinsip latar.Guru harus mempertimbangkan tentang pengetahuan, perasaan, keterampilan, sikap dan nilai, serta pengalaman yang telah dimiliki siswa supaya kegiatan belajar megajar berjalan lebih efektif dan efesien. 3) Prinsip pemusatan perhatian.Pelajaran direncanakan menurut suatu pola tertentu sehingga dapat menarik minat siswa, sehingga  pikiran terpusat dengan topic yang kita bicarakan atau kita pelari. 4). Prinsip keterpaduan.Guru hendaknya mengaitkan suatu bahan pelajaran dengan bahan pelajaran lainnya, baik dalam dalam satu mata pelajaran maupun mata pelajaran lainnya ada kaitannya. 5). Prinsip pemecahan masalah.       Mengajar seharusnya diberikan pelajaran yang bermasalah sehingga murid peka terhadap masalah, akhirnya terbiasa memecahkan masalah yang dihadapi. 6). Prinsip menemukan sendiri.Kegiatan belajar megajar hendaknya memberikan kesempatan kepada murid untuk untuk mengembangkan potensi mencari, menemukan fakta dan informasi secara mandiri.             7). Prinsip belajar sambil bekerja.            Bekerja menimbulkan pegalaman yang bergua. Pengalaman yang diperoleh melalui bekerja merupakan hasil belajar yang tidak mudah dilupakan, maka sebaiknya diadakan belajar sambil bekerja.             8). Prinsip belajar sambermain.             Sesuai dengan kehidupan jiwa anak bahwa mereka sangat senang dengan permainan. Dalam belajar perlu diciptakan suasana gembira dan menyenangkan dalam bentuk kegiatan bermain kreatif.             9). Prinsip hubungan social.            Dalam berlajar siswa dilatih untuk bekerjasama, karena kepribadian murid banyak dipengaruhi oleh lingkungan social b.      Pengelolaan Proses Belara Mengajar.                   Proses belajar mengajar merupakan dapur untuk memasak semua komponen dalam mencapai hasil yang diinginkan.                  1). Pengorganisasian kelas.                  Untuk menciptakan suasana yang menggairahkan serta memingkinkan terjadinya komunikasi yang baik, diaturlah sebagai berikut: a). Pengaturan ruang belajar dan perabot, Pengaturan ini ditata sedemikian rupa dengan mempertimbangkan bentuk ruang kelas, bentuk serta ukuran bangku, jumlah murid pada tingkat kelas yang bersangkutan, jumlah kelompok dalam kelas tersebut, jumlah murid dalam tiap kelompok. b). Pengaturan murid dalam belajar, Dalam pengaturan murid ini yang perlu diperhatikan: Apakah kegiatan secara individual, berpasangan atau klasikal, apakah secara berkelompok, siapakah yang menentukan kelompok itu, berapa jumlah dalam tiap kelompok, apakah berubah atau tetap.                   2). Metode belajar mengajar.            Metode ini dibicarakan tersendiri pada bagian lain             3). Sarana dan sumber belajar.                  Sarana dan sumber belajar mengajar sangat menentukan dalam proses belajar. a) sarana belajar,dalam memilih sarana dapat digunakan patokan sebagai berikut : menarik perhatian dan minat siswa, membawa siswa kearah yang nyata dan mengurangi verbalisme, merangsang tumbuhnya pengertian dan usaha mengembangkan nilai-nilai, serbaguna dan berfungsi ganda, sederhana dan mudah dirawat serta digunakan, dapat dibuat oleg guru atau murid dalam lingkungan alam sekitarnya.   b). Sumber belajar,Sumber belajar meliputi antara lain: buku paket, buku pelengkap,brosur, majallah, surat kabar, poster, lembar informasi lepas, naskah, dokumen, kiliping, rekaman, televise, radio, internet dan lingkungan.  7.      Teknik Evaluasi.Evaluasi merupakan suatu komponen pengajaran tak dapat diabaikan, tanpa evaluasi kita sulit untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan suatu pendidikan dan pengajaran. Pada zaman modern ini evaluasi bukan saja di terapkan di pendidikan dan pengajaran melainkan juga digunakan kantor-kantor, badan-badan usaha untuk mengukur sejauhmana kegiatan dan usaha telah mencapai tujuan yang telah ditatapkan sebelmnya. a.      Pengertian evaluasi.Menurut kamus bahasa Inggeris S Wojowasito dkk evaluasi berasal dari “ to evaluate = memberi nilai. Dalam pendidikan eavaluasi berarti memberi penilaian  untuk mengukur kemampuan yang diperoleh dari kegiatan belajar mengajar atau sejauhmana kemampuan seseorang yang telah dimiliki sehingga dapat menempatkan dalam keadaan yang tepat dan sebagainya sesuai dengan tujuan diadakannya evaluasi tersebut. b.      Tujuan Evaluasi.Tujuan evaluasi dalam pendidikan dapat diholongkan kedalam empat kategori yaitu:1). Memberikan umpan balik ( feed back) kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki program satuan pelajaran atau proses belajar mengajar.2). Menentukan hasil kemajuan belajar siswa, antara lain berguana untuk bahan laporan kepada orang tua, penentuan kenaikan kelas dan menentukan lulus tidak  seorang siswa.3). Menempatkan siswa dalam situasi belajar mengajar yang tepat. Misalnya dalam penentuan tingkat, kelas atau jurusan.4).Untuk mengenal latar belakang psikologis, fisik dan lingkungan siswa, terutama yang mengalami kesulitan belajar.  c.      Jenis dan fungsi evaluasi.Sesuai dengan tujuan tersebut diatas maka jenis dan fungsi evaluasi dapat di golongkan sebagai berikut:1). Penilaian formatif.Penilaian formatif, berfungsi untuk memperbaiki proses belajar mengajar atau memperbaiki program satuan pelajaran.2). Penilaian sumatif.Penilaian sumatif, yakni penilaian yang dilakukan setiap akhir semester atau catur wulan setelah menyelesaikan sekian pokok bahasan. Berfungsi untuk menentukan angka kemajuan belajar tahap tertentu.3). Penilaian penepatan atau placement.Penilaian penempatan ini berfungsi untuk menempatkan siswa dalam situasi belajar mengajar yang sesuai.4). Penilaian diagnostic.Penilaian diagnostic ini berfungsi untuk mengetahui permasalahan yang dialami  siswa, sehingga dengan data ini dijadikan acuan untuk membantu siswa tersebut dalam mengatasi kesulitan belajarnya. d.      Penggunaan data evaluasi.Data yang diperoleh dari hasil evaluasi tersebut dapat digunakan untuk pelbagai keperluan  antara lain:   1). Keperluan Administrasi.Data evaluasi digunakan untuk melengkapi laporan-laporan baik untuk orang tua murid maupun  untuk instansi- instansi vertikal yang memerlukan yang dilakukan secara priodik tentang kemajuan murid atau kemajuan sekolah itu.2). Keperluan pengajaran.Data evaluasi juga dapat digunakan untuk memilih metode yang baik dalam situasi belajar yang sesuai, untuk mengelompokkan murid dalam kelas, untuk mengindentifikasi murid yang pandai , sedang dan yang lambat belajar.3)   Keperluan Bimbingan dan Penyuluhan.Data evaluasi dapat digunakan untuk bahan acuan dalam memberikan bimbngan dan penyuluhan kepada siswa yang mempunyai permasalahan, sehingga kesulitan-kesulitan itu dapat diatasi dengan maksimal.4). Data Penyelidikan.Data evaluasi dapat digunakan untuk keperluan penyelidikan untuk meninjau efektifitas metode mengajar, kurikulum, system pengajaran dan lain sebagainya. Hal ini biasa dilaksanakan oleh lembaga pemerintah, atau biro/badan, seperti Lembaga Penelitian Pendidikan IKIP dan sebagainya.e.      Cara dan Tehnik Penilaian.1). Cara Penilaian.Penilaian yang dapat ditempuh melalui dua cara pendekatan:  a). cara kwantitif,Suatu penilaian yang diberikan dalam bentuk angka. b). cara kwalitatif, suatu penilaian dalam bentuk pernyataan verbal, misalnya, baik, cukup, kurang memuaskan dan sebagainya. 2). Teknik Penilaian.Teknik yang sering digunakan dalam evaluasi ada dua kategori yaitu: a) Teknik menggunakan tes, suatu cara yang diberikan kepada seseorang yang akan dinilai supaya memberikan respon, dari  respon itu guru dapat memberikan penilaian. Teknik tes ini terdiri dari: tes uraian, tes objektif, tes lisan, tes perbuatan, laporan, karangan dan tes diagostik. b). Teknik tidak menggunakan tes atau non tes, teknik ini terdiri dari : observasi, skala sikap, wawancara dan sosiometrik.  f. Tahapan Evaluasi Hasil Belajar.Tahapan evaluasi hasil belajar disekolah meliputi langkah sebagai berikut : 1). Tahap perencanaan evaluasi.Evaluasi yang baik adalah evaluasi yang langkah direncanakan secara baik pula, hal yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan tes hasil antara lain: obyek yang akan dievaluasi, bentuk apa yang sesuai dengan materi tersebut, berapa lama waktu yang diperlukan.2). Pelaksanaan evaluasi.Tahapan pelaksanaan evaluasi ini harus dilakukan secara baik, situasi dapat diciptakan sehingga hasilnya valid, merupakan perolehan terlepas dari unsur yang merusak nilai itu. 3). Analisis evaluasi.Tahapan analisis ini, suatu tahap menganalisa hasil evaluasi untuk berbagai keperluan baik untuk umpan balik ataupun untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.4). Pelaporan hasil evaluasi.Setelah  melalui tahapan sebelumnya maka diadakan prlaporan baik kepada instansi atasan ataupun kepada orang tua murid. g.. Obyek evaluasi. Menurut Tyler, obyek evaluasi itu terdiri dari beragam aspek kepribadian yaitu: 1).Aspek befikir, termasuk diantaranya : inteligensi, ingatan, cara menginterpretasi data, pemikiran logis dan sebagainya.2).Aspek perasaan social, termasuk diantaranya: cara bergaul, cara pemecahan nilai social dan sebagainya.3).Aspek keyakinan social dan kewarganegaraan menyangkut pandangan hidup terhadap masalah social, politik dan ekonomi. 4). Apresiasi seni dan budaya.5). Minat, bakat dan hobbi.6). Perkembangan social dan personal. B.  Kajian  sholat lima waktu.Sholat adalah tiangnya agama Islam, sholat merupakan amal yang pertama kali dipertanggungjawabkan nanti di hari kiamat, bila sholatnya baik maka amal yang lain jadi baik, jika sholatnya rusak maka amal yang yang lain jadi tercemar. Sholat dicanangkan oleh Allah SWT untuk membentuk kepribadian seorang muslim yang tangguh, dalam sholat Allah mengajarkan hidup disiplin, hidup sabar,bermasyarakat, mengajarkan hidup sehat, hidup bersih lahir dan batin, menahan diri dan pengendalian diri, berkomunikasi dengan Khaliknya, Inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji kebiasaan sholat lima waktu yang sudah jauh dari yang dicontohkan Rasulullah, beberapa kali survey kecil, setiap kelas yang kami survey tidak lebih 15 % yang sudah melaksanakan sholat lima waktu secara rutin lima kali sehari semalam, survey secara kwantitas belum lagi sebagai kwalitas tentu lebih banyak lagi.1.      Peningkatan kebiasaan sholat lima waktu.Yang dimaksud kebiasaan disini ,adalah nilai yang sudah menjadi  sikap pribadi seseorang, yang dapat dikerjakan tanpa berpikir, kebiasaan seperti ini yang disebut dengan akhlak. Dengan harapan semoga sholat itu akhirnya menjadi akhlak bagi siswa yang mengamalkannya.2.      Motivasi multi aspek.Yang kami maksudkan motivasi multi aspek. Terdiri dari kata motivasi, multi  dan aspek. Yang dimaksud mativasi adalah unsur yang mendorong seseorang untuk menggerakkan mengerjakan sesuatu, multi aspek artinya beragam bentuk. Multi yang saya maksud disini antara lain: motivasi melalui kajian sholat, melalui kajian diri siswa ,melalui kajian nikmat, meleui video penciptaan alam semesta.   3.      Metode yang digunakan.

Metode yang digunakan adalah memberian motivasi melalui memperdalam kajian sholat, melalui kajian nikmat umumnya, melalui kajian diri pribadi siswa, melalui  video penciptaan Alam semesta. Sehingga semua potensi rohani dan jasmaninya bisa berfungsi dengan lebih baik. Sehingga terdorong untuk mensyukuri nikmatNya salah satunya adalah melakukan shalat lima waktu.

                BAB.III.PROSEDUR PENELITIAN A. Mengadakan survey awal.Survey awal yang dimaksud ialah menanyakan secara lisan tentang kebiasaan sholat siswa kelas X, kelas XI dan kelas XII. Saya mendapat data hanya +  15 % dari kelas itu yang sholat sudah rotin lima kali sehari dan semalam. Oleh sebab itu saya terdorong untuk mengetahui apakah yang menyebabkan  hal itu terjadi bagaimana jalan keluarnya.   B. Membuat tahapan penelitian dan evaluasi. 1. Pada siklus pertama memotivasi siswa dengan kajian makna sholat supaya siswa lebih paham makna sholat secara keseluruhan. Sehingga dia dapat menyayangi sholat dan membiasakannya.Setelah itu memberikan format isian keadaan sholatnya selama tujuh hari, setelah tujuh hari format yang diisi siswa dan ditandatangai oleh orang tua diambil kembali untuk dianalisa dan dievaluasi untuk menyetahui hasilnya.2. Pada siklus pertama  diambil sebagai acuan siklus kedua siapa berubah menjadi lebih baik atau sebaliknya menjadi malas, maka pada siklus kedua ini sudah diadakan pendekatan yang intensif kepada siswa yang berubah menjadi malas, disamping itu memotivasi dengan kajian nikmat yang diberikan Allah baik bersifat pribadi ataupun bersifat umum. Setelah itu siswa diberi format isian untuk diisi sesuai sholat yang mereka laksanakan dalam tujuh hari berikutnya. setelah format itu diisi siswa dan ditandatangai oleh orang tua diambil kembali untuk dianalisa dan dievaluasi untuk menyetahui hasilnya.3. Dari evaluasi siklus kedua hasilnya ada peningkatan namun masih ada siswa yang cendrung turun maka pada siklus ketiga saya analisa beberapa pribadi yang cendrung cuek serta diadakan pendekatan dengan memanggil serta mengoreksi informasi dan melalui informasi diadakan motivasi yang sesuai dengan siswa yang bermasalah tersebut. setelah format itu diisi siswa dan ditandatangai oleh orang tua diambil kembali untuk dianalisa dan dievaluasi untuk menyetahui hasilnya. mengengvaluasi kegiatan   BAB.IV.HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASANA. Rekapitulasi. Siklus I

REKAPITULASI SHOLAT LIMA WAKTU SISWA

  Diteliti dari tanggal 23 s/d  tanggal 29 bulan September 2007   Siklus I
No Nama Siswa Zhuhur Ashar Magrib Isya Shubuh Keterangan
1 Andriyansyah 7 7 7 7 7       100.00
2 Ariyana 6 6 7 7 7         94.29
3 Dede Nursapni 7 6 6 5 4         80.00
4 Dita ulandari 4 4 6 7 7         80.00
5 Etik Damayanti 7 7 7 7 7       100.00
6 Faazin H Af 7 7 7 7 7       100.00
7 Feni Hernita 7 5 6 6 7         88.57
8 Fenny Greace A 4 6 7 6 4         77.14
9 Iis Febriyani Utami 6 7 7 6 3         82.86
10 Insi Aulia Kh 4 4 6 4 4         62.86
11 Irma Nuarti 7 4 7 5 7         85.71
12 Kurnia Eka Abdillah 6 7 7 7 7         97.14
13 Lila Fitriani 5 4 4 7 7         77.14
14 Luthfiah Ilma 4 5 7 7 7         85.71
15 Melisa Puspitasari 6 7 7 7 4         88.57
16 Mia Satriana 3 1 5 6 7         62.86
17 Nurfitri Apriliandina 4 3 7 4 1         54.29
18 Nury Indriyani 7 2 7 4 5         71.43
19 Resti Fauziyah 5 5 5 5 3         65.71
20 Rika Umami 3 5 7 7 5         77.14
21 Rizka Yuliana 6 5 7 7 7         91.43
22 Septiyani 6 3 7 1 7         68.57
23 Shinta Ramadhani 7 7 7 7 7       100.00
24 Sri Damayanti 7 7 7 7 7       100.00
25 Sri Mistari 7 7 7 7 7       100.00
26 Sri Suyati 7 7 7 7 7       100.00
27 Susanti Oktaviani 4 6 6 6 5         77.14
  Persentase 80.95 76.19     93.65 86.24 83.07         84.02
  Diketehaui Oleh       Jakarta  1 Oktober  2007
  Kepala SMKN 3 Jakarta     Peneliti    
               
               
  Drs. Dedi Dwitagama MM. Msi     Drs. Bustamam Ismail

   B. Rekapitulasi Siklus II

REKAPITULASI SHOLAT LIMA WAKTU SISWA

  Diteliti dari tanggal 23 s/d  tanggal 29 bulan Oktober 2007   Siklus II
No Nama Siswa Zhuhur Ashar Magrib Isya Shubuh Persentase
1 Andriyansyah 7 7 7 7 7       100.00
2 Ariyana 4 7 7 7 7         91.43
3 Dede Nursapni 5 5 7 6 5         80.00
4 Dita Suci Wulandari 3 5 6 7 6         77.14
5 Etik  Handayani 7 7 7 7 7       100.00
6 Faazin H Af 7 7 7 7 7       100.00
7 Feni Hernita 6 6 5 4 2         65.71
8 Fenny Greace A 4 7 6 7 5         82.86
9 Iis Febriyani Utami 5 7 7 5 0         68.57
10 Insi Aulia Kh 7 7 7 7 7       100.00
11 Irma Nuarti 4 5 6 0 6         60.00
12 Kurnia Eka Abdillah 7 7 7 7 7       100.00
13 Lila Fitriani 6 7 7 7 5         91.43
14 Luthfiah Ilma 3 4 5 4 6         62.86
15 Melisa Puspitasari 4 7 7 7 6         88.57
16 Mia Satriana 7 7 7 7 7       100.00
17 Nurfitri Apriliandina 5 6 7 5 5         80.00
18 Nury Indriyani 4 2 7 3 5         60.00
19 Resti Fauziyah 7 7 7 7 7       100.00
20 Rika Umami 4 5 7 7 3         74.29
21 Rizka Yuliana 3 5 6 5 4         65.71
22 Septiyani 6 6 7 6 6         88.57
23 Shinta Ramadhani 7 7 7 7 7       100.00
24 Sri Damayanti 7 7 7 7 7       100.00
25 Sri Mistari 7 7 7 7 7       100.00
26 Sri Suyati 6 6 7 7 5         88.57
27 Susanti Oktaviani 5 7 7 7 6         91.43
Persentase 77.78     88.36     95.77     86.77     80.42         85.82
  Diketehaui Oleh       Jakarta 30   Oktober  2007
  Kepala SMKN 3 Jakarta     Peneliti    
               
               
  Drs. Dedi Dwitagama MM. Msi     Drs. Bustamam Ismail

 C. Rekapitulasi  Siklus III

REKAPITULASI SHOLAT LIMA WAKTU SISWA

  Diteliti dari tanggal 2 s/d  tanggal 8 bulan November  2007   Siklus III
No Nama Siswa Zhuhur Ashar Magrib Isya Shubuh Persentase
1 Andriyansyah 7 7 7 7 7       100.00
2 Ariyana 5 3 7 5 5         71.43
3 Dede Nursapni 6 6 7 7 5         88.57
4 Dita ulandari 5 5 6 7 6         82.86
5 Etik Damayanti 7 7 7 7 7       100.00
6 Faazin H Af 7 7 7 7 7       100.00
7 Feni Hernita 4 7 4 0 4         54.29
8 Fenny Greace A 6 6 7 6 6         88.57
9 Iis Febriyani Utami 7 7 7 7 6         97.14
10 Insi Aulia Kh 6 6 7 7 5         88.57
11 Irma Nuarti 7 6 7 5 7         91.43
12 Kurnia Eka Abdillah 7 7 7 7 7       100.00
13 Lila Fitriani 6 6 7 7 7         94.29
14 Luthfiah Ilma 5 5 7 7 6         85.71
15 Melisa Puspitasari 7 7 7 7 7       100.00
16 Mia Satriana 4 4 4 4 4         57.14
17 Nurfitri Apriliandina 7 7 7 7 7       100.00
18 Nury Indriyani 6 0 7 1 7         60.00
19 Resti Fauziyah 6 7 7 7 6         94.29
20 Rika Umami 4 6 7 6 2         71.43
21 Rizka Yuliana 6 7 7 5 5         85.71
22 Septiyani 6 6 7 4 7         85.71
23 Shinta Ramadhani 7 7 7 7 7       100.00
24 Sri Damayanti 7 7 7 7 7       100.00
25 Sri Mistari 7 7 7 7 7       100.00
26 Sri Suyati 5 6 7 5 6         82.86
27 Susanti Oktaviani 5 6 7 6 6         85.71
  Persentease     85.71     85.71     96.30     84.13     86.24         87.62
  Diketehaui Oleh       Jakarta 10 Nopember  2007
  Kepala SMKN 3 Jakarta     Peneliti    
               
               
  Drs. Dedi Dwitagama MM. Msi     Drs. Bustamam Ismail

 D.  Analisis data yang diperoleh dari tiga siklus.Pada langkah pertama kami memberikan motivasi kepada siswa kelas II Ak 1 untuk mendalami arti sholat dan kandunganya, bagaiman manfaatnya bila kita merotinkan sholat, sekaligus merupakan tanda syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang berlimpah kepada kita. pemberian motivasi melalui memperdalam kajian sholat,.  Dan diberikan  pendataan yang diisi oleh siswa selama satu minggu sesuai dengan sholat yang mereka kerjakan , 1.      Siklus pertama. Siklus pertama  kami laksanakan dari tanggal 23 sampai 29 september 2007. Dari data itu diperoleh data sholat Zuhur yang dilaksanakan =80,95%, sholat ashar =76,19%, Sholat Magrib=93,65 , sholat Isya=86,24 , sholat shubuh=83,07       Kumulatif=84,02.

2.      Siklus kedua.Siklus kedua kami laksanakan berdasarkan hasil yang belum maksimal dari siklus I maka diadakan pendekatan bagi siswa yang masih jauh dari yang diharapkan tentang kebiasaan sholatnya. Kami dorongan siswa untuk lebih mengenal sholat, pemberian motivasi melalui kajian nikmat umumnya, melalui kajian diri pribadi siswa,  mendorong yang masih sangat jarang sholat untuk lebih memahami dan manfaat syukur kepada Allah melalui sholat, Pelaksanakan tanggal 23 Oktober 2007 sampai 29 Oktober 2007, dengan membagikan formulir isian, saya memperoleh data sebagai berikut yang melaksanakan sholat zuhur=77,78 , sholat ashar=88,36 , sholat Magrib=95,77 , sholat Isya  =86,77 , sholat shubuh =80,42  , kumulatif=85,42 .3.      Siklus ketiga.Siklus ketiga kami laksanakan dari tanggal 2 sampai tanggal 8 Oktober 2007. Siklus ini berdasar data siklus kedua yang belum memuaskan, sehingga mengadakan pendekatan kepada siswa yang masih malas untuk sholat, supaya rajin sholat, dan memotivasi melalui  video penciptaan Alam semesta.Pada siklus ini siswa didorong untuk menggunakan semua potensi mereka yang diamanahkan Allah kepada mereka, kami memperoleh data sebagai berikut: Yang melaksanakan sholat Zuhur=85,71 ,  sholat ashar=85,71 , sholat Magrib=96,30, sholat Isya=84,13  , sholat shubuh=86,24 , kumulatif=87,62.4.      Analisa Kemajuan kemajuan  pada siswa. Dari Tabel I ,II dan III dapat kita baca pelaksanaan sholat Zuhur berbanding sebagai berikut Siklus I 80.95 %, siklus II turun 77.78 % dan siklus III meningkat menjadi 85.71%. cendrong naik.Pelaksanaan Sholat Ashar berbanding sebagai berikut Siklus 76.19%, Siklus II naik menjadi 88.36% dan siklus III turun sedikit menjadi 85.71%. cendrong naik.Pelaksanaan sholat Magrib berbanding sebagai berikut siklus I 93.65%, Siklus II naik menjadi 95.77% dan siklus III naik menjadi 96.3% cendrong naik.Pelaksanaan sholat isya berbanding sebagai berikut siklus I 86.24% , Siklus II  naik menjadi 86.77 dan siklus III turun 84.13% cendrong turun.Pelaksanaan sholat Shubuh berbanding sebagai berikut siklus I  83.07%, Siklus II turun 80.42% dan siklus III naik menjadi 86.24% cendrong naik. Dari lima sholat hanya satu yang cendrong turun yaitu sholat Isya sedangkan empat sholat  yang lain cendrong. Lebih lanjut dapat dilihat dari grafik dibawah ini.5.      Apabila dilihat presentase keseluruhan.Secara keseluruhan dapat lihat dari tabel  pada siklus pertama 84.02 %, pada siklus II naik menjadi 85.82 dan pada siklus III naik menjadi 87.82. dari data ini dapat lihat ada kecendrongan makin naik. Lebih lanjut dapat dilihat dari grafik.

                                                           

 6.      Bila dikelompokkan antara A. antara 89.99%- 100%, B. antara 69.99-89.99, C. antara 50.00 – 69.99  dan D <.50.00.   A bobotnya 4 , B bobotnya 3, C bobotnya 2 dan     D bobotnya 1.  a.      Pada siklus I  A terdapat  = 10 orang, B terdapat =12 orang , C terdapat  = 5 orang, b.      Siklus II  A terdapat  13 orang, B terdapat 8 orang , C terdapat 6 orang.c.      Siklus III A terdapat  13 orang, B terdapat  11 orang C terdapat 3 orang.

 

Sik  I Sik II Sik III
A-4 10 40 13 52 13 52
B-3 12 36 8 24 11 33
C-2 5 10 6 12 3 6
KUM   86   88   91

 Dari keadaan itu ada kecendrongan makin baik dan makin sempurna sholatnya. Lebih lanjut lihat grafik.

8.      Secara keseluruhan dapat dilihat lebih kemajuannya              DAFTAR PUSTAKA

  1. Al-Qur’an dan terjemahannya oleh Departemen Agama RI
  2. Buku Paket Agama Islam SMK
  3. Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan oleh Drs. B. Suryosubroto
  4. Etika Keguruan  oleh  Drs. R. Hermawan S
  5. Fikih Kifayatul Akhyar
  6. Filsafat Pendidikan oleh Imam Barnadib, M.A. Ph.D
  7. Ilmu Perbandingan Pendidikan oleh Arifin Prof. H.M.M.Ed
  8. Metodik Pendidikan Agama oleh Mahmud Yunus Prof. H
  9. Metodik Pendidikan Agama oleh Ahmad Tafsir , DR
  10. Mukhtarul Hadist Nabawiyah
  11. Manajemen Da’wah Islam oleh Abdur Rasyad Shaleh
  12. Motivate your self! Oleh Ridwan Muhammad Yusuf
  13. Pengantar Psikologi  Dirgagunarsa
  14. Pengantar Interaksi mengantar belajar oleh Prof. Dr. Winarno Surakhmat
  15. Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran oleh Drs.M. Ngalim Purwanto
  16. Psikologi Umum oleh  Agus Sujanto Drs
  17. Pengantar Ilmu Jiwa Agama Jalaludin drs, Cs
  18. Pengantar Didaktik Metodik oleh Abu Ahmadi, Drs
  19. Rangkuman Ilmu Mendidik oleh Djaka Cs
  20. Teknologi Instruksional 0leh Drs. Mudhoffar, M.Sc

     LAMPIRAN -LAMPIRAN           :1.  Surat Tugas dari Ketua Proyek Kepada  Peserta Peneliti2.  Buku Konsultasi dari Pembimbing kepada peserta Peneliti 3.  Undangan penanda tanganan kontrak 4.  Data Pribadi Anggota Peneliti 5.  Surat pernyataan siswa yang diteliti6.  Format instrument  penelitian

 

187 thoughts on “Laporan PTK- Contoh

  1. Ass, minta petunjuk tentang pembuatan PTK mata pelajaran agama islam.
    Mohon dikirimkan ke roy_lp3m@yahoo.co.id
    Wassalam

    Petunjuknya sudah saya posting beberapa artikel sebelum ini … selamat menyimak, thx 4 comming

    Like

  2. Mohon diposting contoh PTK mata pelajaran Biologi.
    Tks.

    Saya coba kontak Guru Biologi yg Saya kenal, semoga beliau berkenan PTK nya di posting, thx

    Like

  3. Saya kepingin buat artikel atau apalah namanya, tentang berbagai imtaq yang terkandung dalam mapel Fisika, salah satu contoh imtaq pada hukum kirchoff, bahwa ternyata manusia itu harus amanah dan jujur ( bahwa apa yang diterima( diamanahkan) harus disalurkan sesuai dengan yang diterimanya) (arus yang keluar sama dengan arus yang masuk) dan banyak yang lain lagi pada bahasan yang lain.

    Good idea … Pak Bambang, di Prob pasti anda bs dapat ref … lalu kontak universitas yg ada lemlitnya … smg sukses

    Like

  4. Mohon di upload contoh laporan PTK secara lengkap. Sehingga kami punya contoh model pelaporan PTK secara utuh.
    Terimakasih.

    Jk yg sudah sy upload msh blm cukup, sy akan tambahkan lagi

    Like

  5. Bp. Dedidwitagama yth,

    Mohon dengan hormat bapak tidak keberatan untuk mengirimkan laporan penenlitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Kebiasaaan Sholat Lima waktu melalui pemberian motivasi multi aspek” berikut lampiran-lampirannya ke alamat email saya
    Terimaksih kasih bapak atas perhatian dan bantuannya.

    Hormat saya,

    Binti Maqsudah

    Like

  6. Ass.
    dengan hormat,
    mohon petunjuk bapak mengenai PTK agama islam untuk sekolah dasar.
    berkenan kiranya mengrimkan contoh PTK agama islam untuk SD.
    atau Contoh PTK lain untuk dapat kami pelajari. dan berkenan kiranya dikirim ke email kami..
    syukron…
    jazakumullah khirol jaza..
    wass

    Like

  7. Ass.wr.wb.
    Pak Dedi saya telah baca sepenuhnya hasil PTK bpk.Kalau boleh n tolong banget saya minta di posting PTK Biologi
    trim’s semoga Allah membalas kebaikan dan niat anda yg ikhlas membantu sesama

    Like

  8. Ass. Wr.Wb.
    Pa Dedi, mohon perkenan Bapak mengirimkan contoh PTK Mata Pelajaran Bahasa Inggris, thanks for your attention. May Allah be with you.

    Like

  9. Pak Dedi Kalau boleh tolong banget saya minta di posting PTK KKPI (Komputer)
    trim’s semoga Allah membalas kebaikan dan niat anda yg ikhlas membantu sesama

    Like

  10. kayaknya buat ptk itu gampang ya boss, tapi kok tuk memulainya susah ,kenapa ya boss, T’long dong aku dikirimi contoh ptk sejarah, ke email-q ya. thx.

    Like

  11. Ass.Wr.Wbr..Pak Dedi….pak sy bertugas di pedalaman Papua, sangat minim skali informasi ttg PTK, mohon dengan hormat bantuan bpk untuk mengirim contoh PTK Bahasa inggris untuk SMK, untuk diketahui di Papua blm ada cth PTK bahasa inggris, sedangkan saya Tgl. 30 Nop’08 sudah masuk diklat Sertifikasi….kalau bisa sebelum tgl. tsb. mohon dikirim ke email saya ini pak….tks.wassalam.

    Like

  12. Ass Wr Wb…
    Pak apa ada contoh PTK IPS Khususnya sejarah?klo ada tolong dong dikirim ke email saya trmkasih semoga masuk surga….

    Like

  13. Assalam…
    Pak, ada PTK seni ga ya??! klo ada mbok ya bagi2. Biar mBarokahi gitu…
    Matur nuwun sebelumnya.
    Wassalam…

    Like

  14. maaf pak mau minta tolong contoh proposal PTK aqidah Akhlak. penting banget. kirim segera di email saya ya. makasih sebelumnya.

    Like

  15. Ass Wr Wb…
    Pak apa ada contoh PTK IPS / Kewirausahaan ? klo ada tolong dong dikirim ke email saya trmkasih sebelumnya
    Wasslamu Wr Wb

    Like

  16. Beberapa contoh Laporan PTK dari berbagai mata pelajaan dan jenjang pendidikan dengan menggunakan berbagai metode ( Jigsaw, STAD, TGT, NHT, Role Play, GI, PBI, PBL, Permainan Ular Tangga, Permainan Dadu, Permainan Pasaan, Warung Pojok, Gender)

    Like

  17. Assalamu ‘Alaikum
    Pak. Nama lengkap saya Mohammad Samsul Arifin, S.Ag
    GTT SMP Negeri 2 Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
    Mengajar : Pendidikan agam Islam.

    Saya mau minta tlong, kalau ada PTK tentang metode membaca Alquran, tolong diposting, atau kirimkan ke email saya : mr_samsul@telkom.net

    Like

  18. Assalamu ‘Alaikum
    Pak. Nama lengkap saya muawanah dwi S.Pd
    GTT SMK Swasta Kabupaten Kediri
    Mengajar : IPS / KEWIRAUSAHAAN.

    Saya mau minta tlong, kalau ada PTK IPS / KEWIRAUSAHAAN, tolong diposting, atau kirimkan ke email saya : mu_awanah81@yahoo.com

    Like

  19. pak dedi, saya terkesan dengan contoh PTK dari P.H Bustaman tentang sholat dan ini alhamdulillah sangat membantu saya, kalau boleh tolong pak saya minta contoh PTK tentang pendidikan agama islam lainnya karena saya benar-benar membutuhkannya dan kalu berkenan boleh dikirimkan ke ulkiefa@yahoo.com
    jazakalloh khoiron katsiron…

    Like

  20. Aslm Alkm, mohon dikirimkan contoh format instrumen penilitian pend. Agama Islam (Khusus shalat). Trims.

    Like

  21. Aslm Alkm, mohon dikirimkan contoh format instrumen penilitian pend. Agama Islam (Khusus shalat)ke email sy. Trims.

    Like

  22. pak…minta refrensi terkait dg tulisan bapak tentang pembiasaan sholat melalui motivasi multi aspek.
    terpenting tentang motivasi multi aspeknya…

    Like

  23. Assalaamu’alaikum…..
    Syukron pak tas PTKx, pak bisa minta tlong kirimkan ptk bwat mapel sekolah dasar gak?
    Jazakumullah Khoiron pak……

    Like

  24. Assalaamu’alaikum…..
    Syukron pak tas PTKx, pak bisa minta tlong kirimkan ptk bwat mapel umum sekolah dasar gak?
    Jazakumullah Khoiron pak……

    Like

  25. Pak, minta contoh propasal ptk secara lengkap berserta lampirannya khususnya rubik wawancara dan lembar observasinya di kirim ke alamat email saya.

    terima kasih atas bantuannya.

    Like

  26. Jazakumumullah saudaraku, pak Dedi Dwitagama. Contoh laporan bapak sangat membantu saya yang dalam tahap awal menegenal dan belajar PTK

    Like

  27. Ass…Pak Dedi…mohon dikirimkan contoh PTK IPA untuk SD ya?? trima kasih untuk bantuannya semoga jadi amal baik Bapak.

    Like

  28. Lhah, ini baru contoh PTK yang gmblang mudah saya cerna, walaupun aku menggunakan metode ATM,PTK yang aku buat cukup original, trim’s pak wi!

    Like

  29. Pak, minta contoh propasal ptk BAhasa Inggris SMP secara lengkap berserta lampirannya di kirim ke alamat email saya.

    terima kasih atas bantuannya.

    Like

  30. assalamu’alaikum wrwb.
    pak..mohon dikirim contoh Proposal PTK ttg Metode Baca Tulis Al Qur’an untuk tkt SMP ke alamt email sy.syukron katsiron mudah2n sgala amal baik bp dicatat sbg amalan sholihan,amin

    Like

  31. AWW.
    Pak, Mohon dikirimi contoh laporan PTK Bhs Indo, Ips, Matemetika SD ke almt email saya. Trimakasih banyak semoga selalu mendapat imbalan rahmat atas kebaikannya. Amin

    Like

  32. Makasih pak Dedi atas contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini. Semoga Allah membalas kebaikan pak Dedi 🙂

    Like

  33. Ass, pak dedi tolong dong kasih contoh PTK Geografi judul penerapan model pemb kooperatif terpadu dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.Please ya pak coz aku mau ikut seleksi guru prestasi.Trima kasih

    Like

  34. Maar pak. kami mau bertanya apakah PTK Anda sudah diajukan untuk kenaikan pangkat ke gol IV/b ?
    Teman-teman Anda Guru Agama di SD banyak yang membutuhkan referensi PTK. Apakah Anda bersedia membantu dg mengirimkan referensi yg anda miliki?

    Like

  35. Maaf pak. kami mau bertanya apakah PTK bisa diajukan untuk kenaikan pangkat ke gol IV/b ? bagaimana caran pengajuannya
    Teman-teman Anda Guru Agama di SD banyak yang membutuhkan referensi PTK. Apakah Anda bersedia membantu dg mengirimkan referensi yg anda miliki?

    Like

  36. pak tolong saya minta contoh laporan PTK untu SD kelas 1,2,3 bahasa indonesia kirim keemail saya ya pak ..penting banget.makasih

    Like

  37. trimakasih pak atas contoh ptk nya bila ada yang lain tolong dong kirimin karena sy bertugas di lereng gunung bromo. sukron kastir jazakumullah khoiron kastiro

    Like

  38. assalamualaikum wr wb….
    salam kenal pak… saya jazila
    saya mohon dikirimkan contoh PTK aqidah akhlak madrasah ibtidaiyah..di jazz_joezz@yahoo.com
    saya tunggu ya pak…
    terima kasih sebelumnya
    wassalam

    Like

  39. Assalamu’alaikum pak.
    Terima kasih yang tak terhingga saya ucapkan kepada bapak ,semoga bapak terus berkarya.
    saya sangat terbantu dalam menyusun ptk akida akhlak,karna ada perbandingan untuk mencoba membuat ptk pada mata pelajaran saya

    Like

  40. Ass… Mohon dikirimkan ke email ane, contoh PTK agama islam / Pembelajaran Al-Qur’an untuk siswa sekolah dasar. Jazakumullah Khoiron Katsiro

    Like

  41. Assalamualaikum
    Trima kasih. PTK agama islam khususnya, sangat berguna bagi kami yang suka meneliti kajian islam. PTK ini perlu ditingkatkan lagi tentang tata bahasa dan penggunaan bahasa yang benar, bagaimanapun peneliti adalah penulis. Penulis adalah identik dengan pengguna bahasa Indonesia yang benar syarat dengan kaidah yang terkandung di dalamnya. Sangat rancu dan lucu kalau seorang penulis besar, penggunaan tata tulisnya acak-acakan. Oleh karena itu pemahaman tentang ilmu tata tulis harap ditingkatkan, agar tulisan yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

    Like

    • tanks,atas contoh PTK nya, kebetulan saya guru bahasa Arab, boleh tidak saya minta contoh PTK untuk bahasa Arab

      Like

  42. ass..
    pak mohon dibantu untuk contoh ptk tik smp dan tolong dikirim ke email saya… terima kasih… wss

    Like

  43. Asalamu’alaikum Wr.Wb.
    Pak! Bisakah ulun minta tolong kirimi contoh porto polio beserta isi untuk PAI SD KElas III.Trims.

    Like

  44. Pak..bisa minta contoh PTK untuk TK, kalau ada yang mengangkat masalah metode pembelajaran dengan PUZZLE, tolong dong kirimkan ke :dianaginlah@yahoo.com, terima kasih banyak ya…sukses selalu buat Bapak….

    Like

  45. Terimakasih pak, contoh PTK ini sangat berguna. Saya ijin copy ya pak.. Terimakasih sebelumnya. Semoga Berkah bagi kita semua. Amin

    Like

  46. PAK TOLONG DONG dikirimkan CONTOH PTK PAI UNTUK GURU SD dan SMP,terimakasih banyak semoga allah membalas kebaikan bapak

    Like

  47. Mas Dwitagama….,salam dari saya di Bali, salam kenal dan semoga anda mau bersahabat dengan saya. Saya mohon maaf, karena saya ingin model karya tulis mas, saya mau bikin, tapi masih ribet dalam membuatnya

    Like

  48. Trims. bagus dan bermanfaat. Setidaknya sebagai motivasi kami tuk mau melaksanakan & menulis PTK. Semoga amal bapak diterima Allah.SWT. Amin.

    Like

  49. Ass. Wr. Wb.
    Terima kasih telah memberikan contoh PTK PAI, kalo ada PTK untuk PAI SD tolong di kirim ke email ana.
    Syukron.
    JAZAAKUMULLAH KHAIRAN KATSIIRAN.

    Like

  50. Ass.Wr.Wb.
    Terima kasih atas contoh PTK yang telah Saudara papaarkan, saya yakin banyak sekali manfaatnya bagi saya dan saudara-saudara yang ingin mengerti tenteng alur pembuaatan PTK.
    Semoga yang telah saudara kerjakan menjadi amal yang berbuah pahala yang berksinambungan.
    Bila ada contoh PTK PAI SD, tolong kirim via email saya.
    Syukron kastiron.
    Jazaakumu Allah Ahsana al-Jaza’!

    Like

  51. alhamdulillah terima kasih pak … sekalian kalau berkenan saya butuh contoh PTK pelajaran TIK SMP … sekali lagi terima kasih jajakumullah khoeron katsiro ….

    Like

  52. Ass.Wr.Wb.
    Terima kasih atas contoh PTK yang telah Saudara papaarkan, saya yakin banyak sekali manfaatnya bagi saya dan saudara-saudara yang ingin mengerti tenteng alur pembuaatan PTK.
    Semoga yang telah saudara kerjakan menjadi amal yang berbuah pahala yang berksinambungan.
    Helmi MT< Praktisi Pendidikan SMK Negeri 3 Jambi

    Like

  53. assalamualaikum bapak,saya jadi terinspirasi untuk melakukan penelitian solat, tapi saya masih punya kendala jarena objek yang akan saya teliti adalah anak SD,mhn masukannya dan judul kira2 apa yang cocok.

    Like

  54. Assalamu ‘alaikum… wr. wb
    Sebelumnya Salam kenal… saya guru di SMP 2 Talun Kab.Pekalongan
    contoh PTK Bapak Dwitagama akan saya baca dan mungkin juga akan saya jadikan contoh untuk saya dan teman yang lain, bagaimana cara membuat PTK
    Terima kasih….
    Wassalamu ‘alaikum… wr. wb.

    Like

  55. terima kasih contoh ptknya, saya mohon dikirim contoh ptk produktif AP SMK Adm Perkantoran, trims

    Like

  56. Mohon dengan hormat bapak tidak keberatan untuk mengirimkan laporan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Kebiasaaan Sholat Lima waktu melalui pemberian motivasi multi aspek” berikut lampiran-lampirannya ke alamat email saya
    Terimaksih kasih bapak atas perhatian dan bantuannya.
    ke e-mail saya kmelasani@rocketmailcom

    Like

  57. Mohon di upload contoh laporan PTK secara lengkap. Sehingga kami punya contoh model pelaporan PTK secara utuh.
    Terimakasih.

    Like

  58. Assalamu Alaikum. kalu boleh tolong dikirim ke email saya pak contoh ptk sosiologi smanya. terima kasih sebelumnya.

    Like

  59. Assalamu’alaikum Bp. Dedi Dwitagama, mohon bantuan bapak untuk dapat mengirimkan PTK PAI SMA. Saya tunggu konfirmasi Bapak melalui email saya, atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum…

    Like

  60. tolong pak dikrm proposal tentang peran orang tua terhadap kesadaran shalat lima waktu bagi siswa slb

    Like

  61. pak tolong bantu kirim PTK IPA SD Tentang tata surya, karena saya lagi membutuhkan sekali..thank

    Like

  62. salamullah ‘alaik, dengan penuh rasa hormat. sekiranya bapa bisa mengirimkan proposal ptk motivasi melalui pendekatan kajian shalat,……ini ke alat abikavin.crb@gmail.com. saya sangat membutuhkan sekali. dan dari saya hanya bisa mengucapkan terimakasih. jazakumullah ahsanal jazal. salam kenal dari;abi kavin cirebon.

    Like

  63. PAK SAYA MINTA TOLONG UTK KIRANYA DAPAT MENGGIRIMKAN CONTOH PTK KEWIRAUSAHAAN SMK PADA EMAIL SAYA, KALAU BISA SEKARANG KARNA SAYA BUTUH, TERIMA KASIH SEBELUMNYA……………

    Like

  64. klo bp tdk kbertan sy mhon agar di kirimin contoh ptk pai smk lengkap dg contoh proposalnya ke email sy azzahrahakmal@yahoo.co.id, sy butuh ptk tntang metode yg baik dlm pmbeljaran Al Qur’an di SMK, jazzaakumullahu khaeran katsiron!!!

    Like

  65. maaf pa tdi ank sy slah ktik, salam kenal dr sy azzahriah akmal bukn 722757, oh y pk! klo bp gak kberatan bsa gak di kirim dlm 3 hri ini habis sy butuh skli buat diklat yg mau sy ikuti minggu in pk! smog jasa bp mendpt phala yg brlipt gnda amiiin!

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.